Download 3 File Excel HITUNG STRUKTUR ATAP BAJA Lengkap

  • Whatsapp

Download 3 File Excel HITUNG STRUKTUR ATAP BAJA LengkapBetantt.com, Cara menghitung rangka atap baja ringan memang tidak mudah. Selain harga material yang digunakan, biaya pemasangan rangka atap juga harus diperhitungkan.

Berbicara soal baja ringan, material ini memang sangat berguna dalam dunia konstruksi. Baja ringan sendiri biasanya digunakan untuk membangun pagar, pintu garasi, talang air, kanopi, hingga rangka atap.

Bacaan Lainnya

Penggunaan material ini juga dianggap lebih baik daripada material lainnya. Kelebihan baja ringan sendiri di antaranya adalah lebih mudah dipasang, kuat dan tahan lama, mudah disambung, dan didaur ulang, serta yang lainnya.

Download 3 File Excel HITUNG STRUKTUR ATAP BAJA Lengkap
Download 3 File Excel HITUNG STRUKTUR ATAP BAJA Lengkap

Cara menghitung rangka atap baja ringan sebenarnya tidak sulit, hal pertama yang kamu butuhkan adalah mencari tahu rumus sederhana menghitung volume rangka atap baja ringan tersebut.

Masih ingat pelajaran waktu di bangku sekolah? Jika tidak, berikut rumus menghitung volume atap:

“(panjang bangunan + overstek genteng (kedua sisi)) x (lebar bangunan + overstek genteng (kedua sisi)) / derajat kemiringan atap genteng (cos derajat)”

Berdasarkan rumus tersebut, mari kita buat simulasi cara menghitung rangka atap baja ringan.

Umpamakan panjang atap rumah sekitar 12 meter, lebar 15 meter dan overstek 2 meter tiap sisinya.

Selain itu, kita andaikan saja bila kemiringan atap rumah tersebut mencapai 40 derajat. Dengan spesifikasi tersebut kita bisa dapat mengetahui volume rangka atap baja ringan adalah:

(12 + 2 + 2) x (15 + 2 + 2) / (cos dari 40 = 0,766) = 396 meter persegi

Nah, dari hasil perhitungan tersebut kita dapat mengetahui berapa volume rangka atap rumah yang dibutuhkan untuk memasang atap baja ringan tersebut, yakni sebesar 396 meter persegi.

Untuk mengetahui harga atap baja ringan plus pasang, berikut rumus perhitungan yang harus diketahui:

“(volume atap rumah x harga baja ringan per m2) + (volume atap rumah x harga penutup atap per m2)”

Sama seperti sebelumnya, mari kita simulasikan cara menghitung rangka atap baja ringan berserta harganya ini, misalnya kamu memilih jenis baja ringan C100 dengan tebal 0,95 mm seharga Rp91 ribu.

Sedang, harga genteng yang kamu pilih adalah Rp90 ribu per meter persegi. Maka, perhitungannya:

(396 m2 x Rp91 ribu) + (396 m2 x Rp90 ribu) = Rp36.036.000 + Rp35.640.000 = Rp71.676.000.

Sudah jelas bukan, dari perhitungan di atas kita dapat mengetahui harga atap baja ringan plus pasang yang kamu siapkan untuk membangun rumah tersebut adalah sebesar Rp71.676.000

Download 3 File Excel HITUNG STRUKTUR ATAP BAJA Lengkap

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
Semoga artikel mengenai Download 3 File Excel HITUNG STRUKTUR ATAP BAJA Lengkap, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!

Baca Juga:

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *