Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya

  • Whatsapp

Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya – Yang pertama kalian harus memahami materi tentang paragraf eksposisi terlebih dahulu.

Yang kedua kalian harus berfikir dalam membuat paragraf ini. Jadi apabila kalian memahami materi ini sebelum diarkan kalian akan mendapat kemudahan saat mendapatkan tugas. Yah langsung saja beberapa penjelasan paragraf eksposisi sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

Pengertian Paragraf Eksposisi

Teks Eksposisi merupakan sebuah pengembangan paragraf pada suatu penulisan yang dimana berisikan dengan tujuan dalam menjelaskan sebuah pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat, serta akurat.

paragraf eksposisi adalah sebuah paragraf yang mengadung penjelasan (explanation), informasi (information) atau juga pengetahuan yang berkaitan pada topik yang akan ditulis oleh si penulis tersebut. Seperti umumnya, pemakaian paragraf eksposisi berfungsi untuk menginformasikan atau memberikan pengetahuan kepada para pembacanya sehingga mereka akan mendapatkan informasi atau pengetahuan dengan jelas.

Langsung saja, eskposisi diambil dari bahasa inggris yaitu expose yang memiliki sebuah makna memaparkan, menelanjangi dan memerankan. Jadi dapat kita ambil kesimpulan, secara bahasa ekposisi dapat diartikan sebagai paragraph yang memaparkan suatu topik tertentu.

Pada umumnya tujuan pembuatan paragraph ini untuk memberikan informasi atau pengetahuan kepada para pembaca. Agar para pembaca mendapatkan informasi atau pengetahuan secara keseluruhan tentang sebuah masalah. Perlu kalian ketahui bahwa paragraph ini dituliskan berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan penulis.

Ciri-ciri Paragraf Eksposisi

Untuk membedakan sebuah paragraf satu dengan paragraph yang lain, dapat dilihat dari ciri-cirinya. Maka dari itu, agar kita dapat membedakan paragraf ekposisi dengan paragraf yang lain. Kita perlu pelajari materi tentang ciri-ciri paragraf eksposisi, berikut ciri-ciri paragraf eksposisi.

  1. Sebuah paragraf yang dituliskan dengan tujuan memberikan sebuah informasi atau pengetahuan kepada pembaca.
  2. Disampaikan dengan menggunakan bahasa yang mudah difahami dan tidak berbelit-belit.
  3. Penulis harus menyampaikan permsalahan dengan lugas dan tidak memihak salah satu pihak.
  4. Penulis harus menyertakan data yang akurat, agar nilai objektif dalam paragraf ini menjadi kuat.
  5. Paragraf eksposisi tidak mengandung sebuah ajakan atau arahan, tetapi paragraf eksposisi hanya bersifat objektif.
  6. Berisi tentang penjelasan atau definisi tentang objek yang menjadi pembahasan.
  7. Dituliskan dengan menggunakan gaya tulisan inofatif.
  8. Menggunakan sebuah fakta untuk menjelaskan suatu hal yang menjadi pembahasan.
  9. Isi paragraph eksposisi harus dapat menjawab pertanyaan apa, kapan, mengapa, bagaimana, dimana dan siapa.
  10. Dituliskan berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan penulis.
  11. Terdapat gambar, angka, grafik,statistic atau bagan yang digunakan sebagai alat ilustrasi.
  12. Ditutup dengan kesimpulan, berupa kalimat penutup yang ditandai dengan penegasan topik dari penulis.

Jenis jenis Eksposisi

Seperti jenis paragraf yang lainnya, paragraf eksposisi juga memiliki beberapa jenis yang berbeda. Yang setiap jenis paragraf ini memiliki perbedaan satu sama lain. Tetapi untuk paragraf jenis ini perbedaan yang paling menonjol terdapat pada cara pembuatanya. Daripada penarasan lebih baik kita simak penjelasan singkat tentang masing-masing jenis eksposisi.

Paragraf Eksposisi Definisi

Sesuai dengan namanya, paragraf eksposisi definisi adalah sebuah paragraf yang menjelaskan tentang sebuah masalah dengan batasan-batasan yang telah ditentukan. Sehingga pembaca mendapatkan informasi, pengetahuan dan wawasan yang disampaikan penulis melalui paragraf ini.

Paragraf jenis ini akan banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari dan sering ditemukan pada pelajaran kalian. Dalam menyusun paragraf jenis ini penulis harus memaparkan sebuah permasalahan secara mendetail. Yang meliputi ciri-ciri dan sifat dari masalah yang menjadi pembahasan.

Paragraf Eksposisi Proses

Paragraph eksposisi proses adalah sebuah paragraf yang dibuat untuk menjelaskan dan memaparkan cara kerja sebuah masalah. Dalam paragraf ini penulis harus menyusunnya secara terperinci dan menjelaskan cara kerja suatu benda sesuai urutan. Paragraf ini sangat banyak kalian temukan pada kegiatan sehari-hari.

Salah satu contohnya adalah tentang tutorial membuat email, cara memasak mie instan yang bisa kalian pada bungkus bagian belakang. Selain untuk menjelaskan cara kerja suatu benda, paragraf ini juga digunakan untuk menjelaskan proses terjadinya sebuah peristiwa.

Paragraf Eksposisi llustrasi

Paragraf eksposisi ilustarsi adalah sebuah paragraf yang dituliskan untuk memberikan gambaran tentang topik yang dibahas dalam paragraf ini. Dengan menggunakan topik yang lain, yang memiliki kemiripan dengan topik utama. Dalam paragraf jenis ini penulis tidak boleh membandingkan topik utama dengan topik yang lainnya.

Tetapi pengambilan topik kedua hanya digunakan untuk menghubungkan kesamaan antara kedua topik tersebut. Sehingga pembaca dapat lebih mudah memahami dan mencerna apa yang sedang dibahas oleh penulis. Khususnya tentang topik yang menjadi pembahasan utama.

Paragraf Eksposisi Klasifikasi

Dalam membuat paragraf jenis ini penulis harus mengelompokkan atau mengklasifikasikan topik permasahan sesuai pembahasan. Sehingga pembaca lebih mudah dalam memahami informasi yang terkandung dalam paragraf ini.karena informasi pada paragraf ini telah terkelompok sesuai pembahasannya.

Paragraf jenis ini banyak kalian temui pada buku-buku pelajaran sekolah, yang mengelompokkan materi sesuai pembahasannya. Dan hal itu terbukti dapan memudahkan dalam proses belajar mengajar dari pihak guru atau pun murid. Karena materi yang diterima dan dijelaskan menjadi terfokus dalam satu pembahasan

Paragraf Eksposisi Perbandingan atau Pertentangan

Paragraf eksposisi perbandingan adalah paragraph yang merangkan sebuah topik tertentu dengan cara membandingkan topik utama dengan topik yang lain. Dalam paragraf ini penulis harus memunculkan topik yang lain, topik yang memiliki makna kabalikan dari topik utama.

Paragraf ini biasanya ditandai dengan beberapa kata hubung yang menunjukkan sifat perbandingan. Seperti halnya, demikian juga, juga, sama, dengan, selaras dan semua kata yang menunjukkan sebuah perbandingan. Hal yang menjadi kata yang bersifat pembanding harus bersifat kongret dan diketahui secara umum.

Sedangkan untuk eksposisi pertentangan adalah sama seperti eksposisi perbandingan, pada paragraf ini penulis memunculkan hal yang bertentangan dengan topik utama. Jadi di dalam pembahasan paragraf ini memiliki isi yang saling menentang antara topik satu dengan yang lain.

Sama seperti eksposisi perbandingan, paragraf eksposisi pertentangan juga memiliki kata hubung yang berfungsi untuk menentang. Ada beberapa kata yang menjadi tanda paragraf eskposisi jenis ini antara lain. Seperti biarpun, walaupun, berbeda, berbeda dengan, sebaliknya, namun, melainkan dan lain-lain.

Paragraf Eksposisi Laporan

Apakah kalian pernah melihat laporan keuangan, laporan perekomonian, artikel yang ada dikoran yang membahasan tentang laporan dan laporan BPJS. Semua hal yang saya sebutkan diatas adalah sebagian kecil dari contoh paragraf eksposisi laporan.

Sesuai dengan namanya, eksposisi laporan adalah sebuah paragraf yang dibuat untuk tujuan untuk melaporkan sebuah permasahan. Salah satu masalah yang bisa menjadi bahan laporan adalah laporan keuangan, seperti yang saya sebutkan diatas

Dalam membuat paragraf jenis ini, penulis harus menyusunnya dengan terperinci dan disertai data-data untuk menguatkan paragraf jenis ini. Tentu data yang digunakan oleh penulis adalah data yang valid dan tidak mengandung sebuah pendapat. Selain itu data yang bisa dipertanggung jawabakan kebenarannya.

Ciri ciri paragraf Eksposisi

  1. Pada paragraf eksposisi (paragraph exposition) terdapat sebuah pengertian mengenai istilah dalam topik pembahasan.
  2. Paragraf eksposisi mempunyai sifat memberikan informasi untuk si pembaca.
  3. Paragraf eksposisi mempunyai tujuan utama yaitu memberikan informasi, juga bersifat objektif dan netral. Paragraf eksposisi tidak terdapat unsur yang sifatnya persuasif atau mengajak ataupun memengaruhi si pembaca.
  4. Untuk membuat penjelasan pada informasi yang disampaikan mempunyai kekuatan dan bisa dipercaya pembaca, paragraf eksposisi memberikan data yang valid dan didapat dari sumber yang terpercaya.
  5. Seorang penulis yang membuat sebuah teks paragraf eksposisi (paragraph exposition) biasanya memberikan pertanyaan apa, mengapa, siapa, di mana, kapan, dan bagaimana.
  6. Gaya informasi adalah persuasif atau mengajak
  7. Penyampaian teksnya secara jelas, padat dan memakai bahasa yang baku
  8. Memberikan informasi-informasi pengetahuan
  9. Bersifat tidak memihak, artinya yaitu tidak memaksakan kemauan dari penulis untuk si pembacanya
  10. Teks Eksposisi mempunyai sifat yang netral dan objektif
  11. Memberikan suatu fakta yang dipakai sebagai alat konkritasi dan kontribusi

Struktur Teks Eksposisi

Tesis atau Pernyataan Pendapat.

  • Tesis merupakan bagian yang memiliki isi berupa sudut pandang oleh si penulis terhadap setiap permasalahan yang akan dibahas pada topiknya.
  • Sebuah tesis tentunya berisikan sebuah pernyataan yang nantinya akan diperkuat dengan sebuah argumen.
  • Bagian satu ini sangat penting untuk menyusun dalam contoh teks eksposisi dan biasanya muncul pada awal teks eksposisi walaupun kalian bisa menemuinya di bagian akhir.

Argumentasi

  • Argumentasi merupakan suatu bentuk alasan atau bukti yang dipakai untuk mengokohkan atau memperkuat pendapat didalam tesis, walaupun dalam prakteknya argumentasi bisa dipakai untuk menyanggah atau menolak suatu pernyataan.
  • Argumentasi bisa berbentuk sebuah pernyataan umum atau berupa data dari hasil penelitian para ahli yang sumbernya telah terpercaya.

Penegasan Ulang Pendapat.

  • Bagian ini merupakan kesimpulan yang menegaskan kembali dari tesis yang dibicarakan pada awal teks eksposisi dan penguat argumentasi yang ditunjang oleh sebuah fakta.

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat

Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya
Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya

Beras adalah salah satu makanan pokok yang ada di Indonesia yang sudahdikonsumsi sejak jaman nenek moyang kita. Karena bahan makanan ini terkenal mengandung banyak karbohidrat dalam tubuh manusia. Beras adalah makanan yang berasal dari tanamah padi yang telah dipisahkan dari kulitnya.

Beras memiliki beberapa macam jenis, dan setiap jenis beras memiliki keunggulan masing-masing. Ada yang unggul pada kualitasnya, harganya bahkan unggul dari kandungan gizinya. Tanaman ini kira-kira hanya memiliki tinggi satu meter sampai satu setengah meter dan biasa ditanam oleh petani dataran rendah.

Karena tanaman padi adalah salah satu tanaman yang memiliki akar serabut dan tidak cocok untuk daerah pegunungan. Salah satu jenis beras yang menjadi favorit rakyat Indonesia adalah jenis beras ketan. Tetapi jenis beras ini tidak bisa digunakan sebagai makanan pokok, tetapi biasa dimanfaatkan untuk bahanbaku makanan lainnya.(eksposisi definisi)

Contoh Paragraf Eksposisi Definisi

Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya
Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya

Memberikan sebuah informasi yang berupa definisi atau pengertian pada suatu hal.

Contohnya :

Hewan karnivora merupakan jenis hewan pemakan daging. Hewan jenis karnivora mempunyai ciri – ciri gigi yang sangat tajam dan rahang yang sangat kuat. Gigi dan rahang berfungsi sebagai mencabik-cabik daging mangsanya. Hewan dengan jenis yang satu ini diantaranya seperti harimau, singa, buaya, beruang, elang dan lain sebagainya.

Contoh Paragraf Eksposisi Proses

Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya
Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya

Memberikan sebuah informasi yang berupa proses pada suatu hal.

Contohnya :

Air di dunia ini mempunyai jumlah yang sama atau tetap. Proses pada air di dunia ini disebut dengan siklus hidrologi. Siklus ini dimulai dengan air dipermukaan yang terkena panas dari matahari, kemudian akan menguap dan menjadi awan di langit. Awan–awan tersebut diterbangkan oleh angin ke segala penjuru dan menjadi jenuh. Ketika awan tersebut jenuh, maka awan akan berubah menjadi sebuah hujan sehingga air kembali lagi kedalam permukaan bumi.

Contoh Paragraf Eksposisi Klasifikasi

Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya
Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya

Memberikan informasi yang berupa klasifikasi pada sebuah benda atau hal tertentu.

Contohnya :

Berdasarkan dengan pola pengembangan gagasan utamanya, paragraf terbagi menjadi tiga bagian, yakni paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf campuran. Jika kalian ingin memahami ketiga paragraf tersebut dengan lengkap, klik saja link paragraf tersebut.

Contoh Paragraf Eksposisi Ilustrasi

Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya
Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya

Memberikan informasi yang berupa ilustarasi pada suatu hal.

Contohnya :

Menjalani rumah tangga bisa dikatakan sama seperti menahkodai sebuah kapal di tengah – tengah lautan. Kapal yang berada di tengah lautan terkadang akan menghadapi ombak – ombak yang menerjang. Begitu juga halnya dengan menjalani rumah tangga yang akan menghadapi banyak cobaan yang berdatangan. Jika kita tidak sigap, maka rumah tangga akan hancur seperti layaknya kapal yang hancur terbawa arus ombak.

Contoh Paragraf Eksposisi Perbandingan dan Pertentangan

Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya
Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya

 

Memberikan informasi dengan cara membandingkan atau mempertentangkan dalam suatu hal.

Contohnya :

Gandum nerupakan sebagai alternative pengganti nasi. Gandum memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Selain itu, kadar gula yang terdapat di dalam gandum lebih sedikit dibandingkan pada nasi. Oleh sebab itu, gandum sangat baik untuk dijadikan makanan pokok pengganti nasi bagi para penderita penyakit diabetes.

Contoh Paragraf Ekpsosisi Laporan

Memberikan sebuah berita laporan pada suatu perjalanan atau penelitian.

Contohnya :

Pulau seribu merupakan tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Hal ini terbukti ketika kami berkunjung ke sana sekitar beberapa hari yang lalu. Ketika kami hendak turun dari bus, kami sudah diperlihatkan dengan suatu karya yang sangat indah sekali yaitu pemandangan lautan lepas yang sangat indah dan masih terjaga. Kemudian kami dimanjakan dengan beberapa fasilitas yang sangat baik. Oleh sebab itu, pulai ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Contoh Paragraf Eksposisi tentang Covid 19

Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya
Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya

Contoh 1

Sekolah tatap muka selama pandemi butuh kewaspadaan ekstra. Akan kasus baru akan bertebaran di klaster sekolah bila tidak menaati protokol kesehatan dengan ketat. Pada Jumat, 10 November 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memberi pengumuman soal pelaksanaan pendidikan Tahun Ajaran 2020/2021. Ia menyatakan bahwa mulai Januari 2021, izin pembelajaran tatap muka diserahkan jajaran pemerintah daerah dan orang tua. Maka dalam mempersiapkan sekolah tatap muka, seluruh pihak wajib melindungi siswa. Protokol keamanan selama Covid-19 harus diterapkan dengan ketat saat pembelajaran tatap muka.

Contoh 2

Pemerintah daerah dan orang tua perlu berpikir matang, untuk memberi izin seolah tatap muka pada anak berkebutuhan khusus. Sekolah Luar Biasa (SLB) rentan menjadi klaster baru karena proses pembelajarannya banyak menuntut banyak sentuhan fisik.

Sekolah biasa saja rentan menjadi klaster baru karena tidak mempertimbangkan keputusan secara matang. Klaster sekolah muncul di beberapa daerah seperti Tulungagung, Lumajang, Kalimantan Barat, Tegal, Cilegon, Sumedang, Pati, Balikpapan, dan Rembang.

Pembelajaran tatap muka untuk SLB perlu ditinjau ulang. Mengingat pembelajaran anak berkebutuhan khusus tidak dapat disamakan dengan sekolah biasa.

Contoh 3

Pemerintah, aparat keamanan, dan semua pihak yang terlibat dalam percepatan penanganan Covid-19 seharusnya adil dalam menjalankan protokol kesehatan.

Simpatisan Front Pembela Islam (FPI) berkerumun saat Rizieq Shihab datang ke Indonesia pada 10 November lalu. Rizieq datang karena pernikahan anaknya. Tidak ada sanksi atau teguran tegas terhadap kerumunan tersebut.

Pelaksanaan protokol kesehatan untuk melawan Covid-19, baiknya ditaati semua orang. Tidak memandang kelompok, golongan, ras, atau agama. Sebaiknya semua pihak menerapkan protokol dengan adil.

Contoh 4

Pemberian bantuan masker, hand sanitizer, atau alat pelindung untuk melawan Covid-19 seharusnya tepat sasaran. Satuan tugas dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dapat menyusun skala prioritas pemberian bantuan.

Saat Rizieq Shihab menggelar pesta pernikahan anaknya, BNPB memberi bantuan 20.000 masker medis dan nonmedis. Pemberian bantuan tersebut menjadi perbincangan publik. Banyak instansi, lembaga, atau kelompok yang lebih membutuhkan sumbangan masker. Seperti sekolah, rumah sakit, dapur umum, atau pusat-pusat pelayanan publik lainnya.

Kejadian macam ini seharusnya menjadi catatan untuk BNPB. Mana pihak yang harus diprioritaskan dan mana saja yang harus diberi sanksi tegas.

Contoh Paragraf Eksposisi tentang Kesehatan

Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya
Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya

Manfaat Dari Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang kaya akan manfaat. Tanaman yang memiliki bentuk lidah lebar dikenal karena sifat kesehatan rambutnya yang baik. Selain khasiat ini, lidah buaya juga memiliki khasiat lain, yaitu sebagai obat untuk jerawat yang meradang pada kulit.

Menurut penelitian dari berbagai sumber, lidah buaya mengandung hormon Gibberelin yang dapat membantu mengobati jerawat yang meradang pada kulit. Sifat antiinflamasi yang terkandung dalam hormon ini yang menyebabkan lidah buaya memiliki sifat ini. Selain itu, hormon Gibberellin juga mampu menumbuhkan sel epitel baru dalam bekas jerawat, sehingga mengurangi kemungkinan pertumbuhan jerawat baru.

Oleh karena itu, lidah buaya memiliki manfaat selain kesehatan rambut, yaitu sebagai obat untuk jerawat yang meradang pada kulit dan pembentukan sel-sel epitel baru. Ini disebabkan oleh adanya hormon Gibberellin yang terkandung dalam lidah buaya.

Tesis:
Lidah buaya adalah tanaman yang kaya akan manfaat. Tanaman yang memiliki bentuk lidah lebar dikenal karena sifat kesehatan rambutnya yang baik. Selain khasiat ini, lidah buaya juga memiliki khasiat lain, yaitu sebagai obat untuk jerawat yang ditemukan di kulit.

Argumen:
Menurut penelitian dari berbagai sumber, lidah buaya mengandung hormon Gibberelin yang dapat membantu mengobati jerawat yang meradang pada kulit. Sifat antiinflamasi yang terkandung dalam hormon ini yang menyebabkan lidah buaya memiliki sifat ini. Selain itu, hormon Gibberellin juga mampu menumbuhkan sel epitel baru dalam bekas jerawat, sehingga mengurangi pertumbuhan jerawat baru.

Pernyataan ulangi:
Oleh karena itu, lidah buaya memiliki manfaat selain kesehatan rambut, yaitu sebagai obat untuk jerawat yang meradang pada kulit dan pembentukan sel-sel epitel baru. Ini disebabkan oleh adanya hormon Gibberellin yang terkandung dalam lidah buaya.

Contoh Paragraf Eksposisi tentang Makanan

Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya
Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya

Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Makanan ini menjadi salah satu makanan terenak kedua di dunia versi CNN. Selain rasanya yang enak, makanan ini juga bisa ditemukan di manapun dengan berbagai variannya. Proses pembuatan nasi goreng sendiri sebetulnya cukup sederhana, di mana proses pembuatannya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan bahan-bahan seperti nasi putih satu piring, bawang merah dan putih satu siung, telur satu butir, garam dan gula secukupnya, kecap secukupnya, dan minyak goreng atau mentega secukupnya.
  • Siapkan juga alat-alat seperti wajan, kompor, piring, pisau, sendok, dan spatula.
  • Potong terlebih dahulu bawang merah dan bawang putih hingga halus.
  • Panaskan minyak atau mentega di atas wajan dengan api kompor yang sedang.
  • Masukkan bawang merah dan putih yang telah diiris, lalu masukkan telur yang telah dipecahkan cangkangnya. Aduk telur bersama bawang merah dan putih dengan menggunakan spatula.
  • Masukkan bahan-bahan lain seperti nasi, garam, gula, dan kecap. Setelah itu, aduk kembali hingga rata dengan menggunakan spatula.
  • Setelah merata dan wanginya tercium, matikan api dan pindahkan nasi goreng ke atas piring.
  • Tiriskan sejenak, dan nasi goreng pun siap untuk disantap.

Seiring waktu berjalan, bahan-bahan dan proses pembuatan nasi goreng pun kian banyak dan rumit. Alhasil, varian nasi goreng pun kian banyak. Adapun varian-varian nasi goreng tersebut antara lain nasi goreng kambing, nasi goreng pedas, nasi goreng seafood, dan lain sebagainya. Varian-varian tersebut bisa dijumpai di warung-warung makan pinggiran maupun di restoran-restoran.

Contoh Paragraf Eksposisi Bahasa jawa

Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya
Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya

Sejarah Wayang Kulit

Ing tanah Jawa, wayang menika dados hiburan kang sampun turun tinurun nganti sakmeniko. Piranthi wayang wonten pirang-pirang, salah sak wijine yaiku wayang kulit. Sak liyane wayang ing ana yaiku wayang wong , wayang golek, cerita wayang lan sak liyane.

Wayang kulit sakmeniko biasane dinggo para wali ngaturaken islam marang masyarakat jawa. Sakmeniko sejarahipun wayang sampun wonten teng jaman kerajaan hindu budha. Nanging melbune islam ning tanah Indonesia angel anggene dakwah lan meruhi ilmu islam marang warga. Lha satemene ulama ingkang dakwah yaiku wali mangerteni ingkang dakwah sekeco ngagem piranthi leluhur rumiyen yaiku wayang.

Kanggo opo wayang dinggo dakwah islam ing tanah Jawa? Sakliyane hiburan pertunjukan warga, wayang biso mangertekke masyarakat Jawa ora kaget anggone sinau ajaran anyar, dadi para wali lan ulama menika nyampeaken ajaran nganggo karangan cerita islami singkat kanggo ngaturakke ajaran islam marang wong Jawa.

Artinya

Di tanah Jawa, wayang itu dijadikan sebagai sarana hiburan yang sudah lama turun-temurun hingga saat ini. benda wayang itu banyak jenisnya, salah satunya wayang kulit. Yang lainnya adalah wayang orang, wayang golek,cerita wayang dan lainnya lagi.

Wayang kulit di tanah Jawa dahulu kala dibuat oleh para wali untuk menyampaikan islamkepada masyarakat Jawa. Sejarah wayang juga sudah ada sejaka zaman hindu budha. Tetapi masuknya ajaran islam ke Indonesia juga agak kesulitan dalam menyampaikan ajarannya kepada warga setempat. Maka dari itu ulama dakwah yaitu para wali menyampaikannya dengan baik ajaran islam menggunakan perantara wayang.

Buat penyampaian islam dengan benda wayang?Selain buat hiburan pertunjukan warga, wayang juga bisa menjadi perantara masyarakat Jawa dalam mempelajari ajaran islam. Jadi para wali sepakat dengan ulama menggunakan wayang sebagai salah satunya wasilah menyampaikan ajaran dengan karanagan cerita singkat untuk memahamkan ajaran kepada orang-orang Jawa.

Sekian informasi seputar Pengertian Paragraf Eksposisi: Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya. Semoga bermanfaat. Salam.

Baca Juga:

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *