Asuransi Umum dan Jiwa Serta Perusahaan Terbaik Indonesia 2021

  • Whatsapp

Asuransi Umum dan Jiwa – Daftar Asuransi Umum/Jiwa Terbaik Indonesia  – Ada banyak produk asuransi yang beredar di pasar, termasuk asuransi umum. Namun, tak banyak orang yang paham soal pengertian asuransi umum atau general insurance. M

engutip pepatah lama, tak kenal maka tak sayang, begitu pula halnya dengan asuransi. Keterbatasan pengetahuan membuat tak banyak orang yang memiliki asuransi umum.

Bacaan Lainnya

Padahal, jika Anda punya aset, bisnis, atau segala sesuatu yang punya risiko kerugian, maka sejatinya Anda perlu asuransi umum.

Asuransi Umum dan Jiwa Serta Perusahaan Terbaik Indonesia
Asuransi Umum dan Jiwa Serta Perusahaan Terbaik Indonesia

Pengertian Asuransi Umum atau General Insurance

Asuransi umum atau general insurance adalah asuransi yang memberikan manfaat berupa ganti rugi kepada tertanggung jika terjadi kerusakan, kerugian, kehilangan pada harta benda. Dengan memiliki asuransi umum, maka Anda dapat terhindar dari kerugian atau menekan kerugian seminimal mungkin jika terjadi risiko. Ada bermacam-macam risiko kerugian yang bisa Anda hadapi, misalnya kebakaran, kerusakan, kecelakaan, kecurian, kehilangan, penerbangan yang telat, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Asuransi Umum atau General Insurance

Asuransi umum atau general insurance ini dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

Asuransi kebakaran (fire insurance)

Produk asuransi umum ini memberikan proteksi terhadap risiko terjadinya kebakaran. Asuransi kebakaran digunakan untuk memproteksi rumah dari kemungkinan atau risiko terjadi kebakaran yang disebabkan oleh nyala api, baik kecil maupun besar, secara tidak sengaja dan umumnya sukar dikendalikan. Asuransi kebakaran ini juga bermanfaat untuk melindungi bisnis.

Siapa yang membutuhkan asuransi kebakaran?

Asuransi ini cocok dimiliki oleh mereka yang memiliki rumah, gudang, ruko, atau aset tidak bergerak lainnya. Selain itu, asuransi kebakaran ini juga biasa dimiliki oleh para pebisnis untuk mengantisipasi risiko kebakaran yang melanda asetnya, seperti kantor, pabrik, gudang hingga persediaan.

Asuransi kendaraan bermotor (vehichle insurance)

Asuransi kendaraan bermotor merupakan jenis asuransi umum yang memberikan perlindungan berupa ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kehilangan pada kendaraan bermotor. Definisi kendaraan yang menjadi obyek tanggungan asuransi umum adalah kendaraan yang digerakan oleh motor, seperti misalnya mobil dan motor. Namun, kendaraan di sini tidak termasuk kendaraan yang tidak bernomor polisi.

Asuransi kendaraan bermotor saat ini bisa digolongkan lagi berdasarkan jenis proteksi yang ditawarkannya menjadi:

Comprehensive

Memberikan perlindungan atas kerugian dan/atau kerusakan kendaraan bermotor dan/atau kepentingan yang disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, dan pengangkutan dengan kapal penyeberangan.

Total loss only

Syarat manfaat pada asuransi ini serupa dengan comprehensive. Hanya saja, manfaat ini hanya akan keluar jika kerugian atau kerusakan kendaraan sudah mencapai 75% dari harga pasar kendaraan yang menjadi tanggungan.

Third party liability

Pada asuransi ini, perusahaan asuransi juga menyediakan manfaat berupa tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga hingga penggantian biaya pengobatan untuk pengemudi dan penumpang yang terlibat kecelakaan. Misalnya, jika mobil Anda terlibat tabrakan dan menyebabkan mobil orang lain rusak, jika Anda memiliki asuransi kendaraan jenis third party liability, maka perusahaan asuransi akan menanggung ganti rugi kepada pihak ketiga yang terlibat tabrakan dengan mobil Anda.

Pada saat ini, beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan perluasan perlindungan dalam asuransi kendaraan motor. Perluasan perlindungan yang ditawarkan misalnya kerugian akibat aksi massa, huru-hara, kerusakan akibat bencana alam, menanggung biaya pengobatan akibat kecelakaan, santunan kematian jika tertanggung wafat akibat kecelakaan, dan sebagainya.

Siapa yang membutuhkan asuransi kendaraan bermotor?

Asuransi kendaraan bermotor perlu dimiliki oleh pemiliki mobil atau motor. Asuransi kendaraan bermotor bahkan wajib dimiliki oleh mereka yang membeli mobil atau motor dengan cara kredit.

Asuransi rekayasa (engineering insurance)

Jenis asuransi umum atau general insurance ini bisa meminimalkan berbagai risiko yang muncul terkait dengan rekayasa. Ada dua aspek rekayasa yang dilindungi oleh asuransi rekayasa, yakni:

Engineering proyek

Yaitu asuransi yang memberikan perlindungan terhadap aktivitas teknik dalam rangka membangun sesuatu.

Engineering non-proyek

Yaitu asuransi yang memberikan perlindungan terhadap pengoperasian alat-alat engineering, seperti alat berat, mesin-mesin, dan sebagainya.

Siapa yang membutuhkan asuransi rekayasa?

Asuransi rekayasa sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang mengerjakan proyek konstruksi atau mengoperasikan alat-alat rekayasa seperti mesin pabrik, alat berat di tambang, atau truk tidak bernomor polisi yang hanya beroperasi di dalam area perkebunan. Contoh asuransi rekayasa adalah machinery breakdown insurance, boiler and pressure vessel insurance, civil engineering insurance, dan lain-lain.

Asuransi pengangkutan

Jenis asuransi umum atau general insurance ini menawarkan pertanggungan atas risiko yang mungkin menimpa barang atau aset dalam perjalanan. Ada yang mengklasifikasikan asuransi pengangkutan sesuai dengan moda pengangkut barang yang menjadi jaminan, misalnya asuransi pengangkutan laut dan asuransi pengangkutan darat. Beberapa asuransi pengangkutan yang tersedia di pasar antara lain marine cargo insurance, marine hull insurance, freight forwarder liability insurance, dan lain-lain.

Asuransi lain-lain (miscellaneous insurance)

Selain produk-produk yang masuk ke dalam empat kategori di atas, ada jenis asuransi umum lainnya yang dikelompokkan ke dalam aneka asuransi lain-lain. Jenis yang tercakup dalam lini produk ini terbilang luas, mulai product liability insurance, public liability insurance, burglarly insurance, personal accident insurance, hingga travel insurance.

Daftar Produk dari Perusahaan Asuransi Umum dan Jiwa Terbaik di Indonesia 2021

Pengaruh 15 perusahaan asuransi jiwa terbesar dan 15 perusahaan asuransi umum terbesar ini, sangat besar terhadap industri asuransi Indonesia. Perusahaan-perusahaan asuransi ini merupakan market leader berdasar pendapatan premi untuk asuransi jiwa dan premi bruto untuk asuransi umum. – Daftar Asuransi Umum/Jiwa Terbaik Indonesia

Daftar 15 Market Leaders Asuransi Umum Indonesia 2021

  1. PT Asuransi Sinar Mas
  2. PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)
  3. PT Asuransi Astra Buana
  4. PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Tbk.
  5. PT Asuransi Central Asia
  6. PT Asuransi Bangun Askrida
  7. PT Asuransi Adira Dinamika, Tbk.
  8. PT Asuransi Wahana Tata
  9. PT Sompo Insurance Indonesia
  10. PT Asuransi Multi Arta Guna, Tbk.
  11. PT Asuransi Simas Insurtech
  12. PT Asuransi MSIG Indonesia
  13. PT BRI Asuransi Indonesia
  14. PT Asuransi Tokio Marine Indonesia
  15. PT Lippo General Insurance, Tbk.

Daftar Market Leaders Asuransi Jiwa Indonedia 2021

  1. PT Prudential Life Assurance
  2. PT Asuransi Simas Jiwa
  3. PT Asuransi Allianz Life Indonesia
  4. PT AIA Financial
  5. PT Indolife Pensiontama
  6. PT Capital Life Indonesia
  7. PT AXA Mandiri Financial Services
  8. PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia
  9. PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha
  10. PT Asuransi BRI Life
  11. PT BNI Life Insurance
  12. PT Panin Dai-ichi Life
  13. PT Asuransi Jiwa Sequis Life
  14. PT Astra Aviva Life
  15. PT Sun Life Financial Indonesia

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Asuransi Umum dan Jiwa – Daftar Asuransi Umum/Jiwa Terbaik Indonesia. Semoga bermanfaat. Salam.

Asuransi Umum/Jiwa Indonesia,

Last Update: 7 Juli 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *