Download Aplikasi Dinding Penahan Tanah PRODIPTA 2006

5/5 - (28 votes)

Download Aplikasi Dinding Penahan Tanah PRODIPTA 2006 – Dinding penahan tanah yang kerap disebut dengan istilah retaining wall adalah konstruksi yang wajib dipasang pada struktur bangunan di lahan miring. Umum digunakan pada hunian yang terdapat di tepi lereng ataupun sungai, penggunaan dinding penahan tanah sangat efektif untuk mencegah terjadinya bahaya seperti longsor.

Tak hanya terdiri dari satu jenis saja, dinding penahan tanah juga tersedia dalam berbagai macam jenis untuk disesuaikan menurut bangunan dan kondisi tanah.

Download Aplikasi Dinding Penahan Tanah PRODIPTA 2006
Download Aplikasi Dinding Penahan Tanah PRODIPTA 2006

Pengertian dan Fungsi Dinding Penahan Tanah (Retaining Walls)

Dinding penahan tanah (retaining walls) adalah suatu bangunan yang berfungsi untuk menahan tanah dan memberikan stabilitas pada lereng.
Sementara itu berikut ini fungsi dinding penahan antara lain, yaitu:
    • Menahan gaya tekan lateral tanah aktif (Active Lateral Force Soil) yang berisiko menyebabkan terjadinya keruntuhan lateral tanah seperti contohnya longsor/landslide.

    • Menahan gaya tekan lateral air (Lateral Force Water) yang berisiko menyebabkan terjadinya keruntuhan lateral akibat tekanan air yang besar seperti terjadinya erosi.

  • Memproteksi kemungkinan terjadinya perembesan air/seepage yang disebabkan adanya  elevasi muka air tanah yang cukup tinggi. Dalam hal ini juga berfungsi dalam proses pengeringan air (dewatering) yaitu dengan memotong aliran air (Flow net) pada tanah (Cut Off).

Jenis Jenis Dinding Penahan Tanah

Dinding Penahan Tanah Gravity

Jenis dinding penahan tanah yang satu ini dapat kamu fungsikan untuk menahan tekanan dari tanah lateral. Dapat diaplikasikan pada daerah bertebing berbentuk landai ataupun terjal serta daerah timbunan tanah, jenis dinding penahan tanah gravity bekerja dengan memanfaatkan bobot massa dari badan konstruksi. Sementara itu, material yang biasa digunakan pada dinding penahan tanah ini adalah tulang beton dan pasangan batu.

Dinding Penahan Tanah Kantilever

Jenis dinding penahan tanah kantilever kerap diaplikasikan di daerah tebing atau timbunan. Mengenai cara kerjanya, dinding penahan tanah kantilever memanfaatkan daya jepit pada struktur tubuh dinding sehingga bentuknya memiliki ciri khas berupa model telapak memanjang di bagian dasar struktur dan disertai dengan sistem jepit.

Dinding Penahan Tanah Diaphragm

Untuk konstruksi bawah tanah seperti basement, dinding penahan tanah yang biasa digunakan adalah jenis diaphragm. Dinding penahan tanah yang satu ini dibangun dari rangkaian besi beton bertulang dan dicor dengan sistem modular sehingga jauh lebih kokoh untuk pembangunan konstruksi bawah tanah.

Dinding Penahan Tanah Contiguous Pile dan Soldier Pile

Sama halnya dengan diaphragm, jenis dinding penahan tanah contiguous pile dan soldier pile juga kerap digunakan di konstruksi bawah tanah. Biasanya, pembuatannya dikombinasikan dengan sistem anchor sehingga dapat memutuskan aliran air bawah tanah dan mampu meningkatkan daya dukung tekanan aktif lateral tanah.

Dinding Penahan Tanah Gabion

Ada pula dinding penahan tanah bernama gabion yang dibangun dari kumpulan blok serta terbuat dari kawat bronjong yang dilengkapi isian batu belah dengan susunan vertikal. Tak sekadar digunakan sebagai dinding penahan tanah, jenis yang satu ini juga kerap diaplikasikan untuk meningkatkan konsentrasi resapan air ke dalam tanah.

Dinding Penahan Tanah Blok Beton

Selain itu, ada pula dinding penahan tanah berupa blok beton. Terkait konstruksinya, dinding penahan tanah yang satu ini dibangun dari kumpulan blok beton serta dilengkapi dengan sistem pengunci. Pada umumnya, blok beton dibuat modular dalam sistem fabrikasi untuk kemudian tinggal di pasang di lokasi bangunan.

Dinding Penahan Tanah Sheet Pile

Jenis dinding penahan tanah lainnya adalah sheet pile. Jenis yang satu ini biasanya dipakai untuk membendung air, sedangkan material yang dipakai pada konstruksi dinding penahan tanah ini biasanya merupakan beton prategang. Dalam pengaplikasiannya, sheet pile biasanya dibangun hingga mencapai tanah keras.

Dinding Penahan Tanah Revetment

Untuk memperkuat daerah miring, seperti alur pantai atau tepian sungai, jenis dinding penahan tanah yang biasa digunakan adalah revetment. Jenis yang satu ini lebih efektif digunakan untuk mengamankan tanah terhadap gerusan dan banyak juga dipakai di daerah yang rentan terjadi longsor akibat abrasi.

Dinding penahan tanah dapat digunakan pada konstruksi tetap (permanent) maupun konstruksi sementara (temporary). Karena memiliki sifat ketahanan yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya, dinding penahan tanah banyak dijadikan untuk struktur bangunan yang bersifat permanen.

Tujuan utama konstruksi dinding penahan tanah (retaining walls) adalah untuk menahan tanah agar tidak terjadi longsor akibat beban yang bekerja. Selain untuk basement, jenis konstruksi dinding penahan tanah ini juga banyak dijumpai pada under pass dan lereng bukit.

Kegunaan Dinding Penahan Tanah

Retaining walls sudah banyak dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat. Seperti penerapannya dalam bangunan bertingkat yang membutuhkan basement, jalan raya, jalan kereta api, jembatan, kanal dan lainnya. Berikut ini aplikasi yang umum menggunakan dinding penahan tanah antara lain sebagai berikut:

  1. Pembangunan jalan raya atau jalan kereta api yang berada di daerah lereng.
  2. Konstruksi jalan raya atau jalan kereta api yang dibuat lebih tinggi dengan tujuan untuk mendapatkan perbedaan elevasi.
  3. Pekerjaan jalan raya atau jalan kereta api yang dibuat lebih rendah agar didapat perbedaan elevasi.
  4. Batas pinggir kanal yang membutuhkan dinding penahan.
  5. Pembangunan dinding penahan flood walls yang berfungsi untuk mengurangi/menahan banjir dari sungai.
  6. Dinding penahan yang dibuat untuk jembatan sebagai tanah pengisi atau approach fill dan tumpuan jembatan atau dinding penahan disebut abutments.
  7. Pembangunan dinding penahan di sekitar bangunan atau gedung-gedung untuk menahan tanah.

Download Aplikasi Dinding Penahan Tanah PRODIPTA 2006

Software analisis dinding penahan tanah adalah alat untuk membatu mempercepat dalam desain dal evaluasi struktur dinding penahan tanah. ini adalah salah satu software local buatan sendiri untuk menganalisa stabilitas dinding penahan tanah. Software ini sangat terbatas dan hanya untuk memberikan gambaran untuk beberapa type section dinding penahan tanah.

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
Semoga artikel mengenai Download Aplikasi Dinding Penahan Tanah PRODIPTA 2006, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
Dapatkan juga kumpulan file Lainya dibawah ini:
Meta Post

Terakhir Diperpaharui: 7 June 2022
Oleh Admin: Marko Kono.
URL: https://www.betantt.com/download-aplikasi-dinding-penahan-tanah-prodipta-2006/

Leave a Reply

Your email address will not be published.