Oeluan, Oebubun, Oesoko Hingga ke Oelbinose: 10+ Tempat Wisata Instagramble di TTU 2021

  • Whatsapp

10+ Tempat Wisata di Timor Tengah Utara (Update 2021) – Kabupaten Timor Tengah Utara memiliki 16 obyek wisata yang terdiri dari wisata alam lima, wisata budaya tujuh, wisata bahari tiga dan wisata religius satu.

Seni budaya yang terdapat di Kabupaten TTU yakni, tarian likurai Biboki, Fehan dan Faho, tarian bonet, bidu dan tarian gong.

Bacaan Lainnya

Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) terletak pada jalur transportasi Kupang – SoE – Atambua yang ramai dilalui oleh kendaraan umum baik dari Atambua maupun dari Kupang dan SoE.

Selain pontensi pertanian, pertambangan, Kabupaten TTU juga menyimpan aneka kekayaan seni dan budaya dan sejarah dari zaman tempo dulu yang masih tersisa sampai saat ini. Warisan sejarah tersebut masih dipertahankan oleh suku-suku dan masyarakat di TTU.

Banyak kampung-kampung adat yang masih menyimpan benda-benda purbakala yang diwariskan secara turun temurun. Benda benda peninggalan masih terpelihara dengan baik dan tersimpan pada rumah-rumah adat dan tidak dapat dipindahkan sembarang.

Kehidupan harian masyarakatnya masih syarat dengan tradisi. Masyarakat TTU senantiasa melakukan ritual adat walaupun masyarakatnya sudah beragama.

Ikatan adat secara turun temurun terus dipertahankan sehingga jalinan kekeluargaan tetap terpelihara dengan baik. Kabupaten TTU mempunyai banyak obyek wisata alam, budaya maupun buatan serta minat khusus yang perlu dinikmati keindahan dan ritualnya.

Seni budaya yang terdapat di Kabupaten TTU yakni, tarian likurai Biboki, Fehan dan Faho, tarian bonet, bidu dan tarian gong.

Berikut ini kami sajikan 10 Objek Wisata, yang menjadi tujuan destinasi wisata terbaru dan instagramble di Kabupaten Timor Tengah Utara:

  1. Pantai Tanjung Bastian,
  2. Pantai Benteng Oesoko,
  3. Padang Popekano Mamsena,
  4. Jembatan Gantung Noepesu di Eban – Bonleu,
  5. Bukit Cinta Haumeni Ana, Bikomi Nilulat,
  6. Pantai Oebubun, Desa Oepuah – Biboki Moenleu,
  7. Kolam Renang Oeluan, Nunhala – Noemuti,
  8. Bukit Tuamese,
  9. Bukit Cinta Oelbinose,
  10. Desa Tradisional Tamkesi
  11. Air Terjun 5 Tingkat Bi’Aki di Desa Naekake B – Kec. Mutis
  12. Air Terjun Pah Koto Oelmuke, Desa Tasinifu, Kec. Mutis
  13. Air Terjun Besin, Kuafeu – Desa Loeram, Kec. Insana

Pantai Tanjung Bastian

Pantai Tanjung Bastian terletak di Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pantai Tanjung Bastian terletak di Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)
Pantai Tanjung Bastian terletak di Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) – Sumber: Instagram @_yunifoeh

Lokasi wisata ini  berjarak sekitar 67 kilometer dari pusat Kota Kefamenanu, Ibu kota Timor Tengah Utara.

Bagi pengunjung yang tertarik berkunjung ke Pantai Tanjung Bastian dapat mengambil patokan dari wilayah kecamatan Wini lalu ambil jalan menuju ke arah timur dengan jarak tempuh sekitar lima kilometer saja.

Jika ingin merasakan tantangan berpetualang, pengunjung bisa menuju Pantai Tanjung Bastian dengan sepeda motor. Jika memulai perjalanan dari Kota Kefamenanu, dibutuhkan sekitar satu jam. Jalan menuju pantai berkelok-kelok dan sempit.

Pantai Tanjung Bastian terletak di Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)
Pantai Tanjung Bastian terletak di Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) – Sumber: Instagram @edaarkanju

Pantai Tanjung Bastian, sangat layak jika diberikan sebuah diksi hiperbola berupa sepotong surga di tanah Wini, Nusa Tenggara Timur.

Rata-rata objek wisata di Indonesia timur masih alami, jauh dari tangan-tangan jahil, terutama panorama alam pantainya. Termasuk Pantai Tanjung Bastian.

Sebuah pantai yang terkenal dengan ombaknya yang “ramah”, cocok sebagai destinasi wisata keluarga juga. Dengan catatan, aspek keamanan harus tetap diutamakan.

Pantai Tanjung Bastian terletak di Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)
Pantai Tanjung Bastian terletak di Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) – Sumber: Instagram @adelagesiradja_05

Selain itu, lokasi Pantai Tanjung Bastian berada di Wini menjadi keunggulan tersendiri. Karena Wini memiliki pesona wisata bukan hanya terbatas pada pesona alamnya saja, tetapi termasuk budaya, hingga kulinernya.

Sebagai bukti, pada tahun 2018, bulan Desember, di Wini pernah digelar Festival Wonderful Indonesia. Sebuah ajang untuk mempromosikan potensi wisata alam, budaya, kuliner, ekonomi kreatif, kepada negara lain.

Dan Pantai Tanjung Bastian menjadi salah-satu wisata populer Wini, disamping tempat wisata lainnya yang sangat terkenal.

Jam Buka Pantai Tanjung Bastian

  • Pantai Tanjung Bastian buka selama 24 Jam
  • Pantai Tanjung Bastian Buka setiap hari, selama sepekan

Tiket Pantai Tanjung Bastian

Harga tiket masuk Pantai Tanjung Bastian Wini Rp. 3.000 per orang

Fasilitas Pantai Tanjung Bastian

fasilitas di Pantai Tanjung Bastian di antaranya:

  • Spot selfie
  • Gazebo
  • Area parkir

Di dekat Pantai Tanjung Bastian terdapat sebuah pacuan kuda, dan biasanya setiap bulan Juli sering digelar acara Pacuan Kuda Tanjung Bastian Wini.

Tentu saja menjadi momen yang langka, karena jarang sekali arena pacuan kuda berda sangat dekat dengan pantai. Tentu saja Pantai Tanjung Bastian patut bangga memiliki arena pacuan kuda, yang berpadu dengan keindahan alam pantai.

Pantai Benteng Oesoko

Selain Pantai Tanjung Bastian, dikabupaten Timor tengah utara juga ada sebuah pantai indah yang dikenal dengan nama Pantai Oesoko. Pantai ini juga terletak di Kecamatan Insana Utara tak jauh dari Pantai Tanjung Bastian.

Pantai Benteng terletak di Desa Oesoko, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, (TTU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)
Pantai Benteng terletak di Desa Oesoko, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, (TTU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) – Sumber: Instagram @lhya_djsantos

Hanya membutuhkan waktu 10 menit perjalanan dari Pantai Tanjung Bastian menuju Pantai Oesoko. Pantai ini masih sangat alami dan belum terkontaminasi limbah industri. Pengunjung bisa merasakan berenang di laut yang masih Alami.

Pantai Benteng Oesoko itulah namanya. Pantai Benteng terletak di Desa Oesoko, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, (TTU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pantai Benteng terletak di Desa Oesoko, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, (TTU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)
Pantai Benteng terletak di Desa Oesoko, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, (TTU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) – Sumber: Instagram @elloadryan18

Jarak tempuh untuk sampai ke Pantai Benteng kurang lebih 60KM dari Kota Atambua. Jarak yang cukup jauh dapat di tempuh dengan 1,5jam. Berdasarkan hasil survei dari beberapa pengunjung, ada dua jalur masuk menuju Pantai Benteng.

Pantai Benteng terletak di Desa Oesoko, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, (TTU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)
Pantai Benteng terletak di Desa Oesoko, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, (TTU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) – Sumber: Instagram @kanatover010914

Pertama melewati Pantai Tanjung Bastian dan Kedua melewati  perkampungan  Desa Oesoko itu sendiri. Akses jalan untuk jalur perkampungan hanya bisa dilewati oleh kendaraan bermotor, sedangkan melalui Pantai Tanjung Bastian, bisa dilewati kendaraan roda 4 (empat).

Padang Popekano Mamsena

Kota Kefamenanu memiliki banyak beberapa tempat wisata alam salah satunya wisata Padang Rumput Popekano merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Padang Rumput atau savana Popekano adalah padang rumput dengan luas belasan hektar yang memiliki hamparan rumput yang luas.

Padang Rumput Mamsena terletak  di  Desa Letneo, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten TTU.
Padang Rumput Mamsena terletak  di  Desa Letneo, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten TTU. Sumber: Instagram @pesona_popekano

Padang Rumput Popekano merupakan lokasi yang dipilih dalam pengelolaan sebagai habitat bagi para satwa termasuk ternak sapi dan kambing milik warga desa setempat dalam merumput / mencari makan, dimana para pengunjung bisa menjumpai ataupun mengamati kawanan ternak tersebut diwaktu pagi sekitar pukul 06.00 WITA – 09.00 WITA atau sore hari sekitar pukul 15.30 WITA – 17.00 WITA.

Padang Rumput Popekano atau sering disebut Padang Mamsena adalah salah satu tempat wisata alam yang berada di Kabupaten Timor Tengah Utara, Kefamenanu. Kota Kefamenanu merupakan salah satu kota yang terletak di tengah Pulau Timor. Tempat wisata ini ramai wisatawan pada hari hari biasa maupun pada weekand atau hari libur.

Padang Rumput Mamsena terletak  di  Desa Letneo, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten TTU.
Padang Rumput Mamsena terletak  di  Desa Letneo, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten TTU. Sumber: Instagram @alfonznitbani

Tempat sangat indah dan bisa memberikan suasana yang memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas yang anda lakukan biasanya. Padang Rumput Mamsena ini membentuk hamparan rumput yang luas dan disebut dengan padang rumput semi alami.

Padang Rumput Mamsena terletak  di  Desa Letneo, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten TTU. Lokasi padang rumput yang berjarak kurang lebih 20 km dari kota Kefamenanu, ibu kota kabupaten TTU tersebut memiliki rerumputan yang hijau. Di sekitarnya, dikelilingi oleh pepohonan yang rindang  sehingga pengunjung yang suka ber-selfi dijamin terpuaskan.
Untuk mencapai lokasi tersebut, pengunjung tak perlu khwatir karena  Pemerintah Desa Letneo telah membuka akses jalan baru menuju lokasi tersebut.
Padang Rumput Mamsena terletak  di  Desa Letneo, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten TTU.
Padang Rumput Mamsena terletak  di  Desa Letneo, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten TTU. Sumber: Instagram @dirgadutha
Untuk mengunjungi lokasi wisata Padang Rumput Popekano anda bisa menggunakan  mobil pribadi, atau kendaraan roda dua atau juga bisa menyewa jasa ‘ojek’ dari kota Kefa.
Anda bisa menyusuri jalanan menuju Mamsena dengan lebih mudah karena jalannya sudah diperbaiki pemerintah desa setempat.

 

Jembatan Gantung Noepesu di Eban – Bonleu

Pembangunan jembatan gantung yang menghubungkan Desa Neopesu, Kecamatan Miomafo Barat, Kabupaten TTU, dan Desa Bonleu, Kecamatan Tobu Kabupaten Timor Tengah Selatan, itu dimulai pada awal Juli.

Jembatan yang diberi nama Bima Sakti ini menghubungkan Desa Noepesu, di Kabupaten Timor Tengah Utara dan Desa Bonleu di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.
Jembatan yang diberi nama Bima Sakti ini menghubungkan Desa Noepesu, di Kabupaten Timor Tengah Utara dan Desa Bonleu di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Sumber: Instagram @agneslthale

Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Sektor Barat Yonif 132 Bima Sakti, membangun sebuah jembatan gantung bagi masyarakat. Jembatan yang diberi nama Bima Sakti ini menghubungkan Desa Noepesu, di Kabupaten Timor Tengah Utara dan Desa Bonleu di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Jembatan yang diberi nama Bima Sakti ini menghubungkan Desa Noepesu, di Kabupaten Timor Tengah Utara dan Desa Bonleu di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.
Jembatan yang diberi nama Bima Sakti ini menghubungkan Desa Noepesu, di Kabupaten Timor Tengah Utara dan Desa Bonleu di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Sumber: Instagram @exploretts foto by @abualfatih_aldisaputra

Konstruksi Jembatan Gantung yang panjangnya 80 meter dan lebar 1,2 meter bisa bertahan lebih kurang 15 tahun dan sudah selesai di resmikan.

Tedy Ixdiana, Komandan Vertical Rescue Indonesia menjabarkan, jembatan gantung Bima Sakti bisa bertahan hingga 15 tahun jika masyarakat kedua desa menjaga dan merawatnya dengan baik. Dari 102 jembatan yang dibangun Vertical Rescue Indonesia di 12 Provinsi di Indonesia, jembatan gantung Bima Sakti yang terindah.

Jembatan yang diberi nama Bima Sakti ini menghubungkan Desa Noepesu, di Kabupaten Timor Tengah Utara dan Desa Bonleu di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.
Jembatan yang diberi nama Bima Sakti ini menghubungkan Desa Noepesu, di Kabupaten Timor Tengah Utara dan Desa Bonleu di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Sumber: Instagram @jovitha020

Jembatan Bima Sakti bukan hanya sebagai penghubung Desa Noepesu dan Bonleu, namun akan menjadi spot foto kekinian masyarakat Nusa Tenggara Timur, karena memiliki bentangan alam pedesaan yang menarik.

Bukit Cinta Haumeni Ana, Bikomi Nilulat

Kisah cinta satu rumpun dan satu negara, barangkali sudah menjadi barang klasik. Kini, dengan semangat tradisi dan adat, masyarakat Timor justru membuktikan bahwa perasaan satu rumpun, terlebih perasaan satu cinta, bisa menerobos batas-batas negara.

Taman wisata bukit cinta yang berada tepat di Desa Haumeniana, Kecamatan Bikomi Ninulat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).
Taman wisata bukit cinta yang berada tepat di Desa Haumeniana, Kecamatan Bikomi Ninulat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sumber: Instagram @3187_angel

Wujud kecintaan TNI kepada masyarakat, anggota Pos Haumeniana Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, resmikan Taman Wisata Bukit Cinta untuk di berikan kepada masyarakat perbatasan yang ada di desa Haumeniana, Kecamatan Bikomi Ninulat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Minggu (05/01/2019).

Tempat yang merupakan perbatasan RI-RDTL tersebut, Pos Haumeniana manfaatkan lahan tepat di depan Pos menjadi Taman Wisata Negeri di Atas Awan yang menarik masyarakat NTT, sehingga menjadikan desa tersebut sebagai desa wisata yang menjadi salah satu tujuan bagi masyarakat NTT.

Taman wisata bukit cinta yang berada tepat di Desa Haumeniana, Kecamatan Bikomi Ninulat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).
Taman wisata bukit cinta yang berada tepat di Desa Haumeniana, Kecamatan Bikomi Ninulat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sumber: Instagram @dewiyantiwstaga

Taman wisata bukit cinta yang berada tepat di Desa Haumeniana, Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Taman wisata bukit cinta yang berada tepat di Desa Haumeniana, Kecamatan Bikomi Ninulat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).
Taman wisata bukit cinta yang berada tepat di Desa Haumeniana, Kecamatan Bikomi Ninulat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sumber: Instagram @pandieshishi

Tidak hanya masyarakat Indonesia yang mengunjungi taman wisata ini, masyarakat dari Timor Leste juga ikut berkunjung di taman wisata bukit cinta perbatasan RI-RDTL.

Pantai Oebubun, Desa Oepuah – Biboki Moenleu

Oebubun. Itulah nama sebuah pantai wisata yang mulai dilirik wisatawan, terletak di desa Oepuah Kecamatan Biboki Moeleu, Kabupaten Timor tengah utara (TTU), sebuah kabupaten yang berada di antara Kabupaten Belu di bagian Timur, di bagian Utara berbatasan langsung dengan Oeccusee dan di selatan berbatasan dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Oebubun. Itulah nama sebuah pantai wisata yang mulai dilirik wisatawan, terletak di desa Oepuah Kecamatan Biboki Moeleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).
Oebubun. Itulah nama sebuah pantai wisata yang mulai dilirik wisatawan, terletak di desa Oepuah Kecamatan Biboki Moeleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sumber: Instagram @yan_chynchoz

Pesona lautnya yang biru merona dengan pasir putih membentang di tepian. Tidak hanya sampai di situ laut Oebubun menyuguhkan ikan berwarna – warni sangat menggoda indra penglihatan pengunjungnya. Pantai ini sangat menjanjikan dari sisi Pariwisata baik pantainya maupun pemandangan bawah lautnya (under Water) juga dari sisi ekonomi.

Oebubun. Itulah nama sebuah pantai wisata yang mulai dilirik wisatawan, terletak di desa Oepuah Kecamatan Biboki Moeleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).
Oebubun. Itulah nama sebuah pantai wisata yang mulai dilirik wisatawan, terletak di desa Oepuah Kecamatan Biboki Moeleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sumber: Instagram @terre_jashint

Pantai Oebubun pun tidak kalah indah dibandingkan dengan pantai Tanjung Bastian. Pantai yang satu ini terletak di kecamatan Moenleu, berjarak 75km dari ibukota kabupaten.

Oebubun. Itulah nama sebuah pantai wisata yang mulai dilirik wisatawan, terletak di desa Oepuah Kecamatan Biboki Moeleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).
Oebubun. Itulah nama sebuah pantai wisata yang mulai dilirik wisatawan, terletak di desa Oepuah Kecamatan Biboki Moeleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sumber: Instagram @sangaji152

Pantai dengan panorama pegunungan yang menghadap pantai menjadikan pantai Oebubun objek wisata yang sering dikunjungi. Selain itu juga masyarakat pesisir yang masih melaut secara tradisional dapat dinikmati di pantai Oebubun.

Kolam Renang Oeluan, Desa Bijeli – Kec. Noemuti

Pepohonan tinggi dan rindang, kesejukan, bau tanah basah, serta suara serangga hutan di atara gemercik air membuat saya merasa seakan bukan sedang berada di Pulau Timor yang alamnya berbatu dan kering karena sinar matahari yang terik.

Tempat wisata Oeluan ini berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Kefamenanu, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan, tepat di sisi jalan trans Kupang-Atambua.
Tempat wisata Oeluan ini berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Kefamenanu, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan, tepat di sisi jalan trans Kupang-Atambua. Sumber: Instagram @mr_silva2894

Menurut masyarakat sekitar, dahulu hidup seorang nenek bernama Luan.  Di lahan tempat tinggal nenek ini terdapat beberapa sumber mata air. Sumber air ini tidak pernah kering walau pada saat kemarau panjang sekali pun. Masyarakat sekitar dapat memanfaatkan sumber air yang ada di lahan Nenek Luan ini untuk kebutuhan hidup mereka sehari-hari maka dari itulah daerah ini disebut Oeluan.

Dalam bahasa bahasa Timor “Oe” berarti air, jadi Oeluan bisa diartikan air dari nenek Luan.

Tempat wisata Oeluan ini berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Kefamenanu, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Utara, tepat di sisi jalan trans Kupang-Atambua.

Tempat wisata Oeluan ini berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Kefamenanu, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan, tepat di sisi jalan trans Kupang-Atambua.
Tempat wisata Oeluan ini berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Kefamenanu, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan, tepat di sisi jalan trans Kupang-Atambua. Sumber: Instagram @_dinolelo

Oleh karena itu, tempat wisata ini sangat mudah dicapai. Dari Kota Kefamenanu dapat menggunakan ojek dengan ongkos Rp10.000,00 atau kalau mau lebih irit lagi dapat menggunakan bemo (istilah masyarakat setempat untuk menyebut mikrolet) dengan ongkos Rp3.000,00 per orang.

Tiket masuk kedalam tempat wisata ini Rp3.000,00 per orang. Biaya masuk kendaraan sekaligus biaya parkir untuk sepeda motor Rp3.000,00 mobil pribadi atau angkutan umum kecil Rp20.000,00 sedangkan bus Rp30.000,00.Selain terdapat beberapa sumber mata air yang alirannya membentuk air terjun kecil, terdapat juga kolam renang serta wahana mainan anak-anak.

Tempat wisata Oeluan ini berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Kefamenanu, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan, tepat di sisi jalan trans Kupang-Atambua.
Salah satu model fotografer di Kolam Renang Oeluan. Selain menjadi objek wisata pemandian, area ini juga cocok untuk mengadu skill para fofografer. Sumber: Instagram @lucynatalia_24

Air kolam renang sengaja tidak dicampur kaporit karena air dari kolam renang tersebut masih dimanfaatkan untuk mengairi area persawahan penduduk yang luasnya sekitar 70 hektar.

Sebenarnya lahan tempat wisata Oeluan ini milik Dinas Kehutanan Kabupaten TTU, pengelolaannya sekarang dipegang oleh Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur yang sebelumnya pernah beberapa kali dikelola oleh swasta.

Bukit Tuamese

Bukit tersebut berada di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sepintas, Tuamese sangat mirip dengan Pulau Padar.

Bukit tersebut berada di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).
Bukit tersebut berada di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sumber: Instagram @betydariwara

Lokasi Bukit Tuamese sangat luar biasa. Sebelum sampai lokasi, kita akan melewati pantai yang bersih, lengkap dengan deretan pohon yang instagramable.

Warga sekitar menyebutnya dengan nama Raja Ampat karena memiliki hamparan alam seperti di sana dengan dihiasi beberapa pemandangan gundukan bukit yang sangat cantik.

Pemandangan yang tersaji diantaranya sebuah danau yang berwarna kebiruan dipadupadankan dengan hijaunya perbukitan. Untuk menuju Puncak Bukit Tuamese memang harus mendaki sekitar 200 meter, namun trekking yang dilakukan tak begitu susah.

Jika kamu bergerak dari luar kota dan menggunakan pesawat terbang dapat menuju Atambua, selanjutnya dengan melakukan perjalanan darat menuju Bukit Tuamese dengan estimasi waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Bukit tersebut berada di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).
Bukit tersebut berada di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sumber: Instagram @sisma.mardatilah

Kondisi jalan menuju Bukit Wisata Tuamese dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Sesekali kamu akan menjumpai beberapa hewan ternak milik warga yang berlalu lalang di sepanjang jalan. Jika menggunakan kendaraan sendiri, baiknya jangan malu untuk bertanya pada warga sekitar yang kamu temui.

Kamu akan menemukan persimpangan jalan, beloklah ke arah kanan menuju Manamas jika ke kiri akan menuju Timor Leste. Karena Atambua berada di perbatasan Negara Republik Demokratik Timor Leste.

Setelah memakirkan kendaraan kamu harus melanjutkan menuju puncak bukit dengan menapaki beberapa anak tangga yang sudah disusun sedemikian rupa untuk memudahkan pengunjung.

Namun, tangga tersebut tak akan membawamu hingga ke puncak bukit. Untuk selanjutnya kamu harus trekking mendaki bukit, meskipun tak terlalu tinggi tetapi cukup curam jadi kamu harus berhati-hati.

Belum ada harga khusus untuk dapat menikmati keindahan di Bukit Wisata Tuamese alias gratis.

Bukit tersebut berada di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).
Bukit tersebut berada di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sumber: Instagram @echifrans

Di salah satu puncak bukit kamu dapat bersantai sambil menunggu tenggelamnya matahari. Menyaksikan dengan mata kepala sendiri perubahan warna alam yang sangat menakjubkan.

Di Bukit Wisata Tuamese terdapat beberapa spot foto yang dapat kamu gunakan untuk berfoto, diantaranya:

  • Spot foto dengan lambang bentuk hati, Spot foto yang satu ini merupakan incaran pengunjung yang datang ke Bukit Tuamese, dengan bentuk hati yang cukup besar berwarna merah dihiasi latar belakang keindahan perbukitan serta birunya danau.
  • Landmark Bukit Tuamese, Spot selanjutnya berada di puncak bukit yang lainnya, dimana terdapat sebuah tulisan yang menjadi landmark destinasi wisata yang satu ini.
  • Mengabadikan Sunset, Agenda foto selanjutnya ialah mengabadikan keindahan sunset di Bukit Tuamese. Lokasi Bukit Wisata Tuamese sering juga digunakan untuk kegiatan pemotretan Prewedding, melihat keindahan alam selalu menjadi latar terbaik dari apapun juga.

 

Bukit Cinta Oelbinose

Namanya sedikit unik dan menggelitik , “Bukit Cinta Oelbinose”. Letaknya berada persis di kawasan pegunungan Mutis, di Oelbinose, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, atau tepatnya 52 kilometer arah barat Kota Kefamenanu, ibukota Kabupaten TTU.

Letaknya berada persis di kawasan pegunungan Mutis, di Oelbinose, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).
Letaknya berada persis di kawasan pegunungan Mutis, di Oelbinose, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sumber: Instagram @ferdinand_ledoh

Daerah itu juga berbatasan langsung dengan Distrik Ambenu, Timor Leste. Warga sekitar menyebut bukit cinta karena di tempat itulah, warga bisa mendapatkan layanan sinyal telepon seluler dan menjadi ajang menelepon kawula muda yang memiliki pacar jarak jauh.

Selain itu, bagi pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) yang berasal dari luar NTT, kerap mendatango bukit cinta hanya sekadar menelepon istri, anak atau keluarga mereka.

Letaknya berada persis di kawasan pegunungan Mutis, di Oelbinose, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).
Letaknya berada persis di kawasan pegunungan Mutis, di Oelbinose, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sumber: Instagram @dian_nugraha

Dari bukit ini, terasa udara sejuk Gunung Mutis. Sapi dan kuda liar di alam hijau nan indah membuat tempat ini jadi favorit para prajurit untuk melepaskan kerinduan dengan orang yang dicinta.

Bagi warga di Oelbinose dan sekitarnya serta pasukan TNI perbatasan, bukit cinta Oelbinose terasa seperti surga buat mereka lantaran suasana pegunungan yang terasa sejuk dan dingin membuat mereka betah berlama-lama di situ sambil menelepon berjam-jam.

Letaknya berada persis di kawasan pegunungan Mutis, di Oelbinose, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).
Letaknya berada persis di kawasan pegunungan Mutis, di Oelbinose, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sumber: Instagram @bram_geovendi99

Eitss,, Namun itu cerita tempo dulu 🙂

Semenjak adanya Tower Telkomsel di pusat Kecamatan Mutis, kini tak perlu lagi menunggu berjam-jam untuk bisa berkomunikasi di area bukit ini.

Air Terjun 5 Tingkat Bi’Aki di Desa Naekake B – Kec. Mutis

Salah satu objek wisata ‘perawan’, yang belum dikenal khalayak luas.

Air Terjun 5 Tingkat Bi'Aki di Desa Naekake B - Kec. Mutis.
Air Terjun 5 Tingkat Bi’Aki di Desa Naekake B – Kec. Mutis. Sumber Instagram @timor_manise

Letak Air Terjun Bi’Aki di Desa Naekake B, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara.

Atau 60an kilometer arah barat Kota Kefamenanu, ibukota Kabupaten TTU.

Air Terjun 5 Tingkat Bi'Aki di Desa Naekake B - Kec. Mutis.
Air Terjun 5 Tingkat Bi’Aki di Desa Naekake B – Kec. Mutis. Sumber Instagram @hardy_yanso

Namun sayang, untuk menuju ke lokasi air terjun Bi’Aki belum ada akses jalan, sehingga tidak bisa mengunakan kendaraan mobil ataupun sepeda motor.

Air Terjun 5 Tingkat Bi'Aki di Desa Naekake B - Kec. Mutis.
Air Terjun 5 Tingkat Bi’Aki di Desa Naekake B – Kec. Mutis. Sumber Instagram @__jhuveenobe

Jadi wisatawan yang ingin kesana harus berjalan kaki sekitar 4 kilo meter dari perumahan warga.

Air Terjun Pah Koto Oelmuke, Desa Tasinifu, Kec. Mutis

Air terjun Pahkoto terletak di dusun Oelmuke, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur. 
Air terjun Pahkoto terletak di dusun Oelmuke, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur. Sumber Instagram @emphoz.kobilwanapala
Air terjun Pahkoto terletak di dusun Oelmuke, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur. Menggunakan kendaraan menuju arah Eban dengan akses jalan yang cukup baik.
Air terjun Pahkoto terletak di dusun Oelmuke, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur. 
Air terjun Pahkoto terletak di dusun Oelmuke, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur. Sumber Instagram @royhilli
Dilanjutkan dengan melewati jalan yang berlubang dan tidak begitu baik. Perjalanan memakan waktu sekitar 60-90 menit dari Kota Kefamenanu. Karena tidak ada petunjuk, sebaiknya jangan sungkan untuk bertanya bila beremu orang di jalan.
Air terjun Pahkoto terletak di dusun Oelmuke, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur. 
Air terjun Pahkoto terletak di dusun Oelmuke, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur. Sumber Instagram @yenni_traveling
Tiba di sana, kendaraan harus diparkir di pinggir jalan. Kemudian berjalan kaki melewati SD Kecil Oelmuke menuju air terjun sekitar 60-70 menit berjalan kaki.
Air terjun Pahkoto terletak di dusun Oelmuke, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur. 
Air terjun Pahkoto terletak di dusun Oelmuke, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur. Sumber Instagram @aprysfallo

Sumber air terjun Pahkoto berasal dari Gunung Babnain dan Bikekneno. Air terjun ini memiliki ketinggian balasan meter yang mengalir melewati dinding bebatuan keras berwarna hitam.

Source : https://www.pegiatliterasi.com/2020/05/air-terjun-pahkoto-di-oelmuke-Kefamenanu-TTU.html

Air Terjun Besin, Kuafeu – Desa Loeram, Kec. Insana

Lokasi air terjun tersebut berjarak sekitar 50 km dari kota Kefamenanu dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat selama kurang lebih 90 menit.  Akses jalan ke lokasi objek wisata yang berada di tengah hutan tersebut masih berupa jalan yang berbatu.

Air Terjun Besin, Kuafeu - Desa Loeram, Kec. Insana.
Air Terjun Besin, Kuafeu – Desa Loeram, Kec. Insana. Sumber Instagram @lenzbenu

Air terjun 3 tingkat tersebut terdapat di Desa Loeram, Kecamatan Insana dengan tinggi tingkat yang pertama kurang lebih 5 meter dari permukaan tanah dan lebarnya 4 meter serta kedalamannya  sekitar 1 meter sehingga cocok buat anak – anak.

Sedangkan tingkat yang kedua tinggi air terjun kurang lebih 5 meter dengan lebar 6 meter dan kedalaman hingga 2 meter.

Air Terjun Besin, Kuafeu - Desa Loeram, Kec. Insana.
Air Terjun Besin, Kuafeu – Desa Loeram, Kec. Insana. Sumber Instagram @nnapriani

Tingkat ketiga tingginya bahkan mencapai 7 meter dan lebarnya hanya 3 meter serta kedalaman mencapai 3 meter.

Untuk mencapai setiap tingkatan, pengunjung harus berhati-hati lantaran harus berjalan di atas bebatuan yang licin serta harus menuruni tangga yang dibuat oleh warga setempat.

Air Terjun Besin, Kuafeu - Desa Loeram, Kec. Insana.
Air Terjun Besin, Kuafeu – Desa Loeram, Kec. Insana. Sumber Instagram @chellywarish

Bagi pengunjung yang lupa membawa bekal atau berkeinginan mencicipi pangan lokal, di sekitar lokasi air terjun terdapat jualan pangan lokal dan kelapa muda yang disiapkan warga.

Source: https://voxntt.com/2017/09/24/mau-lepas-penat-yuk-kunjungi-air-terjun-tiga-tingkat-di-ttu/17878/

Desa Tradisional Tamkesi

Desa Tradisional Tamkesi (Sonaf Tamkesi) Objek Wisata di TTU
Desa Tradisional Tamkesi (Sonaf Tamkesi) Objek Wisata di TTU

Desa Adat Tamkesi tepatnya berada di Desa Tautpah Kecamatan Biboki Selatan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Pulau Timor, NTT. Jaraknya dari Kota Kefamenanu (ibu kota TTU) 40 km ke arah timur laut, ditempuh berkendara 1,5 jam. Kalau dari Kota Atambua (ibu kota Kabupaten Belu) jaraknya 48 km ke arah barat daya, ditempuh sekitar 2 jam.

Dari Kefamenanu melintasi Jalan Lintas Timor yang menghubungkan Kefamenanu dan Atambua, lalu di pertigaan Nunbai belok kiri, dari situ masih 1 jam lagi. Saat akhirnya saya datang lagi ke Desa Adat Tamkesi Juni 2019, kondisi jalannya kurang lebih masih sama dengan 3 tahun lalu, tanah berbatu. Malah ada satu ruas di mana jembatannya putus dan mobil kami harus melintasi sungai dangkal di bawahnya. Harap-harap cemas juga, jangan sampai turun hujan dan saya gagal lagi sampai sana.

Desa Tradisional Tamkesi (Sonaf Tamkesi) Objek Wisata di TTU
Desa Tradisional Tamkesi (Sonaf Tamkesi) Objek Wisata di TTU

Desa Adat Tamkesi dulunya (ratusan tahun lalu) adalah pusat Kerajaan atau Sonaf Biboki. Dibangun di lahan bebatuan cadas di antara dua gunung batu yang melambangkan wanita dan pria. Kerajaan ini ditata sedemikian rupa sehingga mirip sebuah benteng natural berlapis-lapis yang sulit ditembus musuh. Bagian utama desa ini memang berada di atas bukit.

Dari lokasi parkir mobil, di area di mana terpancang batu bertuliskan “Tatamok Temen Teh Sonaf Tamkesi”, kita harus jalan kaki menanjak melewati jalur berbatu di bawah keteduhan pepohonan selama 5 menit saja. Tapi itu belum sampai ke bagian utamanya, baru di perkampungan di bawahnya. Lalu menanjak lagi sedikit barulah kita tiba di area utama

Tepatnya tanggal 15 Agustus 2019 lalu, 5 rumah adat dan lopo pertemuan di Desa Adat Tamkesi ini terbakar, entah apa penyebabnya.

Sekian informasi seputar 10+ Tempat Wisata di Timor Tengah Utara (Update 2021). Semoga bermanfaat. Salam.

Baca Juga:

Tempat Wisata di Timor Tengah Utara (Update 2021), Tempat Wisata di Timor Tengah Utara (Update 2021), Tempat Wisata di Timor Tengah Utara (Update 2021), Tempat Wisata di Timor Tengah Utara (Update 2021), Tempat Wisata di Timor Tengah Utara (Update 2021), Tempat Wisata di Timor Tengah Utara (Update 2021),

Last Update: 15 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *