Download Gambar Detail Kuda Kuda dan Atap DWG AutoCAD

  • Bagikan

Download Gambar Detail Kuda Kuda dan Atap DWG AutoCAD – Betantt.com, Seperti halnya struktur bangunan yang lain, rangka atap terdiri atas komponen-komponen penyusun. Komponen struktur atap tersebut terdiri dari tiga bagian utama, yaitu struktur penutup atap, gording, dan rangka kuda-kuda.

Tiga bagian utama dari struktur atap tersebut diperlukan utuk membentuk rangka yang kuat sehingga dapat menangui penghuni atau pemilik dari cuaca atau gangguan dari luar dengan sempurna.

Khususnya di Indonesia, struktur atap yang berbentuk miring baik dari baja ringan atau kayu akan memiliki kompenen penyusun yang lebih banyak, tidak hanya 3 bagian utama struktur atap yang sudah disebutkan di atas, yaitu terdiri dari kuda-kuda, bubungan, gording (muur plat), kasau/ usuk, reng, ring balok, jurai luar dan jurai dalam (talang), lisplank, dan penutup atap.

Pengertian dan Bagian Bagian Rangka Atap

Rangka atap adalah struktur bangunan yang posisi berada di atas bangunan yang berdiri. Rangka memiliki beberapa struktur diantara nya adalah kuda – kuda. Rangka atap ini berdiri tepat di atas ring balok yang memungkinkan penyaluran tekanan langsung ke struktur bangunan lain yang berada di bawahnya. Rangka atap juga memiliki struktur – struktur yang ada didalam nya . semua struktur – struktur di dalam rangka atap memiliki fungsi nya masing – masing .Struktur-struktur pada rangka atap yaitu :

Kuda-kuda

Kuda-Kuda memiliki fungsi yang sangat besar dalam pembuatan Rangka Atap. Fungsi dari kuda-kuda adalah menopang semua tekanan yang ada pada rangka atap dan langsung menyalurkan nya ke struktur bangunan yang ada di bawah rangka atap. Struktur ini termasuk dalam klasifikasi struktur framework (truss). Umumnya kuda-kuda terbuat dari kayu, bambu, baja, dan beton bertulang.

Bubungan (Nok)

Balok nok atau bubungan adalah struktur yang mengikat kuda-kuda satu dengan yang lainnya. Posisi nya yang memanjang dan seusai dengan panjang rangka atap yang di bangun. Biasa nya balok nok ini memiliki ukuran kayu 8/12, 6/12 dan masih banyak lainnya.

Gording

Gording adalah balok induk yang bertugas menahan elemen struktur yang berada di atasnya dan beban-beban yg bekerja di atas rangka atap. Gording membagi bentangan atap dalam jarak-jarak yang lebih kecil pada proyeksi horisontal. Gording meneruskan beban dari penutup atap, reng, usuk, orang, beban angin, beban air hujan pada titik-titik buhul kuda-kuda.

Usuk/Kasau (Kaso)

Usuk/kasau (kaso) berfungsi menerima beban dari penutup atap dan reng dan meneruskannya ke gording. Usuk terbuat dari kayu dengan ukuran 5/7 cm dan panjang maksimal 4 m. Usuk dipasang dengan jarak 40 s.d. 50 cm antara satu dengan lainnya pada arah tegak lurus gording. Usuk akan terhubung dengan gording dengan menggunakan paku. Pada kondisi tertentu usuk harus dibor dahuku sebelum dipaku untuk menghindari pecah pada ujung-ujung usuk.

Reng

Reng berupa batang kayu berukuran 2/3 cm atau 3/5 cm dengan panjang sekitar 4 m. Reng menjadi tumpuan langsung penutup atap dan meneruskannya keusuk / kasao. Pada atap dengan penutup dari asbes, seng atau sirap reng tidak digunakan. Reng akan digunakan pada atap dengan penutup dari genteng.Reng akan dipasang tegak lurus usuk dengan jarak menyesuaikan dengan panjang guna dari (genteng).

Penutup Atap

Struktur penutup atap merupakan struktur yang langsung berhubungan dengan beban-beban kerja (cuaca) sehingga harus dipilih dari bahan-bahan yang kedap air, tahan terhadap perubahan cuaca.

Download Gambar Detail Kuda Kuda dan Atap DWG AutoCAD
Download Gambar Detail Kuda Kuda dan Atap DWG AutoCAD

Download Gambar Detail Kuda Kuda dan Atap DWG AutoCAD

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
Semoga artikel mengenai Download Gambar Detail Kuda Kuda dan Atap DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂

Last Update: 8 Juni 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *