Download Perhitungan Gorong Gorong Baja Jembatan ARAMCO File Excel

  • Bagikan

Download Perhitungan Gorong Gorong Baja Jembatan ARAMCO File Excel – Gorong-gorong baja armco biasanya digunakan sebagai drainase saluran air. Tapi sebelum mengenal lebih jauh soal gorong-gorong satu ini, tentunya Anda perlu mengetahui macam-macam dari gorong-gorong itu sendiri.

Jadi perlu diketahui jika gorong-gorong memiliki banyak jenisnya jika didasarkan pada bahan baku. Gorong-gorong adalah bahan bangunan yang fungsinya adalah sebagai saluran air mulai dari drainase, selokan maupun irigasi.

Tapi kebanyakan orang menggunakan gorong-gorong untuk dipakai pada saat membangun saluran air yang ada di jalan kereta api atau bawah tanah. Dengan gorong-gorong inilah biasanya air dapat bergerak lancar dan semakin teratur seperti yang kita inginkan.

Setiap proyek pembangunan sudah pasti akan menggunakan yang namanya gorong-gorong. Bisa dibilang gorong-gorong merupakan bahan dasar yang akan diandalkan guna mencegah terjadinya musibah seperti banjir pada bangunan yang sudah dibuat.

Dengan adanya gorong-gorong membuat tanah jadi lebih mengering dengan cepat. Dan air hujan pun nantinya akan langsung menuju gorong-gorong jadi tidak ada genangan air dan banjir pun bisa dihindari.

Ada tiga bahan baku dari gorong-gorong yang biasanya digunakan untuk proyek pembangunan antara lain baja, beton dan PVC. Jadi jika Anda ingin membangun saluran air, maka Anda bisa pilih sendiri jenis gorong-gorong yang akan digunakan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan maupun anggaran yang Anda miliki saat ini.

Perlu diketahui, gorong-gorong yang bagus tidak akan selalu cocok jika digunakan untuk membangun berbagai struktur. Jadi meski nanti gorong-gorong baja cocok digunakan untuk membangun struktur A bukan berarti gorong-gorong baja juga cocok untuk membuat struktur B.

Jadi setiap gorong-gorong memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Jika Anda ingin memilih yang sesuai, pastikan Anda sudah mengetahuinya terlebih dahulu.

Download Perhitungan Gorong Gorong Baja Jembatan ARAMCO File Excel
Download Perhitungan Gorong Gorong Baja Jembatan ARAMCO File Excel

Gorong-Gorong Beton

Gorong-gorong yang pertama adalah gorong-gorong beton atau culvert box. Mendengar namanya saja sudah pasti Anda akan tahu jika gorong-gorong ini terbuat dari cor beton. Gorong-gorong ini biasanya dibuat di pabrik jadi jika ingin digunakan bisa tinggal pasang ke tempatnya saja.

Dan tidak menutup kemungkinan juga jika gorong-gorong beton akan dibuat di lokasi pembangunan. Untuk jenis gorong-gorong dengan bahan baku beton ini sudah tersedia berbagai ukuran tergantung debit air yang nantinya akan dialirkan lewat rongganya.

Dan bentuk penampang dari gorong-gorong beton juga berbeda-beda tidak hanya bulat saja ada juga yang bentuknya kotak serta trapesium. Jika Anda berencana ingin membuat saluran air, maka pastikan jika gorong-gorong beton ini menjadi bahan utamanya.

Sebab, gorong-gorong beton memiliki bahan yang berkualitas tinggi. Tapi meskipun begitu, harga dari gorong-gorong ini sangat mahal jika dibandingkan dengan jenis yang lain. Tapi harga mahal tersebut sebanding dengan kualitas dan masa pakainya.

Gorong Gorong Baja

Kemudian ada gorong gorong baja yang merupakan gorong gorong dengan bahan baku baja bergelombang atau corrugated steel pipe. Biasanya gorong-gorong ini akan digunakan pada saluran air yang ada jembatan di atasnya.

Jadi gorong-gorong baja ini digunakan bukan hanya untuk menjadi saluran air saja tapi juga menahan berat beban jembatan yang ada di atasnya. Awalnya gorong-gorong baja dibuat untuk menjadi pengganti dari jembatan kayu.

Gorong-gorong baja juga memiliki kelebihan dibandingkan jenis gorong-gorong lainnya. Diantaranya adalah gorong-gorong ini harganya cukup murah. Proses instalasinya juga mudah dan waktu pengerjaanya juga bisa lebih cepat.

Selain itu, gorong-gorong baja pun sangat mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Gorong Gorong PVC

Dan terakhir ada gorong-gorong PVC yang dibuat dari polyvinyl Chlorida. Gorong-gorong satu ini biasanya digunakan untuk bangunan tapi dengan skala yang kecil. Harganya terjangkau sehingga membuat pemilik rumah dapat membelinya dengan mudah.

Beban dari gorong-gorong juga cukup ringan dan cocok jika digunakan sebagai saluran air pada bangunan rumah yang bertingkat. Sekarang ini, gorong-gorong dengan jenis PVC sudah dilengkapi dengan sambungan jadi akan memudahkan proses instalasinya.

Keunggulan Menggunakan Gorong-Gorong Baja Aramco

Jika sudah mengetahui keunggulan dan kelemahan dari masing-masing gorong-gorong berdasarkan bahan bakunya, tentunya Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran. Apabila saat ini Anda ingin menggunakan gorong-gorong baja Aramco, maka Anda perlu mempelajari Lebih jauh apa saja yang menjadi keunggulan dari gorong-gorong jenis ini:

Proses Produksi

  • Gorong-gorong baja armco harus sesuai standar tes yang berlaku mulai dari chemical analysis, ketebalan galvanis dan physical properties.
  • Proses pengerjaan jauh lebih cepat
  • Biaya angkut maupun pemasangan lebih rendah
  • Tidak mudah rusak ataupun pecah

Proses Instalasi

  • Bisa disesuaikan dengan keadaan yang ada di lapangan
  • Proses pemasangan cepat dan mudah jadi menghemat biaya pemasangan.

Prose Pengoperasian

  • Mampu menyerap getaran yang ada di atasnya
  • Tahan gempa
  • Sesuai pada kondisi tanah yang lembek
  • Fondasi bisa lebih ringan
  • Biaya pemeliharaan maupun penggantian akan jauh lebih murah
  • Pemasangan lebih cepat dan mudah
  • Tidak memerlukan tenaga spesialis jadi hanya menggunakan peralatan sederhana saja.

Download Perhitungan Gorong Gorong Baja Jembatan ARAMCO File Excel

Jembatan ARAMCO

Gorong-gorong baja aramco, pipa baja bergelombang, corrugated steel pipe; tipe:Nestable Flange/ Mini span E100, Multi Plate,Super Span, dan Helical. Baja hot dip galvanized.

Merupakan pipa baja bergelombang yang terdiri dari lembaran-lembaran plat galvanis, digabungkan dengan High Tensile Bolt sesuai dengan bentuk dan ukuran yang dibutuhkan.

Aplikasi Pipa Baja Bergelombang ( Corrugated Steel/ Armco) Baja bergelombang terutama diaplikasikan untuk
– struktur gorong-gorong,
– saluran drainase,
– jembatan bentang pendek ( maksimum 12, 5 m) ,
– perlintasan jalan ( underpass) ,
– pengaman jalan,
– lantai jembatan komposit
– dan lain-lain.

Didesain sesuai pembebanan jalan kelas satu dan kereta api. Dengan standar pedoman pembebanan jembatan dan jalan raya SKBI-1.3.28.1987

Merupakan tipe paling sederhana ( terdiri dari 2 tangkup) dan serba guna untuk :

  • gorong-gorong
  • jembatan kecil
  • penutup atap konveyor
  • saluran pembuangan lainnya

Tersedia dalam ukuran :

  • Panjang efektif 1000mm, dia 300mm s.d. 2.800mm, thick mulai dari 1.6mm s.d. 6mm.

Keunggulan Pipa Baja Bergelombang, gorong-gorong, culvert galvanized:

  1. Mudah dalam perencanaan dan desain.
  2. Mudah dalam pemasangan, tidak memerlukan tenaga ahli
  3. Ekonomis.
  4. Anti Karat/ korosif
  5. Dapat dipindah-pindah

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
Semoga artikel mengenai Download Perhitungan Gorong Gorong Baja Jembatan ARAMCO File Excel, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
Dapatkan juga kumpulan file Lainya dibawah ini:
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *