Pengertian Surat Pengunduran Diri: Cara, Format dan 6 Contohnya

  • Whatsapp

Pengertian Surat Pengunduran Diri: Cara, Format dan Contohnya – Sebagian besar orang hanya mengetahui bahwa surat ini sebuah tanda bahwa seseorang telah mengundurkan diri. Hal itu memang benar, tetapi ada sebuah fungsi yang lebih penting dari hal itu. Untuk itu marilah kita sama-sama belajar untuk memahami surat resign.

Pengertian Surat Resign/Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri (Resign Letter) atau Surat Resign merupakan jenis surat yang dibuat untuk menyatakan bahwa dirinya akan berhenti bekerja dari tempat di mana ia bekerja, baik itu bekerja di suatu perusahaan swasta maupun bekerja di kantor pemerintahan. Mengundurkan diri ini dari pekerjaan merupakan hak seorang pegawai.

Bacaan Lainnya

Surat resign adalah sebuah surat yang dituliskan oleh seorang karyawan yang bertujuan untuk memutuskan hunungan kerja dengan sebuah perusahaan. Selain itu surat resign juga berfungsi untuk, melegalkan seorang karyawan bahwa dia tidak lagi memiliki tanggung jawab pada perusahaan sebelumnya.

Bagi sebuah perusahaan surat ini sangat penting untuk dibuat, karena surat ini merupakan salah satu syarat administrasi. Surat resign merupakan salah satu surat resmi karena dituliskan atas nama individu yang ditujukan kepada sebuah perusahaan.

Seperti jenis surat resmi lainnya, surat resign juga harus dituliskan dengan  menggunakan kalimat yang baku, dan disampaikan menggunakan bahasa yang irformatif. Akan tetapi menulis surat pengunduran diri tidaklah mudah seperti surat resmi lainnya. Pasti akan ada perasaan tidak enak atau sungkan kepada pihak perusahaan.

Apalagi untuk kita yang telah bekerja di perusahaan tersebut dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu untuk meminimalis perasaaan tidak enak dalam menuliskan surat resign, kita harus menggunakan tata bahasa yang baik dan sopan. Agar pihak perusahaan bisa mengerti dengan keinginan kita tanpa harus menyinggung mereka.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Membuat surat pengunduran diri atau resign haruslah dibuat sesopan mungkin jangan juga asal-asalan agar perusahaan tersebut tidak tersinggung dan menerima keputusan pengunduran diri.

Alasan Mengundurkan Diri

Apabila seseorang karyawan yang berkeinginan mengundurkan dirinya dari sebuah perusahaan, maka dia wajib memiliki sebuah alasan. Begitu juga dalam penulisan surat resign akan lebih kuat dan diterima apabila di dalam surat ini disertai sebuah alasan yang masuk akal. Tetapi alasan yang disampaikan juga harus menjaga perasaan pihak perusahaan itu sendiri.

Alasan yang seorang karyawan untuk mengundurkan diri ada berbagai macam alasan. Akan tetapi salah satu alasan yang sering digunakan dan dianggap paling sopan adalah alasan keluarga atau kesehatan. Akan tetapi bila alasan tersebut tidak memungkinkan untuk anda gunakan, anda dapat menggunakan alasan yang lainnya.

Penulisan Surat Pengunduran Diri

Karena termasuk salah satu jenis surat resmi, surat resign juga harus dituliskan berdasarkan kaidah yang telah ditentukan. Pada umumnya surat pengunduran diri terdiri dari beberapa komponen seperti pembuka, isi dan penutup surat. Pada kesempatan kali ini Insyaallah kita juga akan tentang bab ini, tetapi setelah pembahasan ini selesai.

Ajukan Selambat-lambatnya 30 Hari Sebelumnya

Sebagaimana yang tertera dalam Pasal 162 UU  13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan (“UKK”) : yang mengatakan bahwa surat pengunduran diri ditulis selambat-lambatnya 30 hari selepas tanggal pengunduran diri. Selama masa tersebut selesaikanlah pekerjaanyang menjadi tanggung jawab anda.

Berdasarkan peraturan undang-undang, dalam mengajukan surat resign setidaknya anda menyerahkannya 30 hari sebelum hari H. Karena dalam rentang waktu itu pihak perusahaan dapat mencari karyawan penggati anda. Jadi tujuan hal tersebut adalah untuk memudahkan pihak perusahaan mencari pengganti.

Memberikan Kesan yang Baik

Akan lebih baik apabila anda bertemu langsung dengan atasan anda dan mengungkapkan latar belakang anda memiliki untuk keluar dari pekerjaan. Tetapi alasan yang anda katakan harus sopan dan tidak ada unsur menyinggung dari pihak perusahaan. Misalnya dengan menngunakan alasan tidak betah, bosan, gaji kecil dan alasan yang semisalnya.

Apabila alasan yang anda alami memang salah satu dari alasan tersebut, maka sembunyikanlah alasan tersebut. Dan gantilah alasan tersebut dengan alasan-alasan yang tidak menimbulkan konflik antara anda dan pihak perusahaan. Karena hal itu salah satu cara untuk menjaga nama baik anda dihadapan perusahaan.

Format Penulisan Surat Pengunduran Diri

Berikut format penulisan surat pengunduran diri diantaranya adalah :

Nama Kota dan Tanggal

Biasanya penulisan nama kota dan tanggal diletakkan pada suatu bagian pojok kanan atas. Dalam penulisan nama kota juga harus diawali dengan huruf kapital, pemisah nama kota dan tanggal adalah tanda koma dan diakhiri tanpa menggunakan tanda titik.

Contohnya seperti :

Surabaya, 19 April 2017 Atau Surabaya, 19-04-2017

Nama Dan Alamat Yang Dituju

Surat resign biasanya ditujukan kepada bagian HRD atau bisa juga langsung kepada kepala perusahaan. Jika ditujukan pada kepala perusahaan, maka harus dituliskan dengan benar dan tepat dengan menyertakan gelarnya. Hindari penulisan kata “di tempat” akan lebih baik jika dapat dituliskan dengan nama kota.

Contohnya saja seperti :

Kepada Yth : Manager PT. <Nama perusahaan>
Dari : <Nama Anda>
Jabatan : <Jabatan Anda>
Departemen : <Nama Departemen>
Hal : Pengunduran Diri

Salam Pembuka

Seperti surat jenis lainnya, penulisan pada surat pengunduran diri sebaiknya disertai salam pembuka atau sapaan. Contohnya saja seperti Salam sejahtera, Hormat Saya, Assalamualaikum, selamat pagi dan lain sebagainnya.

Alasan Pengunduran Diri

Bagian ini memang sangat sulit untuk dituliskan tapi jika ingin mengundurkan diri maka ini harus disertakan, jika tidak disertai alasan maka bisa jadi perusahaan tersebut akan menolak pengunduran diri anda.

Menulis Tanggal Mengundurkan Diri

Tuliskan tanggal saat anda mengundurkan diri, agar saat benar-benar keluar, perusahaan sudah memiliki pengganti.

Ucapan Terima Kasih

Anda juga dapat mengucapkan terima kasih yang bermaksud untuk menyanjung kepala perusahaan. Bisa juga untuk mengungkapkan terima kasih atas perlakuan baik yang telah diberikan selama bekerja disana atau juga ucapan terima kasih karena surat yang ia buat diterima dengan baik.

Permohonan Maaf

Meskipun anda merasa bahwa anda tidak memiliki salah pada suatu perusahaan, anda juga tetap harus meminta maaf. Karena mungkin saja anda memiliki kesalahan yang tidak diketahui.

Salam Penutup

Salam penutup yang digunakan sebaiknya sama dengan pada salam pembuka. Misalnya jika anda menggunakan assalamualaikum maka sebaiknya dengan sapaannya demikian.

Nama dan Tanda Tangan

Nama dan tanda tangan pembuat surat pengunduran diri perlu dibubuhkan juga karena surat ini termasuk dalam surat resmi, bahkan ada perusahaan yang meminta pembuat surat ini menyertakan materai juga untuk keperluan administrasi. Biasanya tanda tangan ini terletak di bagian kanan bawah atau sesuai pada tanggal pembuatan surat.

Contoh Surat Resign/Surat Pengunduran Diri Yang Baik&Benar dan Sopan

Pengertian Surat Pengunduran Diri: Cara, Format dan Contohnya
Pengertian Surat Pengunduran Diri: Cara, Format dan Contohnya

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Surabaya, 28 September 2021

Yth.

Kepala SMK Negeri 12 Surabaya

Jalan Wates km. 12 Pengasih Surabaya

Surabaya

Perihal :Pengunduran diri

Dengan Hormat

Dengan surat adanya ini saya selaku karyawan yang bernama :

Nama :Supardi, SPd.
Tempat, Tanggal lahir : Surabaya, 19 April 1982
Jabatan :Wakil Kepada Sekolah
NIP : 34374971978439749
Alamat : Jalan Jambu No. 45 Surabaya

Secara resmi terhitung hari jum’at tanggal 1 oktober tahun 2017 menyatakan untuk mengundurkan diri dari wakil kepala sekolah di SMK Negeri 12 Surabaya.
saya mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaannya yang telah diberikan kepada saya oleh pihak SMK 12 Surabaya, yang mana dapat saya dapat bekerja serta mengajar siswa-siswi. dan tidak lupa saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada jajaran Komite, guru serta para staff SMK Negeri 12 Surabaya bilamana terdapat hal-hal yang tidak serta kurang berkenan yang saya lakukan selama bekerja.
Besar harapan saya Bahwa SMK 12 Surabaya dapat menjadi sekolah yang terus berprestasi baik itu akademis maupun non akademis. Dan juga terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus perjuangan bangsa.

Hormat saya

Supardi, S Pd.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Pengertian Surat Pengunduran Diri: Cara, Format dan Contohnya
Pengertian Surat Pengunduran Diri: Cara, Format dan Contohnya

SURAT PENGUNDURAN DIRI

                                                           Surabaya, 19 April 2021

Kepada Yth.

Ibu/Bapak TK Mawar

Di Surabaya

Assalamualaikum Wr Wb

Bersama datangnya surat ini saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama     : Budi Purnama, S.Pd.

Jabatan  : Guru

Secara resmi mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai salah satu guru di TK Mawar Surabaya. Surat pengunduran diri ini saya ajukan karena adanya suatu masalah yang berhubungan dengan keluarga saya yang mengharuskan saya untuk meninggalkan pekerjaan ini.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk mengembangkan pengalaman kerja dan belajar mengajar di TK Mawar Surabaya.

Tak lupa saya juga meminta maaf kepada pihak yang bersangkutan, sekiranya dalam saya mengajar di TK Mawar saya memiliki banyak kekurangan. Saya juga meminta maaf kepada para guru apabila dalam berkomunikasi sering menyinggung perasaan anda.

Saya juga berharap agar TK Mawar Surabaya tetap menjadi sekolah favorit yang selalu menciptakan siswa didik yang berprestasi.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak lain. Semoga bisa menjadi perhatian pihak TK Mawar Surabaya.

Surabaya, 19 April 2017

 

Ttd

Budi Purnama

Contoh Surat Pengunduran Diri Simpel dan Sederhana

Pengertian Surat Pengunduran Diri: Cara, Format dan Contohnya
Pengertian Surat Pengunduran Diri: Cara, Format dan Contohnya

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Jakarta, 2 Januari 2021

Perihal : Surat Pengunduran Diri

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Manager PT. Melayu Raya

Di Jakarta

Hormat Saya

Dengan datangnya surat ini saya Andi Wibowo bermaksud mengundurkan mengundurkan diri dari PT. Melayu Raya sebagai teknisi, yang telah terhitung sejak 3 Juni 2013. Karena sebuah penyakit yang mengharuskan saya untuk beristirahat di rumah.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menjadi salah satu teknisi di PT. Melayu Raya. Saya juga mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pimpinan, Investor dan teman-teman seperjuangan apabila selama bekerja memiliki kesalahan.

Saya berharap agar PT. Melayu Raya menjadi salah satu perusahaan yang memiliki banyak manfaat dan prestasi untuk kedepannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat semoga dapat menjadi maklum bagi pihak PT. Melayu Raya

 

Hormat Saya

 

Ttd

Andi Wibowo

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

Pengertian Surat Pengunduran Diri: Cara, Format dan Contohnya
Pengertian Surat Pengunduran Diri: Cara, Format dan Contohnya

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Magelang, 17 Agustus 2021

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pimpinan Organisasi Mekar Sari

Di Magelang

Dengan datangnya surat ini saya Riska Amelia bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai bendahara dari Organisasi Mekar Sari. Karena saya akan pergi keluar kota dalam waktu yang lama untuk melanjutkan pendidikan S2 Kedokteran di Surabaya.

Saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Organisasi Mekar Sari karena telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menjabat sebagai bendahara. Tak lupa saya juga meminta maaf kepada seluruh pengurus dan anggota Organisasi Mekar Sari. Apabila selama menjabat sering melakukan kesalahan dan memiliki banyak kekurangan.

Harapan saya Organisasi Mekar Sari dapat tumbuh dan menjadi Organisasi yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar untuk kedepannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun, semoga bisa menjadi maklum.

Hormat Saya

Ttd

Riska Amelia

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Kepala Sekolah

Pengertian Surat Pengunduran Diri: Cara, Format dan Contohnya
Pengertian Surat Pengunduran Diri: Cara, Format dan Contohnya

Surat Pengunduran Diri

Kepada Yth :
Ketua Yayasan Pendidikan SMA Negeri 03 Suka Mundur – Jawa Tengah

Di:
Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                               : Sunarto Muhammad Saputro, S.pd, M.pd

Tempat/Tanggal Lahir: Magelang, 5 Maret 1967

Jabatan                       : Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Suka Mundur

Masa Kerja                  : 7 tahun

Dengan surat ini saya ingin mengajukan sebuah permohonan untuk mengunduran diri sebagai Kepala Sekolah SMA Negeri 03 Suka Mundur, terhitung mulai tanggal 21 Agustus 2021.

Saya juga ingin mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya atas pengalaman dan kesempatannya untuk menjabat sebagai kepala sekolah. Saya juga telah diberikan kesempatan membimbing siswa – siswi dalam mengembangkan bakat serta keterampilannya agar supaya menjadi generasi penerus yang nantinya akan berguna bagi Agama, Nusa, dan Bangsa.

Tak lupa saya juga ingin memohon maaf yang sebesar – besarnya kepada Bapak Ketua Yayasan secara khusus serta kepada jajaran keluarga besar SMA Negeri 03 Suka Mundur secara umumnya apabila selama saya menjabat sebagai kepalaa sekolah telah melakukan kesalahan aik byang saya sengaja maupun yang tidak sengaja, sehingga bisa menyakiti hati keluarga besar SMA Negeri 03 Suka Mundur

Tak lupa saya juga berharap agar SMA Negeri 03 Suka Mundur akan selalu menjadi sekolah favorit. Dan saya akan selalu berdoa agar supaya para siswa SMA Negeri 03 Suka Mundur selalu menghasilkan prestasi – prestasi yang membanggakan sekolah dikemudian hari

Hormat saya,

Sunarto Muhammad Saputro, S.pd, M.pd

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resmi

Pengertian Surat Pengunduran Diri: Cara, Format dan Contohnya
Pengertian Surat Pengunduran Diri: Cara, Format dan Contohnya

Jakarta, 1 Agustus 2021

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. XXXXX
Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: …….
Alamat: …………
Jabatan: ………
Nomor ID: ……….

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal _ /_ /_ karena kontrak yang sudah berakhir.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak rasa terima kasih sebesar-besarnya karena Bapak/Ibu sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar dan bekerja dengan profesional. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini telah diberikan baik secara tidak langsung ataupun secara langsung. Tidak lupa, saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih pada rekan-rekan kerja yang sudah berjuang bersama dalam mencapai target perusahaan.

Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mohon maaf bila selama ini saya melakukan kesalahan secara sengaja atau tidak sengaja. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi.

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

(…………………)

Sekian informasi seputar Pengertian Surat Pengunduran Diri: Cara, Format dan Contohnya . Semoga bermanfaat. Salam.

Baca Juga:

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *