Download Gambar SPBU(Pom Bensin) DWG AutoCAD

  • Whatsapp

Download Gambar SPBU (Pom Bensin) DWG AutoCAD [LENGKAP] – Stasiun pengisian bahan bakar adalah tempat khusus untuk kendaraan memperoleh atau mengisi bahan bakar kendaraannya.

Di Indonesia, Stasiun Pengisian Bahan Bakar dikenal dengan nama SPBU (singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum). Namun, masyarakat juga memiliki sebutan lagi bagi SPBU, yaitu Pom Bensin yang memiliki singkatan dari Pompa Bensin. Di beberapa daerah di Maluku, SPBU disebut Stasiun bensin.

Bacaan Lainnya

 

Download Gambar SPBU/Pom Bensin DWG AutoCAD [LENGKAP]
Download Gambar SPBU/Pom Bensin DWG AutoCAD [LENGKAP]

SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum merupakan fasilitas umum yang disediakan oleh PT. Pertamina untuk masyarakat luas guna memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraan bermotornya. Pada umumnya SPBU menjual bahan bakar jenis premium, solar, pertamax dan pertamax plus.

Stasiun Pengisian Bahan Bakar, pada umunya menyediakan beberapa jenis bahan bakar. Sebagai berikut:

  1. Bensin dan beragam varian produk bensin.
  2. Bahan bakar diesel (Solar).
  3. E85 (etanol+bensin).
  4. LPG dalam berbagai ukuran tabung.
  5. Minyak tanah (“kerosene”).

 

Fungsi dari Pom Bensin

Selain sebagai tempat untuk mengisi bahan bakar, rupanya ada beberapa fungsi lain yang bisa Anda lakukan di pom bensin. Apa saja itu?

Toilet

Di SPBU biasanya tersedia juga toilet atau WC Umum. Maka, tak jarang SPBU jadi tempat persinggahan bagi mereka yang dalam perjalanan jauh untuk buang air kecil atau buang air besar. Namun, masih banyak toilet di SPBU yang kurang laik pakai, seperti kotor, tidak ada tisu, keran air yang rusak, dan sebagainya. Jadi, jika Anda ingin buang air kecil secara nyaman, sebaiknya pilih SPBU yang dari luar telihat bersih dan terawat.

Mushola atau Masjid

Dikarenakan mayoritas masyarakat Indonesia seorang muslim, tentu musola atau masjid menjadi salah satu tempat yang wajib ada di dalam SPBU apalagi jika melakukan perjalanan yang jauh dan sulit sekali menemukan masjid. Selain sebagai tempat ibadah, tidak sedikit juga masyarakat yang memanfaatkan musola atau masjid sebagai tempat untuk beritirahat apalagi dikala musim mudik mendatang.

Tempat Istirahat

Mengantuk saat dalam perjalanan dan butuh istirahat? Biasanya banyak para pengendara yang melakukan perjalanan jauh dan memilih pom bensin sebagai tempat untuk beristirahat. Apalagi jaman arus mudik lebaran, sudah dipastikan pom besin akan dipenuhi oleh para pemudik. Namun, jika tidak dalam kondisi arus mudik, biasanya para supir truk atau kontener yang mengantarkan barang-barang ke pelosok kota sering menginap dan beristirahat di pom bensin.

Isi Angin dan Air Radiator

Selain BBM, biasanya di pom bensin juga tersedia isi angin gratis dan air untuk radiator. Jadi kalau Anda di perjalanan misalnya kendaraan Anda kurang angin isi atau butuh mengisi air radiator tinggal mengisinya saja di SPBU. Namun, sudah ada beberapa SPBU yang menarifkan isi angin dan juga air radiator. Jadi, jika ban mobil Anda kurang angin, sudah tidak bisa mendapatkannya secara gratis, ada tarif tertentu.

Mini Market

Di SPBU biasanya juga tersedia mini market yang menyediakan kebutuhan barang-barang harian, mulai dari peralatan mandi, cuci, obat-obatan, hingga cemilan. Biasanya ini juga jadi alasan orang singgah di sebuah SPBU.

Tempat Makan

Ada beberapa SPBU terkadang juga tersedia tempat makan seperti restoran waralaba bahkan beberapa restoran yang sudah terkenal. Meskipun kondisi bensin masih penuh, tidak jarang yang sengaja mampir ke SPBU hanya untuk makan atau membawa pulang makanan dari restoran tersebut.

ATM

Zaman sekarang sudah jarang orang yang membawa uang tunai. Kalau perlu uang tunai baru mengambilnya di ATM. Apalagi kalau dalam perjalanan jauh yang jarang ada ATM, pengguna kendaraan lebih memilih singgah ke SPBU karena di SPBU juga menyediakan ATM.

 

Bagian – Bagian Dari Pom Bensin

 

  • Knopy, Langit – langit area penjualan Spbu.
  • Tempat dudukan mesin dispenser pompa (alas, persegi panjang ataupun lonjong memanjang) Spbu ini disebut Pulau Pompa.
  • Tiang berdiri yang diberi warna kuning, abu-abu dan biru adalah Pipa Penguapan Tangki Pendam.
  • Tangki Pendam, yakni tempat menampung BBM Spbu. 3 dan 4 merupakan zona terbatas bagi umum yang biasa disebut Area Pembongkaran di Spbu.
  • Oil Catcher atau jebakan minyak. Berfungsi untuk menahan tumpahan minyak.
  • Totem.

 

Download Gambar SPBU (Pom Bensin) DWG AutoCAD [LENGKAP]

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
Semoga artikel mengenai Download Gambar SPBU/Pom Bensin DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *