Download File Excel Hitung Struktur Pembebanan Gempa

  • Whatsapp

Download File Excel Hitung Struktur Pembebanan GempaBetantt.com, Dengan adanya standar gempa Indonesia yang baru yaitu Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Rumah dan Gedung (SNI 03-1726-2002), maka standar gempa yang lama yaitu SNI 03-1726-1989, tidak dapat lagi digunakan untuk perencanaan struktur.

Salah satu perbedaan yang mendasar antara standar gempa yang baru dengan standar yang lama adalah, digunakannya periode ulang gempa yang berbeda untuk menentukan beban gempa rencana yang harus diperhitungkan pada struktur bangunan gedung.

Bacaan Lainnya
Download File Excel Hitung Struktur Pembebanan Gempa.
Download File Excel Hitung Struktur Pembebanan Gempa.

Seperti diketahui, untuk periode ulang gempa yang berbeda, maka pengaruh gempa tersebut pada struktur bangunan juga akan berbeda. Tulisan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai standar gempa yang baru (SNI Gempa 2002), dan aplikasinya di dalam perencanaan struktur bangunan gedung.

Prosedur analisis statik dalam perhitungan beban gempa yang umum digunakan adalah analisis gaya lateral ekivalen atau yang sering dikenal sebagai prosedur statik ekivalen. Serangkaian gaya lateral dibebankan pada struktur untuk mewakili efek gerakan tanah akibat gempa.

Sedangkan berat seismik efektif struktur (W), perlu menyertakan seluruh beban mati dan beban lain yang mengikuti ketentuan berikut:

  1. Dalam daerah yang digunakan untuk penyimpanan: minimum sebesar 25% beban hidup lantai (beban hidup lantai di garasi publik dan struktur parkiran terbuka, serta beban penyimpanan yang tidak melebihi 5% dari berat seismik efektif pada suatu lantai, tidak perlu disertakan);
  2. Jika ketentuan untuk partisi disyaratkan dalam desain beban lantai, diambil sebagai yang terbesar di antara berat partisi aktual atau berat daerah lantai minimum sebesar 0,48 kN/m2;
  3. Berat operasional total dari peralatan yang permanen;
  4. Berat lansekap dan beban lainnya pada taman atap dan luasan sejenis lainnya.

Distribusi gaya lateral ( Fx ) yang timbul di semua tingkat ditentukan berdasar persamaan berikut:

  • Fx = Gaya gempa lateral
  • Cvx = Faktor distribusi vertikal
  • V = Gaya dasar seismik
  • wx dan wi = Berat seismik efektif pada tingkat-x atau tingkat-i
  • hx dan hi = Tinggi struktur dari muka tanah/taraf penjepitan lateral hingga tingkat-x atau tingkat-i
  • k = Eksponen yang terkait periode struktur, ketentuannya sebagai berikut:
    • Jika T ≤ 0.5, k = 1
    • Jika 0.5 < T < 2.5, k = interpolasi antara 1 ~ 2
    • Jika T ≥ 2.5, k = 2

Gaya-gaya lateral tersebut selanjutnya di distribusikan ke pusat masa tiap lantai dari model struktur yang telah dibuat.

Download File Excel Hitung Struktur Pembebanan Gempa

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
Semoga artikel mengenai Download File Excel Hitung Struktur Pembebanan Gempa, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!

Baca Juga:

Last Update: 8 Juni 2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *