Wisata Bukit Tuamese Miniaturnya Raja Ampat di Pulau Timor

Bukit Tuamese memiliki pesona yang tak kalah indah dari destinasi lain di Indonesia. Bukit di desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), NTT menawarkan panorama yang tidak kalah dengan wisata di Raja Ampat atau Pulau Padar di Labuan Bajo.

0
246
Bukit Tuamese Desa Tuamese Kab TTU Nusa Tenggara Timur
Bukit Tuamese Desa Tuamese Kab TTU Nusa Tenggara Timur

Wisata Bukit Tuamese Desa Tuamese, Timor adalah sebuah pulau yang terkenal dengan iklimnya yang panas, gersang dan kering, tetapi masih memiliki pesona tersembunyi yang belum dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Pantai berpasir putih dengan perairan jernih, hutan yang unik, dan kehidupan suku-suku Timor yang terus melestarikan tradisi dan budaya di pulau Timor. Orang Timor juga terkenal karena keramahan mereka.

Bukit Tuamese memiliki pesona yang tak kalah indah dari destinasi lain di Indonesia. Bukit di desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), NTT menawarkan panorama yang tidak kalah dengan wisata di Raja Ampat atau Pulau Padar di Labuan Bajo.

Ddari puncak bukit, Anda akan melihat hamparan kolam/tambak yang berubah seperti danau. Di sisi barat, laut biru memanjang, beserta dengan vegetasi palem hijau di pantai.

Cukup mendaki 200 meter di atas bukit sehingga pengunjung dapat mencapai bukit Tuamese. Namun hati-hati saat mendaki karena jalurnya terjal dan berpasir. Pada titik ini, tangga belum tersedia, seperti Pulau Padar.

Bukit Tuameses sangat dekat dengan kota Atambua, yang merupakan pusat kabupaten Belu. Dibutuhkan sekitar satu jam untuk sampai bukit ini dari pusat kota Atambua. Bukit Tuamese juga dekat dengan negara tetangga Timor Leste.

Baca juga:

Jalan yang dilintasi juga cukup mulus, meski masih ada sederetan jalan berbatu. Pengunjung juga akan melewati Bendungan Rotiklot yang baru diresmikan Presiden Jokowi. Setelah mencapai daerah Ponu SP 1, desa terakhir sebelum mencapai tujuan, belok kanan menuju Bukit Tuamese.

Ada baiknya bertanya dan menyapa warga setempat dimana letak Bukit Tuamese. Jangan kaget dengan jawabannya, karena banyak penduduk setempat menyebutnya Raja Ampat.

Di sepanjang jalan menuju Atambua, pengunjung disarankan untuk berhati-hati dan waspada karena banyak hewan peliharaan seperti babi, anjing, dan sapi berkeliaran di jalanan.

Sebelum mendaki, lanjutnya, wisatawan biasanya dipandu oleh pemandu muda atau warga setempat. Mereka tidak meminta uang, mereka menemani pendakian ke atas bukit. Karena jauh sebelum tempat itu dikenal banyak orang, di sanalah arena bermain anak-anak pedesaan itu.

Baca juga:

Akses ke Bukit Tuamese

Untuk menuju Bukit Tuamese bisa di akses dari jalur Kupang atau bisa juga dari Atambua. Bagi pelancong yang berada di daerah Kupang bisa menggunakan bis/bus jurusan Kupang-Kefamenanu atau Kupang-Atambua.

Jika aksesnya dari Kefa, teman-teman bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa motor.

Untuk menuju TTU, bisa menggunakan jalur melalui Atambua. Terdapat dua penerbangan dari Kupang menuju Bandar Udara A A Bere Tallo. Penerbangan ke Atambua dilayani menggunakan pesawat ATR dari maskapai Wings Air pada pagi dan siang hari.

Selain menikmati indahnya pemandangan dari atas Bukit Tuamese, kamu juga bisa singgah di Pantai Faularan yang merupakan objek wisata didekatnya.

Memasuki area Bukit Tuamese, pantai yang masih alami tersebut akan menyambutmu. Memiliki butiran pasir berwarna abu-abu kecoklatan, biru air laut di Pantai Faularan membentang indah.

Saat mengunjunginya, kamu akan merasakan sensasi yang menenangkan karena ombaknya yang nggak terlalu besar, anginnya yang sepoi-sepoi, dan alamnya yang masih sangat bersih.

Saat memasuki perbukitan Tuam, pantai yang masih asli akan menyambut Anda. Ini memiliki butiran pasir abu-abu kecoklatan, air laut biru di pantai Faularan yang indah.

Selama kunjungan Anda, Anda akan merasakan perasaan tenang karena ombaknya tidak terlalu besar, angin sepoi-sepoi lembut dan alam selalu sangat bersih.

Peta Lokasi Bukit


Tinggalkan Balasan