Pengertian Endemik, Epidemik dan Pandemik dan Contoh

  • Whatsapp

Pengertian Endemik Epidemik dan Pandemik. Penyakit Flora Fauna dan ContohPandemik Covid19 Menurut WHO, Penyakit endemik adalah penyakit yang terus-menerus ada di suatu dearah tertentu dan tidak menyebar dengan cepat ke daerah lainnya. Contoh penyakit endemik di Indonesia adalah malaria, demam berdarah dengue (DBD), hingga kaki gajah.Selain ketiga penyakit itu, rupanya masih ada beberapa penyakit lain yang masih betah bertahan di Indonesia dan menjadi endemik. Anda juga harus tahu, bahwa istilah endemik tidak bisa disamakan dengan epidemik apalagi pandemik

Pengertian Endemik Epidemik dan Pandemik

Pengertian Endemik, Epidemik dan Pandemik. Penyakit Flora Fauna dan Contoh - Menurut WHO
Pengertian Endemik, Epidemik dan Pandemik. Penyakit Flora Fauna dan Contoh – Menurut WHO

Pengertian Endemik Covid-19 Menurut WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut Covid-19 kemungkinan akan menjadi endemik, lalu apa itu endemik?

Bacaan Lainnya

Endemik adalah kehadiran suatu penyakit atau infeksi secara terus menerus yang biasa terjadi dalam suatu wilayah geografis. Ada juga hiperendemik ketika tingkat kejadian penyakit terus-menerus tinggi.

Endemik juga terkait dengan penyakit yang muncul pada negara atau wilayah tertentu yang spesifik dalam rentang waktu tertentu, biasanya bertahan hingga hitungan tahun. Contoh cacar air atau malaria.

Endemi adalah penyakit yang menyerang lingkup yang lebih kecil dibanding pandemi, misalnya satu negara saja, wilayah, atau benua.

WHO melihat kemungkinanvirus coronaakan berada di muka bumi untuk jangka waktu yang lama.Lantaran akan menjadi endemik, WHO mengimbau warga dunia harus terbiasa hidup dengan virus corona SARS-CoV-2.

Virus ini akan terus bermutasi ketika mereka berkembang biak di dalam sel manusia. Terutama di area dengan penularan yang lebih parah.

Epidemi sebenarnya mirip dengan wabah. Hanya saja jangkauannya jauh lebih luas dan penularannya terjadi dengan cepat. Salah satu contohnya adalah kasus epidemi SARS pada 2003 lalu atau malaria di Liberia. – Pengertian Endemik Menurut WHO

Pengertian Endemik

Endemik merupakan frekuensi suatu masalah kesehatan yang pada umumnya berupa sebuah penyakit pada suatu wilayah tertentu yang menetap dalam waktu yang lama dan berkaitan dengan penyakit yang secara normal biasa timbul dalam suatu wilayah tertentu.

Suatu infeksi dikatakan sebagai endemik pada suatu populasi jika infeksi tersebut berlangsung di dalam populasi tersebut tanpa adanya pengaruh dari luar. Suatu infeksi penyakit dikatakan sebagai endemik bila setiap orang yang terinfeksi penyakit tersebut menularkannya kepada tepat satu orang lain (secara rata-rata).

Bila infeksi tersebut tidak lenyap dan jumlah orang yang terinfeksi tidak bertambah secara eksponsial, suatu infeksi dikatakan berada dalam keadaan tunak endemik (endemic steady state) suatu infeksi yang dimulai sebagai suatu epidemik pada akhirnya akan lenyap atau mencapai tunak endemik, bergantung pada sejumlah faktor termasuk virotensi dan cara penulisan penyakit bersangkutan. Namun, jika jika tingkatan penyakit meningkat melampau jumlah endemik dan jumlah kasus yang muncul cukup signifikan maka itu sudah mulai terjadi epidemi.

Pengertian Endemik Menurut Para Ahli

Terdapat banyak sekali definisi tentang endemik menurut beberapa para ahli. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Menurut Cahyono ( 2009),

endemik itu merupakan kata yang berasal dari bahasa yunani yaitu “ En” berarti didalam, kemudian “Demos” yang berarti rakyat, sehingga dengan demikian endemik diartikan sebagai penyakit yang umum dijumpai pada suatu populasi dengan angka kejadian relatif konstan.

Menurut Noor ( 1997),

menyatakan bahwa endemik merupakan adanya penyakit atau agen yang menular yang tetap dalam suatu area geografis tertentu sehingga dapat juga berkenaan dengan adanya penyakit yang secara normal biasa timbul dalam suatu area tertentu.

Menurut Timmreck (2004)

menyatakan bahwa endemik adalah berlangsungnya suatu penyakit pada tingkatan yang sama atau keberadaan suatu penyakit yang terus – menerus di dalam populasi atau wilayah tertentu ataupun prevalensi suatu penyakit yang biasa berlangsung di satu wilayah atau kelompok tertentu.

Menurut Bustan dan Arsunan (1997),

menyatakan bahwa endemi adalah keadaan dimana penyakit atau penyebab penyakit tertrntu secara terus menerus tetap ada pada populasi manusia dalam suatu arena geografis tertent.

Menurut Budiman Chandra (2009 )

endemik adalah suatu berjangkitnya prevalensi suatu jenis penyakit yang terjadi sepanjang tahun dengan frekuensi yang rendah di suatu tempat.

Menurut Taufik Rohman Dhohiri, (2007)

endemik adalah penyakit yang terjangkit di suatu daerah tertentu; secara tepat terdapat di tempat-tempat atau kalangan orang-orang tertentu atau golongan suatu masyarakat.

Pengertian Epidemik

Suatu penyakit dikatakan sebagai epidemik apabila sudah mewabah ke lebih dari satu area, dengan tingkat penyebaran yang cepat dan sulit diprediksi.

Hal tersebut terjadi pada kasus infeksi Covid-19, misalnya. Saat baru tersebar di Tiongkok dan negara-negara sekitarnya sepert Hongkong dan Taiwan, maka penyakit ini masih disebut sebagai epidemik.

Contoh epidemik lain yang pernah atau masih terjadi adalah penyebaran penyakit Ebola di negara-negara Afrika Barat dan penyebaran virus Zika di negara-negara Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Bisa dilihat, bahwa penyebaran kedua penyakit ini “hanya” terjadi di negara-negara dalam satu wilayah atau teritori.

Pengertian Pandemik

Pandemik adalah tingkat penyebaran penyakit yang paling tinggi. Suatu penyakit dikatakan pandemik apabila sudah menyebar secara cepat ke seluruh dunia dengan tingkat infeksi yang tinggi.

Infeksi Covid-19 bukanlah penyakit pandemik yang pertama kali terjadi. Sebelum ini, dunia sudah melewati beberapa pandemik, seperti pandemik flu babi akibat virus H1N1 pada 2009.

Kala itu, flu babi menginfeksi kurang lebih 1,4 miliar orang di seluruh dunia dan membuat ratusan ribu orang meninggal dunia.Lalu pada tahun 1918-1920, dunia juga mengalami pandemik spanish flu yang diperkirakan menginfeksi 500 juta orang di seluruh dunia.

Sementara itu, salah satu pandemik terburuk yang pernah tercatat dalam sejarah adalah pandemik Black Plague atau yang sering juga disebut sebagai Black Death. Pandemik ini menewaskan lebih dari setengah populasi benua Eropa kala itu.

Jenis Jenis Penyakit Endemik

Epidemi (dari bahasa Yunani epi- pada + demos rakyat) adalah penyakit yang timbul sebagai kasus baru pada suatu populasi tertentu manusia, dalam suatu periode waktu tertentu, dengan laju yang melampaui laju “ekspektasi” (dugaan), yang didasarkan pada pengalaman mutakhir.

Dengan kata lain, epidemi adalah wabah yang terjadi secara lebih cepat daripada yang diduga. Jumlah kasus baru penyakit di dalam suatu populasi dalam periode waktu tertentu disebut incidence rate(bahasa Inggris; “laju timbulnya penyakit”). Sedangkan yang termasuk penyakit endemik antara lain :

Aids

Positif HIV AIDS
Positif HIV AIDS

ialah penyakit yang diakibatkan oleh virus HIV. Biasanya disebabkan dengan dilakukannya hubungan sex bebas dengan berganti-ganti pasangan, seperti halnya banyak melanda di Eropa terutama di Negara Afrika.

Kolera

Penyakit Kolera
Penyakit Kolera

Kolera adalah penyakit perut (lambung) yang disebabkan oleh bakteri dan ditularkan oleh lalat pada makanan yang dimakan oleh manusia.

Malaria

Penyakit Malaria
Penyakit Malaria

Malaria adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina, dengan ciri-ciri tubuh kita menggigil (panas dingin) dan penyebab protozoa.

Cacar

Penyakit Cacar
Penyakit Cacar

Cacar adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus dan dapat menular secara langsung jika seseorang kontak langsung dengan penderita penyakit tersebut. Caranya dengan cara menyentuh dan memakai barang-barang yang digunakan penderita.

Kaki gajah

Penyakit Kaki Gajah
Penyakit Kaki Gajah

Kaki gajah adalah penyakit kulit yang diakibatkan oleh cacing pita yang masuk ke dalam pori-pori kulit dan kemudian mengembang dan nampak benjolan pada sekitar kaki.

Jenis Penyakit Endemik di Indonesia

Indonesia sendiri hingga saat ini masih menjadi tuan rumah cukup banyak penyakit endemik. Setiap tahunnya, angka infeksi penyakit ini tergolong konstan. Namun, ada beberapa kejadian yang mencatatkan peningkatan jumlah penderita. Berikut ini beberapa penyakit yang masuk sebagai kategori endemik di Indonesia.

Demam berdarah dengue (DBD)

Penyakit Demam Berdarah DBD
Penyakit Demam Berdarah DBD

Setiap tahunnya, pasien DBD tidak pernah absen mengunjungi rumah sakit-rumah sakit di Indonesia, terutama saat musim hujan. Penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti, memang masih menjadi langganan endemik di beberapa negara Asia Tenggara.Diperkirakan, sekitar 50-100 juta orang sudah terinfeksi virus dengue. Selain bisa menyebabkan DBD, virus ini juga bisa menyebabkan terjadinya yellow fever dan infeksi virus zika. Virus dengue pun membuat sekitar 500.000 orang menjalani rawat inap di rumah sakit setiap tahunnya di seluruh dunia.Di Indonesia sendiri, upaya untuk menekan angka infeksi DBD terus dilakukan dengan kampanye 3M plus dengan menutup tempat penampungan air, menguras bak mandi, dan mendaur ulang barang bekas serta menghindari gigitan nyamuk. Selain itu, pengasapan atau fogging untuk mengusir nyamuk penyebab demam berdarah juga dapat dilakukan.

Rabies

Penyakit Rabies
Penyakit Rabies

Rabies adalah penyakit endemik di Indonesia, terutama di pulau Bali dan Nusa Tenggara Timur. Dua provinsi tersebut pernah mengalami wabah rabies pada 2008-2010.Rabies adalah penyakit yang sangat berbahaya dan umumnya disebabkan oleh gigitan anjing liar. Binatang seperti kelelawar dan rubah juga bisa membuat manusia tertular rabies.Orang yang terinfeksi rabies akan mengalami gejala seperti demam, mual, sulit menelan, banyak mengeluarkan air liur, insomnia, hingga lumpuh sebagian. Pada banyak kasus, rabies bahkan berakhir dengan kematian.Meski begitu, saat ini sudah tersedia vaksin rabies yang bisa didapatkan secara bebas dan dinilai efektif untuk mencegah penularan.

Hepatitis A

Hepatitis A juga masih masuk dalam penyakit kategori endemik di Indonesia. Penyakit akibat virus dengan nama yang sama ini, ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi. Sanitasi yang buruk juga menjadi salah satu penyebab utama penyakit ini bisa menyebar.Untuk mencegah penyebaran hepatitis A, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memasukkan vaksin penyakit ini sebagai salah satu imunisasi yang direkomendasikan. Vaksin bisa mulai diberikan sejak anak berusia 2 tahun sebanyak 2 kali, dengan jarak waktu antarvaksin 6-12 bulan. – Pengertian Endemik Epidemik dan Pandemik

Malaria

Malaria adalah penyakit yang disebarkan oleh gigitan nyamuk Anophelespembawa parasit plasmodium. Di beberapa daerah di Indonesia, malaria masih menjadi endemik.Parasit penyebab malaria akan masuk ke hati tubuh individu yang digigit nyamuk, dan berkembang di sana. Lalu setelah membesar, parasit akan masuk ke aliran darah dan menyebabkan berbagai gangguan pada sel darah merah. – Pengertian Endemik Epidemik dan Pandemik

Kaki gajah

Kaki gajah atau filariasis juga merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk pembawa larva cacing roundworm. Ada 3 jenis cacing yang dapat menyebabkan filariasis yaitu Wuchereria bancrofti, Brugia malayi, dan Brugia timori. Seiring berjalannya waktu, cacing ini akan berkembang dan menyerang sistem limfatik.Hal inilah yang membuat terjadinya pembengkakan di tubuh penderita filariasis. Pembengkakan yang paling sering terjadi memang di area kaki. Namun, penyakit ini pun bisa menyebabkan pembengkakan di anggota tubuh lain seperti dada hingga organ vital. – Pengertian Endemik Epidemik dan Pandemik

Flora dan Fauna Endemik di Indonesia

Fauna endemik di Indonesia

1. Bunga bangkai (Amorphophalus titanum) di Sumatera
2. Rafflesia arnoldi di Sumatra
3. Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata) di Kalimantan
4. Kayu Eboni (Diospyros sp) di Sulawesi
5. Kayu Cendana (Santalum album) di Nusa Tenggara
6. Sagu (Metroxylon sagu) di Papua
7. Matoa (Pometia pinnata)
8. Rafflesia borneensis di Kalimantan
9. Rafflesia cilliata di Kalimantan Timur
10. Rafflesia horsfilldii di Jawa
11. Rafflesia patma di Nusa Kambangan dan Pangandaran
12. sawo kecik (Manilkara kauki) di Jawa
13. bambu manggong (Gigantochloa manggong) di Jawa
14. ketapang (Terminalia cattapa) di Jawa
15. nyamplung (Calophyllum inophyllum) di Jawa
16. kepuh (Sterculia foetida) di Jawa
17. keben (Barringtonia asiatica) di Jawa

Flora endemik di Indonesia

1. Siamang (Hylobates syndactylus) di Sumatera
2. Orang utan sumatera (Pongo abelli) di Sumatera
3. Orang utan kalimantan (Pongo pygmaeus) di Kalimantan
4. Kera belanda (Nasalis larvatus) di Kalimantan
5. Burung rangkong (Buceros rhinoceros) di Kalimantan
6. Macan tutul jawa (Panthera pardus) di Jawa
7. Badak bercula satu/badak jawa (Rhinoceros sondaicus) di Jawa
8. Banteng (Bos javanicus) di Jawa
9. Anoa (Bubalus depressicornis) di Sulawesi
10. Babirusa (Babyrousa babyrussa) di Sulawesi
11. Burung maleo (Macrocephalon maleo) di Sulawesi
12. Komodo (Varanus komodoensis) di Nusa Tenggara Timur (P. Komodo)
13. Burung cenderawasih (Paradisea sp.) di Papua
14. Jalak bali putih (Leucopsar rothschild) di Bali
15. Tarsius (Tarsius bancanus) di Sulawesi Utara
16. Surili/lutung (Trachypithecus auratus) di Jawa
17. Pesut di Kalimantan Timur
18. kucing bakau (Prionailurus bengalensis javanensis) di Jawa
19. penyu lekang (Lepidochelys olivacea) di Jawa
20. penyu belimbing (Dermochelys coriacea) di Jawa
21. penyu sisik (Eretmochelys imbricata) di Jawa
22. penyu hijau (Chelonia mydas) di Jawa

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Pengertian Endemik, Epidemik dan Pandemik. Penyakit Flora Fauna dan ContohPandemik Covid19 Menurut WHO. Semoga bermanfaat. Salam.

Last Update: 8 Juni 2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *