Download Gambar Desain Dapur/Pantry/Kitchen Set Lengkap DWG AutoCAD

  • Whatsapp

Download Gambar Desain Dapur/Pantry/Kitchen Set Lengkap DWG AutoCAD – Desain dapur sekarang digabung dengan ruang makan, tempat untuk mengumpulkan keluarga dan teman. Untuk itu, kitchen set yang dipasang tidak hanya untuk fungsi,tetapi juga sebagai identitas desain rumah, mencerminkan bagaimana karakter penghuninya.

Download Gambar Desain Dapur/Pantry/Kitchen Set Lengkap DWG AutoCAD
Download Gambar Desain Dapur/Pantry/Kitchen Set Lengkap DWG AutoCAD

Ukuran standar denah kitchen set

Ada beberapa tata letak dapur yang biasanya digunakan: yaitu kitchen set pada dinding tunggal, bentuk galeri, berbentuk L, berbentuk U dan berbentuk L dengan meja di tengah. Dari pengalaman desain rumah, biasanya ukuran ruang untuk kitchen set minimalis minimal 2 meter x 3 meter dengan bentuk kitchen L atai I. Ukuran ini cukup ideal untuk memenuhi kebutuhan dapur satu kepala keluarga.

Bacaan Lainnya

Semua yang diperlukan oleh kitchen set adalah area “segitiga dapur”. Segitiga dapur adalah tiga titik yang menghubungkan kulkas, kompor, dan wastafel. Segitiga dapur terbaik memiliki jarak kurang dari 6 meter linier.

Segitiga kerja dapur yang melebihi 6 meter membuat bergerak dari satu fungsi ke fungsi lainnya menjadi tidak praktis. Setiap tata letak dapur bekerja tergantung pada batas Anda atau dinding, pintu dan lokasi jendela. Dari pengalaman, kitchen set bentuk L  adalah jenis kitchen set yang populer belakangan ini.

Ukuran-ukuran penting dalam membuat kitchen set

  • Lebar Meja Kitchen Set dan Kabinet Bawah. Hal pertama dimulai dai denah kitchen set, sediakan lebar meja 50-70cm untuk area kerja tempat memotong, meletakan kompor dan sink. Ukuran standar internasional lebar meja kitchen set adalah 60 cm, ini sudah pasti muat dengan hampir semua kompor dan sink yang dijual di pasaran Indonesia. Jika lebar terlalu sempit, maka seringkali kompor tidak akan masuk dan kita akan sulit membuat tempat sink pada kitchen set.
  • Tinggi Meja Kitchen set. Meja kitchen set adalah tempat untuk meletakan fungsi-fungsi penting dapur seperti kompor, sink, blender, dan area untuk meletakan talenan untuk memotong makanan. Ukuran tinggi meja kitchen set standar adalah 76-85 cm disesuaikan dengan proporsi pengguna. Tinggi meja yang disarankan untuk kebanyakan orang Indonesia adalah 80 cm dari lantai.
  • Tinggi Kitchen Set. Sebuah kitchen set juga biasanya dilengkapi dengan kabinet atas (lemari atas). Ketinggiannya perlu diperhitungkan agar memudahkan saat mengambil barang-barang yang tersimpan di kabinet atas terutama barang pecah belah. Oleh karena itu ukuran ini sangat penting. Selain itu, ketinggian tidak boleh terlalu tinggi untuk kenyaman aktivitas dapur, seperti kegiatan memotong, mencuci, memasak dan yang lainnya. Jarak antara meja dengan bagian bawah kabinet atas sebaiknya adalah 85-110 cm agar masih cukup nyaman digunakan.
  • Lebar Kabinet Atas. Selanjutnya perhatikan ukuran lebar kabinet atas pada kitchen set. Biasanya ukuran yang dipakai adalah 35-50cm. Ukuran standar internasional adalah lebar kabinet atas 40 cm. Namun, perhatikan pula barang-barang yang akan dimasukkan didalamnya. Lebar kabinet atas harus kurang dari kabinet bawah agar kepala tidak terbentur saat menggunakan meja kerja kitchen set.
  • Panjang Area Kerja Kitchen Set. Dengan area kerja yang besar dan luas tentu akan membantu memberikan kenyamanan saat bekerja. Panjang masing-masing area kerja disesuaikan dengan kebutuhan terutama penggunaan peralatan dapur. Idealnya untuk ukuran area kompor, sink dan tempat memotong perlu panjang 80 – 100 cm. Ini artinya panjang minimal untuk kitchen set adalah 2,5 meter.
  • Lekukan Bawah Kabinet. Untuk Anda yang memilih desain kitchen set dengan bentuk yang ada lekukannya, sebaiknya buat ukuran sekitar 10-15 cm. Ukuran ini akan mempermudah pembersihan area serta membuat nyaman untuk berdiri tegak menghadap ke meja dapur.
  • Ukuran Ideal Sink. Sink adalah salah satu perlengkapan untuk kitchen set untuk mencuci piring maupun bahan makanan sebelum dimasak. Terdapat dua jenis sink yang dapat digunakan yaitu sink dengan dua bak ataupun yang satu bak. Semua dapat dipilih berdasarkan kebutuhan dapur Anda. Untuk fungsi sink yang ideal, ukurannya adalah 80-90 cm sebagai ukuran permukaan. Ukuran ini sudah disesuaikan dengan ukuran orang Indonesia, jadi tidak perlu ragu untuk menggunakannya.
  • Perhatikan Ukuran Cooker Hood di Kabinet Atas. Cooker hood atau kitchen exhaust fan adalah kipas yang diletakan di atas kompor. Tujuannya, untuk menghisap asap yang kompor yang mungkin berbau tak sedap. Karena adanya keberadaan cooker hood, perlu disesuaikan dengan ukuran untuk kabinet atas yang menjadi tempat cooker hood. Jarak yang tepat terhadap coocker hood yaitu sekitar 60-80cm. Agar tidak menganggu aktivitas memasak ataupun meraih peralatan dikabinet atas.
  • Luas Area Dapur. Untuk mempermudah pengerjaan, maka penting untuk memastikan ukuran dapur. seperti yang dijelaskan sebelumnya ukuran minimal untuk dapur dengan bentuk I (dinding tunggal) adalah 2 meter x 3 meter. Sementara untuk membuat dapur dengan layout yang lainnya kita perlu membuat sketsanya terlebih dahulu.
  • Kaki kitchen set masuk ke dalam. Untuk menambah kenyamanan kitchen set, sisakan 10 cm dari lantai untuk digunakan sebagai area kaki kitchen set. Sebaiknya kaki ini masuk ke dalam 5-10 cm untuk menghindari jari kaki menabrak kaki kitchen set. Mata manusia saat melihat kitchen set, biasanya menyesuaikan dengan pandangan kabinet bawah, namun seringkali kaki kita terbentur pada kaki kitchen set yang lurus, maka dari itu, memasukan bagian bawah ini akan membuat keyamanan kitchen set lebih baik.

Jenis-jenis Wastafel Dapur (Kitchen Sink)

  1. Undermount Sink. Sink undermount terpasang di bawah meja kabinet dapur. Jenis sink ini menggunakan struktur dasar lemari untuk mendapatkan dukungan. Dengan sink ini, memungkinkan membuat tampilan yang rata di meja dapur. Jenis sink undermount dibuat dengan permukaan meja yang solid. Sink ini dapat dipasang pada permukaan marmer atau komposit di antara bahan serupa lainnya.
  2. Flush Mount. Pilihan sink dapur jenis flush mount dibuat dengan permukaan yang bercampur dengan baik dengan bagian atas meja lainnya. Sink dapat dibuat dengan nada warna umum yang sama seperti apa yang digunakan pada meja. Kedua, mungkin memerlukan elemen yang berbeda dari bagian atas meja tetapi bercampur dengan baik tanpa permukaan yang meninggi di daerah tersebut. Garis nat harus diterapkan di antara sink dan meja untuk menciptakan ikatan yang kuat antara keduanya sambil menjaga seluruh bentuk konsisten dan halus dalam desainnya. Garis nat bisa diselesaikan dengan nada yang berpadu sempurna dengan kedua bagian.
  3. Farmhouse Sink. Gaya farmhouse atau apron sink dibuat dengan tepi bulat yang sesuai dengan apa yang ada di bagian dalam baskom sink. Bagian sink dapat ditambahkan ke tengah meja meskipun beberapa pemotongan mungkin diperlukan. Jenis sink ini menciptakan tampilan pedesaan pada desain dan umum dalam gaya dapur villa dan dapur rumah.
  4. Self Rimming Sink. Model sink self-rimming menggunakan perbatasan yang pas di atas meja kabinet utama. Dapat dengan cepat ditempelkan ke permukaan dengan bahan semen atau perekat lainnya. Ini adalah jenis termudah untuk Anda kerjakan ketika memasang sink.
  5. Quartz sink. Sink jenis quartz (kuarsa) biasanya dirancang di atas meja yang jauh lebih besar. Banyak produsen akan membuat countertops mereka di mana sink sudah terpasang di bagiannya. Sink jenis ini biasanya memiliki dua bagian sink yang terpisah sesuai kebutuhan dalam mencuci piring bekas atau bahan makanan baru.
  6. Prep Sink. Prep sink adalah jenis sink yang jauh lebih kecil yang dibuat dengan kebutuhan yang lebih kecil dalam fungsinya. Sink jenis prep biasanya dibuat dengan ukuran minimal yang digunakan untuk menyiapkan serangkaian kecil makanan. Ini biasanya cocok dibuat di pantry untuk villa atau kamar di lantai atas dimana tidak perlu membuat dapur yang besar.
  7. Sink terpisah. Sink jenis ini dibuat khusus untuk kebutuhan yang besar. Bentuk sink ini menggunakan desain yang pas di tengah-tengah dapur Anda dan memiliki pilar yang menampung perlengkapan pipa yang diperlukan untuk plumbing. Biasanya jenis sink ini dibuat dengan tujuan dekoratif, meskipun bisa agak fungsional jika Anda memiliki peralatan tertentu untuk dipasang bersama.

Ukuran Standar Kursi Makan

Tinggi dudukan kursi makan antara 46 cm hingga 50 cm dari lantai ke kursi, hampir sama dengan kursi kerja. Tinggi kursi makan rata-rata lebih tinggi daripada sofa atau kursi santai karena orang harus dapat duduk dengan sempurna dalam menghadapi makanan. . Tinggi kursi makan anak mungkin lebih pendek dari ini.

Kursi makan umumnya tidak dibuat terlalu lebar dan dalam sehingga orang tidak terjebak dengan dimensi tersebut. Sebaliknya orang bisa lebih fokus ke meja dan menghadapi makanan. Dimensi panjang kursi berkisar antara 50 cm – 60 cm, sementara lebarnya berkisar antara 45 cm – 55 cm.

Untuk sandarannya sendiri juga tidak dibuat terlalu tinggi, hanya 3/4 punggung yang bisa menyandar pada kursi. Tinggi sandaran rata-rata untuk kursi makan adalah 45 cm – 60 cm tergantung bentuk desain sandaran kursi.

Kursi makan jarang menggunakan sandaran tangan / lengan kursi (arm chair), kebanyakan kursi makan akan disodorkan ke bawah meja setelah selesai digunakan. Jika pun merupakan kursi dengan lengan atau sandaran tangan, maka sandaran tangan tingginya harus kurang dari kolong meja sehingga tidak terbentur. Tinggi sandaran tangan biasanya berkisar antara 19 cm hingga 25 cm.

Ukuran Standar Meja Makan

Tinggi meja makan umumnya adalah 76 cm hingga 80 cm dari lantai, ini juga disesuaikan dengan tinggi kursi makan. Dalam penggunaan meja makan yang santai, tingginya juga bisa diturunkan. Tinggi meja makan bisa dibuat antara 70 – 75 cm dari lantai, agar ramah terhadap anak-anak.

Meja makan umumnya memiliki kolong terbuka sehingga bisa merentangkan kaki dan memasukan kursi di bawahnya. Meja makan memiliki tinggi kolong bersih sekitar 10 cm hingga 12 cm di bawah tinggi meja atau sekitar 68 cm hingga 70 cm.

Sementara untuk panjang dan lebar meja makan serta kapasitas meja makan bisa dibuat sesuai variasi desain meja apakah berbentuk kotak, persegi panjang, oval atau lingkaran. Meja makan dengan kapasitas 2 orang yang duduk berhadapan minimal berukuran 60 cm x 60 cm.

Aturan jarak kursi dan meja makan

Setelah memiliki kursi dan meja makan dengan ukuran standar, selanjutnya adalah aturan dalam menempatkan atau menata jarak antara kursi dan meja. Aturan ini menggunakan metode role of thumb (aturan jempol) yang sebenarnya tidak baku dan tidak tertulis, namun banyak orang menerapkannya di lapangan. Berikut adalah beberapa diantaranya :

  • Berikan jarak 25 cm – 30 cm antara kursi dan meja untuk sirkulasi bangun – duduk di meja makan
  • Sisakan jarak 18 cm – 20 cm di antara kursi agar saat makan, tangan tidak bersenggolan dengan orang di sebelahnya
  • Setiap orang hendaknya mendapatkan lebar ruang sebanyak 60 cm hingga 75 cm di meja makan
  • Untuk meja persegi panjang, tambahkan sekitar 25 cm hingga 30 cm tambahan jika ada yang duduk di kepala dan kaki meja (duduk di ujung meja secara melintang)
  • Biarkan setidaknya 80 cm hingga 90 cm antara meja makan dan dinding atau perabot lainnya untuk ruang sirkulasi
  • Ukur kursi pada titik terlebar (tergantung pada gaya kursi) untuk memastikan memperoleh jarak dan ukuran yang sesuai dengan ruang makan
  • Jika ruangan sempit, gunakan kursi makan tanpa sandaran tangan

Download Gambar Desain Dapur/Pantry/Kitchen Set Lengkap DWG AutoCAD

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
Semoga artikel mengenai Download Gambar Desain Dapur/Pantry/Kitchen Set Lengkap DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
Baca Juga:

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *