10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato

10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato

10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato – Diajarkannya pidato bahasa Indonesia tidak lain  untuk melatih mental siswa. Secara lebih lengkap, berikut penjelasan tentang pidato bahasa Indonesia yang perlu Anda tahu.

Pidato bahasa Indonesia ini umumnya sudah diajarkan sejak duduk di bangku SD. Pidato bahasa Indonesia merupakan suatu bentuk kreatifitas untuk mengungkapkan kata hati atau menyampaikan suatu informasi kepada suatu kelompok tertentu dalam suatu wadah tertentu.

10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato
10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato

Dalam setiap diadakannya suatu acara baik acara di bidang instansi pendidikan maupun acara yang diadakan di ruang lingkup masyarakat umumnya terdapat penyampaian informasi yang dituangkan dalam sebuah pidato bahasa Indonesia.

Tips Mudah Berpidato

10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato
10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato

Menentukan Tema

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum memulai berpidato adalah menentukan tema/materi yang akan kalian sampaikan. Hal ini berlaku untuk pidato yang memakai teks ataupun pidato yang tidak menggunakan teks.

Apabila kalian belum terbiasa berpidato (newbie), saya sarankan untuk tidak menggunakan metode tanpa teks. Karena pengalaman saya, metode ini hanya digunakan oleh orang yang sudah terlatih dan sudah terbiasa berbicara di depan umum.

Ketika seorang pemula menggunakan metode ini, kemungkinan besar tema/materi yang sudah dipersiapkan akan hilang seketika, setelah berada didepan penonton. Karena berpidato tidak hanya persiapan materi, tetapi juga harus mempersiapkan mental.

Agar pidato kalian berjalan dengan baik, alangkah bijaknya jika kalian mengambil tema/materi yang telah kalian kuasai. Hal itu akan mempermudah kalian saat berpidato di depan teman-teman kalian.

Merangkai Kerangka Karangan

Setelah menentukan tema/materi, langkah berikutnya adalah merangkai kerangka karangan. Kerangka karangan ini akan mempermudah kalian ketika berbicara di depan. Dengan menggunakan kerangka karangan kalian tau harus memulai materinya dari mana.

Dengan begitu pidato yang kalian sampaikan akan runtut dan tidak acak, yang bisa menyebabkan seseorang gagal paham.

Membuat Teks Pidato

Apabila cara berpidato menggunakan kerangka karangan masil terlalu sulit untuk kalian lakukan, mungkin metode teks adalah cara yang cocok untuk anda. Menurut saya pribadi cara inilah cara yang paling mudah untuk digunakan seorang pemula, termasuk saya.

Cara seperti ini bisa dibilang dengan membaca didepan umum. Karena cara ini, sebagian besar memang membaca teks pidato, dan sesekali menghadap kepada pemirsa. Akan tetapi jika kita sudah terbiasa dengan metode ini,pidato kita juga akan terdengan keren dan menarik.

Dengan ekspresi, mimik dan nada yang tepat akan menarik penonton untuk mendengarkan pidato yang kita sampaikan. Masalahnya, jika hal diatas tidak kita terapkan, atau kita hanya membaca dengan nada datar. Tidak menutup kemungkinan pidato yang kita sampaikan akan garing/tidak menarik perhatian orang lain.

Jadi jika kalian memilih untuk berpidato menggunakan metode yang satu ini, usahakan kalian bisa menyampaikannya dengan ekspresi dan nada yang baik. Agar nantinya pidato yang disampaikan tidak garing, dan krispi.

Jangan Lupakan Latihan

Aku tidak takut kepada orang yang berlatih 1000 jenis tendangan, tapi aku takut kepada orang yang berlatih 1 tendangan yang diulang 1000 kali, begitulah yang dikatakan bruce lee.

Jadi sebelum kalian melakukan sebuah pidato yang sesungguhnya, latihlah kempuan berpidato anda. Kalian bisa meminta tolong kepada teman, sahabat, do’i atau orang tua untuk mendengarkan kalian berbicara. Jika dengan mereka kalian masih merasa malu, lakukanlah sendiri dengan cara berpidato dengan bercermin.

Hal itu akan mempermudah saat kalian melakukan pidato yang sesungguhnya, seminimal-minimalnya akan mengurangi rasa grogi kalian.

Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia

10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato
10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato

Assalamualaikum

Hadirin yang saya Hormati
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah, karena berkat limpahan nikmat dan hidayahnya kita masih bisa berkumpul untuk menghadiri acara pagi hari ini. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Karena berkat perjuangan beliaulah pada pagi hari ini kita dapat merasakan indahnya Islam, manisnya iman. Kita selalu berharap semoga di hari kiamat kelak kita mendapatkan syafaat dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Siswa-siswa yang berbahagia
Disiplin merupakan sebuah sikap penting yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Dengan memiliki sikap disiplin semua kegiatan dan aktivitas akan menjadi teratur, terarah dan akan terkonsep dengan baik yang akan menghanarkan kepada hasil yang memuaskan.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, tentunya tidak hanya menerapkan disiplin dalam satu lingkup kerja saja. Akan tetapi kita harus menerapkan sikap disiplin dalam semua lingkup kehidupan. Misalnya kita selalu mengatur waktu dalam setiap hal, selalu datang tepat waktu di sekolah dan berbagai perkerjaan yang lainnya.

Hal tersebut memang terlihat sebagai hal yang sepele, saking sepelenya kita sering meremehkan hal tersebut. Yang akhirnya, kita tidak mengerjakan hal tersebut.

Padahal dari hal kecil tersebut, kita akan terlatih dengan hal yang besar. Oleh karena itu, selama kita menjadi seorang pelajar kita harus mengatur setiap kegiatan kita. Agar waktu yang kita miliki bisa dimaksimalkan sebaik mungkin.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan. Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat dan berguna bagi para siswa. Bila ada kesalahan dari tutur kata dan tingkah laku dari saya mohon dimaafkan, sekian terima kasih.

Wassalamualaikum

Contoh Pidato Singkat tentang Cinta Tanah Air

10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato
10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato

Assalamualaikum W.W.

Pertama-tama mari kita mengucapkan puji syukur atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.Kita dapat berkunpul di sini dengan sehat wal afiat karena –Nya.Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman sekalian.Kedua saya berdiri di sini akan menyampaikan pidato.Piadato saya kali ini bertema cinta tanah air.

Apakah kalian tahu kenapa kita harus cinta pada tanah air kita sendiri ?.Iya itu sebenarnya memang betul,kita harus cinta pada tanah air kita .Karena kita bangsa Indonesia kaya akan budaya dan suku yang bermacam-macam.kita harus bersyukur dengan kekayaan Allah SWT yang telah diberikan kepada kita semua.Kita dapat mengenal suku bangsa yang berbeda dengan kita.Atas limpahan dari Allah kita dapat mengenal orang satu sama lain.

Contoh cinta pada tanah air adalah kita harus mencintai produk dalam negeri.Disitulah kita membeli barang-barang kebutuhan kita.Walau kita membeli d luar negeri,barang luar negeri dari Indonesia. Jadi, jika kita ingin membeli barang kebutuhan,kita membeli saja di Negara kita sendiri.Negara kita memiliki hasil yang sangat memuaskan dan berkualitas terbaik.

Indonesia memiliki budaya yang melimpah.Di Indonesia ada berbagai macam budaya.Budaya di dalam negeri kita turun-menurun karena budaya itu dipakai oleh anak cucunya.Contoh budaya itu adalah tari adat pernikahan,music,dan masih banyak lagi budaya yang terdapat di Indonesia.Suatu saat juga budaya itu akan dipakai oleh anak kita sendiri.

Sebelum saya menutup pidato saya,saya ingin bertanya.Apakah kalian tahu apa kesimpulan dari pidato ini? Jika tidak ada yang megetahinya,akan saya beri tahu.Kesimpulannya adalah kita harus saling mengenal satu sama lain,mencintai produk budaya kita sendiri,dan yang terakhir kita harus mencintai budaya dan Negara kita sendiri.Itulah kesimpulan dari pidato saya,sebelum saya menutup pidato ini apakah ada yang ingin bertanya? Jika tidak saya akan mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum W.W.

Contoh Pidato Singkat tentang Perkembangan Teknologi Internet

10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato
10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato

Assalamualaikum W.W

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan ridho-Nya hingga kita dapat berkumpul di sini dalam keaadaan sehat walafiat.Terima kasih teman-teman sudah menyempatkan waktunya untuk datang ke ruangan ini.Maksud saya adalah saya ingin menyampaikan sebuah pidato yang berjudul teknologi internet.

Kata internet sudah tidak asing lagi bagi kita.Teknologi internet sudah mengalami kemajuan sampai saat ini.Dahulu internet jarang dipakai.Namun sekarang internet sudah banyak yang memakai.Kemajuan teknologi internet karena adanya globalisasi.Dahulu internet hanya digunakan untuk bersosialisasi,sedangkan sekarang internet sudah bisa dipakai untuk membantu menyelesaikan pekerjaan.

Saat ini,internet sudah sering digunakan oleh masyarakat.Internet juga dibutuhkan oleh pelajar sampai dewasa.Dengan kata lain internet juga dapat membantu pekerjaan kita.Internet tidak hanya digunakan untuk membantu pekerjaan,tetapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi yang luas.Ternyata kegunaan internet dapat membantu kita untuk meringankan pekerjaan.

Seiring dengan perkembangan zaman,sekarang teknologi internet sudah sangat berkembang.Dahulu,teknologi internet hanya bisa menggunakan hp.Namun,sekarang internet sudah bisa menggunakan laptop ataupun komputer.Sekarang anak-anak sampai dewasa pun sudah bisa menggunakan internet.Sekarang,dizaman modern saat ini internet sudah sangat sering digunakan.

Jadi,manfaat internet ada banyak terutama dapat membantu meyelesaikan pekerjaan.Sekarang laptop,hp,dan komputer juga bisa digunakan untuk membuka internet.Harapan saya,semoga teman-teman semua dapat menggunakan internet dengan sebaik-baiknya.Terima kasih teman-teman karena sudah mendengarkan pidato saya.

Wasalamualaikum W.W

Contoh Pidato Singkat tentang Kebersihan

10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato
10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan yang baik ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana telah memberikan nikmat dan hidayahnya kepada kita sehingga bisa berkumpul dalam keadaan sehat pada hari ini.

Hadirin yang saya hormati,
Pidato yang akan saya sampaikan kali ini menerangkan menjaga kebersihan. Allah SWT sangat mencintai orang yang bersih dan suka membersihkan segala sesuatu yang ada padanya. Jadi marilah kita mulai menjaga kebersihan demi terciptanya keselamatan dan kebaikan untuk diri kita maupun orang lain.

Hadirin sekalian,
Jika kita menjaga kebersihan lalu ditiru oleh anak-anak kita dan orang-orang dekat kita maka kita pun akan mendapat manfaatnya, oleh karenanya mari ajarkan sedini mungkin terhadap anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan agar kelak mereka menjadi anak yang sehat, cerdas dan suka berbuat kebaikan.

Dengan mengajarkan menjaga kebersihan kepada anak-anak, diharapkan mereka bisa mandiri dan terbiasa mengatasi hal-hal yang sulit untuk diselesaikan, seperti kita ketahui di masa sekarang masih banyak orang-orang yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan dan membiarkannya menjadi kotor.

Hadirin yang berbahagia,
Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan apa yang sudah saya sampaikan bermanfaat dan dapat dilaksanakan, akhir kata saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat tentang Perpisahan Sekolah

10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato
10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama, kita patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan izin Tuhan kita bisa hadir dalam rangka pembukaan pelaksanaan acara perpisahan sekolah ini.

Saya mewakili seluruh siswa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran para orang tua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.

Hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa waktu telah berlalu hingga pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru di depan. Segala hal yang kami peroleh selama ini di sekolah ini sangatlah berarti dan akan terus kami kenang.

Kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah sabar dan telaten membimbing kami menimba ilmu. Kami berdoa semoga apa yang telah diberikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang berguna.

Di mana ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. Semoga pula perpisahan kali ini bukanlah akhir dari segalanya. Kami yang nantinya akan menjadi alumni sekolah akan tetap menjalin silaturahmi dengan sekolah kami yang tercinta ini. Kami pun selaku siswa mungkin telah banyak membuat kesalahan dan merepotkan pihak-pihak pendidik di sekolah ini. Kami mengucapkan beribu-ribu maaf kepada ibu dan bapak guru semua.

Demikianlah sambutan dari saya selaku perwakilan siswa dalam acara perpisahan sekolah tercinta ini. Semoga kelak kita dapat meraih cita-cita dengan terus semangat!

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat tentang Pendidikan

10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato
10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.

Hadirin yang berbahagia.

Dalam mencari ilmu, Allah sendiri pernah menguji para Malaikat-malaikat-Nya. Bahwa ternyata tidak ada seseorangpun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah. Dan sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipan Allah. Bahkan Malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. Oleh karena itu kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apapun yang kita miliki tidak boleh sombong.

Hadirin yang saya hormati.

Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu, sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangatlah penting. Sehingga orang yang bersamanya dukuk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya walaupun hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan di ridha’i Allah. Amiin

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Singkat tentang Narkoba

10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato
10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato

Assalamualaikum Wr. Wb.

Para hadirin yang saya hormati.

Pada kesempatan yang cukup teduh ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat berupa kesehatan sehingga pada kesempatan ini kita bisa hadir di forum penerangan bahaya narkotika ini.

Hadirin yang saya hormati.

Menkonsumsi narkoba adalah salah satu perbuatan yang menyebabkan timbulnya kejahatan dan juga perbuatan syetan dan sekaligus perbuatan keji yang harus kita jauhi agar kita selamat di dunia dan akhirat, serta lingkungan masyarakat pun tentram tidak ada satu kejahatan pun.

Hadirin yang saya hormati.

Janganlah sekali kali kita mencoba untuk menggunakan narkoba, karena jika kita mencobanya maka kita akan rugi seumur hidup kita. Hidup terasa terbelenggu dan ketergantungan terhadap sesuatu yang justru merusak hidup kita.

Maka dari itu, marilah para putra dan putri bangsa.. Mulai dari sekarang menjauhi narkotika dan mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi.

Hadirin yang saya hormati.

Mungkin hanya ini pidato yang bisa saya sampaikan, bila ada salah kata atau ucapan mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga:

Sekian informasi seputar 10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia dan Tips Berpidato. Semoga bermanfaat. Salam.

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.