Download File Excel Hitung Kolom dan Pondasi Lengkap

  • Whatsapp

Download File Excel Hitung Kolom dan Pondasi LengkapBetantt.com, Kolom merupakan suatu elemen yang harus ada, yang sangat vital atau penting dalam membangun sebuah rumah atau hunian. Fungsi kolom adalah untuk menahan semua beban dari yang namanya ring balk. Kolom juga mempunyai peranan penting dari bangunan.

Apabila struktur kolom tidak baik , maka kolom akan dapat runtuh dan menyebabkan lantai yang bersangkutan runtuh pula. Tentunya keseluruhan dari struktur rumah juga akan ikut runtuh. Untuk itu, anda harus memahami cara menghitung volume kolom beton.

Bacaan Lainnya
Download File Excel  Hitung Kolom dan Pondasi Lengkap
Download File Excel  Hitung Kolom dan Pondasi Lengkap

Cara Menghitung Volume Kolom Praktis 15/15 Cm

Selain difungsikan sebagai penerus beban dari seluruh bangunan ke pondasi, kolom diibaratkan seperti kerangka manusia.  Kerangka manusia mempunyai tugas untuk menopang badan. Kolom dapat dipasang pada dinding, dengan memiliki jarak antara 3 sampai dengan 4 meter. Ketahuilah cara menghitung volume kolom berikut:

Menghitung Jumlah Kolom Dalam Satu Rumah

Sebelumnya, anda harus menyusun gambar mengenai denah rumah yang akan dibuat. Sehingga anda dapat menentukan denah kolom. Hitunglah satu per satu, berapa jumlah kolom yang diperlukan.

Tentukan jumlah kolom pertama, kedua dan seterusnya. Selanjutnya anda juga harus menentukan ketinggian masing-masing kolom serta masing-masing jumlah yang diperlukan. Misalkan saja kami beri contoh:

  • Jumlah kolom K dengan tinggi 3 meter membutuhkan 15 buah.
  • Jumlah kolom K2 dengan tinggi 1,2 meter membutuhkan 5 buah.

Menghitung Total Panjang Kolom

Anda dapat menghitungnya dengan mengalikan panjang dengan jumlah kolom.

  • Panjang kolom K adalah 15 buah dikali 3 meter, maka panjangnya adalah 45 meter.
  • Panjang kolom K2 adalah 5 buah dikali 1,2 meter, maka panjangnya adalah 6 meter.

Menghitung kebutuhan Besi dan Begel

Misalkan saja jumlah begel yang dibutuhkan dari total penghitungan kolom tadi adalah 51 meter, maka perhitungan kebutuhan:

  • Rata-rata panjang begel adalah 0,5 meter.
  • Jumlah begel yang dibutuhkan untuk panjang kolom 51 meter adalah 255 buah.
  • Panjang Begel keseluruhan adalah 0,5 meter dikali 255 buah, hasilnya adalah 140,25 meter.
  • Kemudian untuk perhitungan jumlah batang besi yang dibutuhkan, panjang total begel yaitu 140,25 meter dibagi 12 meter. Jadi, batang besi yang diperlukan ada 12 batang.

Menghitung Kebutuhan Besi Tulangan Pokok

  • Total dari panjang besi tulangan yang utama adalah 4 buah dikalikan dengan total panjang beton yaitu 51 meter. Hasilnya adalah 204 meter.
  • Jadi untuk menghitung keperluan besi adalah total panjang besi tulangan di bagi 12 meter yaitu 17 batang.

Menghitung Volume M3 Kolom Beton Bertulang

Pada dasarnya rumus volume kolom adalah total panjang dikalikan dengan luar penampang dari kolom.

  • Luas penampang adalah 0,15 meter dikalikan dengan 0,15 meter. Maka hasil luas penampang adalah 0,0225 meter persegi.
  • Untuk menghitung volume kolom, 51 meter dikalikan hasil pencarian luas penampang tadi, yaitu 0,0225 meter dalam persegi. Jadi volum dari kolom tersebut adalah 1,1475 m3.

Jika diperhatikan secara seksama, cara menghitung volume kolom di atas sangat rumit. Namun apabila sudah sering malakukan perhitungan dan sudah ahli, bukanlah suatu hal yang sulit .

Download File Excel  Hitung Kolom dan Pondasi Lengkap

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
Semoga artikel mengenai Download File Excel  Hitung Kolom dan Pondasi Lengkap, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!

Baca Juga:

Last Update: 8 Juni 2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *