5+ Produk Asuransi Pendidikan Terbaik di Indonesia 2021

  • Whatsapp

5+ Produk Asuransi Pendidikan Terbaik di Indonesia 2021 – Memiliki asuransi untuk pendidikan anak sangat penting untuk menyiapkan masa depan buah hati lebih dini. Penting disiapkan karena pendapatan bisa saja terhenti suatu waktu karena hal yang tak diinginkan, sementara biaya pendidikan anak setiap tahun selalu naik.

Perlu kita ketahui, biaya pendidikan tak hanya iuran dan biaya gedung saja. Pengeluaran kebutuhan pendidikan lain seperti, buku, seragam, alat tulis, dan biaya lainnya juga perlu diperhitungkan. Oleh karena itu, asuransi pendidikan merupakan suatu penunjang masa depan anak yang sangat penting.

Bacaan Lainnya

Namun, kenyataannya banyak orang tua yang belum mau menggunakan jasa asuransi pendidikan. Karena subsidi sektor pendidikan yang telah diberikan pemerintah, dan anggapan asuransi yang dinilai terlalu mahal.

Kemungkinan-kemungkinan buruk seperti orang tua meninggal, kecelakaan hingga cacat, PHK, atau pensiun saat anak masih dalam bangku pendidikan dapat mengorbankan pendidikan anak.

Fungsi asuransi pendidikan anak adalah jaminan dana pendidikan anak hingga perguruan tinggi.

Asuransi Pendidikan dan Tabungan Terbaik di Indonesia
Asuransi Pendidikan dan Tabungan Terbaik di Indonesia

Pengertian Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan adalah produk asuransi jiwa dengan manfaat biaya pendidikan anak di masa depan jika orangtua meninggal dunia. Selain manfaat asuransi, produk ini juga memberikan fasilitas tabungan. Jadi, meskipun tidak terjadi risiko meninggal dunia, nasabah tetap bisa mencairkan dana pendidikannya.

Jika membeli produk ini, nasabah perlu menyetorkan premi kepada perusahaan asuransi. Nah, sebagian premi tersebut akan dipakai untuk membayar biaya asuransi dan sisanya dipakai untuk menabung dana pendidikan.

Jenis Asuransi Pendidikan

Terdapat beberapa jenis asuransi pendidikan yang ada di pasaran, di antaranya asuransi dwiguna, unit link, dan asuransi syariah. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Asuransi Pendidikan Dwiguna (Endowment)

Jenis asuransi pendidikan dwiguna memberikan dua manfaat, yaitu perlindungan jiwa dan pengembalian uang pasti. Jika tertanggung (orang tua) meninggal dunia atau mengalami cacat tetap total pada masa pertanggungan, asuransi akan memberikan UP untuk menunjang biaya sekolah. Kalau tidak ada klaim yang diajukan selama masa pertanggungan, tertanggung berhak mendapatkan uang premi yang sudah dikumpulkan.

Berikut adalah contoh asuransi pendidikan dwiguna:

  1. BCA Life. BCA bekerja sama dengan AIA menawarkan produk Proteksi Edu Maksima (EduPlan) untuk para nasabahnya. Ketika anak berusia 18-21 tahun, nasabah  akan mendapatkan 200 persen uang pertanggungan dan asuransi akan membebaskan premi jika pemegang polis meninggal dunia.
  2. AXA Mandiri. AXA Mandiri menawarkan produk asuransi terbaik Smart Kidz dengan 100 persen uang pertanggungan jika nasabah meninggal atau mengalami cacat tetap total selama 25 tahun hanya dengan premi mulai Rp300 ribu per bulan. Asuransi ini berlaku sampai Anda berusia 70 tahun atau anak 25 tahun. Untuk mendaftar, pemegang polis harus berusia antara 17-59 tahun.

Asuransi Pendidikan Unit Link

Jenis asuransi ini memberikan dua manfaat, yaitu perlindungan jiwa dan investasi untuk pendidikan. Sebagian premi yang kita bayarkan akan diinvestasikan. Nah, jika ternyata sampai masa pertanggungan habis, kita tetap bisa mendapatkan pengembalian premi berupa nilai tunai (hasil investasi). Nilai tunai tersebut bisa digunakan untuk pendidikan anak.

Jika tertanggung meninggal dunia pada masa pertanggungan, anak akan mendapatkan UP yang juga bisa dipakai sebagai uang sekolah.

Perlu diingat, investasi pasti memiliki risiko. Risiko membeli unit link adalah kerugian pada portofolio Anda. Kalau dana tunai kita habis, harus melakukan pengisian uang supaya polis asuransi tetap aktif.

Berikut ini contoh asuransi pendidikan unit link terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

  1. AXA Mandiri. Mandiri Sejahtera Cerdas adalah polis asuransi unit link yang memiliki masa pertanggungan 25 tahun dikurangi usia anak. Maksudnya, apabila saat ini anak Anda berusia 3 tahun, maka masa pertanggungannya menjadi 22 tahun. Premi yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu Rp2,5 juta per tahun atau sekitar Rp200 ribuan per bulan.
  2. Prudential. PRULink Edu Protection adalah asuransi Prudential berbentuk unit link yang melindungi anak dan orang tua sekaligus, serta memberikan manfaat bulanan sampai anak berusia 18 atau 25 tahun. Manfaat bulanan maksimum yang ditawarkan adalah Rp30 juta dengan minimal premi Rp500 ribu per bulan saja!

Asuransi Pendidikan Syariah

Sebenarnya sama saja dengan produk dwiguna dan unit link. Hanya saja, dana premi nasabah dikelola berdasarkan syariat Islam dengan prinsip gotong royong. Oleh sebab itu, produk ini halal dan tidak mengandung riba.

Berikut contoh asuransi pendidikan syariah.

  1. Takaful Keluarga. Takaful Keluarga menawarkan produk asuransi jiwa dwiguna syariah Takaful Dana Pendidikan dengan manfaat uang pertanggungan (UP) 100 persen untuk meninggal dunia dan 50 persen untuk cacat tetap total. UP juga bisa dicairkan 10 persen jika anak meninggal dunia.
  2. Bumiputera. Mitra Cerdas dari Bumiputera menawarkan perlindungan jiwa selama 3-17 tahun dengan minimal usia masuk orangtua 21 tahun. Perlu dicatat bahwa usia Anda saat ini ditambah dengan masa perlindungan maksimal 65 tahun. Uang pertanggungan yang dapat Anda ambil berada di antara Rp100-200 juta. Sebagai tambahan informasi, produk ini menjanjikan Dana Kelangsungan Belajar (DKB) cair secara bertahap, baik jika orangtua meninggal atau tidak.

Simulasi Asuransi Pendidikan Anak

Simulasi asuransi pendidikan adalah rincian tentang mekanisme asuransi, mulai dari berapa premi yang harus disetor, kapan asuransi bisa dicairkan, dan berapa uang pertanggungan yang akan diterima.

Simulasi Asuransi Pendidikan: Premi dan Pertanggungan

Perhatikan salah satu contoh simulasi asuransi pendidikan anak berikut:

Seorang calon nasabah bernama Danang ingin mendaftar asuransi. Usianya saat ini 27 tahun dan memiliki anak, Putri, usia 1 tahun. Danang adalah tulang punggung keluarga yang ingin punya uang cukup untuk menyekolahkan anaknya di perguruan tinggi.

Danang bersedia menabung sebesar Rp5,5 juta per bulan (Rp66 juta per tahun) untuk tujuan tersebut. Jadi, berikut ini simulasi asuransi pendidikan dwiguna menggunakan contoh polis:

Proteksi Edu Maksima (EduPlan) dari AIA dan BCA

  • Uang pertanggungan (UP): Rp250.000.000.
  • Masa pembayaran premi: 5 tahun.
  • Premi dasar: Rp64.284.000  per tahun.
  • Premi rider Payor Waiver Edu (Kematian/cacat tetap total): Rp812.000 per tahun.
  • Premi rider Payor Waiver Edu Comprehensive Critical Cover: Rp812.000 per tahun.
  • Total premi yang harus dibayar: Rp65.908.000 per tahun.
  • Lama menabung: 20 tahun.

Polis EduPlan menawarkan pencairan 200 persen UP untuk dana pendidikan dan 100 persen UP kalau tertanggung meninggal serta pembebasan premi jika kita meninggal dunia.

Kurang lebih, berikut yang didapatkan oleh Danang:

  • Tahun ke-1 sampai 5 = pembayaran premi dan pembebasan premi jika Danang meninggal dunia, cacat tetap total, atau terkena penyakit kritis.

UP yang bisa dicairkan selama bertahap saat Putri masuk kuliah:

  • Tahun ke-18= 80 persen UP atau Rp200 juta.
  • Tahun ke-19= 40 persen UP atau 100 juta.
  • Tahun ke-20= 40 persen UP atau 100 juta.
  • Tahun ke-21= 40 persen UP atau 100 juta ditambah bonus tahunan dan bonus akhir polis.

Dengan menyimpan uang dalam asuransi, Danang mendapat kepastian bahwa anaknya akan memiliki uang untuk berkuliah di kemudian hari, terlepas ia masih sanggup membiayai atau tidak.

Perbandingan Tabungan vs Asuransi Pendidikan

Tabel berikut menggambarkan perbandingan alokasi uang Danang sebesar Rp5,5 juta per bulan selama lima tahun tadi jika ditaruh di asuransi dengan di tabungan.

Tabungan PendidikanAsuransi Pendidikan
– Terkumpul uang tunai Rp330.000.000
– Hanya dipotong biaya admin
– Bisa cair di tahun ke-5
– Uang pertanggungan 2xRp250.000.000 = Rp500.000.000
– Pembebasan premi Rp66.000.000 per tahun jika meninggal dunia, cacat tetap, dan menderita penyakit kritis.
– Bonus tahunan dan bonus akhir polis, kurang lebih Rp241.000.000.
– Bisa cair di tahun ke-18.
– Banyak tambahan biaya di luar premi dasar

Manfaat Asuransi Pendidikan

Manfaat asuransi pendidikan di antaranya adalah untuk menjamin biaya pendidikan anak, mengantisipasi risiko orangtua meninggal dunia, berinvestasi untuk masa depan, dan mengejar laju inflasi. Berikut penjelasannya:

Menjamin biaya pendidikan anak

Manfaat asuransi pendidikan yang pertama adalah menjamin ketersediaan biaya pendidikan anak, sehingga anak bisa tetap melanjutkan sekolahnya terlepas dari kondisi orangtua. Pasalnya, memang banyak kondisi di mana orangtua tidak bisa lagi mencari nafkah karena meninggal dunia atau mengalami cacat tetap sehingga tidak dapat membayar biaya pendidikan anak.

Oleh sebab itu, asuransi ini cocok untuk orangtua yang ingin mengantisipasi risiko tersebut, atau yang kesulitan menyisihkan sebagian uang untuk dana pendidikan anak.

Antisipasi risiko orangtua meninggal dunia

Risiko kematian bisa datang kapan saja, tanpa terprediksi. Oleh sebab itu, manfaat asuransi pendidikan yang kedua adalah sebagai produk yang menyelamatkan kondisi keuangan keluarga, khususnya untuk dana pendidikan anak apabila orangtua meninggal dunia.

Investasi masa depan

Pendidikan adalah salah satu hal yang paling penting dalam merawat anak. Dengan menyisihkan sebagian uang untuk membayar premi asuransi pendidikan, nasabah sedang berinvestasi untuk masa depan anak. Selain itu, nasabah juga bisa menginvestasikan uangnya apabila membeli asuransi pendidikan unit link.

Mengejar laju inflasi

Seperti yang kita tahu, nilai uang dari tahun ke tahun semakin berkurang atau mengalami inflasi. Oleh sebab itu, kita harus mempersiapkan dana yang lebih besar lagi untuk melunasi biaya pendidikan anak di masa depan. Fitur investasi dalam asuransi pendidikan yang menawarkan imbal hasil belasan persen diharapkan dapat mengejar laju inflasi tersebut.

Premi Asuransi Pendidikan

Premi asuransi pendidikan adalah jumlah dana yang perlu disetorkan oleh tertanggung agar bisa mendapatkan manfaat berupa asuransi dan tabungan anak.

Premi asuransi sendiri beragam jumlahnya, mulai dari Rp200 ribu per bulan hingga jutaan. Untuk menentukan besaran premi, uang pertanggungan adalah faktor yang paling menentukan.

Semakin besar uang pertanggungan, maka semakin besar juga premi yang dikenakan.

Cara Klaim Asuransi Pendidikan

Cara klaim asuransi pendidikan adalah dengan segera menghubungi perusahaan asuransi dan mempersiapkan dokumen yang dipersyaratkan. Apabila klaim nasabah diterima, maka perusahaan asuransi akan mengirimkan uang pertanggungan ke rekening nasabah.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan prosedur klaim asuransi pendidikan berikut ini:

  1. Apabila terjadi hal yang menimbulkan klaim, segera hubungi penyedia asuransi. Semakin cepat maka semakin baik. Anda bisa menghubungi agen, mendatangi kantor cabang, atau mengirimkan email pemberitahuan.
  2. Mengisi formulir klaim yang disediakan. Tuliskan kronologi kejadian selengkap-lengkapnya; lampirkan lokasi dan waktunya.
  3. Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), polis asli, surat keterangan dokter, surat kematian, dan lain-lain.
  4. Penyedia asuransi akan menunjuk surveyor untuk mengaudit laporan klaim Anda.
  5. Apabila disetujui, uang pertanggungan akan segera dikirimkan ke rekening Anda.

Klaim asuransi pendidikan adalah hal yang perlu dipahami sebelum membeli asuransi jiwa. Pasalnya, jika ada prosedur yang salah, bisa-bisa klaim ditolak oleh perusahaan asuransi.

Pengecualian Klaim Asuransi Pendidikan

Terdapat beberapa pengecualian penyebab meninggal dunia dalam mengajukan klaim asuransi. Perhatikan poin-poin di bawah ini supaya klaim tidak ditolak:

  1. Kecanduan obat-obatan dan alkohol: Jika tertanggung meninggal akibat kecanduan narkoba dan alkohol, maka klaim tidak dapat cair.
  2. Menyakiti diri sendiri atau bunuh diri: Kegiatan menyakiti diri sendiri dan bunuh diri tidak akan mendapatkan pencairan klaim.
  3. Olahraga ekstrim: Hati-hati jika Anda menyukai olahraga ekstrim. Sebagian besar polis tidak menanggung kematian akibat kegiatan ini. Pastikan dulu kepada agen Anda terkait dengan ketentuan ini.
  4. Aktivitas kriminal: Kegiatan kriminal yang menyebabkan kematian tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi.
  5. Ada usaha untuk melakukan penipuan terkait klaim, misalnya dengan memalsukan dokumen atau tindakan pembunuhan dengan tujuan untuk mendapat klaim asuransi.

Produk Asuransi Pendidikan dan Tabungan Terbaik di Indonesia 2021

Asuransi pendidikan adalah produk asuransi jiwa yang dengan manfaat uang pertanggungan pendidikan anak jika orangtuanya meninggal dunia. Selain asuransi, cocok juga sebagai instrumen menabung dana pendidikan.

Ada banyak produk asuransi pendidikan anak yang ada di pasaran.

AXA Mandiri – Mandiri Sejahtera Cerdas

Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas adalah salah satu produk asuransi pendidikan yang ditawarkan oleh AXA Mandiri. Konsepnya sendiri sebenarnya adalah produk asuransi unit link, yaitu manfaat asuransi yang dipadukan dengan investasi.

Jadi, produk asuransi ini tidak hanya berfokus pada penyediaan biaya pendidikan si anak tetapi juga memproteksi dana tersebut bila terjadi hal tak diinginkan. Misalnya saja, saat orang tua meninggal. Sebab, Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas menyediakan uang pertanggungan yang terbilang cukup tinggi.

Manfaat Mandiri Sejahtera Cerdas

Terdapat beberapa jenis asuransi pendidikan. Ada yang memberikan dana pendidikan secara langsung dalam satu waktu, ada juga yang memberikan secara bertahap sesuai dengan jenjang pendidikan anak pada saat sekolah.

Nah, Mandiri Sejahtera Cerdas merupakan produk asuransi pendidikan yang memberikan dana pendidikan tersebut dalam satu waktu. Plus, ditambah dengan manfaat uang pertanggungan.

Berikut cakupan manfaat asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas dari PT AXA Mandiri Financial Services tersebut:

  • manfaat santunan meninggal dunia
  • manfaat cacat tetap total
  • manfaat nilai investasi
  • manfaat asuransi tambahan (jika dibutuhkan)

Peserta akan mendapatkan manfaat berupa uang pertanggungan sebesar 100% ditambah total premi (manfaat investasi) jika meninggal dunia atau cacat tetap total selama masa pertanggungan.

Sebagai ilustrasi, jika peserta berusia 32 tahun (pria) dengan kontribusi tetap Rp9 juta per tahun dan kontribusi berkala Rp3 juta per tahun dengan masa pembayaran selama 10 tahun, maka uang pertanggungan yang diterima diperkirakan hingga Rp400 juta ditambah dengan nilai investasi.

Masa pertanggungan produk asuransi ini sendiri adalah 25 tahun dikurangi usia anak. Sebagai contoh, jika usia anak 2 tahun saat diikutsertakan maka rumusnya adalah: 25 tahun dikurangi 2 tahun. Artinya, masa pertanggungannya adalah 23 tahun sejak polis asuransi diterima.

Sementara itu untuk manfaat investasi akan didapatkan apabila terjadi kondisi berikut ini:

  • Peserta menarik seluruh investasinya atau menutup polisnya
  • Peserta meninggal dunia saat polis masih berlaku
  • Polis sudah jatuh tempo dan peserta berhak menariknya

Baik manfaat investasi maupun uang pertanggungan, keduanya pun bisa digunakan untuk perencanaan sekaligus proteksi masa pendidikan anak.

Selain itu, terdapat tambahan proteksi berupa asuransi kesehatan dan Asuransi Prima Sejahtera Plus. Asuransi kesehatan tambahan yang bisa diambil peserta akan memberikan manfaat santunan harian selama tertanggung berada di rumah sakit.

Sedangkan Prima Sejahtera Plus adalah asuransi kesehatan tambahan yang memberikan perlindungan terhadap salah satu dari 33 penyakit kritis yang tertera di dalam polis asuransi.

Sebagai konsekuensinya, peserta yang mengambil perlindungan asuransi tambahan ini harus membayarkan premi lebih besar dari premi normal.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas

Karena sifatnya unit link, manfaat AXA Mandiri Sejahtera Cerdas ini terbilang kurang optimal, khususnya bila digunakan untuk perencanaan pendidikan anak. Karena fokus produk asuransi ini memang bukan untuk pencairan dana berkala seperti halnya pada asuransi pendidikan pada umumnya.

Kemudian, Anda pun masih berspekulasi mengenai berapa banyak keuntungan dari manfaat investasi di masa mendatang. Yang mana investasi pasti bisa mengalami penurunan atau kenaikan.

Meski demikian, uang pertanggungan yang cukup tinggi dari produk Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas ini patut jadi pertimbangan. Apabila orang tua meninggal dunia, anak masih bisa melanjutkan pendidikannya dengan uang pertanggungan tersebut.

Mempersiapkan pendidikan memang menjadi perhatian utama bagi orang tua saat ini. Semoga beberapa informasi tentang Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas di atas dapat membantu Anda menentukan pilihan.

Manulife Education Protector

Asuransi pendidikan Manulife adalah produk asuransi yang dimiliki Manulife Indonesia dengan jaminan pertanggungan biaya pendidikan, mulai biaya pendidikan anak hingga jenjang perguruan tinggi apabila orang tua meninggal dunia, mengalami cacat tetap total, atau tidak bisa mencari nafkah akibat kecelakaan maupun kehilangan pekerjaan.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Pendidikan Manulife

  • (+) Durasi pembayaran premi fleksibel, antara 5 atau 10 tahun.
  • (+) Tersedia banyak pilihan manfaat tambahan asuransi.
  • (+) Manulife Indonesia menyediakan aplikasi MiAccount Manulife. Di aplikasi tersebut, nasabah tidak hanya dapat melakukan pembelian polis asuransi pendidikan, tetapi juga pengecekan status polis dan pembayaran premi.
  • (+) Ada manfaat loyalitas yang diberikan setiap kelipatan lima tahun polis dimulai ketika anak berusia 20 tahun hingga berakhirnya polis.
  • (-) Hanya terdapat satu jenis produk asuransi pendidikan Manulife.

Prudential PRULink Edu Protection

Asuransi Pendidikan Prudential adalah produk asuransi yang diterbitkan oleh perusahaan asuransi Prudential Indonesia. Produk asuransi terbagi menjadi dua yakni Asuransi Pendidikan Konvensional dan Asuransi Pendidikan Syariah.

Bagi orangtua yang ingin memiliki polis asuransi pendidikan dari Prudential terdapat dua pilihan. Pertama adalah PRULink Edu Protection, yaitu produk asuransi pendidikan konvensional dan yang kedua PRULink Syariah Edu Protection yang mengikuti syariat syariah.

PRULink Edu protection adalah Asuransi Pendidikan konvensional yang dimiliki oleh Prudential. PRULink Edu Protection dirancang untuk memberikan perlindungan bagi anak dan hari pendidikannya.

Minimum Premi/Kontribusi: Rp500.000 per bulan.

Masa Perlindungan: Sampai 99 tahun.

Masa Pertanggungan

  1. Memberikan maksimum manfaat bulanan Rp30 juta per polis
  2. Memberikan perlindungan usia anak mulai dari 18 sampai dengan 25 tahun
  3. PRULink Edu Protection memberikan kenaikan manfaat bulanan setiap 3 tahun sebanyak 15 persen
  4. Memberikan dua manfaat perlindungan bagi orangtua dan tertanggung (anak) dalam satu polis
  5. Memberikan Dana Investasi sesuai dengan jenis investasi yang dipilih
  6. Memberikan kemudahan bagi pemegang polis untuk aplikasi anak kedua

* Apabila terjadi risiko kematian atau terkena penyakit kondisi kritis maupun mengalami cacat total dan tetap terhadap diri Anda sebagai tertanggung tambahan

** Berdasarkan ketentuan yang berlaku di Prudential Indonesia.

Asuransi Pendidikan Allianz

Asuransi pendidikan Allianz merupakan bagian dari produk asuransi jiwa unit linyang dihadirkan oleh perusahaan asuransi Allianz. Adapun manfaat unit link atau investasi kemudian dapat digunakan untuk kebutuhan pendidikan anak.

Selain itu, ada juga pilihan asuransi pendidikan endowment yang memiliki manfaat tabungan sekaligus proteksi jiwa bagi tertanggung.

Keunggulan dari unit link pendidikan yang ditawarkan perusahaan asuransi Allianz beragam. Salah satunya adalah memberikan pilihan asuransi pendidikan berbasis syariah, seperti Allisya Maxi Fund Plus.

Polis Asuransi Pendidikan Allianz

Asuransi Pendidikan Allianz terdiri unit link konvensional dan syariah. Masing-masing memberikan jaminan serupa. Perbedaannya terletak pada pengelolaan, manfaat tambahan yang tersedia, serta pilihan investasi.

Berikut unit link pendidikan dari Allianz yang bisa dijadikan pertimbangan memilih asuransi pendidikan anak terbaik.

SmartLink New Flexi Account

Polis yang memberikan proteksi jiwa seumur hidup atau hingga usia tertanggung 100 tahun dan manfaat investasi untuk menjadi dana pendidikan anak.

SmartLink Maxi Fund Plus

Polis yang memberikan proteksi jiwa seumur hidup atau hingga usia tertanggung 100 tahun dan manfaat investasi untuk menjadi dana pendidikan anak.

SmartLink Flexi Account Plus

Polis yang memberikan proteksi jiwa seumur hidup atau hingga usia tertanggung 100 tahun dan manfaat investasi untuk menjadi dana pendidikan anak dengan manfaat lain yaitu proteksi 49 jenis penyakit kritis.

Allisya Protection Plus

Polis yang memberikan proteksi jiwa dan manfaat investasi untuk menjadi dana pendidikan anak.Polis ini dikelola sesuai prinsip syariah dan bisa menjadi dana pendidikan anak.

Allisya Maxi Fund Plus

Polis yang memberikan proteksi jiwa dan manfaat investasi untuk menjadi dana pendidikan anak.Polis ini dikelola sesuai prinsip syariah dan bisa menjadi dana pendidikan anak.

Manfaat Asuransi Pendidikan Allianz

ProdukManfaat Diberikan
SmartLink New Flexi AccountManfaat asuransi jiwa + investasi untuk dana pendidikan
SmartLink Maxi Fund PlusManfaat loyalty bonus berupa dana investasi.
SmartLink Flexi Account PlusManfaat asuransi jiwa + investasi + penyakit kritis
Allisya Protection PlusManfaat asuransi jiwa + investasi berbasis syariah
Allisya Maxi Fund PlusManfaat asuransi jiwa + investasi berbasis syariah

BNI Life Solusi Pintar

Asuransi Pendidikan BNI adalah produk asuransi pendidikan yang dimiliki oleh BNI Life. BNI Life sendiri berada di bawah naungan PT BNI Life Insurance (BNI Life) yang tidak lain adalah perusahaan asuransi menyediakan berbagai produk asuransi seperti Asuransi Kehidupan (Jiwa), Kesehatan, Pendidikan, Investasi, Pensiun dan Syariah.

Asuransi Pendidikan BNI sendiri terdapat dua produk yakni Asuransi Pendidikan Solusi Pintar yang merupakan produk unggulan dari BNI Life. Produk kedua untuk Asuransi Pendidikan adalah BNI Life Smart Education. Selain itu BNI Life juga memiliki produk Asuransi Pendidikan Syariah yang diberi nama BNI Life Wadi’ah Gold Cendekia.

Polis & Manfaat Asuransi Pendidikan BNI Life

Masing-masing produk Asuransi Pendidikan BNI Life memiliki plan yang dapat dimanfaatkan oleh calon nasabah. Kali ini Lifepal akan mengulas produk asuransi pendidikan unggulan besutan BNI Life. Berikut ulasan Asuransi Pendidikan BNI Life yang ada di pasaran.

Asuransi Pendidikan Solusi Pintar

Asuransi Pendidikan Solusi Pintar adalah asuransi pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan pendidikan buah hati dengan memberikan segudang manfaat pemberian dana pendidikan mulai dari SD sampai di bangku perguruan tinggi.

Manfaat Pertanggungan

  1. Memberikan Jaminan Dana Pendidikan di semua tingkatan pendidikan mulai dari SD sampai dengan perguruan tinggi.
  2. Memberikan manfaat apabila tertanggung meninggal dunia.
  3. Uang pertanggungan akan dibayarkan 100 persen.
  4. Polis bebas premi ketika tertanggung meninggal dunia.
  5. Dana Pendidikan tetap dibayarkan sesuai jadwal.
  6. Mendapatkan asuransi tambahan (rider) mulai personal accident, term life dan personal health.

BNI Life Smart Education

BNI Life Smart Education adalah produk Asuransi Jiwa Individu yang memberikan manfaat program perencanaan keuangan serta menyediakan Dana Pendidikan Anak berupa Tahapan Biaya Pendidikan dari TK sampai dengan perguruan tinggi, Uang Saku selama kuliah serta memberikan perlindungan asuransi.

Manfaat Pertanggungan

  • Memberikan manfaat dalam perencanaan tabungan pendidikan dan masa depan anak.
  • Memberikan perlindungan jiwa bagi orangtua dan anak.
  • Memberikan manfaat berupa Tahapan Biaya Pendidikan mulai dari SD sampai perguruan tinggi.
  • Memberikan uang saku selama kuliah.
  • Memberikan manfaat asuransi akibat kecelakaan.
  • Memberikan santunan kematian sebesar 100 persen uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia akibat sakit.
  • Penerima beasiswa (anak) meninggal akan mendapatkan santunan kematian sebesar 10 persen.
    Bebas pembayaran premi apabila tertanggung mengalami cacat tetap total dalam masa pertanggungan.

BNI Life Wadi’ah Gold Cendekia

Sebagai perusahaan asuransi BNI Life juga menyediakan produk Asuransi Pendidikan Syariah. Produk Asuransi Pendidikan dengan syariat syariah yang diberi nama BNI Life Wadi’ah Gold Cendekia.
BNI Life Wadi’ah Gold Cendekia adalah produk asuransi pendidikan yang membekali dana pendidikan anak saat duduk di bangku TK sampai ke jenjang perguruan tinggi.

Manfaat Pertanggungan

  1. Memberikan manfaat apabila peserta hidup hingga akhir masa asuransi.
  2. Mendapatkan Dana Tahapan yang diberikan setiap masuk sekolah sampai perguruan tinggi.
  3. Mendapatkan Dana Beasiswa Pendidikan ketika di perguruan tinggi selama 4 tahun.
  4. Mendapatkan manfaat apabila peserta meninggal dunia atau cacat total selama periode asuransi.
  5. Memberikan manfaat apabila peserta meninggal atau cacat tetap total selama periode asuransi.
  6. Memberikan manfaat apabila penerima manfaat meninggal dunia sebelum akhir masa asuransi berupa 15 persen Santunan Asuransi dan Nilai Tunai Polis dan polis berakhir.

BRI Life BRINGIN Danasiswa Syariah

Asuransi Pendidikan BRI Life adalah salah satu bagian dari asuransi jiwa  memberikan santunan meninggal dunia berupa dana pendidikan yang diluncurkan oleh BRI Life. Salah satu keunggulan produknya adalah memberikan pilihan kombinasi asuransi jiwa dan tabungan, hingga menanggung risiko penyakit kritis, cacat total, dan akibat kecelakaan.

Pilihan Polis Terbaik

Kehadiran Asuransi Pendidikan BRI, Bringin Life memberikan sederetan keistimewan calon nasabah atau nasabah yang sudah terdaftar. Berikut penjelasan keistimewaan polis asuransi pendidikan BRI, Bringin Danasiswa.

Bringin Danasiswa

Bringin Danasiswa adalah produk Asuransi Pendidikan BRI yang memberikan layanan Asuransi Pendidikan serta menggabungkan antara tabungan, proteksi meninggal dunia akibat kecelakaan, penyakit kritis dan cacat tetap total.

Manfaat Pertanggungan

  1. Memberikan manfaat apabila tertanggung mengalami musibah meninggal dalam masa asuransi
  2. Secara otomatis polis menjadi bebas premi dan Tahapan Dana Pendidikan dibayarkan sesuai jenjang anak
  3. Jika tertanggung meninggal bukan karena kecelakaan maka penerima manfaat akan menerima santunan duka sebesar 50% dari rencana dana pendidikan
  4. Bila tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan maka penerima manfaat menerima santunan duka sebesar 100% dari rencana dana pendidikan
  5. Apabila pemegang polis tertanggung mengundurkan diri dalam masa asuransi, maka penerima manfaat menerima nilai tunai
  6. Pertanggungan polis berakhir, apabila seluruh tahapan dana pendidikan telah diterima oleh penerima manfaat sesuai dengan jenjang pendidikan.

Harga Premi Asuransi Pendidikan BRI

Pada asuransi pendidikan BRI Life, harga premi ditentukan berdasarkan beberapa faktor berikut:

  • Usia tertanggung (orangtua)
  • Kondisi kesehatan tertanggung
  • Usia anak
  • Target dana pendidikan
  • Masa asuransi

Cara Klaim Asuransi Pendidikan BRI

Untuk mengajukan klaim asuransi pendidikan BRI, berikut yang perlu dilakukan:

  • Segera menghubungi perusahaan setelah kejadian yang menimbulkan klaim.
  • Siapkan dokumen yang diminta, mulai dari identitas, polis asuransi, sampai dokumen yang mendukung klaim.
  • Kirimkan berkas tersebut ke perusahaan asuransi.
  • Perusahaan asuransi akan memverifikasi dokumen.
  • Jika klaim diterima, nasabah akan mendapatkan pencairan dana ke rekening terdaftar.

Baca Juga:

Sekian informasi seputar 5+ Produk Asuransi Pendidikan Terbaik di Indonesia 2021. Semoga bermanfaat. Salam.

Last Update: 7 Juli 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *