5+ Tips Berbelanja Baju Lebaran 2021: Pilihan Cerdas dan Hemat!

  • Whatsapp

5+ Tips Berbelanja Baju Lebaran 2021: Pilihan Cerdas dan Hemat!Betantt.com, Memasuki minggu kedua Ramadan, biasanya promo-promo belanja dan koleksi fashion terbaru untuk menyambut Lebaran sudah menghantui, dari iklan online, newsletter yang mampir ke email, sampai info dari pesan singkat di ponsel.

Namun, Lebaran kali ini terasa jauh berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, maka untuk yang ingin tetap belanja, simak 5+ tips hemat belanja baju Lebaran 2021 ini!

Bacaan Lainnya

Tips Berbelanja Baju Lebaran

5+ Tips Berbelanja Baju Lebaran 2021 Pilihan Cerdas dan Hemat!.
5+ Tips Berbelanja Baju Lebaran 2021 Pilihan Cerdas dan Hemat!.

 

Cek isi lemari

Sebelum belanja atau melihat-lihat, cek dulu isi lemari di rumah. Isi lemarimu, lemari ibu, atau kakak dan adik, siapa tahu ada pakaian yang bisa dipinjam, jadi tidak usah beli. Jauh lebih hemat, kan?

Sesuaikan dengan situasi

Bila biasanya, saat Lebaran kita akan sibuk berkeliling mengunjungi rumah kerabat atau menjadi tuan rumah, di masa jaga jarak saat ini, rasanya kita akan silahturahmi lewat telepon atau video saja. Jadi, tak perlulah membeli semua serba baru dari pakaian, sepatu, tas, aksesori hingga kerudung/hijab. Bisa jadi Anda hanya perlu membeli atasan baru atau bahkan anting baru untuk dipadukan dengan baju yang sudah ada.

Bikin Skala Prioritas

Bikin skala prioritas alias mana produk yang lebih penting untuk Anda pribadi. Misalnya, buat Anda lebih penting membeli hijab baru yang bisa dipakai berulang kali dalam waktu lama, ya tidak ada salahnya hanya mencari dan membeli hijab baru. Atau bila punya atasan baru untuk dipakai di hari Lebaran jadi prioritas Anda, ya fokuskan window shopping dan berburu atasan, agar tidak ‘lapar mata’ dan berujung ingin beli baru semua dari atas sampai bawah.

Cek bujet

Ayo belajar berhemat di situasi serba sulit ini. Tentukan dan taati anggaran yang Anda buat di awal, bila bujetnya hanya 400 ribu rupiah, jangan jadi permisif dan malah belanja senilai 700 ribu dengan berbagai alasan. Hindari membayar dengan kartu kredit, saat belanja online, bayar dengan cara transfer bank, agar lebih terasa ‘keluar uang’.

Namun, bila bujet tidak memungkinkan, tidak beli baju baru juga tidak apa-apa, kok. Lebih baik uangnya disimpan untuk dana darurat atau keperluan lain. Bila punya bujet khusus yang sudah disisihkan pun, tidak ada salahnya dihemat agar tidak dibelanjakan semua untuk membeli baju.

Beli baju dari brand lokal

Semua kalangan masyarakat terkena imbas negatif dari ekonomi yang melambat beberapa bulan belakangan, termasuk brand-brand UMKM lokal. Jadi, kalau mau belanja bisa prioritaskan membeli dari brand dan desainer lokal untuk mendukung usahanya di masa sulit ini.

Beli baju yang mudah dipadupadankan

Daripada membeli kaftan atau dress yang akan jarang dipakai, lebih baik membeli tunik, atau atasan dan bawahan yang bisa sering Anda pakai setelah Lebaran, misalnya untuk ke kantor.

Manfaatkan diskon & promo, tapi tetap bijak ya!

Cashback, diskon, dan berbagai promo lain memang menggoda iman dan membangkitkan semangat belanja. Demi berhemat sih boleh saja, tetapi jangan sampai terkena jebakan promo dan berujung belanja lebih banyak daripada yag dianggarkan. Misalnya saja, ada promo BUY 2 GET 1 FREE, coba pikir ulang, apakah Anda perlu membeli sampai 3 potong pakaian, atau sebetulnya membeli 1 saja sudah cukup.

Utamakan kualitas daripada kuantitas

Daripada memborong 12 potong pakaian hanya karena murah, tetapi Anda tahu kualitasnya kurang baik, lebih baik beli 1-2 pakaian saja yang benar-benar Anda sukai, meskipun mungkin harganya lebih mahal (asal masih di dalam bujet ya). Lebih baik membeli lebih sedikit dan tahu betul kalau baju tersebut akan sering dipakai dengan kualitasnya lebih baik dan tahan lama. Ini mencegah pembelian menjadi mubazir.

Tips Hemat Belanja Baju Lebaran

Berburu diskon

Biasanya, beberapa department store memberikan diskon besar-besaran beberapa hari sebelum tibanya Hari Raya Idul Fitri. Nah, kesempatan seperti ini nih yang nggak bisa kamu lewatkan.

Jika kamu mendengar ada diskon di salah satu department store, jangan tunggu lama-lama lagi ya! Daripada kehabisan, lebih baik langsung saja datang dan beli seperlunya.

Blusukan ke pusat grosir

Kualitas yang diberikan juga nggak kalah bagus dengan yang ada di mall kok, jadi jangan pernah ragu untuk blusukan ke pusat grosir untuk membeli baju lebaran.

Namun, hati-hati jika kamu membeli baju pada akhir bulan menuju hari raya, karena pasti akan sangat ramai dan harganya yang sudah tidak terlalu bersahabat.

Mix and match baju baru dan lama

Jika dana yang kamu miliki tidak terlalu besar, maka janga pernah paksakan untuk membeli baju lebaran.

Tenang saja, kamu bisa menyiasatinya dengan beberapa cara agar penempilanmu tetap menarik di hari raya.

Selama kamu memilik basic seperti dress polos, manset polos dan celana bahan tanpa motif maka kamu masih bisa kok mengakalinya.

Kamu cukup membeli outer untuk melengkapi tampilanmu, jika dirasa kurang meriah, gunakanlah aksesoris sebagai statement, lalu kamu hanya perlu memadupadankannya dengan baju lamamu deh.

Sabar saat menawar

Jika kamu sabar dan detail, pasti kamu akan menemukan baju yang unik namun dengan harga yang miring pastinya.

Maka dari itu, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menemukan baju yang ingin kamu beli, lalu tawarlah hingga batas maksimal yang kamu sanggupi.

Bersabarlah dalam menawar, karena biasanya penjual akan menaikan harganya terlebih dahulu, jadi jika sudah diberitahukan harganya, jangan langsung setuju untuk membelinya begitu saja ya!

Beli yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan

Perempuan kebanyakan tidak fokus dengan apa yang ingin ia beli sebelumnya. Alhasil, budget untuk lebaran pun membuncit.

Maka dari itu, sebelum pergi untuk membeli baju lebaran, ada baiknya jika kamu mengetahui dengan pasti apa yang ingin dibeli.

Selain itu, usahakan kamu juga membawa teman ataupun keluargamu yang tegas dalam mengatur keuangan, agar nantinya tidak kalap melihat barang-barang yang dijual disana.

Belanja di online shop

Selain ada begitu banyak baju murah disana, kamu juga tidak perlu mengeluarkan dana lagi untuk pergi keluar.

Saat ini pun sudah banyak online shop yang tidak memungut ongkos pengiriman kepada para kostumernya.(*)

Baca Juga:

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *