5+ Tips dan Ide Merenovasi Rumah Jelang Lebaran 2021

  • Whatsapp

5+ Tips dan Ide Merenovasi Rumah Jelang Lebaran 2021Betantt.com, Lebaran jadi ajang silaturahmi dengan para tetangga dan sanak saudara. Tidak heran bila tradisi lebaran di isi dengan saling berkunjung dan bertamu.

Karena itu, saat menjelang hari lebaran biasanya jadi waktu para pemilik rumah untuk lakukan beberapa renovasi.

Bacaan Lainnya

Sebentar lagi lebaran tiba. Selain membeli baju baru dan memenuhi wadah-wadah dengan berbagai camilan, tidak ada salahnya jika sedikit membuat perubahan di rumah Anda. Meski sedikit, ide renovasi rumah ini akan membuat suasana rumah menjadi berbeda dan lebih menarik.

Lebaran Idul Fitri masih dua minggu lagi, untuk biaya renovasi rumah, kita bisa mulai merencanakan renovasi dan dekorasi seperti berikut ini.

5+ Tips dan Ide Merenovasi Rumah Jelang Lebaran.
5+ Tips dan Ide Merenovasi Rumah Jelang Lebaran.

Mengecat ulang

Mengganti cat merupakan pilihan tepat untuk mengganti suasana rumah. Mengganti cat juga tidak harus selalu dilakukan pada semua bagian. Hanya dengan mengecat salah satu dinding saja sudah cukup membuuat suasana ruangan jadi berbeda.

Hati-hati memilih warna cat karena setiap warna memberikan kesan yang berbeda. Misalnya warna biru memberikan efek tenang, oranye memberikan kesan terang dan ceria, sedangkan putih memberikan efek lapang. Pilih cat yang bebas timbal karena timbal membahayakan kecerdasanan anak-anak.

Menata taman

Kalau rumah punya taman yang cukup luas, mempercantik bagian taman bisa membuat rumah terasa lebih cantik dan segar.

Rapikan rumput, cabut tanaman liar, lakukan re-potting, pangkas tanaman yang telah terlalu lebat, atau ganti bunga yang sudah layu dengan yang baru.

Kalau menata taman tidak sanggup dikerjakan sendiri, cobalah menggunakan jasa tukang taman dengan tarif mulai dari Rp50.000-Rp100.000 per kedatangan tergantung luas taman.

Mengganti posisi perabotan

Trik ini tidak perlu biaya sama sekali. Hanya dengan menggeser atau mengubah letak perabotan saja, suasana properti langsung berubah. Lakukan di semua ruangan, siapa tahu beberapa ruangan bisa semakin terasa lapang.

Mengganti tema dan warna

Kalau selama ini kamar bernuansa elegan dengan dominasi warna merah, coba ganti seprai dan gorden dengan warna abu-abu untuk menimbulkan kesan minimalis. Kalau tidak mau mengganti warna cat, cukup ganti warna seprai, sarung bantal, taplak meja, gorden, atau karpet.

Memasang stiker tegel

Stiker tegel tengah populer di kalangan penggiat rumah minimalis cantik di Instagram. Caranya hanya dengan menempelkan stiker ke lantai ubin atau dinding ubin kamar mandi dan ruangan pun jadi cantik secara instan.

Mudah, praktis, anti gores, dan tahan air. Stiker tegel merupakan solusi bagi yang tidak ingin repot-repot mengganti lantai.

Meletakkan bunga segar

Mulai malam takbiran, coba letakkan beberapa tangkai bunga segar seperti mawar atau sedap malam dalam pot kaca. Selain mempercantik interior, bunga dapat menyegarkan udara di dalam rumah.

Memasang tanaman lidah budaya, lidah mertua, atau sirih gading juga tidak kalah cantiknya. Ketiganya menyerap toksik formaldehyde yang terkandung dalam udara.

Bagi masyarakat Indonesia, menyambut bulan puasa dan hari raya Idul Fitri identik dengan berbagai tradisi. Salah satu yang sampai sekarang masih banyak dilakukan di banyak rumah tangga adalah tradisi bersih-bersih rumah untuk menyambut hari kemenangan. Tidak hanya sekadar membersihkan rumah, beberapa keluarga juga mengganti cat dinding rumah mereka agar terlihat lebih indah, mengubah dekorasi rumah, hingga membeli furnitur baru.(*)

Baca Juga:

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *