Download Gambar Desain Kuda Kuda Baja Terlengkap DWG AutoCAD

  • Bagikan

Download Gambar Desain Kuda Kuda Baja Terlengkap DWG AutoCAD – Betantt.com,

Kuda-kuda baja menjadi tumpuan semua beban yang terjadi pada rangka dan penutup atap, seperti beban mati (berat rangka dan penutup atap), beban hidup (angin dan air hujan), serta beban berguna.

Itu sebabnya kuda-kuda disebut bagian dari struktur sebuah bangunan, karena semua beban-beban tersebut ia pikul sebelum disalurkan ke struktur balok dan kolom dibawahnya.

Rangka atap umumnya terdiri dari kuda-kuda, gording serta usuk dan reng. Pada bagian teratas dari susunan rangka-rangka tersebut adalah penutup atap bangunan.

Untuk mewujudkan tampilan atap bangunan menarik, maka bentuk kuda-kuda perlu dirancang dengan baik, serta bahan yang digunakan dipilih sesuai kebutuhan bentuk atap.

Perlu diketahui jenis bahan kuda-kuda yang bisa mengakomodir semua kebutuhan bentuk atap adalah baja profil.

Kuda-kuda baja profil dapat digunakan untuk mewujudkan bentuk atap pelana, atap limasan, atap kubah/kerucut, atap lengkung, atap joglo, atap tenda dan sebagainya.

Jenis Bahan & Bentuk Kuda-Kuda Baja

Berikut bentuk kuda-kuda baja profil yang dibedakan berdasarkan jenis bahan yang digunakan, antara lain:

Kuda-Kuda Cremona Siku

Di Indonesia bentuk kuda-kuda cremona banyak ditemukan pada rangka atap bangunan-bangunan kuno peninggalan kolonial Belanda, yang artinya bentuk kuda-kuda ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Hingga kini bentuk kuda-kuda ini banyak diimplementasikan pada atap bangunan rumah tinggal, gedung sekolah, perkantoran dan atap bangunan lainnya.

Masing-masing rangka/batang siku kita satukan pada satu simpul (buhul), yang mana simpul tersebut menggunakan bahan plat baja. Kemudia antara plat baja (simpul) dan batang Siku kita sambung dengan las atau sistem mur baut. Perkembangan selanjutnya kuda-kuda cremona yang awalnya hanya menggunakan bahan profil Siku, kemudian kita lakukan kombinasi dengan jenis baja profil UNP serta Profil T. Dan dari hasil inovasi ini belakangan memunculkan nama baru bentuk kuda-kuda yang bernama Space Frame.

Bentuk kuda-kuda cremona siku banyak dipraktekan untuk bangunan yang bentuk atapnya joglo, limasan dan pelana. Namun bentuk atap ini tidak cocok untuk kuda-kuda dengan bentangan lebar, umumnya dipraktekan untuk pada bentangan maksimal 15 meter saja.

Kuda-Kuda Baja Profil IWF

Implementasi kuda-kuda baja profil IWF banyak temui pada bangunan pabrik dan gudang, walau demikian pada kasus tertentu juga kita temui pada bangunan rumah tinggal maupun bangunan gedung lainnya. Pertimbangan penggunaan kuda-kuda ini umumnya karena bentangan bangunan yang besar dan menginginkan pengerjaan yang lebih praktis. Sementara untuk kasus tertentu seperti kita sebut sebelumnya, perlu pertimbangan penggunaan kuda-kuda baja profil IWF karena bangunan bertingkat 2 lantai atau lebih, lokasi bangunan yang sempit atau karena pentutup atap bangunan tersebut adalah galvalume/zincalume.

Pada bangunan pabrik atau gudang penggunaan kuda-kuda ini bisa kita implementasikan untuk bentangan sampai dengan 40 Meter. Dengan catatan semakin besar bentangan bangunan, tentu ukuran profil IWF yang kita gunakan pun lebih besar, misal :

  • Untuk lebar bentangan ≤ 15 m : anda gunakan profil IWF 150x75x5x7 mm
  • Jika lebar bentangan ≤ 20 m : menggunakan profil IWF 200x100x5,5×8 mm
  • Jika lebar bentangan ≤ 30 m : menggunakan profil IWF 300x150x6,5×9 mm
  • Namun lebar bentangan ≤ 40 m : menggunakan profil IWF 400x200x8x13 mm

Anda perahtikan koefisien angka tersebut, yakni antara angka pada bentangan dengan angka pada profil IWF. Artinya jika anda ingin menetukan berapa besar ukuran profil IWF yang anda gunakan pada sebuah bangunan gudang, cukup dengan rumus : Lebar bentangan gudang x 10.

Kuda-Kuda Baja Castellated

Sebutan lain kuda-kuda baja Castellated dan kuda-kuda baja profil IWF adalah Rafter. Awalnya tidak ketahui pasti mengapa sama-sama sebut rafter, padahal bentuk kuda-kuda maupun jenis bahan yang gunakan beda. Dan istilah castellated sendiri bagi kalangan pekerja konstruksi baja, memiliki sebutan lain lagi yaitu HCO atau Honeycomb.

Kuda-kuda Kastela (castellated) banyak implentasikan pada bangunan pabrik dan gudang-gudang, yang beratap pelana dan betangan lebar. Pada gambar pertama, lebar bangunan 72 meter dengan perkutan kolom tengah dan ukuran kuda-kuda castellated yang gunakan adalah IWF 350 HCO 525x1175x7x11 mm. Gambar kedua adalah photo implementasi kuda-kuda castellated yang telah selesai kerjakan.

Penggunaan kuda-kuda castellated pada sebuah bangunan harus melalui perhitungan yang matang dan teliti. Resiko terjadinya kecelakaan kerja saat fabrikasi maupun saat pemasangan (erection) sangat besar, misalnya kuda-kuda puntir atau melengkung. Namun besarnya resiko tersebut seakan terbayarkan oleh efisiensi biaya, karena kuda-kuda castellated lebih murah bandingkan dengan bentuk kuda-kuda lain.

Kuda-Kuda Rangka Pipa (Lengkung)

Kriterian bahan pipa yang kita gunakan pada kuda-kuda ini adalah pipa hitam, buka pipa baja atau pipa galvanis. Karena kuda-kuda rangka pipa identik dengan bentuk atap lengkung, kubah atau kerucut. Maka kriteria pipa yang mudah kita lengkung (Bending/Roll) adalah pipa hitam. Sementara pipa baja atau pipa galvanis sulit kita lengkungkan walau dari segi kukuatan pipa-pipa ini lebih unggul, namun dengan menggunakan pipa hitam sudah cukup kokoh.

Kelebihan lain pipa hitam untuk membuat bentuk-bentuk atap, seperti kita sebutkan sebelumnya, antara lain :

  • Bisa kita implementasikan untuk bentangan hingga 100 meter
  • Sangat rigid dan kokoh, karena rangka kuda-kuda seluruhnya menggunakan sambungan las
  • Pipa bisa bisa melengkug sesuai diameter kuda-kuda yang kita inginkan

Adapun kelemahan kuda-kuda ini adalah kendala pada proses pengiriman ke lokasi proyek, khususnya kuda-kuda bentangan besar. Untuk mengatasi hal tersebut, fabrikasi kita laksanakan proyek. Gambar ini bentuk kuda-kuda rangka pipa yang lengkung, dan mana gambar paling atas adalah shop drawing kuda-kuda rangka pipa. Sementara bawahnya adalah gambar implementasi kuda-kuda.

Masing-masing bentuk kuda-kuda ini memiliki kelebihan dan kelemahan. Yang perlu kita perhatikan saat merencanakan kuda-kuda adalah bentuk kuda-kuda harus menyesuaikan bentuk atap bangunan. Selanjutnya, mempertimbangkan faktor situasi/lokasi yang mana kuda-kuda akan kita pasang, apakah pada bangunan bertingkat tinggi atau tidak.

Dengan memahami bentuk-bentuk kuda-kuda beserta jenis bahan yang kita gunakan, maka perencanaan rangka atap bisa kita lakukan dengan baik sehingga resiko kesalahan kontruksi bisa minim. Namun jika bentuk kuda-kuda yang kita tentukan tanpa perhitungan yang cermat, maka akan berpengaruh pada struktur bangunan secara keseluruhan.

Download Gambar Desain Kuda Kuda Baja Terlengkap DWG AutoCAD
Download Gambar Desain Kuda Kuda Baja Terlengkap DWG AutoCAD

 

Download Gambar Desain Kuda Kuda Baja Terlengkap DWG AutoCAD

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
Semoga artikel mengenai Download Gambar Desain Kuda Kuda Baja Terlengkap DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
Baca Juga:

Last Update: 8 Juni 2021

  • Bagikan

Respon (2)

  1. Terima kasih file nya, namun sayang tak bisa di buka karna parwordnya minta di koreksi, apakah sudah ganti pasword?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *