24 April Hari Angkutan Nasional Fakta Sejarahnya

  • Whatsapp

24 April Hari Angkutan Nasional Fakta Sejarahnya – Peringatan sejarah hari angkutan nasional selalu diperingati pada tanggal 24 April setiap tahunnya, namun tidak semua orang mengetahui adanya hari besar ini.

Informasi mengenai sejarah hari angkutan nasional sulit didapatkan sehingga tidak diketahui apa dan bagaimana awal mula dari ditetapkannya hari besar ini.

Bacaan Lainnya

Yang lebih dikenal justru Hari Perhubungan Nasional pada 17 September. Akibatnya masyarakat menyambut dingin akan datangnya peringatan untuk hari ini, sebab banyak yang tidak mengetahui bahwa sejarah hari angkutan nasional ini bahkan ada untuk diperingati, walaupun ada sejarah museum angkut dari salah satu objek wisata di Malang.

Masalah Mengenai Angkutan Umum

Minimnya informasi tentang sejarah hari angkutan nasional ini akan menyulitkan proses sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya makna dibalik peranan yang dimiliki transportasi umum sehubungan dengan rakyat Indonesia. Tetapi terlepas dari itu semua, di balik peringatan sejarah hari angkutan umum ini masih terselip masalah esensial mengenai sarana angkutan umum di Indonesia yang belum terpecahkan sampai saat ini.

Bagi masyarakat dimanapun, ketergantungan terhadap angkutan sangat tinggi untuk mendukung mobilitas mereka sehingga keberadaan sarana angkutan umum yang memadai sangat dibutuhkan. Sebagian besar masyarakat masih menggantungkan diri pada angkutan umum sebagai sarana transportasinya. Seperti yang telah kita ketahui bersama, kondisi sarana angkutan umum di Indonesia masih sangat jauh dari kata baik sehingga orang – orang lebih memilih menggunakan dan membeli kendaraan pribadi.

Rendahnya kedisiplinan dan juga peraturan yang kurang ditegaskan membuat kondisi dunia angkutan umum di semua moda transportasi menjadi kurang kondusif, contohnya:

  • Masih terdapat kejadian pelecehan seksual dan gangguan lain berupa ancaman kejahatan pada perempuan di angkutan umum.
  • Kondisi kendaraan yang buruk dan tidak laik jalan seringkali ditemukan pada kendaraan umum seperti bis kota sehingga membahayakan penumpang.
  • Kerap terjadi kecelakaan sebagai kombinasi dari manajemen yang buruk, human error dan kondisi kendaraan yang tidak layak.
  • Supir yang tidak mengalami pelatihan mengemudi yang layak dan cara menghadapi penumpang dengan baik.
  • Menunggu angkutan umum memerlukan waktu lama sekali, harus berdesakan dan berjejalan.
  • Calo tiket yang selalu mengambil keuntungan terutama ketika musim puncak liburan .
  • Harga tiket yang mahal dan tidak efektif.
  • Perilaku supir yang kurang terpuji seperti menyetir ugal – ugalan.
  • Pengamen dan pedagang yang bebas keluar masuk angkutan umum terutama bus dan kereta.
  • Tidak terjaganya kebersihan sarana angkutan.
  • Kurangnya etika sesama penumpang di angkutan umum, misalnya tidak mengetahui dan memberi kemudahan pada penumpang prioritas seperti ibu hamil, ibu dengan anak, penyandang cacat dan lansia.
  • Kurangnya fasilitas yang memudahkan penumpang prioritas menaiki kendaraan umum.

Apabila diurutkan masih banyak sekali masalah yang carut marut terjadi walaupun sejarah hari angkutan nasional diperingati setiap tahunnya. Bukti bahwa kondisi angkutan kita belum dibenahi dengan serius adalah masih banyaknya terjadi kecelakaan yang melibatkan kendaraan umum di darat, laut maupun udara. Selain itu kebijakan yang tidak konsisten dan selalu berganti setelah adanya pergantian pemimpin atau pemegang kebijakan juga turut mempengaruhi.

Mendidik Pengguna Angkutan Umum

Pemerintah bukannya tidak mengusahakan perbaikan sarana angkutan umum sehingga membuat rakyat dapat menggunakannya dengan nyaman, namun memang masih ada beberapa pekerjaan rumah yang tersisa dan jalan panjang sampai angkutan umum yang layak dapat dinikmati oleh semua rakyat Indonesia. Memperbaiki sarana angkutan umum memang sudah menjadi tanggung jawab pemerintah, namun bukan berarti masyarakat bisa berdiam diri saja menunggu dan menikmati hasilnya. Permasalahan angkutan umum harus ditangani bersama agar terjalin sinergi yang saling membantu antara pihak berwenang dan pengguna.

Masih banyak masyarakat yang tidak tahu dan tidak peduli akan etika menggunakan kendaraan umum karena minimnya sosialisasi dan pendidikan mengenai etika berkendara yang baik. Untuk itu dibutuhkan beberapa hal terkait sosialisasi berkendara kepada masyarakat antara lain untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab bahwa sarana angkutan tersebut adalah milik bersama sehingga timbul kesadaran dan rasa memiliki untuk turut menjaga dan memeliharanya. Contoh:

  • Kesadaran untuk buang sampah di tempatnya
  • Tidak mengotori kendaraan umum
  • Tidak berperilaku diluar etika di dalam kendaraan, menjaga sopan santun dan keamanan sesama penumpang.
  • Turut menjaga fasilitas dalam kendaraan.
  • Memberikan prioritas pada penumpang yang membutuhkan dan yang digolongkan pada penumpang prioritas.
  • Membayar tarif sesuai harga yang ditetapkan dan di tempat yang resmi.
  • Memahami bahwa di jalan raya semua orang memiliki hak yang sama sehingga tidak ada yang boleh bersikap semena – mena pada sesama pengguna angkutan.

Pada akhirnya, masalah yang masih ada pada sejarah hari angkutan umum ini juga berkaitan dengan perilaku para penumpang, sehingga memang tidak dapat dipisahkan antara fasilitas dan etika penumpang ketika berkendara. Upaya – upaya untuk mensosialisasikan etika berkendara yang baik dapat dilakukan pada kampanye peringatan hari angkutan umum yang dilakukan di berbagai media sosial dan juga oleh lembaga – lembaga pemerintah dan lembaga sosial lainnya.

Fakta Unik Transportasi Umum Indonesia

  1. Pertama kali, kendaraan bermotor hadir di Indonesia pada 1893, saat John C. Potter, masinis di Pabrik Gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur memesan kendaraan bermotor keluaran Hildebrand und Wolfmuller, Munchen, Jerman

2. Setahun setelahnya, mobil pertama kali hadir di Indonesia, yakni milik Sunan Solo dengan merek Benz tipe Carl Benz

  1. Pelopor industri sepeda motor Indonesia, PT Astra Honda Motor (awalnya bernama PT Federal Motor) didirikan pada 11 Juni 1971 yang sahamnya adalah milik PT Astra International

4. Salah satu penyedia layanan taksi terbesar di Indonesia, Blue Bird pertama kali hadir di Indonesia pada 1972 dengan argometernya

  1. Untuk kereta api, pertama kali diselenggarakan pada zaman kolonial Belanda (1840-1942), masa penjajahan Jepang (1942-1945), dan pemerintah Indonesia (1945 hingga sekarang)

6. Untuk transportasi laut, pertama kali menggunakan kayu pinisi yang telah ada sebelum 1500

  1. Perusahaan pelayaran sendiri pertama kali didirikan di Indonesia pada 1890 oleh pemerintah kolonial Belanda, yaitu Koninklijke Paketvaart Maatschappij

8. Untuk penerbangan, pada 18 Maret 1911, Gijs Kuller seorang berkebangsaan belanda mendemonstrasikan pesawat jenis Antoinette yang terbang di Pasar Turi, Surabaya

  1. Pada 28 Desember 1949, Soekarno memberikan nama Garuda Indonesia Airways untuk perusahaan penerbangan pertama Indonesia

10. Selain transportasi bermotor, Indonesia pun memiliki banyak kendaraan tradisional, seperti: Kereta Kencana Kanjeng Nyai Jimat (Yogyakarta), Perahu Dogol (Jawa Tengah) Perahu Jukung (Bali), dan masih banyak lainnya

Ucapan Selamat Hari Angkutan Nasional

24 April Hari Angkutan Nasional Fakta Sejarahnya
24 April Hari Angkutan Nasional Fakta Sejarahnya

Berikut ini merupakan rangkuman beberapa kata ucapan dan quotes hari angkutan nasional 2021 pilihan editor:

1. Selamat Hari Angkutan Nasional Sobat KUKM. Ayo gunakan Angkutan atau Transportasi Umum untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara dari kendaraan. Salam Koperasi dan UKM.

24 April Hari Angkutan Nasional Fakta Sejarahnya
24 April Hari Angkutan Nasional Fakta Sejarahnya
  1. Mudah-mudahan dengan diperingatinya Hari Angkutan Nasional, transportasi umum kita menjadi lebih baik dan lebih manusiawi lagi ke depannya. Serta mimpi kita bersama yakni bisa menikmati layanan transportasi yang aman dan nyaman saat berpergian dapat terwujud. Selamat Hari Angkutan Nasional Bagi Seluruh Indonesia!

Selamat Hari Angkutan Nasional, Sobatika!
Semoga dengan momen Hari Angkutan Nasional ini transportasi umum kita menjadi lebih baik dan lebih manusiawi lagi ke depan. Serta mimpi kita bisa menikmati layanan transportasi yang aman dan nyaman bisa terwujud.

Baca Jugaa:

Sekian informasi seputar 24 April Hari Angkutan Nasional Fakta Sejarahnya. Semoga bermanfaat. Salam.

Last Update: 11 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *