Download Pengujian Daya Dukung Tanah DCP & CBR File Excel

  • Bagikan

Download Pengujian Daya Dukung Tanah DCP & CBR File Excel – Faktor penting dalam perencanaan pemeliharaan dan peningkatan jalan antara lain adalah data kekuatan tanahdasar, sifat-sifat bahan, komposisi dan tebal lapis perkerasan yang ada. Kekuatan tanah dasar yang ada dilapangan seperti nilai California Bearing Ratio (CBR) tergantung pada kondisi pada saat pelaksanaan dan selama operasi pelayanan berlangsung.

Kerusakan jalan yang selama ini sering dijumpai, fakta mahalnya pengumpulan data CBR dan kendala lambannya upaya pemeliharaan memberikan sumbangan makin parahnya kondisi perkerasan yang sering dilalui oleh lalu lintas sebagai penggerak ekonomi rakyat.

Untuk mendapatkan data tersebut di atas, telah diperkenalkan alat Penetrasi Konus Dinamis (Dynamic Cone Penetrometer), yaitu suatu alat yang dirancang untuk menguji kekuatan lapisan granular dan tanah dasar perkerasan jalan secara cepat.

Lapis perkerasan dimaksud adalah pondasi granular, stabilisasi tanah, termasuk tanah dasar. Pengujian dilakukan menerus sampai kedalaman 80 cm dan bila perlu dapat diperdalam dengan menyambung tangkai pengukur sampai kedalaman 120 cm.

Dalam sepuluh tahun terakhir, DCP telah banyak digunakan dalam memperoleh data CBR untuk perencanaan perkerasan jalan sehingga sudah saatnya metode DCP dapat dijadikan standar uji di Indonesia.

Alat DCP terdiri atas tangkai baja yang di bagian ujung dipasang konus baja dengan ukuran dan sudut tertentu, dan di bagian atas dilengkapi dengan batang pengarah jatuh palu penumbuk. Metode DCP ini adalah cara pengujian kekuatan lapisan perkerasan jalan (tanah dasar, pondasibahan berbutir) yang relatif cepat, yaitu dengan menekan ujung konus yang ditimbulkan oleh pukulan palu dengan beban dan tinggi jatuh tertentu menerus sampai kedalaman tertentu.

Untuk memperkirakan nilai CBR tanah atau bahan granular dapat menggunakan beberapa metode, namun yang cukup akurat dan paling murah sampai saat ini adalah dengan alat Penetrasi Konus Dinamis atau dikenal dengan nama Dynamic Cone Penetrometer(DCP). Di samping itu DCP adalah salah satu cara pengujian tanpa merusak atau NonDestructive Testing (NDT), yang digunakan untuk lapis pondasi batu pecah, pondasi bawah sirtu, stabilisasi tanah dengan semen atau kapur dan tanah dasar.

Download Pengujian Daya Dukung Tanah DCP & CBR File Excel
Download Pengujian Daya Dukung Tanah DCP & CBR File Excel

Sampai saat ini alat DCP yang sudah banyak dikenal dan digunakan adalah DCP yang diperkenalkan oleh TRL yang dilaporkan pada Overseas Road Note 31, Crowthorne, UK(1993), untuk kondisi tropis dan sub-tropis. Grafik hubungan yang digunakan adalah perumusan dari Smith dan Pratt, 1983 untuk sudut konus 300 dengan persamaan Log CBR =2,503 – 1,15(Log DCP), dan TRL, 1990 untuk sudut konus 600 dengan persamaan Log CBR =2,48 – 1,057(Log DCP). Pada umumnya setiap rangkaian pengujian perkerasan jalan dengan alat DCP diiringi dengan pengujian tebal lapis perkerasan (testpits) di beberapa tempat yang dianggap mewakili suatu segmen jalan yang diuji.

Download Pengujian Daya Dukung Tanah DCP & CBR File Excel

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
Semoga artikel mengenai Download Pengujian Daya Dukung Tanah DCP & CBR File Excel, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
Dapatkan juga kumpulan file Lainya dibawah ini:
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *