Penyebab dan Gejala Rambut Rontok Serta Cara Mengatasinya

  • Whatsapp

Penyebab dan Gejala Rambut Rontok Serta Cara Mengatasinya – Rambut rontok memang sangat menganggu bagi para kaum wanita. Namuan kita harus tau apa penyebab dari kerontokan rambut pada masing – masing diri kalian. Jika kalian ingin tahu lebih lanjut tentang penyebabnya, kalian berada di tempat yang tepat. Admin akan bagikan beberapa hal yang dapat mengganggu penyebab kesehatan rambut kalian.

Bagi wanita, mahkota kepala adalah salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan. Saat mengalami masalah kerontokan yang menghadang, tentunya kalian akan langsung mencari cara untuk mengatasi rambut rontok yang berlebihan.

Bacaan Lainnya

Tak hanya perlu mencari cara untuk mengatasinya, kalian juga perlu mencari penyebab rambut rontok. Karena nggak ada gunanya dong kalau kita hanya tahu cara mengobatinya tanpa tahu apa penyebab rambut kalian bisa rontok kan?

Yang pertama kalian lakukan adalah mengetahui terlebih dahulu apa yang membuat rambut kalian menjadi rontok. Apa itu karena terlalu sering menggunakan alat penata rambut atau karena strees?

Pengertian Rambut Rontok

Penyebab dan Gejala Rambut Rontok Serta Cara Mengatasinya
Penyebab dan Gejala Rambut Rontok Serta Cara Mengatasinya

Rambut Rontok adalah lepasnya rambut secara berlebihan. Kondisi ini dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan, baik sementara atau permanen. Jumlah rambut seseorang akan lepas atau rontok sekitar 50-100 helai setiap harinya. Hal ini normal, karena terdapat juga rambut yang tumbuh setiap harinya. Pertumbuhan  rambut normal akan diawali dengan fase pertumbuhan (anagen), di mana rambut akan tumbuh dan bertahan selama 2-6 tahun.

Gejala Rambut Rontok

Penyebab dan Gejala Rambut Rontok Serta Cara Mengatasinya
Penyebab dan Gejala Rambut Rontok Serta Cara Mengatasinya

Rambut rontok diawali dengan gejala penipisan rambut. Penipisan ini dapat terjadi secara tiba-tiba atau bertahap. Kerontokan rambut dapat terjadi hanya pada kulit kepala atau seluruh tubuh. Gejala ini bisa berlangsung sementara atau permanen.

Penyebab Rambut Rontok

Penyebab dan Gejala Rambut Rontok Serta Cara Mengatasinya
Penyebab dan Gejala Rambut Rontok Serta Cara Mengatasinya

Penasaran apa penyebab rambut rontok pada wanita? Jika sudah penasaran ingin tahu penyebabnya, yaudah langsung kepoin artikelnya sampek bawah yuk!

Gangguan Hormon

Jika pada wanita, hormon juga dapat dipercaya menyebabkan yang namanya kerontokan, hormon tersebut alopesia androgenetik, hormon alopesia areata, dan hormon dihydrotestoterone (DHT). Yang paling berperan besar dalam penyebab kebotakan pada wanita adalah hormon alopesia androgenetik.

Hormon ini merupakan salah satu penyakit keturunan yang menyebabkan kebotakan hal tersebut disebabkan oleh peningkatan sensitivitas genetik dari folikel rambut kalian terhadap dihydrotestoterone. Pola kerontokannya dimulai dari bagian tengah rambut kalian hingga menjalar menuju ke samping.

Kemudian ada hormon alopesia areata adalah gangguan hormon yang dapat mengakibatkan kepitakan. Hormon ini diakibatkan oleh penyakit yang disebut dengan autoimun, di mana tubuh membuat autoantibodi yang menyerang sel normal karena mengira sel tersebut adalah sel asing yang menyerang tubuh kalian.

Hal tersebut biasanya terjadi pada remaja dan perempuan dewasa muda. Akan tetapi, penyebab rambut rontok pada wanita yang satu ini tidak bersifat permanen. Rambut kalian dapat diatasi, rambut kesayangan kalian bisa tumbuh kembali dalam waktu kurang lebih satu tahun.

Pengaruh Gizi dan Vitamin

Pengaruh gizi dan vitamin juga dapat menjadi penyebab kerontokan pada rambut wanita. Meski rambut tergolong kecil dan sangat lembut, tetap saja membutuhkan banyak asupan nutrisi.

Yang namanya bagian di tubuh semua butuh asupan gizi, apalagi Mahkota kepala kalian sangat butuh gizi untuk bertahan kuat dan sehat agar tidak mudah rapuh dan rontok. Salah satu contoh yang buruk adalah ketika kalian menjalani diet ekstrim yang juga membatasi asupan gizi bagi rambut seperti protein dan zat zinc, sehingga bisa dipastikan kalau rambut kalian pasti akan mengalami rontok mengerikan.

Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak asupan nutrisi yang baik. Asupan nutrisi ini juga baik untuk kesehatanmu dan organ tubuh kalian. Jadi kan nggak sia-sia karena banyak sekali manfaatnya.

Penggunaan Bahan Kimia

Dalam merawat mahkota rambut kalian juga jangan terlalu berlebihan dan disertai dengan penggunaan bahan kimia yang bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok kalian. Dan penggunaan pewarna yang terlalu sering apalagi dalam dosis yang berlebihan dapat memicu kerusakan. Maka dari itu kalian harus lebih teliti sebelum melakukan pewarnaan pada mahkota kepala kalian yah.

Tidak hanya pada mewarnai rambut, pada proses pelurusan rambutmu (rebounding ataupun smoothing) juga ada zat kimianya lho, hal itu tidak baik untuk pertumbuhan rambut kalian dalam jangka panjang. Apalagi adanya proses penyerapan bahan kimia pada rambut kalian selama kurang lebih 30 menit. Hal tersebut tentunya dapat memperparah kerontokan pada rambut kalian.

Alat Penata Rambut

Kaum wanita biasanya rela meluangkan waktu berjam-jam untuk menunjang penampilan mereka agar selalu terlihat cantik. Bahkan juga para kaum wanita rela bangun lebih awal agar dapat menata rambut mereka dengan alat pengeriting, alat catok, ataupun hairdryer agar mahkota mereka terlihat lebih indah.

Perawatan dengan menggunakan alat catok dan pengeriting tersebut dapat berdampak buruk bagi rambut kalian jika terlalu sering dilakukan. Penyebab rambut rontok tersebut disebabkan karena jarak antara alat catok terlalu dekat dengan kulit kepala kalian. Sehingga membuat akar rambut kita menjadi kering dan rambut kalian pun menjadi lebih cepat patah. Kemudian pada alat keriting, rambut kalian akan dililitkan pada alat tersebut tentunya hal tersebut membuat akar rambut kalian tertarik dan rambut kalian akan menjadi pecah-pecah serta bercabang.

Efek Samping Obat

Jika kalian tengah menjalani sebuah pengobatan dan diwajibkan untuk mengonsumsi obat secara rutin, mungkin kalian akan merasakan rambut yang kalian miliki mulai sering rontok. Hal itu terjadi karena ada beberapa obat yang memiliki efek samping berupa kerontokan.

Jenis Obat yang dapat mengakibatkan kerontokan diantaranya ada obat kemoterapi, depresi, pengencer darah, dan kontrasepsi. Kalian tidak perlu khawatir berlebihan jika rambut kalian rontok pada masa pengobatan.

Setelah penggunaan obat selesai, maka kerontokan pada mahkota kalian pun akan mulai berkurang. Pada intinya, kalian harus menjaga kesehatan kalian terlebih dahulu sehingga kerontokan pada mahkota kalian perlahan akan mulai hilang.

Jarang Keramas

Kemudian untuk wanita berhijab, jangan sampai jarang keramas yah. Hal tersebut akan membuat rambut kalian jadi berminyak dan juga lembap.

Apalagi jika kalian aktif melakukan kegiatan di luar rumah, sinar matahari akan membuat kulit kepala kalian berkeringat. Sehingga rambut yang sudah bercampur debu akan semakin lepek dengan tambahan keringat di kulit kepala kalian.

Pada saat kalian keramas usahakan agar saat menggosok kepala jangan terlalu kencang. Jika kalian menggosoknya terlalu keras, maka hal itu dapat merusak folikel. Pada akhirnya mahkota kalian pun jadi semakin rontok.

Terlalu Kencang Mengikat Rambut

Bagi kebanyakan wanita, mengikat rambut dilakukan tidak hanya untuk memperindah penampilannya. Akan tetapi juga untuk kepraktisan saat mereka akan melakukan berbagai aktivitas.

Namun juga tidak banyak para wanita menyadari jika rambut mereka diikat terlalu kencang akan menyebabkan ke rontokan pada rambut mereka. Hal tersebut disebabkan karena mereka terlalu kencang mengikat rambut mereka, hal tersebut justru membuat akar rambut mereka ikut tertarik. Terlalu lama ditarik, justru hal tersebut dapat membuat rambut kita terlepas dari akarnya dan terjadilah kerontokan pada mahkota kalian.

Ada hal yang harus kalian perhatikan jika memang harus mengikat rambut kalian, tentunya kalian saat mengikat rambut jangan terlalu kencang lebih dari dua jam. Hal itu akan membuat rambut kesayangan kalian rontok serta dapat membuat kepala kalian sakit juga lho.

Penyakit

Penyakit juga dapat membuat kerontokan pada rambut kalian. Maka dari itu kalian juga harus mengetahui ciri-ciri rambut rontok karena penyakit, karena ada beberapa jenis penyakit yang dapat membuat kerontokan pada rambut kalian cukup parah.

Sindrom down, lupus, diabetes, dan hipertiroidisme, itulah beberapa penyakit yang bisa membuat rambut kalian rontok cukup parah. Kemudian, pengaruh dari kemoterapi juga dapat berdampak secara menyeluruh pada kulit kepala, wajah, dan juga tubuh kalian.

Akan Tetapi kalian tidak perlu terlalu khawatir tentang penyebab rambut rontok yang satu ini. Karena kerontokan yang disebabkan oleh penyakit tidak akan bersifat permanen dan rambut kalian pun masih bisa tumbuh normal lagi setelah beberapa bulan berhenti menjalani pengobatan.

Kehamilan

Selanjutnya ada Banyak perempuan yang mengalami kerontokan rambut pada saat mengalami masa kehamilan atau beberapa saat setelah melahirkan. Penyebab rambut rontok pada wanita ini terjadi secara alami dan merupakan hal yang sangat normal.

Pada Umumnya kerontokan tersebut akan pulih setelah 3 bulan pasca melahirkan. Seandainya masih ada yang masih mengalami kerontokan setelah masa tersebut sekalipun, biasanya jumlahnya sudah mulai berkurang.

Gangguan Emosional

Selanjutnya kerontokan pada rambut wanita bisa terjadi ketika seseorang tengah mengalami stress yang terlalu berlebihan. Hal tersebut terjadi karena otot pada syaraf yang ada di kepala kalian menegang.

Menegangnya otot syaraf pada kepala kalian itulah yang akhirnya menyebabkan akar syaraf rambut jadi melemah. Pada saat akar syaraf rambut melemah, maka kerontokan pun akan langsung melanda kalian.

Sinar Matahari serta Polusi

Kemudian Sinar matahari atau radiasi matahari memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Namun, tentu saja kalian tidak akan bisa memungkiri jika terlalu lama berada di bawah sinar matahari, dapat mengakibatkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah kerontokan.

Hal itu bisa terjadi karena terlalu sering terpapar matahari akan membuat keratin pada rambut kalian jadi berkurang. Keratin merupakan protein yang ada di dalam rambut, kuku, dan gigi manusia. Sehingga berkurangnya keratin akan membuat rambut menjadi pecah-pecah dan akhirnya menjadi rontok.

Rokok

Tentunya sudah banyak yang tahu, jika kandungan dalam sebuah rokok tidak memiliki manfaat yang berarti untuk tubuh kita. Tidak hanya mengandung zat adiktif yang dapat merusak organ yang ada dalam tubuh kita seperti paru-paru dan jantung, rokok juga bisa mempengaruhi kesuburan rambut.

Itu disebabkan karena zat adiktif yang ada dalam rokok menyumbat arteri alias pembuluh darah. Dampaknya tentu saja akan mengurangi aliran nutrisi bagi tubuh, termasuk yang ke kepala kalian. Pada akhirnya, folikel rambut pun akan rusak dan menjadikan rambut jadi semakin rontok.

Infeksi

Yang satu ini kalian harus perhatikan juga guys, infeksi pada kulit kepala ? segeralah berobat ke dokter. Karena jika tidak segera diobati, infeksi tersebut dapat menyebabkan kerontokan pada rambut kalian.

Untuk penanganan cepat sebelum periksa ke dokter kalian bisa menggunakan antijamur dan sampo khusus pengobatan jamur spora dan hipa. Namun, untuk hasil yang lebih baik, tentu saja harus tetap memeriksakannya ke dokter rambut untuk mendapatkan tablet antijamur.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Penyebab dan Gejala Rambut Rontok Serta Cara Mengatasinya
Penyebab dan Gejala Rambut Rontok Serta Cara Mengatasinya

Jika Anda memiliki masalah rambut rontok, ada banyak cara alami mengatasi rambut rontok yang mudah dilakukan. Cara-cara alami ini bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami atau mencukupi asupan nutrisi tertentu guna memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.

Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Berikut ini adalah beberapa cara alami yang dapat Anda coba untuk mengurangi kerontokan rambut:

  • Tidak terlalu sering keramas
  • Tata rambut dengan lembut
  • Terapkan pola hidup sehat
  • Gunakan bahan-bahan alami
  • Cukupi asupan nutrisi

Bahan Alami Mengatasi Rambut Rontok

Selain lidah buaya dan minyak kelapa, ada beberapa bahan alami lain yang juga bisa Anda coba untuk mengatasi rambut rontok, di antaranya:

Lemon

Kandungan vitamin C pada lemon bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan jus atau minyak lemon ke kulit kepala setelah keramas.

Kuning telur

Kuning telur merupakan sumber vitamin A, biotin, asam amino, dan folat yang baik untuk melembapkan rambut kering serta membuat rambut tumbuh lebih cepat dan kuat. Hal ini menjadikan kuning telur sebagai salah satu bahan alami yang baik untuk mengatasi rambut rontok.

Minyak rosemary dan minyak geranium

Minyak rosemary dan geranium dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan dan memperkuat rambut. Untuk menggunakannya, oleskan minyak ini ke kulit kepala sebelum atau sesudah keramas.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen ginseng yang dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan melancarkan aliran darah pada kulit kepala, sehingga baik untuk mengatasi rambut rontok.

Nutrisi Penting Untuk Rambut Rontok

Beberapa jenis nutrisi yang penting untuk rambut rontok meliputi:

Protein dan omega-3

Konsumsi makanan yang mengandung cukup protein dan asam lemak omega-3, seperti telur dan ikan salmon, agar kulit kepala menjadi lebih sehat serta rambut tumbuh kuat dan berkilau.

Vitamin

Ada banyak jenis vitamin yang baik untuk kesehatan rambut, di antaranya vitamin A, vitamin B, Vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Asupan vitamin tersebut diketahui dapat mencegah dan mengatasi rambut rontok, menjaga kesehatan kulit kepala, serta menyuburkan rambut.

Zinc

Zinc atau seng berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut serta menjaga kelembapan alami rambut. Kekurangan asupan zinc dapat menyebabkan rambut mudah rontok.

Zat besi

Selain menyebabkan anemia, kekurangan zat besi juga bisa menjadi penyebab utama kerontokan rambut, terutama pada wanita.

Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik

Penyebab dan Gejala Rambut Rontok Serta Cara Mengatasinya
Penyebab dan Gejala Rambut Rontok Serta Cara Mengatasinya

Kerontokan rambut ini mulanya mungkin hanya sedikit, tapi kalau kamu tidak melakukan perawatan rambut rontok secara rutin, rambut bisa-bisa kian menipis. Makanya, supaya rambut nggak terus rontok, rajin-rajinlah melakukan perawatan, salah satunya dengan rutin menggunakan shampo untuk rambut rontok.

Clear Anti-Hairfall

Clear merupakan merk shampo anti-ketombe ternama dunia. Namun Clear tak hanya menuntaskan masalah ketombe saja, tapi juga masalah rambut rontok. Nah, Clear Anti-Hairfall diformulasikan khusus dengan NUTRIUM 10 yaitu perpaduan nutrisi, vitamin, mineral, dan ekstrak tumbuhan.

Head & Shoulder Supreme Anti-Hairfall

Salah satu shampo untuk rambut rontok parah dengan harga yang terjangkau adalah Head & Shoulder Supreme Anti Hair-Fall. Shampo ini mengandung argan creme dan esens alpukat. Argan creme yang terkandung dalam shampo ini diseleksi dari tree of life di Maroko yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit kepala serta rambut.

Pantene Hair Fall Control Shampoo

Pentene Hair Fall Control Shampoo memiliki kandungan Keratin Damage Blockers yang mampu mencegah rambut patah akibat kerusakan. Shampo ini memperkuat rambut dari akar hingga ujung rambut.

Dove Total Hair Fall Treatment Shampoo

Dove Total Hair Fall Treatment Shampoo mengandung trichazole yang berfungsi menutrisi akar rambut dan mencegah kerontokan pada rambut. Formula pada Dove Total Hair Fall Treatment ini melindungi setiap helai rambut dan dapat mengurangi kerontokan hingga 98%.

Natur Natural Extract Shampoo with Ginseng Extract

Natur merupakan produk asli Indonesia yang sudah dipercaya sejak lama sebagai salah satu shampo terbaik. Semua produk Natur menggunakan bahan-bahan natural yang sangat aman untuk kulit kepala dan rambut. Untuk kamu yang ingin melakukan perawatan rambut rontok, Natur Natural Extract Shampoo with Ginseng Extract sangat cocok untukmu.

Garnier Neril Anti-Loss Guard Shampoo

Garnier Neril Anti-Loss Shampoo adalah salah satu shampo untuk rambut rontok parah. Shampo ini mengandung bahan alami yaitu konsentrat tumbuhan chamomile, horsetail, dan nettle yang mampu mengurangi kerontokan pada rambut.

L’Oreal Fall Resist 3X Anti-Hair Fall Shampoo

L’Oreal Fall Resist 3X Anti-Hair Fall Shampoo diperkaya dengan Arginine Essence yang berfungsi menutrisi dan mengembalikan kekuatan rambut mulai dari akar. Umumnya masalah rambut rontok disebabkan oleh kurangnya nutrisi pada pangkal rambut. Untuk itu kamu harus menambah nutrisi rambut sehingga lebih kuat, sehat, dan tentu saja indah.

Kalian sudah tau kan penyebab rambut rontok pada wanita yang bisa kamu perhatikan dengan saksama. Jumlah kerontokan yang sedikit biasanya akan kalian abaikan, akan tetapi jika tidak segera diobati, kepala kalian jadi botak kan nggak lucu dong yah?
Mahkota wanita adalah Rambut indah yang menghiasi kepala wanita, oleh karenanya akan lebih baik jika kalian menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan kebotakan. Jika sudah terlanjur, segera cari penyebabnya dan obati sesuai dengan hal yang menyebabkan timbulnya kerontokan pada rambut kalian. Kalau sudah, rambut indah dan berkilau pasti akan menjadi milik kalian.

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Penyebab dan Gejala Rambut Rontok Serta Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat. Salam.

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *