Download Gambar Denah Plafond dan Detail Plafond DWG AutoCAD

  • Whatsapp

Download Gambar Denah Plafond dan Detail Plafond DWG AutoCAD – Plafon adalah salah satu elemen penting dalam sebuah rumah. Secara arsitektural plafon merupakan batas batas atas sebuah ruang. Fungsi plafon berbeda dengan atap karena plafon tidak melindungi ruangan dari panas ataupun hujan namun lebih kepada estetika untuk menutupi struktur atap sehingga ruangan terlihat lebih rapi dan bersih.

Secara prinsip ada dua jenis plafon pada bangunan yaitu plafon terbuka dan tertutup.  Plafon terbuka disebut juga  expose  ceiling karena langsung menggunakan struktur atap sebagai plafon.  Cara ini juga bisa dianggap tidak menggunakan plafon sama sekali. Sementara plafon tertutup adalahplafon yang menggunakan bahan tertentu untuk menyembunyikan sebagian atau seluruh struktur atap sehingga tidak terlihat dari ruang di bawahnya.

Bacaan Lainnya
Download Gambar Denah Plafond dan Detail Plafond DWG AutoCAD
Download Gambar Denah Plafond dan Detail Plafond DWG AutoCAD

Di daerah yang memiliki iklim dingin cenderung menggunakan plafon yang rendah.  Sebut saja di Jepang atau Eropa yang menggunakan tinggi plafon untuk ruang tidur sekitar 2,4 hingga 2,5 meter.  Hal ini dapat menekan penggunaan pemanas ruangan saat musim dingin atau musim salju.

Sementara di Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan suhu siang hari yang lumayan panas memerlukan sirkulasi udara yang lebih baik sehingga biasanya plafon dibuat lebih tinggi terutama di daerah pesisir pantai.  Tinggi plafon yang digunakan pada  daerah ini berkisar antara 2,8 hingga 3,5 meter.   Walaupun suhunya lebih panas tetapi bukan berarti membuat tinggi plafon sangat tinggi karena akan berpengaruh juga bila menggunakan pendingin ruangan.

Selanjutnya fungsi ruangan juga menentukan tinggi plafon dalam ruangan itu.  Ruangan yang digunakan untuk aktivitas publik ataupun semi  publik biasanya menggunakan plafon yang lebih tinggi.  Sebut saja ruang keluarga di rumah yang memiliki tinggi lebih dari 3 meter atau aula di sekolah atau kampus yang memiliki tinggi plafon hingga 5 meter.

Sementara untuk ruang yang lebih  intim atau private biasanya menggunakan tinggi plafon yang lebih rendah.  Misalnya kamar mandi yang rata-rata memiliki tinggi plafon 2,4 meter.

Plafon di lantai atas bisa dibuat dengan ketinggian ideal sementara di lantai bawah tidak bisa karena terbatas. Umumnya plafon hanya bisa dibuat setinggi plat lantai dengan memunculkan balok yang mungkin mengganggu. Sebaiknya jarak antar lantai minimal 3,2 meter untuk bisa mendapat pafon dengan ketinggian 2,75 meter yang sudah ideal.

Download Gambar Denah Plafond dan Detail Plafond DWG AutoCAD

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
Semoga artikel mengenai Download Gambar Denah Plafond dan Detail Plafond DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
Baca Juga:

 

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar