10+ Tips Mudik Lebaran: Naik Motor Metic dan Mobil Pribadi

  • Whatsapp

10+ Tips Mudik Lebaran: Naik Motor Metic dan Mobil PribadiBetantt.com, Menjelang akhir bulan Ramadhan, apalagi yang ditunggu-tunggu kalau bukan pulang mudik untuk bertemu dengan keluarga. Tiket mudik biasanya harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari biar nggak kehabisan tiket dan menghindari harga tiket yang melambung.

Tapi, untuk kamu yang memutuskan mudik dengan menggunakan mobil, ini dia beberapa tips mudik yang harus kamu lakukan agar aman dan nyaman di jalan.

Bacaan Lainnya

Berpergian jarak jauh ketika lebaran dengan hari-hari biasa tentu saja merupakan sesuatu hal yang berbeda. Ketika mudik menggunakan motor ada beberapa persiapan yang harus agan perhatikan, agar selamat sampai tujuan tanpa ada gangguan yang berasal dari motor.

Agenda tahunan yang terjadi saat hari-hari akhir dan pasca lebaran pastinya sudah menjadi tradisi kebanyakan orang, yaitu mudik lebaran. Jutaan manusia melaksanakan tradisi ini supaya bisa berkumpul dengan keluarga tercinta di kampung halaman.

Setiap tahunnya pemudik lebaran selalu bertambah, pemudik tidak hanya memakai bus umum, kereta, ataupun pesawat dan mobil saja, banyak juga yang memakai kendaraan roda dua untuk mudik lebaran. Mungkin hal ini dikarenakan mudik dengan motor memakan biaya yang lebih murah.

Tips Mudik Lebaran yang Aman serta Nyaman

10+ Tips Mudik Lebaran Naik Motor Metic dan Mobil Pribadi.
10+ Tips Mudik Lebaran Naik Motor Metic dan Mobil Pribadi.

 

Daftar barang bawaan

Beberapa hari sebelum berangkat, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa. Lakukanlah ini sebelum Anda mulai beberes. Daftar barang bawaan akan meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.

Bawa peta untuk antisipasi kehilangan signal

Meskipun terdengar jadul, tapi membawa peta akan membantumu yang nggak hafal jalan saat melalui daerah yang susah signal untuk menghindari nyasar. Jadi, kamu nggak perlu panik kalau signal GPSmu hilang.

Kenali karakteristik daerah yang akan dilalui

Jalur yang dilalui para pemudik biasanya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya, ada daerah dengan jalanan rusak, jalanan yang berkelok, jalanan yang sulit signal, minim lampu dan bahkan daerah yang sering dilalui oleh binatang hutan. Dengan memahami karakteristik daerah yang berbeda-beda tersebut, kamu bisa mengantisipasi hal yang akan terjadi biar nggak kaget dan panik.

Berhenti saat merasa lelah

Setiap orang yang mudik pasti selalu ingin cepat sampai tujuan. Tapi, bukan berarti kamu harus memaksakan diri untuk tetap melanjutkan perjalanan saat terasa lelah atau mengantuk. Hal tersebut sangat berbahaya yang bisa mengakibatkan hilang fokus dan bahkan kecelakaan. Makanya, sebagai pengemudi, usahakan untuk langsung melipir saat merasa mengantuk atau terlalu lelah. Tidur 15 hingga 30 menit pasti akan sangat berguna.

Tips mudik, jangan berangkat waktu mepet lebaran

Salah satu tips mudik yang perlu kamu perhatian pula adalah jangan berangkat waktu mepet lebaran biar kamu bisa bepergian santai. Duduk berjam-jam di mobil pasti akan membuat tubuhmu pegal dan bahkan menimbulkan resiko pencernaan. Makanya, dengan berangkat jauh-jauh hari, kamu bisa melakukan perjalanan yang santai dengan beberapa kali istirahat dan bahkan nggak perlu ngebut.

Hindari merokok di dalam mobil

Meskipun kamu mudik menggunakan mobil pribadi, tapi bukan berarti kamu bebas merokok, kan? Terutama kalau kamu mudik dengan keluarga, hal ini pasti akan membuat penumpang lain nggak nyaman akibat asapnya tersebut. Lagipula, aroma asap rokok pasti akan susah hilang dan bisa bikin sesak nafas juga.

Bawa makanan yang bisa tahan lama

Kalau kamu mudik naik pesawat dan kereta, mungkin kamu nggak perlu khawatir lagi soal makan siang atau makan malam karena bisa dipesan langsung di kereta atau pesawat tersebut. Tapi, kalau kamu mudik naik bis umum atau bahkan mobil pribadi, penting tuh untuk membawa makanan yang bisa tahan lama, khususnya untuk mengantisipasi kalau terjadi kemacetan dan sulit untuk mendapatkan makanan di sekitar.

Gunakan baju yang nyaman

Kamu pasti bakalan berada di perjalanan yang panjang dan lama, terlebih lagi mengantisipasi kemacetan. Untuk membuatmu tetap nyaman selama perjalanan, usahakan untuk menggunakan baju yang nyaman, seperti celana katun, kaos dan juga jaket. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat yang bisa membuatmu nggak nyaman bergerak.

Nabung tidur sebelum berangkat

Tempat yang paling nyaman buat tidur ya tetap di kasur pribadi di rumah. Di perjalanan mudik, mau naik pesawat, kereta ataupun mobil, pastinya kamu nggak bakalan bisa mendapatkan tidur berkualitas. Jadi, usahakan untuk nabung tidur dulu sebelum berangkat mudik biar kamu nggak drop.

Pastikan surat kelengkapan mobil

Jauh-jauh hari sebelum berangkat mudik, kamu wajib untuk memastikan bahwa surat kendaraanmu masih lengkap dan berlaku. Tips mudik yang satu ini berguna banget buat keamanan perjalananmu saat mudik nanti.

Bawa perlengkapan perlengkapan otomotif

Ban serep, obeng, kunci dan berbagai perlengkapan otomotif lain adalah hal yang wajib kamu bawa saat mudik nanti. Meskipun kondisi mobilmu sudah cukup prima untuk perjalanan jauh, tapi membawa perlengkapan otomotif juga bisa jadi tips mudik yang akan membantumu mengatasi hal yang nggak diinginkan terjadi.

Periksa performa kendaraan sebelum berangkat

Tips mudik penting yang satu ini harus kamu lakukan jauh-jauh hari sebelum berangkat mudik. Pastikan kamu udah memeriksa kesiapan performa kendaraan untuk dibawa perjalanan jauh saat mudik nanti untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan.

Kotak P3K

Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K Anda. Minyak angin, rheumason, betadine, dan obat sakit kepala adalah beberapa hal yang harus ada di dalam kotak pertolongan pertama itu. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kedaluwarsa atau tidak. Anda juga bisa menambahkan dengan obat-obatan lain.

Hiburan

Macet adalah rintangan utama yang tidak mungkin Anda hindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya dapat menghibur Anda dari kebosanan. Koleksi kaset, CD, MP3 atau buku biasanya jadi teman setia dalam perjalanan.

Baterai dan pulsa

Telepon seluler kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon Anda tidak bisa digunakan.

Tips Mudik Lebaran Pakai Motor Matic

1. Periksa dan pastikan keadaan tubuh tetap sehat.
Persiapakan kondisi tubuh anda, perjalanan motor membutuhkan kebugaran tubuh yang ekstra karena membutuhkan konsenstrasi dan stamina yang kuat. Diperjalanan kita akan menghadapi beragam cuaca yang tidak bisa kita prediksi, dan hal tersebut akan mempengaruhi kondisi tubuh, akan sangat berbahaya jika anda memaksakan diri dengan keadaan yang kurang prima.

Hal ini juga berlaku untuk orang yang akan anda bonceng, jika akan mudik bersama orang lain. Apalagi jika anda membawa anak kecil dan istri tercinta.

2. Periksa Kondisi Kendaraan
Cek kondisi Oli mesin, apalagi jika anda akan melakukan perjalanan yang jauh, agar motor dalam keadaan fit. Kalau anjuran dari pabrikan, oli yang digunakan pada motor itu maksimal rata-rata pemakaiannya adalah 3000km kalau tidak per 1500km atau dua bulan sekali.

Selain dari itu cek juga volume oli mesin dengan melihat dipstick penutup lubang pengisian oli mesin. Lihat jika ketinggian oli di antara batas bawah dan batas atas maka kondisi volume oli mesin normal, namun kalau ketinggian oli mesin berada dibawah garis batas bawah maka perlu penambahan atau ganti oli mesin dengan yang baru.

Cek Kondisi Perangkat Motor Lainnya, selain oli mesin baiknya kita juga memeriksa perangkat motor lainnya yang sangat vital dalam menentukan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. yaitu :

  • Ketebalan Ban Belakang dan Ban Depan, pastikan ban dalam keadaan layak pakai/tidak gundul
  • Alat Penerangan Motor, pastikan lampu depan belakang, lampu sein dalam keadaan menyala apalagi kita akan melakaukan perjalanan malam.
  • Cek Kondisi Rem, pastikan kampas rem dan fungsi pengereman berfungsi dengan baik

Dari hal tersebut, disarankan sebelum berangkat kita service motor kita dan meminta kepada mekanik untuk memastikan kendaraan dalam kondisi yang layak dan prima untuk dipakai perjalanan mudik.

3. Perlengkapan pendukung
Siapkan jas hujan. Usahakan jas hujan celana dan baju, bukan jas hujan model ponco. Sebab tipe ini rawan tersangkut kendaraan samping. Cuaca tidak bisa kita prediksi walaupun ada perkiraan cuaca dari berita.

Selain itu juga jangan lupa bawa perlengkapan pribadi dari yang mebawa motor dan  juga untuk yang akan di bonceng, siapkan obat-obatan seperti penghangat badan.

Bila pemula atau pertama kali mudik, alangkah baiknya banyak bertanya kepada teman-teman mengenai suasana dan keadaan  yang akan dilalui nanti.

  • Tanyakan kapan harus istirahat dan di mana istirahat yang baik.
  • Tanyakan situasi perjalanan di mana saja yang harus diperhatikan dan diwaspadai.

Tips Saat di perjalanan Mudik Lebaran

  1. Sebelum perjalanan mulailah dengan berdoa agar siap dalam menghadapi perjalanan panjang.
  2. Jangan lupa pakai baju dan jaket yang nyaman. Jangan kenakan jaket yang sempit atau terlalu longgar.
  3. Pastikan badan anda sehat
  4. Taati peraturan lalu lintas
  5. Menyalakan lampu kendaraan pada siang atau malam hari
  6. Jangan membawa barang berlebihan, dan meletakkan barang dekat dengan stang strir, karena akan mempengaruhi manuver kendaraan
  7. Jangan paksa kemampuan motor Anda di atas kemampuan rekomendasi perusahaan.
  8. Jangan mudah  terbawa emosi terhadap pengendara lain, sehingga mengendarai motor dengan balapan.
  9. Bila mengendarai saat puasa, atur ritme perjalanan. Bila kondisi panas dan lelah jangan ragu istirahat.
  10. Isi bensin kembali di SPBU terdekat saat penunjuk bensin berada di posisi seperempat mendekati habis, karena kita tidak tahu seberapa jauh lagi pom bensin di depan.
  11. Buat perjalanan mudik Anda sebagai perjalanan rekreasi yang menyenangkan, sehingga badan dan pikiran akan selalu rileks

Tips Saat istirahat Perjalanan Mudik Lebaran

  1. Jangan paksa diri terus berkendara karena ingin cepat sampai tujuan
  2. Istirahatlah di tempat yang teduh dan aman. Gunakan waktu istirahat semaksimal mungkin sehingga kemampuan tubuh kembali fit
  3. Jangan istirahat terlalu lama karena akan merusak ritme berkendara. Bila terlalu lama membuat mata jadi mudah terpenjam
  4. Bila perlu, istirahatlah beberapa kali sehingga kemampuan badan tetap oke.
10+ Tips Mudik Lebaran Naik Motor Metic dan Mobil Pribadi.
10+ Tips Mudik Lebaran Naik Motor Metic dan Mobil Pribadi.

Tips Mudik Lebaran bersama Anak Pakai Mobil Pribadi

Cek Keadaan Mobil

Tips mudik pakai mobil pribadi yang harus pertama kali kalian lakukan adalah cek keadaan mobil, dalam pengecekan bisa dilakukan ke bengkel langganan kalian semua. Sehingga pada saat pengecekaln ada bagian yang rusak atau harus di ganti, otomatis bisa langsung di tangani. Pastikan jika mobil kalian semua sudah siap untuk di bawa perjalanan jauh, semisalnya saja kondisi rem, tekanan ban, ac dan mesin mobil sudah oke. Dengan mobil yang sudah siap di pakai, pastinya di perjalanan akan berjalan dengan lancar dan selamat sampai tujuan.

Bawa Barang Bawaan Secukupnya

Tips mudik pakai mobil pribadi yang selanjutnya, pastikan barang bawaan yang akan kalian bawakan seperlunya saja. Sehingga mobil tidak terasa sesak dikarenakan terlalu banyak barang bawaan, terlebih jika kalain semua membawa anak kecil atau bayi. Dengan kondisi di dalam mobil terasanya luas, pastinya penumpang akan merasakan kenyamanan pada saat perjalanan mudik.

Siapkan Bekal yang Cukup

Untuk mengantisipasi kelaparan di tengah perjalanan, sebaiknya kalian semua memabawa bekal yang cukup untuk menmghilangkan rasa lapar. Karena di dalam perjalanan tidak pasti selalu ada warung makan yang buka selama 24 jam, jikapun ada pastinya harganya akan lebih mahal dari yang kita duga. Dengan kita membawa bekal sendiri, otomatis akan lebih irit.

Bawa Penumpang Sesuai Kapasitas

Seperti yang sudah kalian ketahui, jika setiap mobil memiliki kapasitas yang sesuai dengan jenis kendaraan mobil yang ada saat ini. Semisalnya saja untuk mobil SUV atau MPV memiliki kapasitas 7 penumpang, jadi kita hars sesuaikan dengan kapasitasnya. Hal tersebut untuk memberikan rasa nyaman bagi penumpang yang ada di dalam mobil, terlebih kalian sedang melakukan perjalanan yang jauh.

Siapkan Uang Receh

Tips mudik pakai mobil pribadi yang selanjutnya, kalian siapkan saja uang receh atau uang pas. Karena di dalam perjalanan kita akan membutuhkannya, semisalanya saja untuk parkir, memberi orang yang membantu kita menyebrang dan lain-lain. Ketika kita berhenti di rest area juga sangat dibutuhkan uang pas untuk membeli makanan atau minuman.

Isitirahat yang Cukup

Hal yang harus di lakukan pada saat mudik ialah istirahat dengan cukup, dengan kita beristirahat dengan cukup. Terutama bagi si pengemudi, sehingga saat perjalanan kembali di lanjutkan akan lebih konsentrasi san menjalankan mobil dengan benar. Para penumpang juga begitu, meskipun hanya duduk di belakang tetap merasakan kelelahan dikarena hanya duduk saja.

Aktifkan GPS

Pastikan jika GPS pada mobil aktif, dengan menggunakan GPS. Kalian semua dapat mencari jalan alternatif atau juga bisa membantu ketika tersesat, maka dari itu GPS harus selalu aktif pada saat perjalanan mudik.

Gunakan Jalan yang Benar

Sebelum kalian semua berangkat mudik, pastikan terlebih dahulu jalan yang akan kalian lalui. Dengan memastikan jalan mana yang di lalui, pastinya perjalanan akan lebih cepat. Jikapun jalan yang sudah di tentukan terkena macet, kalian semua harus persiapkan jalan alternatif untuk menghindari macte. Tentunya kalian sendiri sudah tahu, jika pada saat mudik jalanan akan sangat ramai oleh kendaraan dan menyebabkan kemacetan.

Taati Peraturan Lalu Lintas

Tips mudik pakai mobil pribadi selanjutnya adalah, taati peraturan lalu lintas. Semisalnya saja di jalan tol, gunakan jalur yang sesuai dengan jenis mobil kalian semua, selain itu juga taati peraturan yang diatur oleh petugas yang ada di jalan. Dengan menaati peraturan lalu lintas, perjalanan akan lebih enak. Terlebih jika sedang dilakukan buka tutup satu jalur.

Bersabaar Pada Saat Macet

Biasanya untuk hal ini banyak sekali orang yang tidak bersabar, karena macet merupakan hal yang sangat membosankan sekali. Untuk menghindari rasa bosan ketika macet, kalian semua bisa bermain gadget atau juga membaca buku. Jika dilihat beberapa tahun belakangan ini, pada saat mudik. Seluruh jalanan akan mengalami kemacetan yang sangat panjang dan perjalanan akan tertunda hinga seharian penuh.

Pastikan Keselamatan

Agar mudik berjalan dengan lancar, utamakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Karena sudah dapat di pastikan pada saat momen mudik, banyak pengendara ugal-ugalan yang ingin cepat sampai tujuan. Dari hal itulah, kita harus berhati-hati pada saat berjalan atau bahkan pada saat mau rest area. (*)

Baca Juga:

Last Update: 8 Juni 2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *