Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya

  • Whatsapp

Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021 –  Kata Kata Bahasa Jawa juga merupakan bahasa yang banyak dituturkan oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kata bijak Bahasa Jawa dirasa mudah dipahami oleh sebagian besar orang Jawa. Berikut kata bijak Bahasa Jawa yang dihimpun dari beberapa sumber.

Kata Bijak Bahasa Jawa Berhubungan dengan Tuhan

100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021
100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021

“Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan.” (Tuhan itu dekat meski tubuh kita tidak dapat menyentuhnya, jauh tiada batasan)

Bacaan Lainnya

“Mohon, mangesthi, mangastuti, marem.” (Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama)

“Ala lan becik iku gegandhengan, Kabeh kuwi saka kersaning Pangeran.” (Kebaikan dan kejahatan ada bersama-sama, itu semua adalah kehendak Tuhan)

“Golek sampurnaning urip lahir batin lan golek kusumpurnaning pati.” (Kita bertanggung jawab untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat)

“Urip kang utama, mateni kang sempurna.” (Selama hidup kita melakukan perbuatan baik maka kita akan menemukan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya)

“Tresna kanggo manungsa mung amerga katresnane marang Gusti Allah sing Nyipta’aken manungsa!” (Cinta kepada seorang manusia hanya dikarenakan kecintaan kepada Allah Tuhan Semesta Alam yang telah menciptakan manusia)

“Gusti Allah paring pitedah bisa lewat bungah, bisa lewat susah.” (Allah memberikan petunjuk bisa melalui bahagia, bisa melalui derita)

“Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelam ndalan.” (Tuhan memberi jalan untuk manusia yang mau mengikuti jalan kebenaran)

“Natas, nitis, netes.” (Dari Tuhan kita ada, bersama Tuhan kita hidup, dan bersatu dengan Tuhan kita kembali)

“Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning hyang sukmo.”(Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan)

Kata Bijak Bahasa Jawa Terlucu Bikin Tertawa

100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021
100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021

“O, kowe ngiri karo aku? Yowes nek ngono aku ngalah. Aku tak nganan.” (Oh, kamu iri sama aku? Kalau begitu aku mengalah saja. Aku tak ke kanan)

“Nek pacarmu ora gelem masang fotomu, mungkin wonge isin karo raimu.” (Kalau pacarmu tidak mau pasang fotomu, mungkin dia malu terhadap wajahmu)

“Truk wae duwe gandengan, mosok kowe ora duwe gandengan?” (Truk saja punya pasangan, masak kamu enggak punya pasangan?)

“Mending alon-alon tapi seng penting move on.” (Mending pelan-pelan tetapi yang penting bisa move on)

“Mergo seng gaene ngekeki cokelat bakal kalah karo seng ngekeki seperangkat alat sholat.” (Karena yang memberi cokelat akan kalah dengan orang yang memberikan seperangkat alat salat)

“Yen tak sawang sorote mripatmu, ketoke kowe arep nembung utang karo aku.” (Kalau aku lihat sorot matamu, sepertinya kamu akan berhutang padaku)

Kata Bijak Bahasa Jawa Lucu

100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021
100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021

“Uripmu koyo wit gedhang duwe jantung tapi ora duwe ati.” (Hidupmu seperti pohon pisang, punya jantung tetapi tak punya hati)

“Nek ngomong ojo manis-manis, mundak cangkeme dirubung semut.” (Kalau bicara jangan manis-manis, nanti mulutnya diserbu semut)

“Sing wis lunga lalekno, sing durung teko entenono, sing wis ono syukurono.” (Yang sudah pergi lupakanlah, yang belum datang tunggulah dan yang sudah ada syukurilah)

“Niat kerjo, ora golek perkoro. Niat golek rejeki, ora golek rai. Ora balapan, opo maneh ugal-ugalan.” (Niat bekerja, bukan cari perkara. Niat mencari rejeki, bukan cari perhatian belaka. Bukan balapan, apalagi ugal-ugalan)

“Kacang iku gurih, tapi nek dikacangin iku perih.” (Kacang itu gurih, tapi kalau dikacangin itu perih)

“Waktu adalah uang. Yen kancamu mbok jak dolan raono wektu, brarti wonge lagi ra duwe duit.” (Waktu adalah uang. Kalau temanmu tidak ada waktu untuk diajak jalan, artinya dia sedang tidak punya uang)

“Kadang mripat iso salah ndelok, kuping iso salah krungu, lambe iso salah ngomong, tapi ati ora bakal iso diapusi.” (Terkadang mata bisa salah melihat, telinga bisa salah mendengar, mulut bisa salah mengucap, tetapi hati tak bisa dibohongi dan membohongi)

“Nek dipikir suwi suwi iku loro, nek dirasake yo tambah loro, loro tambah loro, papat.” (Kalau dipikir lama-lama sakit, kalau dirasakan tambah sakit, dua tambah dua, empat)

“Dosa sing paling menyedihkan iku dosambat ora duwe duit.” (Dosa yang paling menyedihkan adalah pada sambat tidak punya duit)

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Sahabat

100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021
100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021

“Dudu sanak, dudu kadang, yen mati melu kalangan.” (Bukan keluarga, bukan saudara, jika meninggal ikut kehilangan)

“Guyon ora popo, sing penting ojo jotos-jotosan, yo!” (Bercanda tidak apa-apa, yang penting jangan hantam-hantaman, ya!)

“Teman Jadi Cinta. Sampek kegowo turu, ngimpi ngusap pipimu. Tansah nyoto keroso konco dadi tresno.” (Teman jadi cinta sampai terbawa tidur, mimpi mengusap pipimu. Seperti kenyataan terasa seperti teman jadi cinta)

“Kadang lathi iso gawe loroning ati.” (Kadang lidah bisa membuat sakit hati)

“Gak usah macak sok polos ndek ngarepku. Lek kenyataane sikapmu koyok asu.” (Tidak perlu pura-pura polos di depanku. Kalau kenyataannya sikapmu seperti anjing)

“Nek ngomong ojo dhuwur-dhuwur. Ngko lambemu kesampluk pesawat.” (Kalau berbicara jangan tinggi-tinggi, nanti mulutmu tersambar pesawat)

“Ngaku konco kok gur pengen nunut mulyo. Pas konco ciloko malah lungo.” (Mengaku teman tapi hanya ingin numpang tenar. Ketika teman ada masalah malah pergi)

“Ra sah ngaku konco kenthel nek pas awor aku atimu isih grundel.” (Tidak perlu mengaku teman kalau ketika bertemu hatimu masih mengganjal)

“Ampun mbedakakekn marang lintune.” (Jangan membeda-bedakan sesama, hargai perbedaan)

“Ojo dadi kacang kang lali karo kulite.” (Janganlah jadi orang yang melupakan pengorbanan dan bantuan orang lain)

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta

100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021
100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021

“Gusti yen arek iku jodohku tulung cedakaken, yen mboten jodohku tulung jodohaken.” (Tuhan jika orang itu adalah jodohku tolong dekatkanlah, dan jika bukan tolong jodohkanlah)

“Uwong duwe pacar iku kudu sabar ambek pasangane. Opo meneh sing gak duwe.” (Orang yang punya pacar itu harus bersabar dengan pasangan yang dimilikinya. Apalagi yang tidak punya)

“Arek lanang iku kuoso milih, arek wadon kuoso nolak.” (Anak laki-laku bebas memilih, anak perempuan bebas menolak)

“Move on kuwi dudu berusaha nglalekke ya, tapi ngikhlaske lan berusaha ngentukke sing luwih apik luwih seko sing mbiyen-mbiyen.” (Move on itu bukan berusaha melupakan ya, tetapi mengikhlaskan dan berusaha mendapatkan yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya)

“Mbangun kromo ingkang satuhu, boten cekap bilih ngagem sepisan roso katresnan. Hananging butuh pirang pirang katresnan lumeber ning pasangan uripmu siji kui.” (Pernikahan yang sukses tidak membutuhkan sekali jatuh cinta, tetapi berkali-kali jatuh cinta pada orang yang sama)

“Akeh manungsa ngrasakaken tresna, tapi lalai lan ora kenal opo kui hakekate atresna.” (Banyak manusia merasakan cinta, namun mereka lupa tidak mengenal hakikat cinta sebenarnya)

“Iso nembang gak iso nyuling, iso nyawang gak iso nyanding.” (Bisa bernyanyi tidak bisa bermain seruling, bisa melihat tidak bisa mendampingi)

“Ben akhire ora kecewa, dewe kudu ngerti kapan wektune berharap lan kapan wektune kudu mandeg.” (Agar akhirnya tidak kecewa, kita harus mengerti kapan waktunya berharap dan kapan waktunya harus berhenti)

“Jarene wes ikhlas de’e karo sing liyo, kok iseh ngomong ‘Nek Tuhan ra bakal mbales, karma sing mbales.’ Mbok wes meneng wae luwih apik.” (Katanya sudah ikhlas dia dengan yang lain, kok masih bilang ‘Kalau Tuhan enggak akan membalas, karma yang balas.’ Sudah diam saja lebih baik)

“Nek jenenge sayang kuwi kudune ra nuntut pasangane dinggo ‘dadi wong liyo’ mung mergo kekurangane.” (Kalau namanya sayang itu harusnya enggak menuntut pasangannya dipakai ‘milik orang lain’ hanya karena kekuranngannya)

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Arti Kehidupan

100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021
100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021

“Memayu hayuning bawana.” (Menghiasi alam semesta)

“Gusti Allah mboten sare.” (Tuhan tidak pernah tidur)

“Nek Wes Onok Sukurono, Nek Durung Teko Entenono, Nek Wes Lungo Lalekno, Nek Ilang Iklasno.” (Kalau sudah punya itu disyukuri, kalau belum datang ya dinanti, kalau sudah ditinggal pergi lupakan, kalau hilang ikhlas kan)

“Kudu semangat masio gak ono sing nyemangati.” (Harus Semangat Walau Tidak Ada yang Kasih Semangat)

“Meneng widara uleran.” (Terlihat baik namun sebenarnya buruk)

“Nek wes niat kerjo iku, ojo golek perkoro, nek wes diniati golek rejeki iku ora usah golek rai.” (Kalau sudah mendapatkan pekerjaan itu jangan cari perkara, kalau sudah diniati cari rezeki itu tidak usah cari muka)

“Urip iku koyo kopi, yen ndak iso nikmati rasane panggah pait.” (Hidup itu bagaikan secangkir kopi, Jika kalian tidak bisa menikmatinya yang dirasakan hanyalah pahit)

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Kehidupan

100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021
100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021

“Sak apik-apike wong yen awehi pitulung kanthi cara dedemitan.” (Sebaik-baiknya orang adalah yang memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi)

“Sabar iku ingaran mustikaning laku.” (Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yang sangat indah dalam sebuah kehidupan)

“Yen urip mung isine isih nuruti napsu, sing jenenge mulya mesti soyo angel ketemu.” (Jika hidup masih dipenuhi dengan nafsu untuk bersenang-senang, yang namanya kemulyaan hidup akan semakin sulit ditemukan)

“Ngapusi kui hakmu. Kewajibanku mung etok-etok ora ngerti yen mbok apusi.” (Berbohong itu hakmu. Kewajibanku hanya pura-pura tidak tahu kalau kamu berbohong)

“Witing tresno jalaran soko kulino. Witing mulyo jalaran wani rekoso.” (Bahwa cinta itu tumbuh lantaran ada kebiasaan, kemakmuran itu timbul karena berani bersusah dahulu)

“Manungsa mung ngunduh wohing pakarti.” (Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri)

“Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu, sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu.” (Hidup itu terus berjalan, bersamaan dengan waktu, yang bisa membawa tingkah lakumu, biar nasibmu baik)

“Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter. Nanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa.” (Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar, tetapi jadilah orang yang bisa dan pintar merasa)

“Aja mbedakake marang sak sapadha-pada.” (Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia)

“Ambeg utomo, andhap asor.” (Selalu menjadi yang utama tetapi selalu rendah hati)

Kata Mutiara Gokil Bahasa Jawa dan Artinya, Penuh Nasihat Bijak

100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021
100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021

“Ojo rumongso biso, nanging bisoho rumongso.”
Jangan merasa bisa, tapi jadilah agar bisa merasa

“Kadang mripat iso salah nyawang, kuping iso salah krungu, lambe iso salah ngomong, nanging ati ora bakal iso diapusi.”
Terkadang mata bisa salah melihat, telinga bisa salah mendengar, mulut bisa salah mengucap, tapi hati tak bisa dibohongi dan membohongi.

“Ngapusi kui hakmu. Nek kewajibanku yo mung etok-etok ora ngerti yen mbok apusi.”
Berbohong itu hakmu. Kewajibanku ya hanya pura-pura tak tahu kalau kamu bohongi.

“Uripmu wis koyo wit gedhang, duwe jantung nanging ora duwe ati.”
Hidupmu seperti pohon pisang, punya jantung tapi tidak punya hati.

“Urip yo mesti akeh cobaan. Yen akeh saweran lhayo jenenge dangdutan.”
Hidup itu pasti banyak cobaan. Kalau banyak saweran ya namanya dangdutan.

“Mbok ra mung ngopi terus, pisan-pisan ngombe teh. Ben ngerti yen urip ki ra mung pait, tapi yo ono sepet e.”
Jangan cuma ngopi terus, sekali-kali minum teh. Biar tahu kalau hidup tidak cuma pahit aja, tapi juga ada sepetnya.

“Urip kui ibarate kopi asli tanpo gendis. Yen koe ora iso carane nikmati, mesti rasane pait.”
Hidup itu ibarat kopi asli tanpa gula. Missal tidak bisa menikmati, pasti rasanya pahit.

“Aja keminter mundhak keblinger, aja cidra mundak cilaka.”
Jangan sok pintar nanti salah. Jangan curang, nanti jadi celaka.

“Yen ngomong ojo kelegen, mundak lambemu dirubung semut.”
Kalau bicara jangan kemanisan, nanti mulutmu dikerubungi semut.

“Kadang lathi iso gawe loroning ati.”
Kadang lidah bisa membuat sakit hati.

Kata mutiara gokil Bahasa Jawa yang bermakna

100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021
100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021

“Ora usah sepaneng, mending digawe seneng-seneng.”
Tidak usah tegang, lebih baik dibuat senang-senang.

” Misale guyon ki yo ojo kelewatan. Nek kelewatan ngko mutere kadohan.”
Bercanda jangan kelewatan, kalau kelewatan putar baliknya jauh.

“Nek ngomong ojo kedhuwuren. Mengko ndak lambemu kesampluk montor mabur.”
Kalau berbicara jangan ketinggian, nanti mulutmu tersambar pesawat.

“Wit, yen di uncali watu tetep dibales kanggo woh”
Pohon, walaupun dilempar denganbatu, tapi pohon tetap membalas dengan jatuhnya buah.

“Reti dosa sing paling lara? Dosambat ora duwe duit.”
Tau dosa yang paling sakit? Pada sambat tidak punya uang.

“Kacang rasane gurih, tapi nek dikacangin iku perih.”
Kacang rasanya gurih, tapi kalau dikacangin itu perih.

“Waktu adalah uang. Yen kancamu mbok jak dolan raono wektu, brarti wonge lagi ra duwe duit.”
Waktu adalah uang. Kalau temanmu tidak ada waktu untuk diajak jalan, artinya dia sedang tidak punya uang.

“Nek dipikir kesuwen ki malah loro, nek dirasake dadi tambah loro. Tur nek loro tambah loro jumlahe dadi papat.”
Kalau dipikir kelamaan nanti sakit (loro=sakit), kalau dirasakan tambah sakit. Tapi kalo sakit di tambah sakit (loro=dua) jumlahnya jadi empat.”

“Ngimpi sing duwur tekan langit. Tapi yen awakmu logor berarti turumu kurang nengah.”
Bermimpilah tinggi hingga sampai langit. Tapi kalau kamu terjatuh berarti tidurmu kurang ke tengah.

“Tresno iku kadang koyo criping telo. Iso ajur nek ora ngati-ati le nggowo.”
Cinta terkadang seperti keripik singkong, bisa hancur jika tidak hati-hati dibawa.

Kata mutiara gokil Bahasa Jawa sebagai sindirian

100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021
100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021

“Wong Jowo kui jos! Bensin dadi bengsin, cokelat dadi soklat, mobil dadi montor, utang dadi lali.”
Orang jawa itu memang mantap! Bensin jadi bengsin, cokelat jadi soklat, mobil jadi montor, hutang jadi lupa.

“Udane awet, koyo lambemu nek ngomel, gak leren-leren.”
Hujannya awet nggak reda-reda, seperti mulutmu kalau ngomel, tidak pernah berhenti.

“Dadi wong ojo kaku-kaku, ndak koyo kanebo garing.”
Jadi orang jangan terlalu kaku, nanti seperti kanebo kering.

“Konco kok moro nek butuh tok. Rumangsamu aku pom bensin?”
Teman kok kalau datang hanya pas butuh saja. Menurutmu aku ini pom bensin apa?

“Yen tak sawang sorote mripatmu, ketoke kowe arep nembung utang karo aku.”
Kalau aku lihat sorot matamu, sepertinya kamu akan meminta hutang padaku.

“Truk wae nduwe gandengan, mosok kowe ora nduwe gandengan?”
Truk saja punya pasangan, masak kamu nggak punya?

“Pacaran kui ra usah diumbar, sing penting undangan teko-teko kesebar.”
Pacaran itu tidak perlu dipamerkan, yang penting tiba-tiba menyebar undangan.

“Cinta mesti ono loro ati, nek kowe wegah loro ati, kowe gak bakalan nemu cinta sejatimu!”
Cinta itu pasti pernah bikin sakit hati, kalau kamu nggak mau sakit hati, kamu nggak bakal menemukan cinta sejatimu.

“Tresnomu koyo rumah makan padang akeh cabange.”
Cintamu seperti rumah makan padang banyak cabangnya.

“Kerjo tak tekuni. Duit tak celengi, dolan tak kurangi. InsyaAllah taun ngarep sholatmu tak mamumi.”
Kerja tak tekuni. Uang aku kumpulkan, main aku kurangi. InsyaAllah tahun depan kamu jadi makmum sholatku.

Kata-kata keren bahasa Jawa, penuh makna & motivasi

“Sabar iku lire momot kuat nandhang sakening coba lan pandhadharaning urip.”
(Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup)

“Urip iku koyo kopi, yen ndak iso nikmati rasane panggah pait.”
(Hidup itu bagaikan secangkir kopi, jika kalian tidak bisa menikmatinya yang dirasa hanyalah pait)

“Aja milik barang kang melok.”
(Jangan tergiur barang yang berkilau)

“Manungsa mung ngunduh wohing pakarti.”
(Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri)

“Cekelana impenanmu, amarga yen impen mati, urip iku kaya manuk sing swiwine rusak, mula ora bisa mabur.”
(Berpegang teguh pada mimpi, karena jika mimpi mati, hidup adalah burung bersayap yang rusak, itu tidak bisa terbang)

“Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu, sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu.”
(Hidup itu terus berjalan, bersamaan dengan waktu, yang bisa membawa tingkah lakumu, biar nasibmu baik)

“Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter. Nanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa.”
(Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar, tetapi jadilah orang yang bisa dan pintar merasa)

“Nek wes onok sukurono, nek durung teko entenono, nek wes lungo lalekno, nek ilang iklasno.”
(Kalau sudah punya itu disyukuri, kalau belum datang ya dinanti, kalau sudah ditinggal pergi lupakan, kalau hilang ikhlaskan)

“Sak apik-apike wong yen awehi pitulung kanthi cara dedemita.”
(Sebaik-baiknya orang adalah yang memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi)

Aja mbedakake marang sapadha-padha.”
(Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia)

“Sabar iku ingaran mustikaning laku.”
(Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yang sangat indah dalam sebuah kehidupan)

“Wong sabar rejekine jembar, ngalah urip luwih berkah.”
(Orang sabar rezekinya luas, mengalah hidup lebih berkah)

“Sepi ing pamrih, rame ing gawe, banter tan mblancangi, dhuwur tan nungkuli.”
(Bekerja keras dan bersemangat tanpa pamrih, cepat tanpa harus mendahului, tinggi tanpa harus melebihi)

“Ngeluruk tanpa bala, menang tanpa ngasorake, sekti tanpa aji-aji, sugih tanpa bhanda.”
(Berjuang tanpa membawa massa, menang tanpa merendahkan, berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kaya tanpa didasari harta)

“Nek wes niat kerjo iku ojo golek perkoro, nek wes diniati golek rejeki iku ora usah golek rai.”
(Kalau sudah niat bekerja itu jangan cari perkara, kalau sudah diniati cari rezeki itu tidak usah cari muka)

Kata-kata keren bahasa Jawa lucu cocok untuk status medsos.

“Merdeka iku yen Soekarno mbe Hatta baris rapi ning njero dompet. Yen sing baris Pattimura, berarti isih perjuangan.”
(Merdeka itu kalau Soekarno dan Hatta baris rapi di dalam dompet. Kalau yang baris Pattimura, berarti masih perjuangan)

“Dadi koe ngiri karo aku? Yo wis aku ngalah, aku tak nganan.”
(Jadi kamu iri sama aku? Ya sudah aku ngalah, aku ke kanan)

“Sorry, wonge sek fitnes, awake fit atine ngenes.”
(Sorry, orangnya lagi fitnes, badannya fit hatinya merana)

“Berakit-rakit kehulu berenang-renang ke tepian,mantan wes neng penghulu aku iseh kesepian.”
(Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, mantan sudah di penghulu aku masih kesepian)

“Tresno iku mergo ati, ora bakal owah tekane mati.”
(Cinta ini datang dari hati, tak bakal berubah sampai mati)

“Dosa sing paling menyedihkan iku dosambat ora duwe duit.”
(Dosa yang paling menyedihkan adalah pada ngeluh tidak punya duit)

“Kacang iku gurih, tapi nek dikacangin iku perih.”
(Kacang itu gurih, tapi kalau dikacangin itu perih.)

“Waktu adalah uang. Yen kancamu mbok jak dolan raono wektu, brarti wonge lagi ra duwe duit.”
(Waktu adalah uang. Kalau temanmu tidak ada waktu untuk diajak jalan, artinya ia sedang tidak punya uang)

“Ojo mung ngopi, sekali-sekali ngeteh ben ngerti yen urip iku ora mung pait, tapi yo sepet.”
(Jangan cuma ngopi, sekali-kali ngeteh supaya tahu kalau hidup tak cuma pahit tapi juga sepet)

“Ngimpi Seng dukur koyo langit, yen awakmu logor berarti turumu kurang nengah.”
(Bermimpilah setinggi langit, jika kamu terjatuh berarti tidurmu kurang ke tengah)

Pepatah Jawa Kuno Kata Bijak Jawa Nasehat Kehidupan Beserta Artinya

Ana catur mungkur
Adu mulut pertentangan, percekcokan sebisa mungkin untuk dihindari, agar senantiasa bisa menyelesaikan masalah secara bijak.

Anak polah bapa kepradah
Tingkah laku anak mempunyai imbas bagi orang tua, tingkah laku anak yang buruk orang tua ikut terdampak buruk, begitupula sebaliknya, jika perilaku anak baik maka orang tua pun akan ikut terdampak baik.

Asu gedhe menang kerahe
Kuat menindas yang lemah, orang-orang dengan posisi lemah tertindas oleh orang-orang kuat yang memiliki jabatan, kekuatan, kekuasaan, modal/kekayaan

Asu rebutan balung
Manusia berkonflik untuk memperebutkan suatu hal yang sifatnya sepele atau remeh temeh.

Beda-beda pandumaning dumadi
Tuhan Yang Maha Adil memberikan anugerah yang adil kepada seluruh makhluk ciptaan Nya.

Bener kang asale saka Pangeran iku lamun ora darbe sipat angkara murka lan seneng gawe sangsaraning liyan
Kebenaran suci yang bersumber dari ajaran Tuhan sudah sepatutnya tidak bersifat angkara dan merugikan sesama.

Bener saka kang Kuwasa iku ana rong warna, yakuwi kang cocok karo benering Pangeran lan bener kang ora cocok karo benering Pangeran.
Kebenaran di alam semesta itu ada dua jenis, kebenaran yang selaras dengan ajaran Tuhan dan kebenaran yang bertentangan dengan ajaran Tuhan. Benar ketika selaras dengan tuntunan/ajaran Tuhan dan salah ketika bertentangan dengan nilai-nilai ajaran Tuhan.

Bibit, bebet, bobot
Menilai kualitas secara mendetail berdasar asal muasal, peranan dan kiprah yang telah diperbuat.

Cakra manggilingan
Kehidupan itu dinamis seperti roda yang berputar, tidak tinggi ketika dipuji tidak jatuh ketika dimaki. Tetap berbuat baik/benar serta senantiasa mengingat Tuhan.

Crah agawe bubrah
Pertentangan atau konflik menyebabkan perpecahan/ kerusakan.

Dhemit ora ndulit, setan ora doyan
Lepas dari mara bahaya

Dhuwur wekasane, endhek wiwitane
Kesengsaraan yang membuahkan kemuliaan

Diobong ora kobong, disiram ora teles
Menjadi pribadi yang ulet, tekun, tangguh menghadapi segala ujian dan rintangan, hingga berhasil merengkuh kemuliaan serta kejayaan

Dumadining sira iku lantaran anane bapa biyung ira
Terjadinya dirimu karena diciptakannya ibu-bapakmu sehingga kedua orang tua harus dimuliakan.

Gupak pulut ora mangan nangkane
Tidak turut menikmati manisnya keberuntungan tapi ikut terseret ketika datang kesengsaraan atau penderitaan.

Gusti Allah mboten sare
Apa yang ditabur itulah yang dituai, setiap perbuatan di dunia selalu mendapatkan pembalasan yang setimpal, karena Tuhan Maha Adil dan Tuhan tidak pernah tidur.

Gusti iku dumunung ing atining manungsa, mula iku diarani Gusti bagusing ati.
Tuhan bersemayam di setiap hati para manusia yang bersih dan suci, karenanya Tuhan (Gusti) disebut pula sebagai Bagusing Ati (Hati yang Mulia)

Ing donya iki ana rong warna sing diarani bener, yakuwi bener mungguhing Pangeran lan bener saka kang lagi kuwasa.
Di dunia ini ada dua macam kebenaran, yaitu kebenaran yang berasal dari ajaran Tuhan dan kebenaran yang berasal dari orang yang berkuasa.

Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.
Menjadi pribadi / menjadi pemimpin yang bijak dan berjiwa kesatria yaitu Di depan memberi suri tauladan, di tengah menggerakan dan membangun kekuatan, di belakang memberi motivasi dan dorongan.

Iro yudho wicaksono
Satria yang berani berperang membela kebenaran, menegakkan keadilan dengan berlandaskan prinsip kebijaksanaan.

Jaman iku owah gingsir
Ruang, waktu, serta jaman akan selalu dinamis dan berubah.

Kadangira pribadi ora beda karo jeneng sira pribadi, gelem nyambut gawe
“Dirimu” pribadi itu tidaklah berbeda dengan dirimu sendiri, suka bekerja dan berusaha.

Kahanan donya ora langgeng, mula aja ngegungke kesugihan lan drajat ira, awit samangsa ana wolak-waliking jaman ora ngisin-isini.
Keadaan di dunia selalu dinamis dan tidaklah abadi, oleh karena itu jangan pernah mengagung-agungkan kekayaan dan derajat, sebab bila sewaktu-waktu terjadi perubahan keadaan, tidak akan menderita aib.

Kahanan kang ana iki ora suwe mesthi ngalami owah gingsir, mula aja lali marang sapadha-padhaning tumitah.
Kehidupan ini dinamis dan senantiasa mengalami perubahan, oleh karena itu jangan lupa berbuat mulia kepada sesama

Kakehan gludhug, kurang udan
Terlalu banyak berbicara tapi minim usaha, satu aksi lebih baik daripada satu juta kata-kata.

Kaya banyu karo lenga
Tidak pernah rukun ibarat air dan minyak.

Kebo kabotan sungu
Orang yang terlalu banyak beban hidup. Ketika hati manusia terlalu sempit maka dia akan kesulitan untuk bersyukur, setiap hal akan dianggap sebagai masalah sehingga hidup akan menjadi penuh beban.

Kebo nyusu gudel
Kaum tua menimba ilmu atau berguru kepada kaum muda

Ketemu Gusti iku lamun sira tansah eling.
Mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Suci yaitu dengan cara selalu mengingat-Nya. Tuhan bersemayam dalam lubuk hati setiap manusia yang selalu mengingat-Nya.

Krido lumahing asto.
Hamba yang mengemis dan peminta-minta.

Kutuk marani sunduk
Mendekati mara bahaya

Lamun sira durung wikan alamira pribadi, mara takona marang wong kang wus wikan.
Jikalau engkau belum memahami alam pribadimu, hendaknya engkau bertanya kepada yang telah memahaminya.

Lamun sira durung wikan kadangira pribadi, coba dulune sira pribadi.
Jikalau engkau belum menemukan “kadang” (saudara) pribadimu, cobalah memahami dirimu sendiri.

Lamun sira kepengin wikan marang alam/ jaman kelanggengan, sira kudu weruh alamira pribadi. Lamun sira durung mikani alamira pribadi adoh ketemune.
Jikalau engkau ingin mengetahui dan memahami alam keabadian, engkau harus mengetahui alam pribadimu terlebih dahulu. Kalau engkau belum mengetahui alam pribadimu, masih jauhlah alam abadi itu dari dirimu.

Lamun sira pribadi wus bisa caturan karo lelembut, mesthi sira ora bakal ngala-alamarang wong kang wus bisa caturan karo lelembut.
Jikalau engkau sudah bisa berinteraksi dengan yang ghoib atau yang halus, niscaya engkau tidak akan mencemooh orang-orang yang dapat berinteraksi dengan yang ghoib atau yang halus.

Lamun sira wus mikani alamira pribadi, alam jaman kalanggengan iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan
Jikalau engkau telah memahami alam pribadimu, alam abadi itu pun akan menjadi dekat walaupun tanpa menyentuhnya, akan menjadi jauh walaupun tanpa memikirkan atau membayangkan nya.

Manunggaling kawula gusti
Manunggalnya atau bersatunya antara kawula (hamba) dengan sifat-sifat Tuhannya.

Manungsa iku bisa kadunungan dating Pangeran, nanging aja darbe pangira yen manungsa mau bisa diarani Pangeran
Manusia memiliki zat Tuhan, namun jangan beranggapan bahwa dengan demikian manusia dapat disangka sebagai Tuhan.

Manungsa iku kanggonan sipating Pangeran.
Manusia itu memiliki sifat Tuhan.

Mikul dhuwur, mendhem jero
Menjunjung tinggi nama baik, harkat dan martabat orang tua serta mengubur setiap keburukan atau aibnya.

Mimi lan mintuno
Dua hal yang bersatu dan tak terpisahkan.

Nabok nyilih tangan.
Memanfaatkan atau mempergunakan tangan orang lain untuk melakukan suatu kejahatan.

Nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake
Menyerbu tanpa pasukan, menang tanpa merendahkan lawan, sifat kesatria yang bertanggung jawab dan berbudi pekerti luhur.

Ngono ya ngono ning aja ngono
Boleh saja engkau berperilaku sekehendak mu, namun jangan sampai melanggar nilai atau norma sehingga merugikan orang lain.

Nguyahi banyu segara
Melakukan suatu perbuatan yang sia-sia belaka, ibarat menggarami lautan.

Ora ana kasekten sing madhani pepesthen, awit pepesthen iku wis ora ana sing bisa murungake
Tiada kesaktian yang menyamai kepastian dari Tuhan, karena kepastian/takdir dari Tuhan adalah suatu keniscayaan.

Owah gingsiring kahanan iku saka karsaning Pangeran Kang Murbeng Jagad
Berubah nya keadaan dan berubahnya kondisi alam semesta yang dinamis merupakan kehendak Tuhan.

Pangeran iku adoh tanpa wangenan, cedhak tanpa senggolan
Tuhan itu ada dimana-mana.

Pangeran iku bisa ngowahi kahanan iku wae tan kena kinaya ngapa
Tuhan dapat mengubah apa saja, termasuk hal-hal yang tidak mungkin bisa diperkirakan manusia.

Pangeran iku dudu dewa utawa manungsa, nanging sakabehing kang ana iki ugo dewa lan manungsa asale saka Pangeran.
Tuhan itu bukan dewa bukan pula manusia, namun segala sesuatu yang ada di alam semesta ini, termasuk dewa dan manusia sesungguhnya berasal dari Tuhan.

Pangeran iku kuwasa tanpa piranti, akarya alam saisine, kang katon lan kang ora kasat mata.
Tuhan bersifat Maha Kuasa, Maha Tunggal serta berdiri sendiri tanpa piranti, pencipta sekaligus penguasa alam semesta beserta isinya, baik yang nampak maupun yang tidak tampak.

Pangeran iku langgeng, tan kena kinaya ngapa, sangkan paraning dumadi.
Tuhan itu tidak berawal dan tidak berakhir (abadi), tidak dapat digambarkan perwujudannya, merupakan sebab yang pertama dan merupakan tujuan akhir.

Pangeran iku maha kuwasa, pepesthen saka karsaning Pangeran ora ana sing bisa murungake.
Tuhan itu Maha Kuasa, kepastian atau takdir yang berasal dari Tuhan tidak akan ada yang bisa menggagalkannnya.

Kata bijak Bahasa Jawa rupanya banyak juga dicari oleh masyarakat. Di dalam sebuah kalimat Bahasa Jawa, biasanya banyak makna positif yang tersirat. Beragam kata bijak Bahasa Jawa juga kerap kali dinilai bagaikan nasihat orangtua untuk anaknya.

Baca Juga:

Sekian informasi seputar 100 Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno Beserta Artinya Terbaru 2021. Semoga bermanfaat. Salam.

Bahasa Jawa Kuno, Kata Bahasa Jawa Kuno, Bahasa Jawa Beserta Artinya,

Last Update: 11 Juni 2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *