Download Gambar Rencana Pondasi dan Detail Pondasi DWG AutoCAD

  • Whatsapp

Download Gambar Rencana Pondasi dan Detail Pondasi DWG AutoCAD – Pondasi bangunan adalah bagian dari bangunan yang berfungsi menerima beban bangunan untuk di teruskan ke tanah dasar, jenis pondasi ada beberapa macam tergantung dari kondisi tanah dan jenis bangunan yang ada.

Download Gambar Rencana Pondasi dan Detail Pondasi DWG AutoCAD
Download Gambar Rencana Pondasi dan Detail Pondasi DWG AutoCAD

PENGERTIAN PONDASI

.Pondasi adalah bagian terbawah dari suatu struktur yang berfungsi menyalurkan beban dari struktur diatasnya ke lapisan tanah pendukung. Pondasi sendiri jenisnya ada bermacam – macam. Penentuan jenis pondasi biasanya dipengaruhi keadaan tanah disekitar bangunan atau pun jenis beban bangunanitu sendiri.

JENIS PONDASI RUMAH

Pondasi untuk rumah tinggal ada beberapa jenis yang umumnya kita kenal, diantaranya adalah :

Bacaan Lainnya

PONDASI BATU KALI

Seperti namanya, pondasi ini terbuat dari susunan batu kali yang di susun memanjang atau menerus, oleh karena itu pondasi ini biasa juga di sebut pondasi menerus, proses kerja pondasi ini adalah meneruskan beban vertikal dari beban bangunan di atasnya ke tanah dimana posisi bangunan itu berdiri, pondasi Batu Kali umumnya berbentuk trapesium dengan ukuran lebar atas 30 cm, lebar bawah 60 cm dan ketinggian antara 60 cm sd 70 cm.

Diatas pondasi batu kali biasanya di buat SLOOF, yaitu pasangan beton bertulang yang akan mengikat konstruksi tiang tiang beton yang kemudian disalurkan secara merata ke pondasi batu kali ini. Sloof untuk rumah 1 lantai biasanya berukuran 15 x 20 cm, dan untuk rumah 2 lantai biasanya berukuran 20 x 30.

Untuk kondisi tanah yang stabil, sistem pondasi Batu Kali ini cukup memadai untuk memikul beban konstruksi diatasnya, dan sistem pondasi ini biasanya dipakai untuk bangunan 1 lantai, dan untuk bangunan 2 lantai umumnya akan di tambah pondasi FOOT PLATE atau PONDASI CAKAR AYAM di titik titik struktural.

PONDASI FOOT PLATE dan PONDASI BATU KALI

Pondasi foot plat dipergunakan pada kondisi tanah dengan daya dukungtanah (sigma) antara : 1,5 – 2,00 kg/cm2. Pondasi FOOT PLATE atau Pondasi Cakar Ayam biasanya di terapkan di bangunan 2 lantai atau lebih, dimana kaki kaki beton dengan kelebaran tertentu di posisikan di bagian bagian struktur utama, dimana struktur utama ini yang menahan beban Vertikal yang kemudian disalurkan ke bagian bawah atau tanah keras, di ikat menjadi satu kesatuan penyalur beban dengan SLOOF BETON.

Bahan dari pondasi ini dari beton bertulang. Untuk menentukan dimensi dari pondasi ini dengan perhitungan konstruksi beton bertulang. Beton adalah campuran antara bahan pengikat Portland Cement (PC) dengan bahan tambahan atau pengisi yang terdiri dari pasir dan kerikildengan perbandingan tertentu ditambah air secukupnya.

Luas bidang pelat beton sebagai telapak kaki pondasi biasanya berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang. Telapak kaki yang berbentuk bujur sangkar biasanya terletak di bawah kolom bangunan bagian tengah. Sedangkan yang berbentuk empatpersegi panjang ditempatkan pada bawah kolom bangunan tepi atau samping agar lebih stabil. Luas telapak kaki pondasi tergantung pada beban bangunan yang diterima dan dayadukung tanah yang diperkenankan, sehingga apabila dayadukung tanahnya makin besar, maka luas pelat kakinya dapat dibuat lebih kecil.

PONDASI TIANG PANCANG

Pondasi tiang pancang dipergunakan pada tanah-tanah lembek, tanahberawa, dengan kondisi daya dukung tanah (sigma tanah) kecil, kondisi air tanah tinggi dan tanah keras pada posisi sangat dalam. Bahan untuk pondasi tiang pancang adalah : bamboo, kayu besi/kayu ulin, baja,danbeton bertulang.

a. Pondasi Tiang Pancang Kayu.

Pondasi tiang pancang kayu di Indonesia, dipergunakan pada rumah-rumah panggung di daerah Kalimantan, di Sumatera, di Nusa Tenggara,dan pada rumah-rumah nelayan di tepi pantai.

b. Pondasi Tiang Pancang Beton

Pondasi tiang beton dipergunakan untuk bangunan-bangunantinggi (highrise building). Pondasi tiang pancang beton, proses pelaksanaannyadilakukan sebagai berikut :

1). Melakukan test ³ boring´ untuk menentukan kedalaman tanah kerasdan klasifikasipanjang tiang pancang, sesuai pembebanan yang telah diperhitungkan.
2). Melakukan pengeboran tanah dengan mesin pengeboran tiangpancang.
3). Melakukan pemancangan pondasi dengan mesin pondasi tiangpancang.
Pondasi tiang pancang beton pada prinsipnya terdiri dari :
Pondasi tiang pancang beton cor di tempat dan tiang pancang beton sistem fabrikasi.
c. Pondasi tiang pancang beton cor ditempat
Proses pelaksanaannya pondasi tiang pancang beton cor di tempatsebagai berikut :
1). Melakukan pemboran tanah sesuai kedalamn yang ditentukan denganmemasukkan besitulangan beton.
2). Memompa tanah bekas pengeboran ke atas permukaan tanah.
3). Mengisi lubang bekas pengeboran dengan adukan beton, dengansistem dipompakandan desakan/tekanan.
4). Pengecoran adukan beton setelah selesai sampai di atas permukaantanah,
5). Kemudian dipasang stek besi beton sesuai dengan aturan teknis yangtelahditentukan.
d. Pondasi tiang pancang beton sistem fabrikasi
Kemajuan teknologi khususnya pada bidang rancang bangun betonbertulang telah menemukan pondasi tiang pancang sistem fabrikasi.Cetakan-cetakan pondasi dengan beberapa variasi diameter tiangpancang dan panjang tiang pancang dibuat dalam pabrik dengan sistem Beton Pra-Tekan´Pondasi pemasangan pondasi tiang pancang sistem fabrikasi, sebagaiberikut :
1). Dilakukan pengeboran sambil memancangkan tiang pondasi bagianper-bagian.Kedalaman pengeboran sampai dengan batas kedalaman tanah kerasyang dapatdilihat secara otomatis dari mesin tiang pancang.
2). Kemudian setiap bagian tertentu dilakukan penyambungan denganplat baja yangtelah dilengkapi dengan ³joint´ atau ulir penyambungan.

Standart Pondasi Batu kali untuk rumah tinggal

Pondasi pasangan batu kali, pondasi ini biasa digunakan untuk bangunan 1 lantai dengan konstruksi standart ( jenis beban : dinding s/d atap genteng dengan kondisi tanah bagus ).

Komposisi pasangan :
  • Urugan pasir , setebal 10 cm pada bagian bawah
  • Pasangan aanstamping / batu kosong setebal 20 cm diatas urugan pasir
  • Pasangan batu kali bentuk trapesium dengan campuran batu kali/gunung + pasir + semen PC dan kapur, biasanya dipakai komposisi 1PC  : 3KPR  : 10 PSR dengan ketinggian 1 m s/d 1,5 m ( bisa lebih tergantung kontur tanah )
  • Lebar atas minimal 30 cm, lebar bawah tergantung ketinggian ( makin tinggi makin lebar )
Tahapan dalam pelaksanaan :
PEKERJAAN TANAH
  1. Pembongkaran dan Pembersihan
  2. Pembersihan lapangan pekerjaan dilakukan dengan membuang rumput/tanah, sampah atau bahan lainnya yang mengganggu, menebang pohon-pohon dan mencabut akarnya serta membuang keluar lokasi.
  3. Galian tanah untuk pondasi disesuai dengan ukuran dalam gambar atau sampai tanah keras. Apabila diperlukan untuk memadatkan daya dukung yang baik, dasar galian harus dipadatkan / ditumbuk.
  4. Jika galian melebihi batas kedalaman harus menimbun kembali dan dipadatkan sampai kepadatan maksimum.
  5. Hasil galian yang dipakai untuk penimbunan harus diangkat langsung ketempat yang direncanakan . Sedangkan hasil galian yang tidak dapat dipakai untuk penimbunan harus disingkirkan.
  6. Harga satuan pekerjaan harus sudah mencakup semua biaya pekerjaan-pekerjaan, pembersihan, sewa alat, penimbunan dan pembuangan hasil galian.
PEKERJAAN PONDASI
  1. Pondasi bangunan yang digunakan adalah  pondasi batu kali / batu gunung yang memenuhi persyaratan teknis atau sesuai  keadaan dilapangan .
  2. Pasangan pondasi adalah dari batu kali, ukuran pondasi sesuai dengan gambar rencana pondasi atau pondasi batu belah dengan perekat 1pc : 3kp :  10 ps dan kemudian diplester kasar , bagian  bawah  pondasi dipasang batu kosong (aanstamping) tebal 20 cm dengan sela- selanya disisi  pasir urug, disiram air sampai Penuh dan ditumbuk hingga padat dan rata.
  3. Celah–celah yang besar antara batu diisi dengan batu kecil yang cocok padatnya.
  4. Pasangan pondasi batu kali tidak saling bersentuhan  dan selalu  ada perekat diantaranya hinga rapat.
  5. Pada pasangan batu kali sudah harus disiapkan anker besi untuk kolom, kedalaman anker 30 cm harus dicor dan panjang besi yang muncul diatasnya minimal 75 cm.

Download Gambar Rencana Pondasi dan Detail Pondasi DWG AutoCAD

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
Semoga artikel mengenai Download Gambar Rencana Pondasi dan Detail Pondasi DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
Baca Juga:

 

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *