Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam

  • Whatsapp

Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam – Teks prosedur merupakan teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal langkah demi langkah yang tepat secara berurut sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), prosedur adalah tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas.

Pengertian Teks Prosedur

Teks Prosedur adalah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.

Bacaan Lainnya

Teks prosedur biasanya terdapat pada tulisan yang mengandung cara, tips atau tutorial melakukan langkah tertentu. Didalam teks prosedur terdapat kata imperatif atau kata perintah untuk melakukan apa yang dibahas pada teks agar si pembaca melakukan apa yang diperintahkan pada isi teks tersebut.

Misalnya kamu sedang mencari tulisan cara memutihkan wajah melalui internet, nah pada teks tulisan tersebut akan ada cara atau langkah bagaimana memutihkan wajah sehingga menghasilkan putih bersih seperti yang kamu inginkan. cara yang disajikan pun langkah demi langkah secara berurutan agar sipembaca mampu mengikuti tutorial yang disajikan.

Pada teks prosedur, isi dari tulisannya selalu berhubungan dari awal sampai akhir, dan dari setiap isinya terdapat keterangan-keterangan agar mudah dipahami oleh pembaca.

Tujuan Teks Prosedur

Sebuah pekerjaan dilakukan melaikan memiliki sebuah tujuan yang harus dicapai, entah tujuan untuk dirinya sendir atau untuk orang lain. Begitu juga dengan teks prosedur, karya tulis ini dibuat juga dengan tujuan tertentu. Untuk kaya tulis ini tidak banyak memiliki tujuan, hanya beberapa saja.

Antaranya untuk memberikan petunjuk atau arahan tentang sebuah pekerjaan yang dituliskan dalam sebuah bidang. Tentunya cara yang disampaikan adalah sebuah cara yang mengikuti prosedur. Agar orang lain dapat melakukan sebuah pekerjaan dengan baik dan benar.

Teks prosedur bertujuan untuk memudahkan pembaca maupun pendengar agar dapat mengikuti langkah atau perintah dari isi teks yang tujuan akhirnya bisa sesuai keinginan pembaca maupun pendengar.

Struktur Teks Prosedur

Sama seperti karya tulis lainnya, dalam penulisan teks prosedur pengarang juga harus memenuhi sturktur karya tulis ini. Untuk lebih jelasnya simaklah beberap struktur teks prosedur yang perlu kalian perhatikan.

  • Bagian pertama yaitu tujuan pembuatan atau bisa juga dikatakan sebagai pendahuluan.
  • Bahan atau materi yang akan diangkat menjadi topik permasalahan.
  • Langkah-langkah atau steps (untuk bagian ini penulis haru menjelaskan secara detail tentang langkah-langkah melakukan sebuah pekerjaan sesuai dengan prosedur).

Jenis-jenis Teks Prosedur

eks prosedur dibedakan menjadi dua macam, dan perbedaan dalam karya tulis ini lebih condong pada tujuan teks prosedur sendiri. Dan berawal dari perbedaan dalam tujuannya inilah yang akan menentukan struktur dalam teks prosedur.

Teks prosedur setidaknya dibagi menjadi dua bagian yaitu:

  • Teks prosedur yang membutuhkan bahan atau material untuk melakukan sebuah pekerjaan. Biasanya teks ini digunakan untuk membuat sesuatu, atau melakukan pekerjaan tertentu. Seperti halnya memasak, menanam pohon, mencangkok tanaman dan lain sebagainya.
  • Teks prosedur yang tidak membutuhkan material atau bahan dalam melakukan sebuah pekerjaannya. Untuk teks seperti ini pekerjaan yang dilakukan benar-benar murni tanpa membutuhkan material atau bahan. Teks seperti ini biasanya digunakan untuk mengoperasikan sesuatu atau untuk membuat yang berhubungan dengan internet, seperti facebook, email, twiter dan lain sebagainya.

Ciri Ciri Teks Prosedur

Adapun ciri-ciri teks prosedur yang diantaranya yaitu:

Menggunakan pola kalimat perintah (imperatif).

Kalimat perintah merupakan kalimat yang mengandung makna meminta/ memerintah seseorang untuk melakukan sesuatu.

Contoh :

  1. Tolong matikan kran air itu!
  2. Jangan membuat ribut, anak-anak!
  3. Saya minta kerjakan tugasmu tepat waktu!

Menggunakan kata kerja aktif.

Kata kerja yang memberikan suatu tindakan kepada objeknya misalnya :

  1. Menyiram
  2. Membungkus
  3. Melempar  dan lain – lain.

Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan.

Kata penghubung yang menyatakan waktu kegiatan yang hadir dan bersifat kronologis.Contoh:

  1. –Selanjutnya
  2. –Berikutnya
  3. –Kemudian
  4. –Lalu
  5. –Setelah itu.

Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat dan cara yang akurat.

Gunanya menambahkan atau memberi keterangan pada kata lain.

Contoh:

  1. Ibu mengiris lobak menggunakan pisau tajam.
  2. inta menyiram bunga dengan tangki air miliknya.
  3. Aku harus pergi ke rumah paman sekarang.
  • Terdapat tujuan, langkah-langkah dan penutup.
  • Menggunakan kalimat imperatif atau kalimat perintah sehingga pembaca bisa mengikuti apa yang diperintahkan pada sebuah teks.
  • Menggunakan kalimat penghubung sehingga dari awal dan akhir teks saling terkait.
  • Menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung.
  • Menggunakan kalimat saran dan larangan.
  • Menggunakan kriteria atau batasan tertentu.
  • Menggunakan kata keterangan.
  • Berisi pemberian informasi.
  • Berisi langkah yang terperinci
  • Menggunakan akhiran -i dan -kan, contohnya, jangan lupa selalu siram-i bunganya setiap hari, lempar-kan bola tersebut keatas.

Macam Macam Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki 3 macam jenis diantaranya, teks prosedur sederhana, kompleks dan protocol.

Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana yaitu teks yang berisi langkah-langkah sederhana yang biasaya hanya 2-4 langkah saja dalam melakukannya, contohnya cara login facebook.

Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks yaitu teks yang berisi banyak langkah dalam melakukannya. contohnya, cara membuat sambal balado, cara mengajukan pembuatan kartu SIM, cara memperpanjang STNK, prosedur pembuatan ktp.

Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol adalah teks yang pada setiap langkahnya bisa diubah tidak harus runut, walaupun berubah, tetapi hasil akhirnya tetap sama. misalnya, jika memasak mie instan kita bisa merebus dengan memasukan mie dan bumbu kedalam air rebusan dari tungku atau bisa memasukan air panas kedalam wadah yang berisi mie lalu memasukan bumbu.

Unsur Kebahasaan Teks Prosedur

Dalam sebuah teks prosedur, seorang penulis setidaknya harus memenuhi unsur kebahasaan dalam penulisan teks prosedur. Untuk lebih jelasnya, bagaiman unsur kebahasaan yang harus dipenuhi seorang pengarang dalam menulis teks prosedur. Simaklah baik-baik 7 unsur kebahasaan teks prosedur sebagai berikut.

  • Untuk teks prosedur yang menggunakan bahasa inggris penulis harus menggunakan waktu kekinian (simple present tense).
  • Isi teks prosedur berupa arahan dalam melakukan pekerjaan, sehingga harus mengandung kalimat perintah.
  • Dalam penulisan teks prosedur harus jelas, singkatdan informatif.
  • Mengandung kalimat aktif dan pasif.
  • Dalam kalimat perintah, penulis juga harus menggunakan satuan berat, panjang, waktu dan lain sebagainya, agar pembaca lebih faham.
  • Dalam menuliskan satuan pada kaliamt perintah, penulis harus menggunakan perhitungan pasti. Misalnya tambahkan 2 sendok teh garam dan lain semisalnya.
  • Selain mengandung kalimat perintah, teks prosedur juga harus menyertakan kalimat keterangan atas perintah tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki kaidah kebahasaan diantaranya, konjungsi temporal, kata imperatif, verba material dan tingkah laku, partisipan manusia, bilangan pendanda, kalimat introgatif dan kalimat deklaratif.

Kalimat Imperatif

Kalimat yang mengandung perintah, fungsinya ialah untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.

Kalimat Deklaratif

Kalimat yang berisi pernyataan, fungsinya ialah untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu.

Kalimat Interogatif

Kalimat yang berisi pertanyaan, fungsinya ialah untuk meminta informasi tentang sesuatu.

Konjungsi Temporal

onjungsi temporal merupakan kata penghubung yang berhubungan secara kronologis dengan waktu dan kejadian dari kedua peristiwa yang memiliki keterkaitan. Misalnya, setelah ini, kemudian, lalu, sesudah itu, selanjutnya, sebelum itu, dan lain-lain.

Verba material dan tingkah laku

Verba material adalah perbuatan yang mengacu pada tindakan, seperti potonglah ubi itu, masukan air kedalam wadah. Sedangkan Verba tingkah laku adalah perbuatan yang mengacu pada tindakan berdasarkan ungkapan, seperti, tunggu kira-kira 5 menit, tunggu sampai matang, tetap pertahankan, dan lainnya.

Partisipan manusia

Partisipan manusia adalah mempartisipasikan atau mengikutsertakan manusia dalam tulisan tersebut untuk membantu langkah-langkahnya.

Bilangan penanda

Bilangan penanda adalah bilangan yang mengurutkan langkah-langkah pada tulisannya.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam
Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam

Cara Membuat Blogspot

Pada akhir-akhir ini banyak orang yang mulai mamasuki dunia blogger, apalagi semenjak internet banyak dikenal masyarakat. Salah satu sebabnya karena, media ini memiliki berbagai manfaat, entah manfaat bagi dirinya sendiri atau untuk orang lain. Salah satu manfaat bolgsport adalah sebagai sarana mencari informasi dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaliknya apabila blog yang seseorang kelola memiliki banyak pengunjung, bukan tidak mungkin dia mendapatkan penghasilan dari blog tersebut. Karena memiliki berbagai manfaat, tidak sedikit orang yang ingin menjelajah dunia blog. Untuk kalian yang belum mengatahui cara membuat blog, berikut cara atau langkah-langkah membuat blog.

  1. Langkah pertama bukalah aplikasi browser di dalam laptop atau Komputer anda.
  2. Untuk kalian yang belum mempunyai email, kalian harus memiliki email terlebih dahulu. untuk blogsport sendiri biasanya memakai gmail.
  3. Setelah masuk pada halaman utama google ketikkan “Blogsport.com” pada kolom pencarian.
  4. Setelah beerhasil masuk daftarkan email yang telah anda buat sebelumnya.
  5. Setelah berhasil masuk, maka anda akan segera sampai pada lembar kerja blog. Dengan begitu anda dapat mengisikan judul dan alamat untuk blog anda. selain itu anda juga bisa merubah tampilah blog anda, yang telah disediakan oleh pihat blogger.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam
Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam

Berikut ini terdapat beberapa contoh teks prosedur kompleks, antara lain sebagai berikut:

Proses Membuat e-KTP

  1. Ambil nomor antrean
  2. Tunggu pemanggilan nomor antrean
  3. Menuju ke loket yang ditentukan
  4. Entry data dan foto
  5. Setelah pembuatan KTP selesai
  6. Penduduk datang ke tempat pelayanan membawa surat panggilan
  7. Petugas melakukan verifikasi data penduduk dengan database
  8. Foto (digital)
  9. Tandatangan (pada alat perekam tandatangan)
  10. Perekaman sidik jari (pada alat perekam sidik jari) & scan retina mata
  11. Petugas membubuhkan TTD dan stempel pada surat panggilan yang sekaligus sebagai tandabukti bahwa penduduk telah melakukan perekaman foto tandatangan sidikjari.
  12. Penduduk dipersilahkan pulang untuk menunggu hasil proses pencetakan 2 minggu setelah Pembuatan.

Contoh Teks Prosedur Protokol

Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam
Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam

Berikut ini terdapat beberapa contoh teks prosedur protokol, antara lain sebagai berikut:

Cara Menghidupkan Komputer

Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang seringkali dimanfaatkan dalam memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum menggunakan komputer maka sebaiknya komputer mesti terlebih dahulu dioperasikan.

Pada pengoperasian komputer mesti mematuhi segala prosedur tentang cara menghidupkan komputer dengan benar. Nah, untuk menghidupkan komputer dengan benar maka berikut ini terdapat langkah-langkah dalam menghidupkan komputer:

  1. Buka penutup atau cover pada monitor, printer, keyboard dan CPU.
  2. Pastikan untuk saklar yang menyediakan pada arus listrik yang terhubung pada kabel power ke CPU komputer atau stabilizer.
  3. Tekan pada tombol moniter dan tombol power di CPU
  4. Komputer akan langsung booting, sebaiknya tunggu pada proses tersebut hingga selesai.
  5. Sesudah selesai melakukan proses booting maka komputer siap untuk digunakan.

Contoh Teks Prosedur dalam Bahasa Inggris

Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam

HOW TO MAKE FRIED RICE?

Ingredients:

  1. 2 cloves of Garlic
  2. 2 onions cut into small pieces
  3. 1 table spoon of vegetable oil
  4. a plate of rice
  5. some salt

Steps how to make it

  1. First, pound garlic and 2 pinches of salt.
  2. Second, heat vegetable oil on a frying pan.
  3. Third, put the pounded garlic and salt, and onions into the hot vegetable oil. Fry them a while.
  4. Fourth, put one plate of rice. Fry and mix them around 3 menit.
  5. Fifth, add two pinches of salt. Continue frying until the rice is hot enough.
  6. Finally, put the fried rice on a plate. Serve with a sunny-side up.

Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan

Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam
Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam

Cara Membuat Makanan Agar-Agar Campur Buah

Anak-anak, ya mereka merupakan predator dari makanan ini, sudah terbukti bahwa kebanyakan anak-anak menyukai agar-agar. Maka bagi para ibu yang hendak membuatkan agar-agar untuk anaknya, hendaknya menyimak pembahasan berikut ini.

Dalam pembuatan agar-agar, tentunya kita harus mempersiapkan bahan-bahan terlebih dahulu, seperti :

Bahan-Bahan :

  • *Agar-agar = 1 bungkkus
  • *Air = 600 ml
  • *Gula pasir = 160 gram
  • *Buah-buahan (melon, mangga, semangka, nata de coco, dll)
  • *Cetakan / Loyang

Langkah-langkah :

  1. Pertama panaskan air
  2. Selanjutnya, sambil menunggu mendidih campurkan 1 bungkus agar-agar dan gula pasir kedalam air yang dipanaskan
  3. Setelah itu, potong buah-buahan menjadi kecil (sesuai selera)
  4. lalu, letakkan buah kedalam loyang/ cetakan (sesuai selera)
  5. Kemudian, jika air yang dipanaskan sudah mendidih, segera tuangkan ke dalam cetakan/ loyang yang sudah diberi kombinasi buah.
  6. Berikutnya, diamkan hingga dingin.
  7. Langkah selanjutnya, simpan di lemari es agar rasa lebih lezat.
  8. Terakhir, ambil agar-agar dari lemari pendingin dan santap.

Contoh Teks Prosedur Melakukan Sesuatu Kegiatan

Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam

Cara Membersihkan Sepatu Bertali

Sepatu yang bertali merupakan sepatu yang lazim digunakan oleh anak-anak sekolah ataupun para mahasiswa mahasiswa. Cara membersihkan sepatu ini agak repot, karena yang harus dicuci bukan hanya sepatu, melainkan tali sepatunya juga. Adapun langkah-langkah yang mesti dilakukan dalam membersihkan sepatu bertali adalah sebagai berikut:

  • Lepaskan tali sepatu dengan hati-hati.
  • Setelah itu, rendamlah tali-tali sepatu ke dalam larutan deterjen yang telah disediakan selama ± 10 sampai 20 menit.
  • Siapkan sikat dan deterjen bubuk, lalu deterjen dimasukkan ke dalam ember baru dan dilarutkan dengan air. Larutan ini digunakan untuk membersihkan sepatu yang sudah disikat.
  • Sikat sepatu dengan menggunakan sikat yang disediakan hingga noda-noda di sepatu menghilang. Sebisa mungkin, sikat yang digunakan tidak ditaburi dengan bubuk atau larutan deterjen.
  • Setelah nodanya pudar, masukkan sepatu ke dalam larutan detergen yang telah disediakan. Sehabis itu, sepatu disikat kembali agar nodanya benar-benar hilang.
  • Untuk tali sepatu, angkat tali tersebut dari rendaman, lalu dikucek hingga nodanya hilang. Sehabis itu, bilas dengan air jernih.
  • Masukkan segumpal koran bekas ke dalam bagian dalam sepatu. Jemur sepatu beserta talinya di tempat yang tidak terlalu panas.

Contoh Teks Prosedur Beserta Strukturnya

Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam
Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam

(Judul) Persiapan Sebelum Mengikuti Aksi

(Tujuan) Mempersiapkan diri sebelum mengikuti aksi agar meminimalisir risiko seperti kekerasan, salah tangkap, atau kemungkinan buruk lainnya.

(Alat dan bahan) Barang yang perlu dibawa:
Payung dan jas hujan
Topi atau tudung kepala
Bekal minuman dan makanan secukupnya
Uang tunai secukupnya
Odol
Obat-obatan pribadi
Masker
Telepon genggam
Power bank

(Langkah-langkah) Yang perlu dilakukan sebelum dan selama aksi berlangsung:

  1. Pastikan kondisi tubuh sehat dan bugar.
  2. Berkoordinasi dengan peserta aksi lainnya. Ketahui lokasi-lokasi penting, seperti titik kumpul, lokasi tim medis, jalur evakuasi, dan lokasi koordinator lapangan.
  3. Berangkat bersama teman 3-4 orang. Jangan berangkat sendiri. Berkumpul bersama sekelompok kecil teman, lalu berangkat bersama dari titik keberangkatan yang sudah disepakati. Setelah aksi selesai, kumpul kembali di titik awal kalian berkumpul. Beri tahu teman tersebut nomor darurat yang bisa dihubungi bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat aksi. Lebih aman lagi, kabari orang tua atau kerabat dekat bahwa kalian mengikuti aksi. Mereka akan siap sedia bila terjadi sesuatu.
  4. Simpan nomor-nomor darurat di telepon genggam seperti nomor lembaga bantuan hukum, layanan publik, tenaga medis, serta nomor kerabat yang dapat dihubungi saat keadaan darurat. Sebaiknya, kosongkan penyimpanan dalam telepon genggam, matikan pelacak lokasi, hapus riwayat pesan, dan gunakan kata sandi untuk mengunci layar telepon genggam. Hal tersebut berguna agar data dalam telepon genggam kita tidak disalahgunakan oleh oknum.
  5. Gunakan topi, tudung kepala, atau payung bila matahari terik, agar tidak pingsan kepanasan. Bila hujan keluarkan jas hujan atau payung. Pakai masker untuk menghindari debu dan polusi. Namun masker juga berguna menutup sebagian wajah agar privasi terjaga. Selama aksi akan banyak orang yang mengambil foto dan video. Masker melindungi kita dari tangkapan kamera.
  6. Ikuti aksi dengan tertib mengikuti arahan koordinator lapangan. Suarakan pendapat kalian dengan bebas dan lantang. Namun tetap waspada dan jangan terpicu provokasi.
  7. Menepilah setiap saat bila merasa lelah. Istirahat, lalu isi tenaga dengan makanan atau minuman. Konsumsi obat pribadi bila penyakit kambuh sewaktu-waktu. Jangan memaksakan diri.
  8. Bila terjadi kericuhan, segera menjauh dari kerumunan. Cari tempat berlindung bersama teman kalian. Bila keadaan sudah semakin parah, segera kembali ke titik berangkat yang disepakati sebelumnya.
  9. Bila aparat melemparkan gas air mata, segera pakai odol di kantung mata atau bagian bawah mata. Odol sedikit mengurangi perih akibat gas. Setelah itu, berlarilah menuju tempat yang lebih aman. Jangan melawan aparat bersenjata karena kalian bisa kena tembak hanya karena alasan keamanan. Peluru tidak akan kalah hanya dengan payung. Namun jangan sekali-kali membawa senjata tajam atau sejenisnya karena bisa dikenai pasal pidana.
  10. Bila ada teman kalian yang tidak kembali ke titik berangkat, lalu tidak dapat dihubungi, segera cari bantuan melalui nomor darurat.
  11. Bila kalian ditangkap aparat tanpa alasan jelas, jelaskan bahwa kalian tidak melakukan kekerasan. Jangan biarkan mereka melanggar privasi dengan memeriksa telepon genggam. Jangan beri tahu password pada mereka. Sebaliknya, minta waktu pada aparat agar kalian bisa menghubungi kuasa hukum atau lembaga bantuan hukum. Jangan beri keterangan apapun sampai bantuan hukum datang. Bila aparat melakukan kekerasan, ingat-ingat kronologisnya serta lihat emblem nama di dada sebelah kiri, lalu laporkan pada lembaga bantuan hukum.

Contoh Teks Prosedur Membuat Kue

Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam
Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam

Brownies

Brownies merupakan kue yang tidak asing lagi bagi lidah kita. Rasanya yang manis dan berwarna coklat menjadi karakteristik dari kue ini.  Untuk membuat brownies sangat mudah sekali simak langsung prosedur pembuatannya dibawah ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan :

  • 75 gram gula pasir
  • 75 gram mentega
  • 170 gram coklat
  • 75 gram terigu
  • 4 buah strawberry
  • 2 butir telur

Langkah-langkah Membuat Brownies Kukus

  • Terlebih dahulu, siapkan bahan-bahan yang sudah saya sebutkan di atas seperti gula pasir, mentega, coklat, terigu, telur dan strawberry untuk hiasan brownies.
  • Kedua, masukkan 2 butir telur dan gula pasir ke dalam wadah, kemudian aduk hingga rata menggunakan mixer.
  • Aduk terus sampai adonan mengembang dan berwarna putih.
  • Setelah itu, masukkan terigu dan mentega yang telah dicairkan ke dalam adonan sambil tetap mengaduknya menggunakan mixer.
  • Sambil tetap dalam posisi mengaduk, tambahkan coklat yang telah dicairkan sebelumnya ke dalam adonan.
  • Aduk kembali adonan hingga benar-benar merata. Anda bisa menggunakan whisk untuk mengaduknya agar semua adonan tercampur rata.
  • Selanjutnya, tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan mentega.
  • Masukkan adonan yang sudah dituangkan ke dalam loyang tadi ke dalam panci kukus. Kemudian kukus selama 30 menit dengan api yang kecil, jangan menggunakan api yang terlalu besar supaya mekarnya bisa bagus.
  • Viola! brownies kukus sudah siap dihidangkan. Anda bisa menghiasi browniesnya dengan strawberry di atasnya.

Contoh Teks Prosedur Membuat Nasi Goreng

Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam
Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam

Nasi Goreng Spesial

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa nasi goreng spesial adalah menu yang paling banyak dipilih untuk restoran. Untuk bisa mengkonsumsinya tidak harus datang ke restoran mahal. Menu ini sebenarnya yang paling sederhana untuk dicoba karena bahan dan cara memasaknya sangat gampang.

Bahan-bahan :

2 piring nasi putih
1 potong ayam kemudian disuwir
2 butir telur ayam
3 buah bakso iris tipis
1 batang daun bawang
1 sdt garam
½ sdt gula pasir
3 sdm kecap manis

Bumbu yang dihaluskan :

1 sdt terasi yang sudah dibakar
4 buah cabai merah besar
4 buah cabai rawit
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah

Cara membuat 

1. Haluskan semua bumbu, kemudian tumis dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan sampai tercium baru yang harum. Sisihkan.

2. Kocok 1 butir telur kemudian goreng orak arik, masukkan bakso yang sudah diiris tipis. Masukkan bumbu yang tadi sudah digoreng dan tambahkan nasi.

3. Tuang kecap manis, garam, gula pasir dan masukkan suwiran ayam goreng. Aduk semua bahan sampai merata.
4. Iris daun bawang kecil-kecil dan masukkan ke dalam nasi goreng. Aduk kembali.

5. Cetak nasi goreng ke dalam mangkuk dan letakkan di atas piring. Goreng sisa telur, buat telur mata sapi dan letakkan di atas nasi goreng yang sudah dicetak.

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Pengertian Teks Prosedur dan Contohnya: Kaidah, Fungsi, Ciri, Struktur, Macam. Semoga bermanfaat. Salam.

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *