Kumpulan Pidato Hari Kartini Paling Inspiratif Terbaru

  • Whatsapp

Kumpulan Pidato Hari Kartini Paling Inspiratif Terbaru – Teks pidato Memperingati Hari Kartini secara singkat, mungkin contoh teks pidato berikut ini bisa anda jadikan referensi.

Bertepatan dengan hari Kartini yang jatuh pada hari ini tanggal 21 April, sudahkah mempersiapkan pidato untuk wanita yang hebat ini?

Bacaan Lainnya

Pidato hari kartini sering kali dikumandangkan guna memperingati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu Hari Kartini setiap tanggal 21 April.

Contoh Pidato Hari Kartini

Kumpulan Pidato Hari Kartini Paling Inspiratif Terbaru
Kumpulan Pidato Hari Kartini Paling Inspiratif Terbaru

Berikut ini contoh pidato Hari Kartini penuh makna mendalam:

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang saya hormati,

Bapak dan Ibu Guru yang ada di Sekolah,

Dan teman-teman yang saya cintai.

Selamat pagi saya ucapkan kepada kalian semua yang hadir pada acara hari ini. Pertama-tama mari kita berdoa dan panjatkan puji syukur akan kehadiran Allah swt, yang di mana atas berkah dan limpahan rahmatnya kita dapat bertemu pada kesempatan ini untuk memperingati hari lahirnya wanita hebat yang bernama Raden Ayu Kartini.

Sungguh besar cita-citanya bagi Indonesia, penggalan lirik lagu buatan W.R. Soepratman tidaklah dibuat asal-asalan, syair tersebut memiliki makna yang dalam untuk menggambarkan sosok putri Indonesia ini. Namanya Raden Ayu Kartini, kita mengenalnya sebagai Ibu Kartini.

Lahir pada tanggal 21 April 1897 siapa sangka wanita ini akan menjadi ibu bagi kaum wanita yang ada di Indonesia. Rasa cintanya yang begitu dalam untuk bangsa ini khususnya bagi para wanita yang kasihnya dapat dirasakan sepanjang masa.

Kepeduliannya akan nasib wanita di Indonesia tidaklah main-main, banyak sekali hal-hal luar biasa yang diwariskan oleh Kartini kepada generasi penerusnya, salah satunya pemikiran-pemikiran merdekanya. Dimana pemikirannya semuanya berisi mengenai para kaum wanita, bagaimana kaum wanita seharusnya diperlakukan dan bagaimana status sosial yang baik bagi wanita.

Semuanya dipikirkan dengan sungguh-sungguh oleh Kartini tanpa terlewat sedikitpun. Cita-citanya sungguh mulia untuk kemajuan para wanita di Indonesia, yang pada waktu itu hak-hak kaum wanita masih kerap direndahkan bahkan juga sampai dilupakan.

Berangkat dari hal-hal itulah, Kartini menghabiskan hidupnya untuk menyuarakan hak-hak wanita agar menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang. Benar saja, buah dari hasil pemikiran-pemikiran Kartini dijadikan sebagai landasan bagi kaum wanita setelahnya untuk bersama-sama bersatu meraih tujuan yang sama, yaitu mewujudkan kesetaraan sosial bagi kaum wanita.

Buah-buah dari pemikirannya tersebut sebagai roda penggerak semangat bagi para kaum wanita untuk memperjuangkan hak-haknya agar menjadi lebih adil. Mereka hanya ingin setara dengan kaum laki-laki, tidak kurang dan tidak lebih.

Bahwasannya wanita ada untuk dihargai dan dicintai, bukan hanya ada untuk dimanfaatkan saja kehadirannya yang jika sudah tidak diperlukan lagi, maka dibuang sudah. Buah dari perjuangan Kartini bisa dirasakan hingga saat ini dan semoga akan tetap terjaga sepanjang masa.

Kisahnya yang tetap abadi diceritakan dari mulut ke mulut dari waktu ke waktu, sehingga pemikiran-pemikiran hebatnya akan tetap utuh walaupun raganya sudah tak lagi utuh ditelan bumi. Itulah Kartini, ibu bagi seluruh wanita Indonesia.

Sekian dari pidato tentang hari Kartini yang bisa saya bacakan. Jika ada kesalahan kata yang terucap, saya meminta maaf sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Berikut ini contoh pidato Hari Kartini penuh sukacita:

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang saya hormati,

Bapak dan Ibu Guru yang ada di Sekolah,

Dan teman-teman yang saya cintai semuanya.

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji syukur akan kehadiran Allah swt yang memberikan karunianya kepada kita semua sehingga bisa berkumpul pada kesempatan ini. Pada hari ini izinkan saya untuk membacakan sebuah karangan pidato untuk mengisi perayaan hari Kartini yang jatuh pada hari ini.

Habis gelap terbitlah terang, kalimat istimewa yang tidak bisa kita lepaskan dari Raden Ayu Kartini. Sosok wanita hebat pejuang kemerdekaan bagi kaum wanita yang ada di Indonesia. Dulu, semuanya berpikir bahwasannya wanita lahir itu hanya untuk direndahkan dan hanya sebagai pemuas nafsu belaka bagi para kaum laki-laki.

Namun, pemikiran itu runtuh dan dilawan sungguh-sungguh oleh wanita yang lahir di Jepara ini. Bahwasannya, sebagai manusia, baik itu laki-laki maupun wanita semuanya memiliki derajat maupun status sosial yang sama. Tidak ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah, semuanya sama, semuanya seimbang, semuanya sama-sama membutuhkan. Laki-laki butuh wanita, sedangkan wanita juga butuh laki-laki. Jadi, kenapa harus ada perbedaan status sosial?

Itulah, inti merah pemikiran merdeka dari sosok wanita yang suka berpakaian batik ini. Beliau yang sungguh peduli akan nasib para wanita pribumi yang pada kala itu status sosialnya sangat rendah sekali. Hadirnya yang kerap sekali disepelekan yang hanya dijadikan sebagai obyek pemuas laki-laki semata.

Benih-benih itu muncul, ketika wanita Jepara ini mulai menulis dari selembar surat hingga puluhan surat yang ditulisnya, semata-mata untuk menuangkan keluh kesahnya akan nasib wanita pribumi. Dimana surat-surat itu akan selalu dikenang sepanjang masa oleh para penerusnya.

Habis gelap terbitlah terang memang benar adanya, hasil buah pemikiran-pemikiran Kartini dimasa gelap tersampaikan kepada para generasi-generasi dimasa yang benderang ini. Perjuangannya mampu menginspirasi banyak kaum wanita pribumi, sehingga manfaatnya dapat dirasakan bersama-sama sampai hari ini.

Sekian pidato yang bisa saya bawakan pada kesempatan perayaan hari Kartini ini, jika ada kesalahan kata maupun kesalahan yang saya buat. Mohon untuk dimaafkan, terima kasih atas kesempatan dan waktunya.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Contoh Pidato Hari Kartini Singkat

Kumpulan Pidato Hari Kartini Paling Inspiratif Terbaru
Kumpulan Pidato Hari Kartini Paling Inspiratif Terbaru

Berikut ini contoh pidato hari kartini SD singkat:

Bapak/Ibu yang kami hormati,
Para remaja yang kami cintai,
Hadirin serta anak-anak yang terkasih,
Assalamualaikum Wr.Wb.

Di tengah hari yang berbahagia ini marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan YME atas karunia dan rakhmat-Nya yang dilimpahkan kepada bangsa Indonesia. Khususnya bagi kaum wanita Indonesia sehingga sampai detik ini dan seterusnya kaum wanita dapat berdiri sejajar dengan kaum pria. Umumnya lagi kepada seluruh masyarakat Indonesia yang tengah memperingati Hari Kartini.

Berkat daya juang Raden Ajeng Kartinilah kaum wanita sekarang ini dapat ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan nasional. Bahkan puncak pimpinan tinggi negara dijabat oleh wanita.

Bapak/Ibu hadirin dan adik-adik remaja yang saya hormati, sekarang ini kita bisa berbangga diri atas keberhasilan kaum wanita Indonesia, mampu mensejajarkan diri dan martabatnya dengan kaum pria. Semoga semangat Kartini yang melandasi di hati sanubari wanita Indonesia ini tidak lengkung ditelan waktu dan tidak luntur hingga akhir jaman, Amin.

Berikut ini contoh Pidato Hari Kartini SD

Hadirin di lingkungan kaum priyayi Jawa yang sarat dengan peraturan yang mengekang dan membatasi gerak kaum wanita saat itu. Hati dan perasaan Kartini terus bergejolak, hingga akhirnya dicurahkannya ke dalam bentuk surat-surat. Surat-surat Kartiní yang berisi perasaan den npemikirannya tentang perbedaan atau diskriminasi terhadap kaum pria dikumpulkan dan dirangkum isinye menjadi sebuah buku yang berjudul Habis Gelap Terbitlah terang. Nah, ternyata buku inilah yang membawa angin segar khususnya wanita yang matmpu mendobrak dominasi serta mensejajarkan diri dengan kaum pria.

Ibu-ibu, para remaja serta hadirin sekalian yang kami hormati, sungguh berbangga kita sebagai bangsa Indonesia mempunyai wanita berjiwa satriya seperti Raden Ajeng Kartini sehingga beliau berjuluk pendekar wanita. Namun ketahuilah wahai wanita Indonesia bahwa Kartini tidak menghendaki kita hanya puas dan berbangga diri, puas dengan apa yang telah dicapai sekarang ini.

Tidak saudara-saudara! Masih banyak tantangan yang harus dihadapi dan kita selesaikan. Masih banyak pembedaan yang terjadi di negara kita ini terhadap kaum wanita. Hal ini berarti emansipasi yang dicita-citakan oleh Raden Ajeng Kartini belum sepenuhnya terwujud.

Oleh karena itu, ibu dan remaja sebagai kaum wanita jangan hanya berdiam diri dan berpangku tangan, tibalah mainset kalian dan mulailah dari sekarang. Ikut aktif ambil bagian dalam proses pembangunan nasional. Selanjutnya, ibu-ibu serta hadirin yang kami hormati, alangkah bahagianya Ibu pertiwi kita bila wanita Indonesia ikut berperan dalam masa pembangunan sekarang ini.

Yakinkanlah hati kalian bahwa kalian bisa menghadapi tantangan di masa depan. Kobarkan api semangat Kartini. Ciptakanlah Kartini-kartini baru yang mandiri, tangguh dan profesional dalam menghadapi setiap tantangan di era globalisasi, namun dengan tetap tidak meninggalkan kodratnya sebagai wanita.

Hadirin yang berbahagia, banyak sebenarnya yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan peringatan Hari Kartini ini. Tetapi yang openting sekarang ini ialah karya nyata dari kaum wanita dalam pembangunan bangsa dan negara di era globalisasi ini, terutama sekali dalam meneruskan cita-cita luhur Raden Ajeng Kartini.

Selanjutnya, dalam semarak upacara peringatan Hari Kartini malam ini pesan kami, pandai-pandailah wahai wanita Indonesia penerus perjuangan Kartini dalam menentukan nasib kaumnya, sehingga selamat pada tujuan. Kepada kaum wanita khususnya remaja yang ada di kecamatan ini bangkitlah, berhati-hatilah dalam memilih teman dan pergaulan. Janganlah kalian jatuh ke dalam lembah nista, tetapi berbuatlah sesuatu demi meningkatkan harkat dan martabat bangsa dan negara.

Demikianlah sambutan ini bila ada salah kata atau sikap yang kurang berkenan kiranya hadirin yang kami hormati sudi memaaafkannya. Semoga amal baik ibu- ibu dan remaja wanita senantiasa dalam limpahan rakhmat hidayah sehingga cita-cita luhur Kartini bisa terwujud khususnya untuk kemajuan wilayah keca- matan kita tercinta ini. Akhir kata kami ucapkanterima kasih, dan ……..

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Hari Kartini Bahasa Inggris (Kartini’s Day)

Kumpulan Pidato Hari Kartini Paling Inspiratif Terbaru
Kumpulan Pidato Hari Kartini Paling Inspiratif Terbaru

 

Good morning ladies and gentlemen and also my dearest friends. Thank you for the time and opportunity that have been given to me this morning to talk about Kartini’s day. First of all I would like to give be together here in the good health.

Kartini Day is celebrated every 21st of April. The date is the birthday of the hero of women’s emancipation. Raden Ajeng Kartini is the national hero who fought for the rights of women. She brought change for Indonesian woman. Because of her, Indonesian people, especially women can achieve freedom and independence in the country of Indonesia. Kartini’s presence free the woman in Indonesia from bad culture in the colonial era such as not being able to go to school and not have the same rights as men. Because of Kartini’s ideas, women in Indonesia have equal opportunities and rights to get education and realize their goals.

Kartini was born and raised in a noble environment. Kartini received a pretty good education, unlike indigenous women who come from among ordinary people. She studied at the ELS (Europese Lagere School) until he was 12 years old. However, after that, Kartini is required to stay at home according to Javanese tradition. Nevertheless, Kartini continues to learn. She taught herself and corresponded by mail with her friends who came from the Netherlands. Because she was reading many references from Europe, Kartini wants the women of her country to be no longer oppressed and can go forward with men. Collection of Kartini letters are published with the title “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

From that time, Kartini’s action to promote women in Indonesia was began, including by establishing a school of women with the support of her husband. Unfortunately, Kartini died at a young age, which is 25 years old, a few days after giving birth to her first and last child. Kartini’s birthday, April 21, was commemorated every year to commemorate the struggle and devotion of the Indonesian women’s warriors.

Ladies and gentlemen and also my dearest friends, We all must be impressed with the figure of Raden Ajeng Kartini. Kartini has been the inspiration to all of us. The fight of her is very important for our country. In addition, there are now many modern-day Kartini Kartini like our mother, our teachers, and the women around us. The women work hard for the life. By imitating the figure of R.A Kartini, we can take the action to continue the fight and ideals of Ibu Kartini to save the women. It is because today there are still many women who need help and need the new Kartini who fight for their rights. Therefore, let us try to learn the attitude and behavior of Kartini.

Therefore, we should not be lazy to study. Not only women, but also men. We can all participate so that the nation of Indonesia becomes a better nation. Just imagine Kartini was struggling to fight for education, so we should not waste it just like that. We have to be a good generation that can make our parents and friends around us proud. Do not give up easily.

Ladies and gentlemen and also my dearest friends, this is the end of my speech about Kartini. I hope we can all be better generations. Finally I apologize if there is the mistake in this speech. Thank you for your attention.

Artinya:

Selamat pagi bapak ibu dan juga teman-teman yang saya cintai. Terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya pada pagi hari ini untuk berbicara tentang hari Kartini. Pertama-tama saya ingin mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat karunia yang diberikan kepada kita semua sehingga kita dapat kembali berkumpul bersama dalam keadaan sehat.

Hari kartini di peringati setiap tanggal 21 April. Tanggal tersebut merupakan hari kelahiran sang pahlawan emansipasi wanita. Raden Ajeng Kartini adalah pahlawan bangsa yang memperjuangkan hak asasi wanita. Kartini telah membawa perubahan untuk kaum wanita di Indonesia. Atas perjuangannya, rakyat Indonesia, khususnya wanita dapat meraih kebebasan dan keberdekaan. Kehadiran Kartini mungkin yang membuat wanita bebas dari budaya yang tidak baik pada zaman penjajahan seperti misalnya tidak boleh bersekolah dan tidak mempunyai hak yang sama seperti laki-laki. Berkat pemikiran Kartini, kaum wanita di Indonesia punya kesempatan dan hak yang sama untuk memperoleh pendidikan dan mewujudkan cita-citanya.

Kartini lahir dan besar di lingkungan bangsawan. Kartini memperoleh pendidikan yang cukup baik, tidak seperti kaum perempuan pribumi yang berasal dari kalangan rakyat biasa. Ia menempuh pendidikan di ELS (Europese Lagere School) hingga usianya menginjak 12 tahun. Namun, setelah itu, Kartini diwajibkan berdiam di rumah sesuai tradisi Jawa. Meskipun demikian, Kartini tetap terus belajar. Ia belajar sendiri dan berkorespondensi melalui surat dengan teman-temannya yang berasal dari Belanda. Berkat membaca banyak referensi dari Eropa, Kartini ingin agar kaum perempuan sebangsanya tidak lagi tertindas dan bisa ikut maju bersama-sama kaum pria. Kumpulan surat-surat Kartini itulah yang kelak diterbitkan dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Dari situlah kemudian, perjuangan Kartini untuk memajukan kaum wanita di Indonesia dimulai, termasuk dengan mendirikan sekolah wanita dengan dukungan sang suami. Sayangnya, Kartini meninggal dunia di usia muda, yaitu 25 tahun, beberapa hari setelah melahirkan anak pertama sekaligus terakhirnya. Tanggal lahir Kartini, yakni 21 April, pun diperingati setiap tahunnya untuk mengenang perjuangan dan pengabdiannya.

Bapak ibu dan juga teman-teman yang saya cintai, Kita semua pasti kagum dengan sosok Raden Ajeng Kartini. Kartini telah menjadi inspirasi bagi kita semua. Perjuangan sangat penting bagi Negara kita. Selain itu, sekarang banyak juga Kartini-Kartini era modern seperti misalya ibu kita, guru kita, dan wanita-wanita disekitar kita. Para wanita tersebut giat bekerja tanpa kenal lelah. Dengan mencontoh sosok R.A Kartini, kita bisa berjuang untuk melanjutkan perjuangan dan cita – cita Ibu Kartini untuk menyelamatkan kaum perempuan. Hal ini dikarenakan saat ini masih banyak perempuan yang membutuhkan bantuan dan membutuhkan ibu-ibu Kartini baru yang bermunculan untuk memperjuangkan hak-hak mereka. Oleh karena itu, marilah kita meneladani sikap dan perilaku Ibu Kartini.

Oleh karena itu, kita tidak boleh malas belajar. TIdak hanya perempuan, tapi juga kaum laki-laki. Kita semua bisa turut berpartisipasi agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik lagi. Bayangkan saja ibu Kartini sudah bersusah payah memperjuangkan pendidikan, jadi kita tidak boleh menyia-nyiakannya begitu saja. Kita harus menjadi generasi yang baik yang bisa membanggakan orang tua kita dan juga teman-teman di sekitar kita. Jangan mudah menyerah.

Bapak ibu dan teman teman sekalian, sekian pidato dari saya tentang Kartini. Saya harap kita semua bisa menjadi generasi yang lebih baik. Akhir kata saya ucapakan maaf jika ada salah-salah kata. Terima kasih atas perhatiannya.

Contoh Pidato Hari Kartini Bahasa Jawa

Kumpulan Pidato Hari Kartini Paling Inspiratif Terbaru
Kumpulan Pidato Hari Kartini Paling Inspiratif Terbaru

Berikut ini merupakan contoh pidato Hari Kartini dengan tema budaya Jawa:

Pembukann Pidato Hari Kartini

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Nuwun, para rawuh sedaya, para remaja putri ingkang kawula kurmati. Saderengipun, sumangga kita sesarengan muji syukur ing pangarsanipun Gusti ingkang Akarya Jagad, awit sih nugraha ingkang kaparengaken dhumateng kita sedaya, saengga ing siang/dalu menika kita sedaya saged sesarengan makempal ing papan saha wekdal menika kanthi raharja mboten kirang satunggal menapa.
Salajengipun, kula minangka ketua panitia penyelenggara pengetan Hari Kartini ngaturaken agenging panuwun dhumateng panjenengan para rawuh ingkang sampun nglonggaraken wekdal kersa rawuh undangan ingkang sampun lumantar dhumateng panjenengan sedaya.

Isi Pidato Hari Kartini

Para rawuh sedaya, sampun kita mangertosi bilih Raden Ajeng Kartini miyos nalika tanggal 21 April 1879 ing Jepara. Pramila ing tanggal 21 April menika kita pangeti minangka dinten lairipun Raden Ajeng Kartini. Kangge mengeti perjuanganipun Raden Ajeng Kartini ingkang sampun ngangkat drajatipun wanita Indonesia ngantos saged sami kaliyan drajating priya.
Rikala gesangipun Raden Ajeng Kartini, para wanita Indonesia tansah wonten ing pingitan. Para wanita mboten dipun keparengaken sekolah. Boten kepareng gadhah padamelan sami kaliyan priya. Nanging samenika, para wanita sampun sami drajatipun kaliyan kaum priya.
Asil perjuanganing Raden Ajeng Kartini pranyata saestu saged kaleksanan, samenika sampun kathah para wanita ingkang lenggah ing jabatan penting dados ketua utawi pemimpin, kados Ibu Megawati Sukarnoputri Presiden Republik Indonesia ingkang kaping gangsal.
Saupami Raden Ajeng Kartini taksih sugeng temtu remen priksa kawontenan kaum wanita ing wanci menika. Hak-hakipun, sami kaliyan para priya. Emansipasi ingkang dipunkersakaken R.A Kartini inggih menika ngagenging haking panggesangan sami antawisipun priya kaliyan wanita, menawi priya saged sinau ing pawitan luhur, wanita inggih dipun parengaken. Wanita mboten naming ing pawon.

Penutup Pidato Hari Kartini

Para rawuh sedaya ingkang kula kurmati, menawi para wanita sampun sami nyambut damel kangge majengaken negari tuwin agami, nanging mboten kesupen wanita gadhah jejibahan anggulawentah putra ing kulawarga lan ugi makarya minangka tandha darma bektinipun dhateng negari.
Pamung menika ingkang saged kula aturaken, mboten kesupen kula ngaturaken agunging panuwun, dhumateng para rawuh ingkang sami nyyengkuyung pangetan menika kanthi biyantu arupi menapa kemawon. mugi sedaya wau pikantuk piwales ingkang murwat saking Gusti Ingkang Akarya Jagad.
Menawi anggen kula matur wonten kalepatan saha solah bawa ingkang kirang mranani penggalih panjenengan sedaya, kula nyuwun pangapunten.Nuwun
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Kumpulan Pidato Hari Kartini Paling Inspiratif Terbaru. Semoga bermanfaat, Salam.

Tag

Kumpulan Pidato Hari Kartini Paling Inspiratif Terbaru, Kumpulan Pidato Hari Kartini, pidato hari kartini sd singkat, pidato hari kartini bahasa jawa, pidato hari kartini bahasa inggris, pidato hari kartini kelas 6 2021, pidato hari kartini brainly, pidato hari kartini untuk anak sd, pidato hari kartini sd, pidato hari kartini basa jawa, pidato hari kartini pendek, contoh pidato hari kartini, contoh teks pidato hari kartini, naskah pidato hari kartini, kalimat pembuka pidato hari kartini, kepriye inti ing isi pidato hari kartini, contoh pidato hari kartini singkat dan jelas, pembukaan pidato hari kartini, contoh pidato hari kartini sd, penutup pidato hari kartini, contoh pembukaan pidato hari kartini, pidato tentang hari kartini, pidato memperingati hari kartini, pidato bahasa jawa hari kartini, pidato peringatan hari kartini, pidato tentang peringatan hari kartini, pidato memperingati hari kartini singkat, pidato bahasa inggris tentang hari kartini, pidato basa jawa hari kartini, pidato tema hari kartini, pidato bahasa jawa tema hari kartini, pidato hari kartini sd singkat, pidato hari kartini bahasa jawa, pidato hari kartini bahasa inggris, pidato hari kartini kelas 6 2021, pidato hari kartini brainly, pidato hari kartini untuk anak sd, pidato hari kartini sd, pidato hari kartini basa jawa, pidato hari kartini pendek, contoh pidato hari kartini, contoh teks pidato hari kartini, naskah pidato hari kartini, kalimat pembuka pidato hari kartini, kepriye inti ing isi pidato hari kartini, contoh pidato hari kartini singkat dan jelas, pembukaan pidato hari kartini, contoh pidato hari kartini sd, penutup pidato hari kartini, contoh pembukaan pidato hari kartini, pidato tentang hari kartini, pidato memperingati hari kartini, pidato bahasa jawa hari kartini, pidato peringatan hari kartini, pidato tentang peringatan hari kartini, pidato memperingati hari kartini singkat, pidato bahasa inggris tentang hari kartini, pidato basa jawa hari kartini, pidato tema hari kartini, pidato bahasa jawa tema hari kartini, pidato tentang hari kartini untuk sd, pidato hari kartini sd singkat dan jelas, pidato hari kartini panjang, kalimat pembuka pidato hari kartini, naskah pidato kartini singkat, kalimat penutup pidato hari kartini, Kumpulan Pidato Hari Kartini,Pidato Hari Kartini Inspiratif, Pidato Hari Kartini Inspiratif,

Last Update: 14 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *