VITAMIN E untuk Kulit: Manfaat, Sumber, Akibat, Contoh, Efek Samping, Produk

  • Whatsapp

VITAMIN E untuk Kulit: Manfaat, Sumber, Akibat, Contoh, Efek Samping, Produk – Vitamin E alami terdapat pada makanan sehari-hari.  Vitamin E (Alfa tokoferol) adalah jenis vitamin yang berfungsi untuk memelihara kesehatan kulit, kesuburan organ reproduksi, mata, sel darah, dan otak.

Apa Pengertian Vitamin?

Apa Pengertian Vitamin
Apa Pengertian Vitamin

Pengertian Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh.

Bacaan Lainnya

Tanpa vitamin, manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita.

Vitamin berdasarkan kelarutannya di dalam air :

  1. Vitamin yang larut di dalam air : Vitamin B dan Vitamin C
  2. Vitamin yang tidak larut di dalam air : Vitamin A, D, E, dan K atau disingkat Vitamin ADEK.

Vitamin E (Tokoferol)

Vitamin E (Tokoferol)
Vitamin E (Tokoferol)

Vitamin E tersebut berfungsi untuk mencegah keguguran, kemandulan, dan juga perdarahan. Sumber vitamin E tersebut berupa kecambah biji-bijian, minyak zaitun, dan juga minyak kelapa. Kekurangan vitamin E ini dapat menyebabkan gangguan pada otot dan juga kemandulan.

Vitamin E berperan dalam menjaga kesehatan berbagai jaringan di dalam tubuh, mulai dari jaringan kulit, mata, sel darah merah hingga hati.

Selain itu, vitamin ini juga dapat melindungi paru-paru manusia dari polusi udara. Nilai kesehatan ini terkait dengan kerja vitamin E di dalam tubuh sebagai senyawa antioksidan alami. Vitamin E banyak ditemukan pada ikan, ayam, kuning telur, ragi, dan minyak tumbuh-tumbuhan.

Walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit, kekurangan vitamin E dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal bagi tubuh, antara lain kemandulan baik bagi pria maupun wanita. Selain itu, saraf dan otot akan mengalami gangguan yang berkepanjangan.

Dalam meningkatkan sistem imun tubuh, orang-orang bisa melakukan olahraga, tidur cukup dan mengkonsumsi makanan sehat. Salah satu vitamin untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah vitamin E.

Zat gizi dalam vitamin E sangat diperlukan dalam menjaga sistem imun tubuh, yang optimal sebagai upaya efektif agar tubuh selalu sehat.

Alfa tokoferol atau yang biasa kita sebut dengan Vitamin E. Vitamin E merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini banyak terdapat dalam membran eritrosit dan lipoprotein plasma.

Vitamin E adalah jenis vitamin yang memiliki fungsi untuk memelihara kesehatan kulit, menjaga kesuburan organ reproduksi, menyehatkan mata, sel darah, dan otak. Perlu diketahui vitamin E juga sebagai antioksidan, yang berfungsi untuk mempertahankan integritas membran sel.

Pada tubuh manusia, vitamin E memiliki peranan yang besar sebagai antioksidan. Hal ini disebabkan karena Vitamin E memiliki cincin fenol. Cincin ini membantu ion hydrogen pada vitamin E untuk menangkal radikal bebas, sebelum merusak membran sel dalam tubuh.

Vitamin E banyak terdapat di membran sel. Membran sel yang banyak mengandung asam lemak tidak jenuh, akan di rusak oleh radikal bebas. Setelah vitamin E bereaksi dengan radikal bebas maka vitamin E menjadi radikal vitamin E atau vitamin E teroksidasi.

Virus Corona penyebab penyakit COVID-19, dapat menyerang sistem imun tubuh manusia. Bagi sebagian orang yang memiliki sistem imun tubuh yang kuat, dipercaya akan terhindar dari serangan virus corona.

Integritas membran sel sangat mempengaruhi fungsi imunitas, terutama sel-sel imun pada tubuh. Membran sel yang mutu kualitasnya terjamin, dapat menjaga dan meningkatkan komunikasi sel, kemudian membran sel akan memproduksi sitokin, agar sel imun kuat melawan virus Corona.

Peran vitamin E dalam meningkatkan produksi sitokin. Sitokin merupakan protein yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh. Sitokin ini membuat sistem imun tubuh menjadi kuat, dapat meningkatkan proliferasi sel T, dan tubuh imun tubuh menjadi kebal dari penyakit. Sel T adalah kelompok sel darah putih untuk kekebalan tubuh.

Sumber Vitamin E

Sumber Vitamin E
Sumber Vitamin E

Sumber vitamin E utama dari makanan sehari-hari adalah dari minyak nabati, seperti minyak zaitun, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa. Selain itu, vitamin E dapat diperoleh dalam jumlah kecil dari sayur dan buah, seperti brokoli, bayam, dan kacang-kacangan.

Sumber Vitamin E Alami

Makanan Laut

Jenis makanan laut seperti ikan kod dan salmon, udang, serta kerang juga memiliki kandungan vitamin E di dalamnya. Oleh karena itu, makanan laut bisa menjadi pilihan Anda guna memenuhi asupan vitamin E untuk tubuh.

Selain bisa diperoleh dari beberapa jenis sumber makanan secara alami, vitamin E juga tersedia dalam bentuk suplemen serta produk makanan yang sudah diperkaya dengan sejumlah vitamin, termasuk vitamin E, seperti sereal, jus, dan margarin.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen vitamin E, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis yang tepat, sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.

Buah-buahan

Buah mangga, kiwi, dan alpukat adalah beberapa jenis buah yang mengandung vitamin E. Diketahui bahwa satu buah kiwi mengandung 1 mg vitamin E. Begitu juga dengan buah mangga yang memiliki kurang lebih 1,5 mg vitamin E.

Biji-bijian

Biji-bijian termasuk biji bunga matahari dan jagung merupakan sumber vitamin E yang baik. Kedua jenis makanan ini bisa Anda konsumsi sebagai camilan sehat atau diolah menjadi makanan yang sesuai dengan selera Anda.

Kacang-kacangan

Sama seperti sayuran hijau, beberapa jenis kacang-kacangan juga merupakan sumber vitamin E yang baik untuk Anda, seperti kacang almond dan kedelai. Kacang-kacangan juga mengandung vitamin B kompleks, kalium, zinc, magnesium, kalsium, dan zat besi.

Sayuran Hijau

Beberapa jenis sayuran hijau yang diketahui mengandung vitamin E tinggi adalah brokoli dan bayam. Tak hanya vitamin E, kedua sayuran ini juga mengandung vitamin A, vitamin K, vitamin C, kalsium, serta antioksidan.

Makanan yang Mengandung Vitamin E Tinggi

Makanan yang Mengandung Vitamin E Tinggi
Makanan yang Mengandung Vitamin E Tinggi

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E tinggi dapat bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Asupan vitamin E pada kulit diketahui berguna untuk membantu memperbaiki struktur kulit, menyehatkan kulit, dan mencegah penuaan dini. Selain itu, vitamin E juga berfungsi untuk mengaktivasi kelenjar minyak dalam kulit sehingga kulit tidak mudah kering dan kusam.

Kiwi

1 buah kiwi sedang bisa mengandung 1,0 mg vitamin E atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin E harian mencapai 7 persen. Sementara, 100 gram buah kiwi bisa mencukupi kebutuhan vitamin E harian sampai 10 persen.

Mangga

100 gram buah mangga bisa mengandung 0,9 mg vitamin E atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin E harian hingga 6 persen.

Kacang Brazil

1 ons kacang brazil bisa mengandung 1,6 mg vitamin E atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin E harian hingga 11 persen.

Paprika Merah

100 gram papriba merah (mentah) bisa mengandung 1,6 mg vitamin E atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin E harian hingga 11 persen.

Alpukat

Setengah buah alpukat (100 gram bahan) bisa menghasilkan 2,1 mg vitamin E atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin E harian hingga 14 persen.

Ikan salmon

100 gram ikan salmon bisa mengandung 1,1 mg vitamin E atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin E harian sampai 8 persen.

Kacang tanah

1 ons kacang tanah bisa mengandung 2,3 mg vitamin E atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin E harian hingga 16 persen.

Minyak biji bunga matahari

Dalam 1 sendok makan minyak biji bunga matahari bisa mengandung 5,6 mg vitamin E atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin E harian hingga 37 persen.

Minyak biji gandum

1 sendok makan minyak biji gandum atau wheat germ oil saja sudah bisa mengandung 20 mg vitamin E atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin E harian hingga 135 persen.

Manfaat Vitamin E

Manfaat Vitamin E
Manfaat Vitamin E

Vitamin E, merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Selama ini, vitamin E biasanya dikenal untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit.

Namun, tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, ternyata kandungan dalam vitamin E memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh yang lainnya. Beberapa diantaranya adalah bantu menjaga kesehatan pembuluh darah maupun sistem daya tahan tubuh Anda.

Vitamin E merupakan sumber nutrisi yang penting yang dapat menunjang kinerja dari banyak organ tubuh. Zat ini juga mempunyai efek antioksidan yang bisa memperlambat sel-sel tubuh dari kerusakan.

Banyak sekali Manfaat Vitamin E yang bisa dirasakan pada tubuh manuasia, diantaranya untuk kulit dan wajah dan rambut, Ibu hamil, dll. Untuk Lebih jelasnya, silahkan simak beberapa manfaat dari Vitamin E di bawah ini:

Manfaat Vitamin E Untuk Kulit

Manfaat Vitamin E Untuk Kulit
Manfaat Vitamin E Untuk Kulit

Menurut ahli kosmetik Tatiana Kononov, vitamin E sangat bermanfaat untuk kulit terutama jika dikombinasikan dengan antioksidan lain. Vitamin ini bisa menjadi perlindungan pertama kulit dari pengaruh buruk eksternal.

Berikut ini beberapa Manfaat vitamin E untuk kulit wajah dan tubuh:

Mengobati Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Vitamin E juga dapat memulihkan kulit yang terbakar sinar Ultra Violet lebih cepat. Antioksidan di dalamnya dapat menetralisir efek radikal bebas yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet, sehingga efek pedih bisa lebih cepat hilang.

Melembapkan Kulit

Vitamin E dapat mengembalikan kelembapan pada kulit yang mengalami dehidrasi. Karena nutrisi di dalamnya lebih mudah larut dalam minyak, sehingga memiliki konsistensi yang lebih berat daripada vitamin yang larut dalam air. Cocok untuk kulit yang sangat kering dan rusak.

Menjadikan Rambut Berkilau

Meminyaki rambut dengan vitamin E secara teratur sangat bermanfaat bagi rambut, menjadikannya lebih sehat dan bersinar.

Vitamin E adalah pelembap alami yang menjaga kulit kepala senantiasa sehat. Menerapkan vitamin E ke batang rambut juga akan menjadikannya lebih lembut dan mudah disisir.

Memperlambat Munculnya Uban

Minyak vitamin E efektif untuk memperlambat proses penuaan, termasuk penuaan kulit dan rambut. Antioksidan di dalam vitamin E bisa mencegah korosi jaringan, sehingga mampu menurunkan kemungkinan munculnya uban di usia dini.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Vitamin E akan membantu memperbaiki folikel rambut yang rusak. Pijatan dengan vitamin E akan memperlancar peredaran darah di kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Menyamankan Kulit Bibir yang Pecah saat Cuaca Dingin

Minyak vitamin E bisa mengatasi rasa sakit sekaligus mengobati bibir yang kering dan pecah-pecah karena cuaca dingin.

Menyamarkan Bintik-Bintik Gelap

Bintik-bintik gelap pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain radikal bebas, penuaan, atau masalah liver. Antioksidan di dalam vitamin E dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas yang dapat mengakibatkan hiperpigmentasi atau noda gelap di kulit.

Mengobati Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Vitamin E juga dapat memulihkan kulit yang terbakar sinar Ultra Violet lebih cepat. Antioksidan di dalamnya dapat menetralisir efek radikal bebas yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet, sehingga efek pedih bisa lebih cepat hilang.

Mengatasi Gejala Penuaan Dini

Vitamin E dapat meremajakan kembali kulit yang kusam, keriput, dan mulai kendor. Vitamin ini dapat meningkatkan produksi kolagen yang penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Akibat dan Efek Samping Kekurangan Vitamin E

Pada dasarnya, kekurangan vitamin E terjadi karena kebutuhannya yang tidak terpenuhi, baik lewat makanan ataupun suplemen. Sementara defisiensi vitamin E merupakan kondisi kekurangan vitamin E berat yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lebih parah.

Kekurangan vitamin E bisa ditandai dengan:

  • Refleks tubuh lambat
  • Gangguan koordinasi gerakan tubuh akibat kerusakan pada saraf dan otot
  • Gangguan penglihatan
  • Kesemutan atau mati rasa di bagian tubuh tertentu
  • Pucat dan mudah lelah
  • Mudah sakit karena sistem imun melemah
  • Aritmia, yaitu detak jantung tidak beraturan
  • Demensia
  • Kebutaan
  • Peningkatan risiko keguguran pada ibu hamil
  • Kemungkinan bayi lahir cacat

Kebutuhan vitamin E berdasarkan usia

Kebutuhan vitamin E berdasarkan usia
Kebutuhan vitamin E berdasarkan usia

Kebutuhan vitamin E setiap orang tentu akan berbeda-beda, tergantung dari usia serta jenis kelaminnya. Berdasarkan pedoman angka kecukupan gizi, berikut ini adalah rekomendasi kebutuhan vitamin E di Indonesia:

  • Usia 0 – 5 bulan: 4 mikrogram (mcg) per hari
  • Usia 6 – 11 bulan: 5 mcg per hari
  • Usia 1 – 3 tahun: 6 mcg per hari
  • Usia 4 – 6 tahun: 7 mcg per hari
  • Usia 7 – 9 tahun: 8 mcg per hari
  • Usia 10 – 12 tahun: 11 mcg per hari (untuk pria) dan 15 mcg per hari (untuk wanita)
  • Usia 13 hingga lansia: 15 mcg per hari
  • Khusus untuk wanita usia > 65 tahun: 20 mcg per hari
  • Ibu hamil: 15 mcg per hari
  • Ibu menyusui: 19 mcg per hari

Produk Vitamin E Terbaik Untuk Imun dan Antioksidan

Berikut ini rekomendasi produk vitamin E terbaik yang dapat menjadi pertimbangan Anda. Pilihlah suplemen vitamin E yang tepat agar kesehatan Anda selalu terjaga!

Puritan’s Pride Vitamin E

Rekomendasi suplemen vitamin E yang ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Produk ini tak hanya sekadar bermanfaat untuk menajaga kesehatan kulit agar tampak lebih cerah dan tak mudah kering.

Tapi suplemen ini juga bisa mengatasi tekanan darah tinggi dan bisa menjaga kekebalan tubuh dari radikal bebas. Merek ini juga menyediakan berbagai produk vimamin lainnya.

MaxVita Xtra-E

Menggabungkan antara vitamin E alami yang terdiri dari d-alpha, d-gamma, dan d-beta-tocopherol yang terbukti lebih efektif dan memberikan manfaat baik dari berbagai bentuk vitamin E lainnya.

Merupakan jenis vitamin E yang larut saat dimasukan ke dalam air, sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu panjang dan sangat membantu bagi mereka yang mengalami kesulitan penyerapan lemak.

Harvest Sano-E

Bukan hanya membantu mengatasi masalah kulit kering, karena sering terkena paparan sinar matahari dan masalah lainnya. Tapi, suplemen ini juga bisa meningkatkan kesuburan baik wanita dan laki-laki.

Memiliki kandungan D-Alpha Tocopherol ekstra yang mudah diserap oleh tubuh kita, sehingga proses penyembuhan lebih cepat.

Vitamin Ever E

Vitamin E dengan harga yang ekonomis dan mudah ditemukan di supermarket ataupun warung ini khasiatnya tak kalah dengan suplemen mahal lainnya. Dapat membuat kulit lebih cerah dan halus dari dalam.

Terbuat dari kapsul lunak vegicaps yang berasal dari rumput laut alami, sehingga keamanan produk ini tak perlu diragukan lagi.

Kirkland Signature Vitamin E

Produk yang diimpor dari negeri Paman Sam ini sudah terbukti khasiatnya yang luar biasa. Tak hanya bisa membuat kulit lebih sehat dari dalam, tapi suplemen ini juga bisa mengatasi berbagai penyakit serius.

Seperti mencegah kolesterol LDL dari oksidasi yang dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel jantung. Walaupun produk impor, tapi tak perlu khawatir suplemen kaya akan antioksidan ini sulit ditemukan di pasaran.

Nutrimax Vitamin E

Dengan menggunakan teknologi Water Soluble, vitamin ini mudah untuk di serap oleh tubuh.

Tak hanya itu suplemen ini juga memiliki kandungan lainnya, yaitu Chlorophyllin yang akan meningkatkan fungsi hati serta mengoptimalkan fungsi detoksifikasi.

Natures Plus Vitamin E

Vitamin yang telah terjamin memiliki kandungan 100% dari bahan-bahan alami ini memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Sehingga mampu memperbaiki sirkulasi darah, mencegah penyakit jantung dan mempercepat penyembuhan luka.

Sea-Quill Vitamin E

Bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan menjaga kelembaban kulit, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Tapi vitamin ini juga bisa menjaga kesehatan lainnya. Seperti membantu mengatasi penderita diabetes, hipertensi dan gangguan jantung.

Blackmores Vitamin E

Kandungan vitamin E-nya luar biasa. Kandungan antioksidan di dalam Blackmores ini begitu tinggi.

Di mana kandungan tersebut dipercaya dapat menghilangkan radikal-radikal bebas yang akan menimbulkan segala macam penyakit berbahaya. Salah satunya penyebab kanker kulit.

Wellness Natural Vitamin E

Suplemen yang memiliki kandungan khusus anti-aging ini memang sedang populer di masyarakat Indonesia. Tak hanya bisa untuk meremajakan kulit, vitmain ini juga mengandung antioksidan tinggi.

Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat di dalam suplemen ini dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah terbentuknya gumpalan darah abnormal.

Nature’s Health Vitamin E

Nature’s Health Vitamin E merupakan suplemen dari bahan alamiah yang mempunyai khasiat lebih optimal dibandingkan dengan vitamin E sintetis.

Jika konsumsi yang rutin suplemen ini berfungsi sebagai antioxidant, anti aging, dan menjaga elastisitas sel-sel kulit.

Tak hanya itu, Nature’s Health ini juga bisa membantu mencegah penyakit jantung dan mempercepat penyembuhan luka.

Natur-E

Rekomendasi vitamin E yang pertama adalah merk yang mungkin sudah populer dengan produk Vitamin E-nya.

Jenis suplemen vitamin E yang satu ini sangat kaya antioksidan, sehingga dapat melancarkan peredaran darah serta distribusi oksigen di dalam kulit.

Dengan mengonsumsi secara rutin, kulitmu akan tampak sehat dan berseri, karena kesehatannya terjaga dari dalam dengan maksimal.

Vitamin E 400 IU Water Soluble

Produk ini memiliki proses penyerapan vitamin E yang lebih cepat dalam tubuh Anda karena komponen-komponennya dibuat dengan teknologi yang mudah larut dalam air. Vitamin E ini juga mengandung chlorophyllin yang mampu memaksimalkan fungsi detoksifikasi serta melindungi hati Anda. Jika Anda ingin meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan organ hati Anda, vitamin E ini cocok untuk Anda.

Vitamin C & E 500 mg/400 IU with Rose Hips

Suplemen yang satu ini mengandung vitamin C sebanyak 500 mg dan vitamin E 400 IU. Hal ini membuatnya mampu menghasilkan suplemen antioksidan yang ampuh meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Anda juga mendapatkan gabungan dua bahan antioksidan yang powerful di dalam satu kapsul lunaknya.

Natural E 250 IU

Orang dewasa umumnya membutuhkan asupan vitamin E sekitar 100-300 IU (International Unit) per harinya, tergantung dari aktivitas dan kebutuhan kulit. Bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas, Anda akan membutuhkan vitamin E sekitar 200-300 IU. Karena itu, vitamin E dengan kandungan 250 IU ini akan cocok untuk Anda.

Natural Vitamin E-400 IU

Suplemen dari Wellness ini diklaim dapat mencegah penyakit stroke dengan memperbaiki aliran darah dan mencegah penggumpalan darah abnormal. Bahkan, berdasarkan penelitian National Cancer Institute, mengonsumsi produk ini dalam jangka panjang mampu mengurangi risiko kanker prostat pada perokok. Karena itu, jika Anda mencari produk suplemen vitamin E yang telah teruji manfaatnya, pilihlah produk ini.

Full Spectrum of Tocopherol E-400 IU

Vitamin E pada produk ini diekstrak dari wheat germ yang membuatnya aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Produk ini juga diperkaya manfaat lainnya, seperti mencegah penuaan dini, melancarkan sirkulasi darah, bahkan membantu mencegah penyakit Alzheimer. Jika Anda mencari suplemen yang ampuh untuk menjaga kesehatan dan aman dalam jangka panjang, ini dia pilihannya.

Vitamin E 400 IU

Vitamin E yang satu ini mudah larut dalam air sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh Anda. Produk ini pun tidak mengandung bahan-bahan buatan, seperti pewarna, perisa, pemanis, serta zat preservatif lainnya. Tidak hanya itu, produk ini juga tidak mengandung susu, gluten, laktosa, ikan, dan sodium. Untuk itu, jadikan produk ini pilihan bagi Anda yang ingin mengonsumsi vitamin E, tetapi memiliki alergi tertentu.

Vitamin E 400 IU Mixed Tocopherol Softgels

Bagi Anda yang sensitif terhadap gluten tidak bisa mengonsumsi suplemen vitamin E yang berasal dari biji gandum. Karena itu, vitamin E alami yang diekstrak dari minyak kacang kedelai ini bisa Anda jadikan pilihan. Selain itu, suplemen ini juga menggunakan teknologi terkini untuk mencegah kerusakan akibat kelembapan, sinar matahari, maupun oksidasi pada semua produknya.

Ever E250

Kapsul lunak pada suplemen biasanya terbuat dari ekstrak protein hewani sehingga tidak dapat dikonsumsi oleh Anda yang vegetarian. Namun, vitamin E ini menggunakan kapsul lunak yang berasal dari rumput laut alami. Hal ini membuatnya dapat dikonsumsi siapa saja, termasuk Anda yang vegetarian.

Sekian informasi seputar VITAMIN E untuk Kulit: Manfaat, Sumber, Akibat, Contoh, Efek Samping, Produk. Semoga bermanfaat. Salam.

Baca Juga Artikel Review Lainya dari kami:

Kata Kunci

efek samping vitamin e, efek samping vitamin e, efek samping vitamin e, efek samping vitamin e, efek samping vitamin e, efek samping vitamin e, contoh vitamin e, contoh vitamin e, contoh vitamin e, contoh vitamin e, contoh vitamin e, contoh vitamin e, contoh vitamin e, 

Last Update: 15 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *