Pantai Londa Lima terletak di Desa Kutta, 15 km barat laut kota Waingapu, Nusa Tenggara Timur.
Pantai Londa Lima terletak di Desa Kutta, 15 km barat laut kota Waingapu, Nusa Tenggara Timur.

Pantai Londa Lima adalah tempat rekreasi yang populer di Pulau Sumba bagian utara. Keindahan pantainya yang bersih dengan banyak pohon rindang menjadikan pantai ini tujuan wisata bersama keluarga Anda. Pantai Londa Lima terletak di Desa Kutta, 15 km barat laut kota Waingapu, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini mulai dijadikan objek wisata sejak tahun 2001 atas prakarsa kepala desa yang baru saja dilantik oleh masyarakat sekitar.

Nama Londa Lima di Sumba berarti berpegangan tangan atau beramai-ramai. Pantai Londa Lima juga sering disebut Pantai Kuta, yang berarti “Sirih” karena terletak di Desa Kuta. Dengan pasir putih dan lautnya yang tenang, pepohonan rindang yang besar di pantai Londa Lima menjadikan pantai ini tempat favorit untuk dikunjungi selama musim liburan. Warna air laut di pantai ini cukup unik karena pantai yang landai membentang kuat ke dasar laut antara Pulau Sumba dan Pulau Flores.

Selain warna air lautnya yang unik, pohon-pohon unik tumbuh di pantai ini. Pohon itu tidak memiliki daun, hanya bunga merah cerah. Di pantai Londa Lima Anda bisa berjemur matahri dan memancing. Anda juga dapat membeli ikan segar yang ditangkap oleh nelayan setempat di pantai. Pantai Londa Lima juga merupakan tempat di mana upacara tradisional Hamayang atau Marapu berlangsung. Untuk memasuki kawasan wisata Londa Lima, Anda hanya membayar Rp.5.000 / orang dan menikmati suasana pantai yang eksotis.

Baca juga:

Untuk menuju ke pantai di Londa Lima tidaklah sulit. Karena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Waingapu, Anda dapat mencapai Pantai Londa Lima dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum dari kota Waingapu dalam 20 menit.

Peta Lokasi Pantai