Tata Cara Berdoa Rosario di Bulan Oktober Berserta Contohnya

  • Whatsapp

Tata Cara Berdoa Rosario di Bulan Oktober Berserta Contohnya, Semangat dan minat umat Kristen Katolik terhadap doa rosario mendorong sejumlah Paus untuk menetapakan bulan Oktober sebagai bulan Rosario.

Paus Leo XIII secara resmi yang secara resmi menetapkan bulan Oktober sebagai bulan rosario, menulis: “Kepada Bunda Surgawi ini kita telah persembahkan kembang-kembang mawar pada bulan Mei, maka kepadanya kita juga hendak mempersembahkan paneh buah-buahan yang berlimpah bulan Oktober dengan hati yang penuh ikhlas.” Pada tahun 1883, dalam Eksikliknya “Supremasi Apostolatus” Paus Leo XIII menetapkan bulan Oktober sebagai bulan Rosario bagai semua Gereja Kristen Katolik.

Bacaan Lainnya

Pada tahun 1885 malah Paus ini mengatakan bahwa umat dapat memperoleh indulgensi dengan berdoa Rosario pada bulan Oktober. Dalam sebuah suratnya, Paus Leo XIII lagi-lagi mengijinkan para petani, yang pada umumnya sangat sibuk mengumpulkan panenan pada bulan Oktober, untuk menunda berdoa Rosario pada bulan November atau Desember.

Doa rosario dan Tarekat Dominikan: Ada yang berpendapat bahwa Doa Rosario ditemukan (diciptakan) oleh Tarekat Dominikan di bawah pimpinan Alanus De Rupe. Pendapat ini tidak benar seluruhnya. Tapi yang jelas bahwa dalam sejarah Gereja, Tarekat Dominikan dikenal berjasa dalam menyebarluaskan dan mempopulerkan Doa rosario di sebagian besar wilayah Eropa pada Abad Pertengahan.

Pada tahun 1470 Alanus de Rupe (Dominikan) mendirikan sebuah Tarekat Religius bernama “Serikat Mazmur Yesus dan Maria” (Conferternity of the Psalter of Jesus and Mary”. Di dalam dan melalui tarekat ini Alanus de Rupe menunjukan semangat dan kecintaannya yang sangat besar kepada Bunda Maria.Pada abad yang sama di Eropa, terutama di Perancis dan Italia, munculah sebuah kelompok heretis yang disebut Kaum Albigensis. Malalui kothbah yang berapi-api dan semangat doa yang tinggi, termasuk secara khusus doa-doa kepada Bunda Maria, Alanus de Rupe dan kaum biarawan Dominikan lainnya berhasil mentobatkan kaum Albigensis dan membawa mereka kembali kepada ajaran Gereja yang benar.

Tata Cara Berdoa Rosario di Bulan Oktober Berserta Contohnya
Tata Cara Berdoa Rosario di Bulan Oktober Berserta Contohnya

Tata Cara Berdoa Rosario di Bulan Oktober Berserta Contohnya

1. LAGU PEMBUKAAN

P :  Bapak / Ibu, Saudara saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus, Sebelum kita memulai doa rosario pada malam hari ini, marilah kita buka dengan lagu pembukaan…
2. TANDA SALIB      

P-U :  Dalam nama Bapa Putra Dan Roh Kudus Amin
3. SALAM

P :  Semoga rahmat Tuhan kita Yesus Kristus selalu beserta kita……

-U:  Sekarang dan selama – kamanya

4. KATA PEMBUKA / PENGANTAR

Bapak / Ibu / Saudara / Saudari yang terkasih di dalam Yesus Kristus, pada malam ini kita berkumpul dan berdoa di rumah (Sebut Nama Tuan Rumah), Semoga dengan doa rosario ini kita dapat mengikuti dan meneladani hidup Bunda Maria yang rendah hati dan yang selalu mengikuti kehendak Allah. Maka dari itu marilah kita hening sejenak untuk mengakui segala dosa dan kesalahan kita, mari kita hening sejenak …….(hening).

5. DOA TOBAT / PERMOHONAN AMPUN

P :  Saya mengaku……………

U :  Kepada Allah yang mahakuasa dan kepada saudara sekalian, bahwa saya telah berdosadengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian.

Sambil menebah dada 3 mengucapkan:

Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu saya mohonkepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus dan kepada saudara sekalian, supaya mendoakan saya pada Allah, Tuhan kita.

P : Semoga Allah yang maha kuasa, mengasihi kita, mengampuni dosa kita dan menghantar kita ke hidup yang kekal…..
U : Amin

P : Tuhan kasihanilah kami…..
U : Tuhan kasihanilah kami…..

P : Kristus kasihanilah kami…..
U : Kristus kasihanilah kami…..

P : Tuhan kasihanilah kami…..
U : Tuhan kasihanilah kami…..

6. DOA PEMBUKAAN

P  : Marilah kita berdoa

Ya Allah Bapak yang maha pengasih, engkau selalu tahu dan memperhatikan segala kebutuhan kami, engkaupun selalu mengatur apa yang paling baik bagi kami, maka kami mohon berkatilah kami semua dalam melaksanakan karya penting yang kini kami hadapi semoga kami dapat menyelesaikannya dengan baik. Demi Kristus putramu Tuhan pengantara kami, yang hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa.

U  : Amin

7.   BACAAN INJIL (Vakultatif / Boleh ada dan boleh tidak)

P :  Marilah kita bersama-sama mendengarkan Injil Yesus Kristus menurut……….

U : Dimuliakanlah Tuhan

P : Demikianlah Injil Tuhan

U : Terpujilah Kristus

8.      HOMILI/KHOTBAH (Vakultatif / Boleh ada dan boleh tidak)

(Menyadari Sabda Allah bagi hidup kita. Dapat juga diadakan tukar menukar pengalaman iman / sharing kitab suci)

9.      SYAHADAT

P  : Bapak / ibu / saudara / i yang terkasih, marilah kita mengungkapkan iman dan kepercayaan kita dengan mengucapkan doa:

P :  Aku percaya……….

U: Akan Allah bapak yang maha kuasa pencipta langit dan bumi, dan akan yesus putranya yang tunggal Tuhan kita Yang dikandung dari roh kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria,Yang menderita sengsara, dalam pemerintahan Pontius Pilatus. Yang turun ke tempat penantian, pada hari ketiga bangkit dari antara oranug mati. Yang naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah bapak yang maha kuasa.Dari situ ia akan datang mengadili orang hidup dan mati. Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja katolik yang Kudus, Persekutuan para Kudus, pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan yang kekal,

P-U :  Amin.

10 . KEMULIAAN

P  :   Kemuliaan Kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus,……..

U :   Seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad,

P-U :  Amin.

11. BAPA KAMI

P :  Bapa Kami yang ada di surga dimuliakanlah namamu, datanglah kerajaanmu, jadilah kehendakmu diatas bumi seperti di dalam surga…….

U :  Berilah kami rejeki pada hari ini, dan ampunilah kesalahan kami, seperti kamupun mengampuni yang bersalah kepada kami, dan janganlah masukkan kami ke dalam percobaan, tetapi bebaskann lah kami dari yang jahat.

P-U : Amin.

12. SALAM (Dao Rosario)

P  :  Salam Putri allah Bapak

P : Salam Maria penuh rahmat Tuhan sertamu terpujilah engkau diantara wanita dan terpujilah buah TubuhMu Yesus……

U :   Santa Maria Bunda Allah doakanlah kami yang berdosa ini, Sekarang dan waktu kami mati

P-U :  Amin

P : Salam Bunda Allah Putra

P : Salam Maria penuh rahmat Tuhan sertamu terpujilah engkau diantara wanita dan terpujilah buah TubuhMu Yesus……

U: Santa Maria Bunda Allah doakanlah kami yang berdosa ini, Sekarang dan waktu kami mati

P-U :  Amin

P : Salam Mempelai Allah Roh Kudus

P : Salam Maria penuh rahmat Tuhan sertamu terpujilah engkau diantara wanita dan terpujilah buah TubuhMu Yesus……

U: Santa Maria Bunda Allah doakanlah kami yang berdosa ini, Sekarang dan waktu kami mati

P-U :  Amin

#   Kemulian

P  :   Kemuliaan Kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus,……..

U :   Seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad,

P-U :  Amin.

#  Terpujilah

P :  Terpujilah Nama Yesus, Maria, dan Santo Yosep,…….

U:  sekarang dan selama-lamanya.

P-U:  Amin

#  Ya Yesus

P :  Ya Yesus yang baik,……

U : Ampunilah dosa kami. Selamatkan kami dari api neraka, dan hantarlah jiwa-jiwa ke dalam surga, terutama mereka yang sangat membutuhkan kerahiman-Mu.

P-U :  Amin

13. PERISTIWA-PERISTIWA (Doa Rosario)

P : Bapak / ibu / saudara / saudari yang terkasih, doa rosario kita pada malam hari ini kita ajak untuk mengenangkan dan merenungkan peristiwa – peristiwa ………… (Gembira/Sedih/Mulia/Terang/Sedih/Gembira/Mulia). Pilih salah satu peristiwa sesuai dengan hari / Lihat halaman 6

P : Peristiwa Gembira I. Maria menerima kabar gembira dari Malaikat Gabriel(Pilih peristiwa sesuai dengan hari / Lihat halaman 6 )

P : Pada peristiwa Gembira pertama ini, kita berdoa bagi mama angga beserta suaminya biar Tuhan membimbing dan menyertai mereka berdua agar dapat membimbing anak-anaknya.

Merilah kita berdoa…….

Ya bapak di surga, kami bersyukur karna engkau telah mengaruniakan 5 orang anak pada mama angga beserta suaminya. Kami mohon agar mama angga beserta suaminya selalu bersikap adil dan bijaksana dalam mendidik dan membesarkan anak-anaknya. Tolonglah keluarga ini supaya saling membantu bila bekerja, saling menghibur bila susah, dan saling menguatkan bila menderita, sehingga keluarga ini bisa bersatu padu, rukun, dan setia satu sama lain. Demi Kristus Tuhan dan Juru Selamat Kami, Amin.

§      Bapa Kami…….. yang ada di surga dimuliakanlah namamu, datanglah kerajaanmu,   jadilah kehendakmu diatas bumi seperti di dalam surga…….dst§

Salam Maria    10 X§

Kemuliaan…..§

Terpujilah nama Yesus, Maria dan Santo Yosep…..§

Ya Yesus yang baik…….

P : Peristiwa Gembira II. Maria Mengunjungi Elisabet, saudarinya       (Pilih peristiwa sesuai dengan hari / Lihat halaman 6 )

P : Pada peristiwa Gembira ke – 2 ini, kita berdoa untuk pekerjaan pak stepanus di kantor

Marilah kita berdoa…….

Ya Allah yang maha kuasa, sebelum menghadapi pekerjaannya di kantor, kami mohon berkatmu, pimpinlah hati dan tangan pak stepanus agar dalamP dikau pak stepanus memulai dan menyelesaikan pekerjaannya. Semoga segala kesulitan tidak melemahkan pak stepanus dan hasilnya tidak mengecewakan. Semoga usaha dan pekerjaan pak stepanus menambah kemuliaanmu dan berguna bagi keluarga dan sesamannya. Semua jerih payah yang akan pak stepanus jumpai akan kami persatukan dengan pengorbanan yesus kristus yang hidup bersama dikau, kini dan sepanjang masa. Amin

§       Bapa Kami…….. yang ada di surga dimuliakanlah namamu, datanglah kerajaanmu,          jadilah kehendakmu diatas bumi seperti di dalam surga…….dst§

Salam Maria    10 X§

Kemuliaan…..§

Terpujilah nama Yesus, Maria dan Santo Yosep…..§

Ya Yesus yang baik…….

P : Peristiwa Gembira III. Yesus dilahirkan di Betlehem       (Pilih peristiwa sesuai dengan hari / Lihat halaman 6 )

P : Pada peristiwa Gembira ke – 3 ini, kita berdoa khusus bagi intan yang telah lulus ujian SMP dan mau melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi.

Merilah kita berdoa…….

Ya bapak di surga, engkau telah memanggil intan untuk turut serta di dalam karya dan turut ambil bagian di dalam penyelenggaraanmu bagi kehidupannya dan sesamannya. Kami bersyukur karna engkau telah melakukan sesuatu yang terindah di dalam pendidikan intan pada hari yang lalu, sehingga intan dapat menyelesaikannya dengan baik. Dan saat ini intan akan melanjutkan pendidikan ke sekolah yang baru yang lebih tinggi lagi. Kami mohon karuniakanlah roh kudusmu yang akan membimbing dan memberikan kekuatan bagi intan untuk mengatasi kesulitannya. Berikanlah dia semangat belajar yang tinggi dan tak mengenal putus asa di dalam menyelesaikan tugas-tugasnya yang baru dan biarlah di dalam pendidikannya yang baru ini intan tetap dapat menjadi saksimu dengan sikap, kata dan perbuatan, sehingga intan boleh senantiasa menampakkan cintamu yang penuh dengan suka cita demi kemuliaan namamu. Demi Kristus Tuhan kami, Amin.

§       Bapa Kami…….. yang ada di surga dimuliakanlah namamu, datanglah kerajaanmu,           jadilah kehendakmu diatas bumi seperti dai dalam surga…….dst§

Salam Maria    10 X§

Kemuliaan…..§       Terpujilah nama Yesus, Maria dan Santo Yosep…..§

Ya Yesus yang baik…….

P :  Kita selingi dengan lagu…………

P :  Peristiwa Gembira IV. Yesus dipersembahkan dalam Bait Allah       (Pilih peristiwa sesuai dengan hari / Lihat halaman 6 )

P :  Pada peristiwa Gembira ke – 4 ini, kita berdoa bagi nanak-anak dari keluarga ini yaitu Anggalia, elu, ela dan dani yang sebentar lagi akan menghadapi ulangan umum kenaikan kelas

Merilah kita berdoa…….

Ya Allah yang maha pengasih, Kami mohon kirannya engkau memimpin Anggalia, elu, ela dan dani yang sebentar lagi akan mengikuti ulangan kenaikan kelas. Utuslah Roh kudusmu dan karuniakannlah kepada mereka kebijaksanaanmu yang akan membuka dan menerangi akal budi dan pikiran mereka serta berikanlah semangat dan kehendak yang kuat di dalam hati mereka, agar saat ini mereka dapat belajar dengan serius dan penuh kosentrasi, sehingga apa yang telah dan akan mereka pelajari dapat tetap mereka ingat dan dapat dituangkan dalam ulangan sekolah mereka. Demi Kristus Tuhan dan Juru Selamat Kami, Amin.

§       Bapa Kami…….. yang ada di surga dimuliakanlah namamu, datanglah kerajaanmu,           jadilah kehendakmu diatas bumi seperti dai dalam surga…….dst§

Salam Maria    10 X§

Kemuliaan…..§

Terpujilah nama Yesus, Maria dan Santo Yosep…..§

Ya Yesus yang baik…….

P :  Peristiwa Gembira V. Yesus ditemukan dalam Bait Allah       (Pilih peristiwa sesuai dengan hari / Lihat halaman 6 )

P :  Pada peristiwa Gembira ke – 5 ini, kita berdoa untuk orang tua dari keluarga ini yaitu orang tua dari mama angga dan orang tua dari pak stepanus semoga diberikan kesehatan yang cukup. Dan juga kita berdoa khusus bagi mama dari pak stepanus yang tiga hari yang lalu telah keluar dari rumah sakit.

Merilah kita berdoa…….

Ya Bapa di surga, puji dan syukur kami haturkan kepadamu sebab engkau senantiasa menggerakkan hati kami untuk mencarimu.  kami mohon agar kedua orang tua dari mama angga dan kedua orang tua dari pak stepanus agar selalu diberikan kesehatan yang cukup untuk melalui hari-harinya dengan suka cita dan kegembiraan dari padamu. Bantulah agar ia dapat menaruh segala harapan kepada Mu, agar mampu menerima dengan sabar segala kekurangan yang dimilikinya. Semoga ia dapat menyambut setiap hari baru sebagai anugerah kasihmu, sampai segala kerinduannya kelak terpenuhi pada dirimu. Dan juga kami mohon tuhan bagi mama dari pak stepanus yang tiga hari yang lalu telah keluar dari rumah sakit, sudilah engkau memberikan daya kekuatan baru kepadanya karna kami sungguh manghendaki pemulihan dan kesembuhan dari padamu sumber kesehatan kami.   Ini kami mohon dengan perantaraan Kristus Yesus  Tuhan kami. Amin.

§      Bapa Kami…….. yang ada di surga dimuliakanlah namamu, datanglah kerajaanmu,           jadilah kehendakmu diatas bumi seperti dai dalam surga…….dst§

Salam Maria    10 X§

Kemuliaan…..§

Terpujilah nama Yesus, Maria dan Santo Yosep…..§

Ya Yesus yang baik…….

14.  LITANI BUNDA MARIA

P :  Bapak / ibu / saudara / saudari yang terkasih, Mari kita membaca Litani bunda Maria, silakan buka madah bakti No. 41

15.  DOA PENYERAHAN KELUARGA KEPADA BUNDA MARIA

P :  Doa penyerahan keluarga kepada Bunda Mariadibacakan oleh tuan rumah yang mengadakan doa rosario

16.  DOA UMAT (Vakultatif / Boleh ada dan boleh tidak)

Hendaknya Pemimpin doa rosario mengajak umat untuk berdoa bagi paroki, lingkungan/stasi, dan untuk umat yang hadir.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

P :  Marilah kita hening sejenak untuk menyampaikan permohonan kita masing-masing. Mari kita hening sejenak…… (Hening)P : Demikianlah, ya Bapa, doa-doa yang kami sampaikan ke hadirat-Mu. Semoga engkau berkenan mengabulkannya, sebab semua ini kami sampaikan kepada-Mu dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

U :             Amin.

17.  PENGUMUMAN

Hendaknya umat atau Pemimpin doa rosario memberikan pengumuman tentang tempat dan waktu doa rosario berikutnya atau hal-hal lainnya yang dianggap perlu.

18.  DOA PENUTUP

P :  Bapak / ibu / saudara / saudari yang terkasih, marilah kita akhiri doa rosario malam hari ini dengan doa penutup

P :  Marilah kita berdoa……Ya Allah, putra-Mu telah memperoleh bagi kami ganjaran kehidupan kekal melalui hidup, wafat dan kebangkitannya. Kami mohon agar dengan merenungkan misteri rosario suci Santa Perawan Maria, kami dapat menghayati maknanya dan memperoleh apa yang dijanjikan. Demi Kristus Tuhan dan Juru Selamat Kami.

U :  Amin:

19.  BERKAT  PENUTUP

P  : Tuhan beserta kita

U : Sekarang dan selama-lamanya

P  : Semoga kita semua diberkati oleh Allah yang maha kuasa. Dalam Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus

U : AminP : Bapak / ibu / saudara / saudari yang terkasih dalam kristus, demikianlah doa rosario kita pada malam hari ini.

U : Syukur kepada Allah

P   : Kita pergi, kita di utus

U  : Amin

20.  LAGU PENUTUP…………….

@@@SELESAI@@@
PERISTIWA-PERISTIWA DALAM DOA ROSARIO

A.       Peristiwa Gembira:1.      Maria menerima kabar gembira dari Malaikat Gabriel (Luk 1:26-38)2.      Maria Mengunjungi Elisabet, saudarinya (Luk 1:39-453.      Yesus dilahirkan di Betlehem (Luk 2:1-7)4.      Yesus dipersembahkan dalam Bait Allah (Luk 2:22-40)5.      Yesus ditemukan dalam Bait Allah ( Luk 2:41-52)
B.       Peristiwa Sedih:1.      Yesus berdoa kepada Bapaknya di surga dalam sakratul maut (Luk 222:39-46)2.      Yesus didera (yoh 19:1)3.      Yesus dimahkotai duri (Yoh 19:2-34.      Yesus memanggul salibnya ke gunung Kalvari (Luk 23:26-32)5.      Yesus wafat di salib (Lik 23:44-49)
C.       Peristiwa Mulia  :1.      Yesus bangkit dari antara orang mati (Luk 24:1-122.      Yesus naik ke surga (Luk 24:50-53)3.      Roh Kudus turun atas para Rasul (Kis 2:1-13)4.      Maria diangkat ke surga (1 Kor 15:23;Ds3903)5.      Maria dimahkotai di surga (why 12:1DS 3913-3917)
D.       Peristiwa Terang:1.      Yesus dibabtis di sungai yordan (Mat 3:13-17)2.      Yesus menyatakan dirinya dalam pesta perkawinan di kana (Yoh 2:1-12)3.      Yesus memberitakan Kerajaan Allah dan menyerukan pertobatan (Mat 3:2; 4:17, 23; Mar 1:15).4.      Yesus menampakkan kemuliaanNya (Mat 17:1-9)5.      Yesus menetapkan ekaristi (Mrk 14:22-23; Luk 22:19-29)

PENGATURAN WAKTU
·  Senin          : Peristiwa Gembira·

Selasa           : Peristiwa Sedih·

Rabu           : Peristiwa Mulia·

Kamis         : Peristiwa Terang·

Jumaat        : Peristiwa Sedih·

Sabtu          : Peristiwa Gembira·

Minggu       : Peristiwa Mulia

DOA-DOA POKOK DALAM DOA ROSARIO

I.          DOA AKU PERCAYA

Aku percaya akan Allah, bapa yang Maha kuasa Pencipta langit dan bumiDan akan Yesus Kristus putraNya yang tunggal, Tuhan kita.Yang dikandung dari roh kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria,Yang menderita sengsara, dalam pemerintahan Pontius Pilatus.Yang turun ke tempat penantian,pada hari ketiga bangkit dari antara oranug mati.Yang naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah bapak yang maha kuasa.Dari situ ia akan datang mengadili orang hidup dan mati.Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja katolik yang Kudus,Persekutuan para Kudus, pengampunan dosa,kebangkitan badan, kehidupan yang kekal, Amin.

II.       KEMULIAAN

Kemuliaan Kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus,……..Seperti pada permulaan, sekarang,  selalu dan sepanjang segala abad, Amin.

III.    TERPUJILAH

Terpujilah Nama Yesus, Maria, dan santo yosep,…….sekarang dan selama-lamanya. Amin#.  Ya Yesus yang baik,…….ampunilah dosa kami. Selamatkan kami dari api neraka, dan hantarlah jiwa-jiwa ke dalam surga, terutama mereka yang sangat membutuhkan kerahiman-Mu. Amin

IV.    BAPA KAMI

Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah namamu, datanglah kerajaanmu. Jadilah kehendakmu, Di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rejeki pada hari ini, Dan ampunilah kesalahan kami, seperti kamupun mengampuni yang bersalah kepada kami, dan janganlah masukkan kami ke dalam percobaan, Tetapi bebaskann lah kami dari yang jahat. Amin.

V.       SALAM MARIA

Salam Maria penuh rahmat Tuhan sertamu .Terpujilah engkau diantara wanitaDan terpujilah buah TubuhMu YesusSanta Maria Bunda Allah doakanlah kami yang berdosa ini,Sekarang dan waktu kami mati, Amin

Baca Juga:

Cukup sampai disini artikel Tata Cara Berdoa Rosario di Bulan Oktober Berserta Contohnya, semoga bermanfaat untuk saudara/i ku umat Katolik dimanapun berada. Salve 🙂

.

Tata Cara Berdoa Rosario di Bulan Oktober Berserta Contohnya – berdoa rosario dalam keluarga, berdoa rosario dan tahu artinya, berdoa rosario peristiwa gembira, berdoa rosario peristiwa sedih, berdoa rosario secara pribadi, berdoa rosario sendiri, berdoa rosario setiap hari, berdoa rosario tanpa peristiwa, doa rosario adalah, doa rosario arwah katolik, doa rosario hari jumat, doa rosario hari kamis, doa rosario hari minggu, doa rosario hari sabtu, doa rosario lengkap dengan renungan, doa rosario pembebasan, rosario adalah, rosario hari kamis, rosario hari minggu, rosario hari senin, rosario pembebasan, rosario to vampire, rosario to vampire season 3,

Last Update: 18 Oktober 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *