10+ Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya 2021

  • Whatsapp

10+ Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya 2021 – Memiliki sebuah mobil adalah idaman semua orang. Mobil yang kita miliki tentu harus selalu dijaga agar bisa dikendarai dengan aman dan nyaman. Namun bahaya kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Oleh karena itulah kita membutuhkan asuransi mobil, agar tidak perlu khawatir terjadi kecelakaan. Ada banyak sekali penyedia asuransi kendaraan yang siap memberikan layanan terbaiknya dengan tarif premi bersaing dan berbagai layanan asuransi menarik.

Bacaan Lainnya

Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya
Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya

Pengertian Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah layanan perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi terhadap mobil yang Anda miliki. Asuransi mobil memberikan perlindungan pada mobil pribadi atau untuk penggunaan bisnis dari beragam risiko seperti kecelakaan, bencana alam, kebakaran, kerusakan, hingga kerusuhan.

Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil

Jika Anda sudah mengajukan kredit mobil baru atau kredit mobil bekas, berikut adalah beberapa keuntungan mengapa Anda penting untuk memiliki asuransi mobil terbaik:

  1. Perlindungan kendaraan maksimal: Dengan memiliki asuransi mobil, Anda akan mendapatkan fasilitas perlindungan baik dalam hal perawatan atau kecelakaan.
  2. Ganti rugi kerugian: Jika kendaraan Anda mengalami kerusakan, kehilangan, atau pencurian, perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi dengan jumlah yang cukup besar sesuai dengan jumlah pembayaran premi di polis Anda sehingga kerugian yang diderita bisa diminimalisir.
  3. Investasi perawatan: Dengah harga asuransi mobil yang kompetitif, memiliki asuransi kendaraan akan membuat kendaraan Anda lebih terawat dari kerusakan-kerusakan kecil. Bila dijual kembali akan meningkatkan hargakarena mobil Anda lebih terawat dan memiliki asuransi.

Syarat Pengajuan Asuransi Mobil

Untuk pengajuan asuransi mobil terbaik, Anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen berikut:

Dokumen/Jenis PekerjaanKaryawan/Wirausaha/Profesional
Fotokopi KTP/KITAS Yes
Fotokopi SIM   Yes
Fotokopi STNK Mobil   Yes
Foto Sisi Depan & Belakang Kendaraan   Yes
Foto Sisi Kiri & Kanan Kendaraan   Yes
Foto Dashboard Kendaraan   Yes
Foto Sisi Atas Kendaraan   Yes

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Ketahui dan pahami jenis asuransi mobil yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi agar Anda bisa memilih dengan tepat dan memanfaatkannya secara maksimal sesuai perlindungan yang ada.

Saat ini, terdapat dua jenis asuransi mobil yang ditawarkan:

Asuransi Mobil All Risk

All risk dapat diartikan menjadi ‘segala risiko’. Asuransi ini disebut juga comprehensive atau keseluruhan. Ini berarti asuransi akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. Berbeda dengan TLO, lecet sedikit saja pada mobil, asuransi akan membayarkan klaim asuransi. Hanya saja asuransi mobil all risk pembiayaannya lebih mahal daripada TLO.

Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only)

Secara harafiah Total Loss Only (TLO) berarti “hanya (jika) kehilangan total”. Berarti klaim asuransi hanya dapat diajukan apabila terjadi ‘kehilangan total’. Dalam asuransi mobil, yang dimaksud kehilangan total itu adalah kerusakan yang terjadi di atas 75% atau kehilangan pencurian ataupun karena perampasan. Bila kerusakan yang dialami kurang dari itu, Anda tidak akan mendapatkan ganti rugi atas kerusakan. Patokan 75% diambil karena mobil dipastikan tidak dapat digunakan lagi. Kelebihannya, premi asuransi TLO lebih rendah dibandingkan asuransi mobil all risk.

Dari kedua jenis asuransi tersebut, biaya asuransi all risk jauh lebih tinggi dibandingkan TLO, apalagi kalau ingin menambah perluasan perlindungan. Apabila harga mobil yang Anda miliki terbilang tinggi sehingga butuh biaya tidak sedikit sekalipun rusak ringan, sebaiknya memilih all risk. Asuransi jenis ini juga cocok bagi usaha rental mobil atau kursus mobil, sebab risiko sekedar rusak ringan terbilang tinggi. Frekuensi pemakaian mobil berpengaruh pada jenis asuransi yang akan diambil. Semakin sering dipakai, semakin besar pula kemungkinan kecelakaannya. Terlebih, bila rute yang sering digunakan adalah jalur padat. Lagi-lagi all risk menjadi pilihan.

Sebaliknya, kalau mobil lebih sering parkir di rumah daripada diajak keluar, lebih baik memilih TLO. Kecelakaan bukan satu-satunya faktor penentu. Tingkat kriminalitas juga perlu dicermati. Kriminalitas di daerah-daerah tertentu terbilang tinggi. Kalau Anda tinggal atau sering lalu lalang di daerah seperti ini, pastikan mengasuransikan mobil Anda dengan TLO.

Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil

Dalam penghitngan asuransi mobil, jumlah premi yang dibayarkan setiap bulan dihitung berdasrkan jumlah premi murni + jumlah premi perluasan yang ada dengan rumus berikut:

Premi Murni = Harga Mobil x Tarif Premi (berdasarkan kategori, jenis asuransi dan wilayah)

Premi Perluasan = Harga Mobil x Tarif Premi Perluasan (berdasarkan jenis perluasan yang dipilih)

Untuk lebih jelas kita bisa lihat dari contoh perhitungan di bawah ini:

Pak Cermat ingin mengasuransikan kendaraan miliknya dengan asuransi mobil all risk. Mobil yang Ia miliki adalah Toyota Agya dengan harga Rp 120.000.000.- dengan plat kendaraan “B” (DKI Jakarta). Pak Cermat memutuskan untuk menambahkan perluasan banjir dan huru-hara (SRCC), maka premi yang dibayarkan Pak Cermat setiap bulan adalah:

Premi Murni = Rp 120.000.000.- x 3,59% = Rp 4.308.000.-

Premi Perluasan:
Perluasan Banjir = Rp 120.000.000.- x 0,125 % = Rp 60.000.-
Perluasan Huru-Hara = Rp 120.000.000.- x 0,05 % = Rp 60.000.-

Total premi asuransi yang harus dibayarkan pak Cermat dalam setahun adalah:
Rp 4.308.000.- + Rp 60.000.- + Rp 60.000.- = Rp 4.428.000.-

Cara Klaim Asuransi Mobil

Berikut adalah beberapa dokumen yang perlu disiapkan dan diisi untuk mengajukan klaim asuransi mobil:

Dokumen Kecelakaan:

  1. Formulir klaim yang sudah diisi
  2. Fotokopi polis asuransi mobil
  3. Fotokopi SIM
  4. Fotokopi STNK
  5. Surat keterangan dari kepolisian setempat

Dokumen Tanggung Jawab Pihak Ketiga (Bila Ada)

  1. Surat pernyataan ganti rugi dari pihak ketiga
  2. Surat pernyataan tidak adanya asuransi
  3. Fotokopi SIM, KTP, dan STNK
  4. Surat keterangan dari kepolisian setempat

Istilah-istilah dalam Asuransi Mobil

  • Act of God: Kerugian yang disebabkan oleh peristiwa bencana alam.
  • Comprehensive: Asuransi mobil Comprehensive dapat diartikan asuransi ‘segala risiko’. Artinya, pihak asuransi akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan.
  • ERA (Emergency Road Assistance): Pelayanan yang ditanggung dalam polis asuransi untuk mendatangkan montir ke tempat dimana pengemudi terjebak saat kendaraan mengalami kerusakan.
  • Harga Pasar: Harga kendaraan hasil penjualan apabila dijual di pasar bebas yang diperoleh dari tertanggung dengan merek, tipe, lokasi, dan tahun pembelian yang sama sebelum terjadi resiko kehilangan atau kerusakan.
  • Kendaraan Bermotor: Semua jenis, tipe , atau merek kendaraan berikut segala sesuatunya (perlengkapan, onderdil, dsb) yang ada maupun yang akan dimiliki di kemudian hari dan merupakan objek perjanjuan pembiayaan konsumen.
  • Masa Tenggang: Periode waktu setelah tanggal jatuh tempo premi dimana premi masih dapat dibayar tanpa dikenai bunga dan polis masih dapat dipertanggungjawabkan.
  • Masa Tunggu: Periode dimana setelah polis diterbitkan dimana pada periode ini polis asuransi tidak menanggung biaya kesehatan tertanggung sampai jangka waktu tertentu selain biaya.
  • Personal Accident: Kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotor yang menyebabkan kematian atau keadaan cacat tetap kepada pengemudi atau penumpangnya. Penggantian atau ganti rugi akan dibayarkan sesuai dengan spesifikasi kendaraan yang ditentukan dalam polis asuransi.
  • Proposal: Kumpulan informasi yang diberikan oleh perusahaan asuransi mengenai manfaat polis yang akan diberikan ke calon nasabah. Proposal ini biasanya ditawarkan untuk memeberikan informasi produk yang akan diberikan seperti besarnya premi dan syarat-syarat pertanggungannya.
  • Polis: Polis adalah sebuah perjanjian yang mengikat dan disetujui oleh pihak perusahaan asuransi dan pemegang polis secara tertulis.
  • Premi: Uang yang harus dibayarakan pada jangka waktu tertentu sebagai kewajiban dari pemegang polis asuransi. Besarnya premi yang dibayarkan ditetapkan oleh kebijakan dan persetujuan dari pihak perusahaan asuransi sesuai dengan kondisi dari tertanggung.
  • Penanggung: Seseorang yang secara sah tercantum dalam polis asuransi untuk melakukan pembayaran premi atas polis yang tersebut.
  • Resiko Sendiri (Deductible): Nilai beban dari pihak tertanggung dalam tiap kerugian atau kerusakan yang dihitung berdasarkan jumlah ganti rugi.
  • SRCCTS (Strike Riot Civil Commotion Terrorism & Sabotage): Kerugian yang disebabkan oleh peristiwa huru-hara, kerusuhan, terorisme, dan sabotase).
  • Tertanggung: Seseorang yang tercantum secara sah tercantum dalam polis asuransi untuk menerima manfaat dari polis tersebut.
  • Total Loss Only: Asuransi ini hanya akan memberikan jaminan atas kehilangan (adanya pencurian terhadap mobil) atau kerusakan dengan nilai kerugia mencapai lebih dari 75% dari harga mobil seperti yang telah disebutkan di dalam polis.
  • Uang Pertanggungan: Harga beli sebuah kendaraan saat dimulainya masa pertanggungan dan tercatat dalam polis asuransi yang bersangkutan yang merupakan batas maksimum tanggung jawab dari penanggung dalam perjanjijan asuransi.

Daftar Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Bagi Anda yang tertarik mengikuti asuransi dan bingung mencari penyedia layanan asuransi mobil terbaik di Indonesia, silahkan pilih salah satunya dibawah ini:

Jasaraharja Putera

Semua orang pasti pernah mendengar nama Jasaraharja, karena layanan asuransi ini sangat familiar dengan asuransi kecelakaan ketika kita menaiki kendaraan umum, seperti bus, kereta api, ataupun pesawat. Selain itu, mereka juga menjadi salah satu penyedia layanan asuransi mobil terbaik di Indonesia dengan menghadirkan layanan JP-ASTOR (Asuransi Kendaraan Bermotor). Tersedia dua ruang lingkup pertanggung jawaban yang diberikan JP-ASTOR, yaitu TLO dan All Risk. Semuanya memiliki biaya premi yang tergolong lebih murah dibandingkan perusahaan asuransi lainnya, jadi tak salah apabila kami sebut sebagai asuransi mobil terbaik di Indonesia.

Asuransi Mobil Sinar Mas

Asuransi mobil terbaik selanjutnya dimiliki Sinarmas dengan produk unggulan bernama Simasnet. Keuntungan kita mengikuti asuransi Simasnet adalah bisa melakukan klaim langsung ke bengkel authorized apabila terjadi kerusakaan pada mobil yang kita asuransikan. Selain itu, tersedia pula cicilan 0% untuk pemegang kartu kredit BCA dan layanan 24 Jam ke semua pelanggan Simasnet. Selain itu, Sinarmas juga menyediakan layanan asuransi mobil Simas Mobil yang terdiri dari Gabungan ( Comprehensive) + TPL, Total Loss Only + TPL, dan Simas Mobil TPL ( TPL Only).

Asuransi Garda Oto

Garda Oto terbukti menjadi salah satu layanan asuransi mobil terbaik di Indonesia. Pasalnya pada tahun 2013, Garda Oto berhasil meraih gelar sebagai asuransi mobil terbaik oleh salah satu lembaga suver di Indonesia. Sampai sat ini Garda Oto tetap memberikan layanan terbaiknya dengan menghadirkan berbagai jenis asuransi mobil, seperti All Risk, TLO, tanggung jawab pihak ketiga, dan perluasan huru-hara serta bencana alam. Selain itu, Garda OTO juga diakui oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), jadi kita tak perlu takut memilih Garda Oto sebagai asuransi mobil terbaik untuk kendaaran yang kita miliki.

Asuransi Allianz Utama Indonesia

Allianz merupakan penyedia asuransi yang sudah diakui dunia. Di Indonesia mereka memiliki produk Asuransi Allianz MobilKu yang menyediakan tiga paket komprehensif yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Paket yang pertama adalah Allianz MobilKu Grand yang memberikan solusi perlindungan kendaraan paling lengkap terhadap kerusakan ataupun pencurian. Lalu ada pula Allianz MobilKu ECO yang menawarkan biaya premi lebih ekonomis dan yang terakhir adalah Allianz MobilKu Suka-suka yang memberikan paket asuransi sesuai pilihan dan keinginan kita.Asuransi Mobil Murah

Asuransi Adira (Autocilin Auto Insurance)

Selain memberikan layanan keuangan dalam bentuk kredit motor ataupun mobil, Adira juga memiliki layakan asuransi mobil terbaik yang mereka namai “Autocilin Auto Insurance”. Asuransi mobil yang diberikan Adira tak perlu diragukan lagi, karena kita akan mendpatkan layanan terbaik ketika terjadi kerusakan pada mobil yang kita miliki. Saya sendiri sudah membuktikannya, dan terbukti klaim asuransi berlangsung sangat mudah, sesuai dengan jenis asuransi yang kita miliki.

AXA Auto Insurance

AXA Auto Insurance menyediakan produk asuransi unggulan bernama Smartdrive. Layanan asuransi ini akan memberikan jaminan terhadap kehilangan kunci kendaraan dan perlindungan terhadap kerugian total ketika mobil terjadi kecelakaan ataupun dicuri oleh supir pribadi. Selain itu, kita juga akan mendapatkan pertanggung jawaban hukum dari pihak ketiga dan berbagi manfaat lainnya. Alhasil asuransi mobil terbaik dari Axa akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada semua pelanggannya.

Asuransi ACA Otomate

Asuransi mobil terbaik di Indonesia selanjutnya adalah ACA Otomate. Yang menarik dari asuransi mobil ini adalah memberikan layanan mobil pengganti yang membuat kita tetap bisa beraktivitas ketika mobil sedang diperbaik di bengkel. Selain itu, tersedia pula fasilitas Road Side Assistance yang akan membantu memperbaiki kerusakan mobil langsung dilokasi. Sayangnya jaringan asuaransi ACA Otomate hanya berlaku di wilayah Jabotabek, Bandung, Semarang, dan Sukabumi.

Selain ke 7 daftar asuransi mobil terbaik di atas, berikut ini juga kami sajikan list yang menyediakan daftar berbagai institusi yang menerbitkan produk asuransi mobil terbaik di Indonesia beserta simulasi asuransi mobil terbaik untuk para calon nasabah, antara lain adalah:

  1. Asuransi Mobil ABDA
  2. Asuransi Mobil ACA
  3. Asuransi Mobil AIG
  4. Asuransi Mobil AXA
  5. Asuransi Mobil AXA Mandiri
  6. Asuransi Mobil Adira
  7. Asuransi Mobil Allianz
  8. Asuransi Mobil Aswata
  9. Asuransi Mobil Autocillin
  10. Asuransi Mobil Avrist
  11. Asuransi Mobil BCA Insurance
  12. Asuransi Mobil BESS
  13. Asuransi Mobil Bintang
  14. Asuransi Mobil Chubb
  15. Asuransi Mobil Garda Oto
  16. Asuransi Mobil Himalaya
  17. Asuransi Mobil Jasindo
  18. Asuransi Mobil KSK
  19. Asuransi Mobil MAG
  20. Asuransi Mobil MNC Insurance
  21. Asuransi Mobil MPM Insurance
  22. Asuransi Mobil Malacca
  23. Asuransi Mobil Pan Pacific
  24. Asuransi Mobil Raksa
  25. Asuransi Mobil Ramayana
  26. Asuransi Mobil Reliance
  27. Asuransi Mobil Simasnet
  28. Asuransi Mobil Sinarmas
  29. Asuransi Mobil Tokio Marine

Baca Juga:

Sekian informasi seputar 10+ Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya 2021. Semoga bermanfaat. Salam.

Last Update: 7 Juli 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *